Kronologi | Transportasi

Perjalanan Panjang Kereta Ringan LRT Jabodebek

LRT Jabodebek merupakan salah satu wujud perkembangan teknologi disektor transportasi sebagai pilihan mengurangi kemacetan lalu lintas. Dimana kereta LRT melaju dengan otomotis tanpa masinis.

KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Pekerja melintas di dekat proyek sistem transportasi kereta ringan (light rail transit/LRT) yang diresmikan peletakan batu pertamanya oleh Presiden Joko Widodo di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (9/9/2016). Pembangunan dua koridor awal LRT, yakni Cibubur-Cawang-Dukuh Atas sepanjang 24,2 kilometer (km) dan rute Bekasi Timur-Cawang-Dukuh Atas sepanjang 17,9 km, anggarannya mencapai Rp 23,8 triliun dan ditargetkan selesai dalam tiga tahun.

LRT Jabodebek yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 28 Agustus 2023 dapat menjadi pilihan moda transportasi bagi warga yang belum terlayani. Perjalanan mewujudkan LRT Jabodebek ditandai terbitnya Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2015 tertanggal 2 September 2015, yang mengatur percepatan penyelenggaraan kereta api ringan terintegrasi di Jabodebek. Sepekan berselang, Presiden Joko Widodo meletakkan batu pertama tanda pembangunan LRT dimulai.

Light rail transit (LRT) yang akan menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi direncanakan melintasi jalur layang khusus, meminimalkan pelintasan sebidang. Jalur LRT bisa dibuat sebidang dengan jalan raya seperti masa trem Jakarta kuno, bisa jadi satu dengan jalur kereta rel listrik (KRL) yang sudah beroperasi ataupun kereta cepat massal (MRT) yang sedang dibangun, serta bisa dibuatkan jalur khusus. Mengingat proses panjang dan biaya mahal pembangunan LRT Jabodebek, keberhasilan operasionalisasi kereta ringan menjadi amat penting

LRT dengan jalur khusus lebih menguntungkan karena bisa mengoptimalkan kecepatan kereta. Jika menggunakan jalan raya, LRT hanya bisa berjalan 25–30 kilometer per jam agar aman di tengah kendaraan bermotor, sedangkan jalur khusus bisa mencapai 70 km per jam.

Pada awal operasionalisasi nanti, LRT Jabodebek ditargetkan mengangkut 137.000 penumpang per hari dengan 434 perjalanan sehari yang dilayani 31 rangkaian kereta. Adapun 11 rangkaian kereta cepat diproyeksi melayani 68 perjalanan per hari dan mengangkut 30.000 penumpang harian dalam lima tahun pertama.

Kereta buatan PT INKA yang digunakan di LRT Jabodebek bisa dioperasikan otomatis ataupun manual. Secara kelistrikan, kereta LRT Jabodebek menggunakan daya 750 volt DC, separuh dari daya KRL Commuterline yang mengonsumsi 1.500 volt DC.

LRT Jabodebek menggunakan sistem operasi GoA 3. Artinya, operasionalisasi LRT dilakukan secara otomatis tanpa peran masinis. Ia memiliki kualifikasi sebagai masinis, tetapi otomatisasi membuat sistem mengambil alih sebagian besar peran mengemudikan kereta. Hanya saat kondisi darurat atau apabila terjadi kendala, masinis mengambil alih kemudi secara manual.

Berikut ini Perjalanan Panjang Pembangunan LRT Jabodebek

15 Mei 1993

Pemerintah sudah menetapkan sistem kereta ringan (light rail train/LRT) yang akan dikembangkan untuk kota metropolitan, bahkan yang bakal berkembang menjadi megapolitan Jabotabek ini. Tahap pertama pengembangan LRT ini adalah membangun rel ganda antara Tangerang – Bekasi sepanjang 36,5 km dan Blok M – Jakarta Kota dan simpang Jl Sudirman – Jl Casablanca (15 km). Perkiraan pembiayaan baik prasarana (rel ganda, terminal) dan sarana (kereta) tidak kurang dari 1,3 milyar dollar AS atau setara dengan Rp 2,6 trilyun.

22 Januari 2015

Sejumlah pengembang swasta dan BUMD hadir di Balai Kota, Jakarta Pusat, untuk mendengarkan paparan rencana pembangunan jaringan kereta ringan (LRT). Mereka adalah PT Pembangunan Jaya, PT Jakarta Propertindo, dan sejumlah pengembang property swasta, yakni Agung Podomoro, Pakuwon, Intiland, Summarecon, Agung Sedayu, Lippo, Jakarta International Expo, dan Duta Pertiwi.

26 Maret 2015

Presiden Joko Widodo menyatakan, pemerintah telah memutuskan akan membangun kereta cepat ringan (light rail transit) Jakarta – Bogor, Jakarta – Tangerang, Jakarta – Bekasi, Jakarta – Depok dimulai tahun ini. Seusai meninjau Stasiun Dongzhimen di Beijing, Tiongkok.

14 April 2015

Dari tujuh rute yang direncanakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dua rute diprioritaskan adalah Kebayoran Lama-Kelapa Gading dan Kelapa Gading-Kemayoran-Pesing-Bandara Soekarno-Hatta ditargetkan rampung sebelum Asian Games 2018.

08 Juni 2015

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membentuk badan layanan umum daerah untuk merealisasikan pembangunan kereta ringan. Lembaga ini ditargetkan dapat memulai pekerjaan fisik pada akhir 2015. Benhard Hutajulu ditunjuk menjadi Kepala Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) kereta ringan (light rail transit/LRT).

30 Juni 2015

DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Kota Jakarta, Selasa (30/6/2015), menunjuk badan usaha milik daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo dan PT Pembangunan Jaya sebagai operator pembangunan LRT.

10 Juli 2015

Proyek Monorel Jakarta dibatalkan, sebagai gantinya akan dibangun kereta ringan atau light rail transit.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Tiang tiang beton yang rencananya akan digunakan untuk jalur monorel di Jalan Asia Afrika. Senayan, Jakarta, Rabu (28/1/2015). Proyek monorel yang terbengkalai selama sekitar 10 tahun tersebut dihentikan kelanjutan pembangunannya oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

02 September 2015

Presiden Joko Widodo mengeluarkan dua peraturan presiden tentang percepatan penyelenggaraan LRT, yakni Perpres Nomor 98 Tahun 2015 berisi percepatan penyelenggaraan KA ringan terintegrasi di Jabodetabek. Sedikitnya ada tujuh lintas yang dicantumkan dalam Pasal 1 perpres ini, antara lain, Cawang-Cibubur, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, Cawang-Bekasi Timur, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan, Cibubur-Bogor, dan Palmerah-Grogol. Perpres Nomor 99 Tahun 2015 berisi percepatan penyelenggaraan KA ringan di DKI Jakarta. Rute KA ringan di Jakarta ditentukan Gubernur DKI Jakarta dan harus terintegrasi dengan KA ringan yang ditugaskan kepada PT Adhi Karya.

04 September 2015

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengeluarkan izin trase untuk kereta api ringan yang akan dikerjakan PT Adhi Karya. Trase yang diizinkan sesuai dengan jalur KA ringan di Perpres No. 98/2015.

09 September 2015

Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan moda transportasi kereta ringan (light rail transit/LRT) ditandai dengan peletakan tiang pancang pertama (groundbreaking) di pinggir Tol Jagorawi tepat di seberang Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

KOMPAS/HARRY SUSILO

Presiden Joko Widodo berjalan di area groundbreaking pembangunan kereta ringan (light rail transit/LRT) di seberang Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Rabu (9/9/2015). Groundbreaking berupa peletakan tiang pancang pertama oleh Presiden Joko Widodo menandai pembangunan kereta ringan yang dilaksanakan oleh PT Adhi Karya. Kereta ini menghubungkan Jakarta, Bekasi, dan Bogor.

28 September 2015

Pengerjaan proyek pembangunan LRT masih terkendala sejumlah perizinan di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, pihaknya juga menunggu standar pelayanan minimum yang masih disusun Kementerian Perhubungan yang akan dijadikan dasar pembuatan izin mendirikan bangunan (IMB). IMB dibutuhkan untuk pembangunan stasiun dan sarana pendukung lain.

24 Maret 2016

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus menunggu revisi Peraturan Presiden tentang Kereta Ringan (light rail transit) untuk kemudian melakukan pembangunan infrastruktur LRT di wilayah Jakarta.

06 April 2016

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengganti pejabat direktur utama Jakpro dari Abdul Hadi ke Satya Heragandhi.

29 April 2016

Penyusunan Kajian Amdal pembangunan kereta ringan LRT oleh Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah DKI Jakarta.

13 Mei 2016

Penghentian sementara proses pengerjaan proyek kereta ringan (LRT) di pinggir ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, karena terkait rencana PT Jasa Marga membangun jalan tol layang dan pelebaran jalan di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

22 Juni 2016

Pemprov DKI Jakarta mulai pembangunan lagi kereta ringan (LRT) rute Kelapa Gading-Rawamangun sambil menunggu selesainya revisi peraturan presiden.

KOMPAS/AGUS SUSANTO

Proyek pembangunan jalur dan stasiun kereta ringan (LRT) rute Kelapa Gading-Rawamangun sepanjang 5,6 kilometer di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (16/4/2018). Proyek LRT diharapkan beroperasi sesuai target, yaitu Juli atau Agustus, untuk mendukung Asian Games 2018

04 November 2016

Tiang bor pembangunan kereta ringan (LRT) setinggi lebih dari 20 meter dengan diameter hampir 1 meter berbahan cor baja yang sedang dikerjakan PT Adhi Karya jatuh dan menimpa rumah warga di Kampung Makasar, Jakarta Timur. Satu anak mengalami luka ringan akibat kejadian ini.

KOMPAS/MADINA NUSRAT

Tiang bor untuk pembangunan kereta ringan (LRT) yang dikerjakan PT Adhi Karya jatuh di Kampung Makasar, Jakarta Timur, Jumat (4/11/2016). Tak ada korban jiwa akibat kejadian itu, tetapi satu rumah rusak karena tertimpa bor tersebut.

28 November 2016

Pengesahan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2016, yang mengatur tentang kewenangan badan usaha milik daerah menunjuk langsung pelaksana proyek infrastruktur seperti kereta ringan (LRT).

22 Desember 2016

PT Wijaya Karya terpilih sebagai BUMN Karya yang menjadi kontraktor utama pembangunan LRT.

01 Februari 2017

Pembangunan LRT Velodrom-Kelapa Gading sepanjang hampir 6 kilometer mulai memasuki tahap konstruksi utama, yaitu pembuatan fondasi untuk mendirikan kolom atau tiang rel.

07 Februari 2017

Hyundai Rotem bagian dari Hyundai Motor Group, menang dalam tender pengadaan rolling stock untuk pembangunan kereta ringan (light rail transit/LRT) Jakarta. Sebanyak 16 kereta senilai 32 juta dollar AS akan diproduksi dalam waktu 15 bulan.

25 Februari 2017

Pembangunan jalur layang untuk proyek kereta ringan (LRT) Koridor 1 Kelapa Gading-Velodrome Rawamangun, Jakarta Timur sedang tahap penyelesaian.

03 Maret 2017

Pengerjaan proyek kereta ringan (light rail transit/ L RT ) Jabodetabek jalur Cawang-Cibubur di kawasan Cililitan, Jakarta Timur.

03 Mei 2017

Presiden Joko Widodo menerbitkan perpres tentang perubahan kedua atas perpres sebelumnya.

19 Mei 2017

Pembangunan konstruksi untuk kereta ringan atau LRT rute Kelapa Gading-Rawamangun sudah 18 persen.

30 Mei 2017

Pembangunan kereta ringan (light rapid transit/LRT) Jabodetabek yang sedang dilaksanakan PT Adhi Karya (Persero) Tbk akan diserahkan kepada PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI melalui Kementerian Perhubungan.

16 Juli 2017

Pembangunan jalur layang kereta ringan (LRT) Cawang-Dukuh Atas di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan. Proyek LRT Jabodetabek tahap I yang terdiri dari lintas Cawang-Cibubur, Cawang-Bekasi Timur, dan Cawang-Dukuh Atas.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Kontraktor menyiapkan kolom untuk struktur fondasi pembangunan jalur layang kereta ringan (LRT) Cawang-Dukuh Atas di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (16/7/2017). Proyek LRT Jabodetabek tahap I yang terdiri dari lintas Cawang-Cibubur, Cawang-Bekasi Timur, dan Cawang-Dukuh Atas selesai 2019.

02 Agustus 2017

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabel menyusun rekayasa lalu lintas bagi pengguna jalan, guna memperlancar pengerjaan proyek kereta ringan atau LRT Cawang-Dukuh Atas memasuki pembangunan di kawasan Jalan HR Rasuna Said sampai Dukuh Atas, mulai Juli 2017 hingga Desember 2018.

06 Desember 2017

Pembangunan kereta ringan (LRT) dari Bekasi menuju Jakarta masih terkendala pembebasan lahan untuk depo kereta, karena adanya warga yang masih menempati lahan milik pemerintah.

08 Desember 2017

Pembiayaan prasarana kereta ringan Jakarta Bogor Depok Bekasi ditanggung oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

16 Desember 2017

Rute LRT Jakarta fase 2 dipastikan diperpanjang hingga ke wilayah Tanah Abang.

20 Desember 2017

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperoleh hak konsesi mengelola kereta ringan Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi atau LRT Jabodebek selama 50 tahun.

19 Januari 2018

Kereta ringan dengan proporsi muatan lokal tinggi untuk proyek LRT di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi kini dalam proses produksi oleh PT Inka.

22 Januari 2018

Ambruknya 15 gelagar kotak prasarana kereta ringan (LRT) di Kayu Putih, Rawamangun, Jakarta Timur mengakibatkan lima pekerja mengalami luka ringan.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Gelagar beton Proyek Tol Simpang Susun Depok-Antasari (Desari) yang berada di bawah Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta di Jalan TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (2/1/2018), ambrol. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

26 Januari 2018

Lima tim menyelidiki ambruknya 15 gelagar kotak prasarana kereta ringan (LRT) Jakarta. Penyelidikan ini diharapkan dapat mengetahui detail penyebab ambruknya gelagar LRT.

15 April 2018

Gerbong rangkaian kereta ringan (light rail transit/LRT) Jakarta tiba di Jakarta dari Korea Selatan sejak Jumat (13/4/2018) pukul 15.30 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Rangkaian kereta ringan (LRT) tiba di Terminal Kendaraan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (13/4/2018) malam. Ini rangkaian pertama dari delapan rangkaian LRT yang akan tiba bertahap di Jakarta dari Korea Selatan. Setelah kedatangan ini, akan dilakukan persiapan uji coba yang menurut rencana dilakukan pada bulan Mei.

27 April 2018

Korea Rail Network Authority salah satu calon investor yang sudah bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno untuk peluang kerja sama pembangunan kereta ringan atau LRT fase 2.

23 Mei 2018

10 Investor di antaranya perusahaan lokal, perusahaan Korea Selatan, Jepang, dan China mengikuti sosialisasi untuk proyek kereta ringan (LRT) fase 2.

09 Juni 2018

PT Jakarta Propertindo kembali menerima enam rangkaian kereta baru yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok. Kini, Jakpro total menerima delapan kereta atau empat rangkaian dari delapan rangkaian yang dipesan untuk operasional fase 1 LRT Jakarta.

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Enam unit kereta api ringan (LRT) buatan Korea Selatan tiba di Pelabuhan Indonesia Kendaraan Terminal, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (11/6/2018). Menurut rencana, keenam unit LRT ini bersama dua unit yang telah tiba lebih dahulu digunakan untuk memperkuat operasional fase 1 LRT Jakarta, Kelapa Gading-Velodrome, Rawamangun. Delapan unit (empat rangkaian) LRT akan mulai melayani penumpang saat Asian Games digelar di Jakarta pada Agustus 2018.

03 Juli 2018

Balai Pengujian Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mulai menguji prasarana LRT yang dibangun oleh PT Jakarta Propertindo.

13 September 2018

Uji coba kereta ringan (LRT) rute velodrom hingga Kelapa Gading, Jakarta.

KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Uji coba kereta ringan (LRT) rute velodrom hingga Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (13/9/2018). Uji coba terbatas ini akan berakhir hari ini.

19 Desember 2018

PT LRT Jakarta tengah melakukan studi kelayakan untuk fase II LRT rute Rawamangun-Dukuh Atas.

15 Januari 2019

Proyek pembangunan konstruksi kereta ringan (LRT) mencapai 56,41 persen.

15 Maret 2019

Pembangunan LRT Jabodebek sudah mencapai lebih dari 58 persen.

30 Maret 2019

Pembangunan jalur kereta ringan lintas raya terpadu Jabodebek tahap I mencapai 60 persen.

05 April 2019

Operator kereta ringan (light rapid transit/LRT) Jakarta melakukan pengujian konsep tiket bersama Bank Indonesia dan simulasi tiket.

11 Juni 2019

Uji publik kereta ringan LRT di Stasiun Boulevard Utara, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

KOMPAS/PRIYOMBODO

Kereta ringan LRT saat uji publik di Stasiun Boulevard Utara, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (11/6/2019). Uji publik secara gratis ini dilakukan di lima stasiun, yakni Velodrome, Equestrian, Pulomas, Boulevard Selatan, dan Boulevard Utara dengan jam operasional pukul 05.00-23.00.

23 Juni 2019

PT Jakarta Propertindo menyelesaikan dokumen pengajuan izin trase fase 2 LRT Jakarta.

11 November 2019

Jembatan Lengkung bentang panjang LRT tersambung di Kuningan, Jakarta. Jembatan ini memiliki radius 115 meter dan bentang 148 meter.

KOMPAS/AGUS SUSANTO

Foto aerial Jembatan Lengkung Bentang Panjang Kuningan (Long Span Kuningan) Lintas Rel Terpadu Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (LRT Jabodebek) di persimpangan Jalan HR Rasuna Said dan Jalan Gatot Subroto di Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019). PT Adhi Karya telah melakukan pengecoran terakhir dari jembatan itu dan tercatat dalam rekor Muri sebagai jembatan kereta dengan bentang (jarak antara tiang jembatan) terpanjang di Indonesia, dengan panjang bentang utama 148 meter. Pembangunan LRT Jabodebek sampai dengan 1 November 2019 mencapai 67,3 persen.

18 Juni 2020

Pembangunan LRT Jabodebek sudah mencapai lebih dari 71,59 persen.

20 Agustus 2020

Pemasangan U-shape girder terakhir di Setiabudi, Jakarta oleh PT Adhi Karya.

15 November 2020

Trase kereta ringan Jabodebek tahap I sepanjang 44,43 kilometer yang melintasi 17 stasiun yang menghubungkan Cawang-Cibubur, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur telah tersambung. Pembangunan LRT Jabodebek tahap I yang dikerjakan PT Adhi Karya (Persero) Tbk sudah mencapai 79,055 persen.

02 Januari 2021

Pembangunan kereta ringan (LRT) telah mencapai 80 persen.

09 Juni 2021

Presiden Joko Widodo melakukan uji coba kereta ringan LRT di Stasiun TMII ke Stasiun Harjamukti.

KOMPAS/NINA SUSILO

Presiden Joko Widodo mencoba LRT dari Stasiun LRT Harjamukti Cibubur sampai Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (3/8/2023). Ikut mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

11 Juni 2021

Pembangunan depo stasiun kereta ringan (LRT) Jabodebek Jatimulya di Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

14 Oktober 2021

Produksi semua gerbong LRT Jabodebek telah diselesaikan oleh PT INKA.

25 Oktober 2021

Dua rangkaian kereta LRT Jabodebek yang bertabrakan ditutup terpal di lintasan di kawasan Munjul, Cibubur, Jakarta Timur. Kecelakaan terjadi dalam uji coba yang berlangsung tanpa penumpang. Seorang masinis mengalami luka ringan dalam insiden tersebut.

KOMPAS/RIZA FATHONI

Selubung dua rangkaian kereta LRT Jabodebek yang bertabrakan di kawasan Harjamukti, Cibubur, Jakarta Timur, telah dibuka seiring tahap pekerjaan evakuasi, Sabtu (30/10/2021). Evakuasi dimulai Jumat (29/10/2021) hingga Rabu (3/11/2021) dengan libur pada hari Minggu (31/10/2021).

21 Desember 2021

Komite Nasional Keselamatan Transportasi merilis hasil investigasi atas tabrakan antarkereta LRT Jabodebek pada 25 Oktober 2021. Salah satu temuannya, teknisi rangkaian kereta 29 terganggu penggunaan telepon seluler sehingga tidak fokus melihat kecepatan dan posisi kereta. Saat itu, sarana komunikasi di dalam kereta belum diaktifkan.

14 Januari 2022

Progres depo mencapai 62,57 persen, sedangkan keseluruhan progres LRT Jabodebek sampai dengan 31 Desember 2021 mencapai 88,69 persen.

04 Februari 2022

Progres pembangunan LRT Jabodebek kini mencapai 88,71 persen dan kereta ditargetkan beroperasi pada 17 Agustus 2022.

24 Februari 2022

Uji beban LRT Jabodebek di Jembatan Lengkung Bentang Panjang Kuningan (Long Span Kuningan), Jakarta Selatan.

KOMPAS/AGUS SUSANTO

Foto udara uji beban LRT Jabodebek di Jembatan Lengkung Bentang Panjang Kuningan (Long Span Kuningan), Jakarta Selatan, Kamis (24/2/2022). LRT Jabodebek ditargetkan dapat beroperasi pada 17 Agustus 2022. Uji coba kereta tak hanya terparkir di lintas pelayanan I, kini sudah ada juga di lintas pelayanan II dan III. Jadwal operasi LRT Jabodebek direncanakan setiap hari pukul 05.45-23.00. PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengoperasikan 27 kereta LRT Jabodebek dengan 560 perjalanan yang bisa melayani 114.000 penumpang tiap hari. Terhitung sampai dengan 28 Januari 2022 kemajuan proyek LRT Jabodebek mencapai 89,06 persen.

10 Maret 2022

Pembangunan kawasan depo kereta lintas rel terpadu (LRT) Jabodebek Jatimulya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kompleks depo LRT Jabodebek ini memiliki luas area sekitar 100.000 meter persegi.

28 Maret 2022

Progres pembangunan depo mencapai 80,71 persen. Depo seluas 12,22 hektar ini menjadi tempat parkir rangkaian kereta LRT Jabodebek dan tempat perawatan kereta.

29 Maret 2022

PT KAI menggandeng PT Jakarta Propertindo, BUMD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk mengelola dan mengembangkan kawasan berorientasi transit (TOD) di stasiun LRT Jabodebek di wilayah DKI.

01 April 2022

Progres pembangunan depo hingga 28 Maret 2022 mencapai 80,71 persen. Depo seluas 12,22

KOMPAS/AGUS SUSANTO

Foto udara pembangunan depo stasiun kereta ringan (LRT) Jabodebek Jatimulya di Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/4/2022).

30 November 2022

Kesepakatan DPRD DKI Jakarta untuk pembiayaan penuntasan fase awal LRT Jakarta fase 1B naik menjadi Rp. 916 miliar.

26 Desember 2022

Presiden Joko Widodo meresmikan Stasiun Manggarai baru tahap I. Proyek pembangunan LRT Jabodebek sudah mencapai 87 persen.

17 Januari 2023

Persiapan LRT Jabodebek sudah mencapai 88,4 persen. Selanjutnya, LRT Jabodebek tengah melakukan pengujian untuk menghilangkan peran atau fungsi seorang masinis dengan menggunakan sistem communication-based train control (CBTC) dengan grade of automation (GoA) level 3.

KOMPAS/HELENA F NABABAN

Petugas pada area simulator LRT Jabodebek tengah memandu train attendant yang mencoba menjalankan kereta di simulator yang terletak di depo LRT Jabodebek, Jatimulya, Bekasi Timur, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023). LRT yang melayani tiga lintas pelayanan itu akan siap beroperasi secara komersial pada Juli 2023.

24 Januari 2023

Simulasi pelayanan yang ramah bagi penumpang difabel di rangkaian kereta LRT di Stasiun Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

15 Maret 2022

Pembangunan infrastruktur fisik kereta ringan (LRT) sudah  mencapai 90,52 persen.

28 Maret 2023

Kebijakan tarif integrase bagi pengguna bus Transjakarta (termasuk Mikrotrans), LRT Jakarta, dan MRT Jakarta dengan tarif maksimal Rp 10.000 untuk 3 jam perjalanan.

24 April 2023

LRT Jabodebek menguji coba operasi kereta dengan metode ”carousel”. Pekerjaan pembangunan konstruksi dan penyiapan sarana LRT Jabodebek telah mencapai 91,53 persen.

28 Juni 2023

Perkembangan pembangunan kereta ringan (LRT) Jabodebek mencapai 95,09 persen.

07 Juli 2023

Perkembangan pembangunan kereta ringan (LRT) Jabodebek mencapai 96,8 persen.

12 Juli 2023

Lintas rel terpadu atau LRT Jabodebek memulai uji coba secara terbatas layanannya. Uji coba dibagi dalam dua tahap, yaitu pertama pada 12-26 Juli bagi kementerian/lembaga, jurnalis/media, dan komunitas. Tahap kedua pada 27 Juli sampai 15 Agustus bagi masyarakat umum dengan mengisi tautan pendaftaran yang disediakan LRT Jabodebek.

KOMPAS/HELENA F NABABAN

Petugas pada area simulator LRT Jabodebek tengah memandu train attendant yang mencoba menjalankan kereta di simulator yang terletak di depo LRT Jabodebek, Jatimulya, Bekasi Timur, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023). LRT yang melayani tiga lintas pelayanan itu akan siap beroperasi secara komersial pada Juli 2023.

19 Juli 2023

Tarif LRT Jabodebek ditetapkan, untuk tarif dasar 1 kilometer pertama, ditetapkan Rp 5.000 lalu untuk setiap kilometer berikutnya Rp 700.

28 Agustus 2023

Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian kereta api ringan terintegrasi atau light rail transit Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi di Stasiun LRT Cawang, Jakarta Timur.

KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di stasiun kereta ringan (LRT) Dukuh Atas, Jakarta, seusai naik moda transportasi itu dari Stasiun Cawang, Senin (28/8/2023). LRT terintegrasi Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi sepanjang 41,2 kilometer ini dibangun dengan anggaran Rp 32,6 triliun.

Referensi

Arsip Kompas
  • Pemerintah Sudah Tetapkan LRT angkutan Penumpang Jabotabek, KOMPAS, 15 Mei 1993, hal 7.
  • DKI rangkul Pengembang * Pembangunan LRT Akan Mendongkrak Nilai Properti, KOMPAS, 23 Januari 2015, hal 27.
  • Transportasi Massal: Presiden Pastikan LRT Mulai Dibangun Tahun Ini, KOMPAs, 27 Maret 2015, hal 27.
  • Sudut Padang: Menunggu Janji MRT dan LRT di jabodetabek Terwujud, KOMPAS WEB, 14 April 2015
  • Lembang Kereta Ringan Terbentuk * Koridor Pertama LRT Direncanakan Mulai Dibangun Akhir Tahun Ini, KOMPAS, 09 Juni 2015, hal 27.
  • Kelembagaan Kereta Ringan Perlu Diperjelas * Pemprov DKi Tunjuk Badan Usaha Milik Daerah, KOMPAS, 01 Juli 2015, hal 25.
  • Kereta Ringat: Presiden Keluarkan Dua Perpres, KOMPAS, 04 September 2015, hal 27.
  • Trase KA Ringan Disetujui * Pemprov DKI Tunjuk Jakpro Bangun Jalur LRT, KOMPAS, 05 September 2015, hal 25.
  • Presiden, Resmikan Pembangunan Kereta Ringan, KOMPAS WEB, 09-09-2015
  • Angkutan Massal: Proyek Kereta Ringan Masih Terkendala Perizinan, KOMPAS, 29 September 2015, hal 24.
  • Transportasi Publik: DKI Tunggu Revisi Perpres tentang LRT, KOMPAS, 26 Maret 2016, hal 27.
  • Angkutan Massal: Kajian Amdal LRT DKI Baru Akan Disusun, KOMPAS, 02 Mei 2016, hal 28.
  • Gubernur Wacanakan Aturan Genap Ganjil * Ada Proyek Jalan Tol, Pemasangan Tiang Pancang LRT Dihentikan, KOMPAS, 13 Mei 2016, hal 28.
  • LRT Dibangun Sambil Tunggu Revisi * Lajur Kendaraan Bermotor di Jalan Sudirman Digeser untuk Pembangunan MRT, KOMPAS, 23 Juni 2016, hal 24.
  • Proyek Infrastruktur: Tiang Bor Kereta LRT jatuh dan Menimpa Rumah Warga, KOMPAS, 05 November 2016, 27.
  • Infrastruktur: Aturan Disahkan, Konstruksi LRT Dimulai Desember, KOMPAS, 28 November 2016, hal 25.
  • LRT Siapkan Sistem Integrasi * Soal Lahan Masih Hambat Proyek Angkutan Massal di Jakarta, KOMPAS, 02 Februari 2017, hal 27.
  • Hyundai Pasok 16 Kereta LRT * Beroperasi Saat Asian Games 2018 Digelar, KOMPAS, 08 Februari 2017, hal 27.
  • Rekayasa Mulai Dilakukan * Jumlah Lajur di Jalan Rasuna Said Akan Berkurang karena Proyek LRT, KOMPAS, 03 Agustus 2017, hal 22.
  • KAI-Adhi Karya Biaya LRT * Pemerintah Kucurkan Penyertaan Modal Negara ke Dua BUMN, KOMPAS, 09 Desember 2017, hal 27.
  • LRT Jakarta: Fase 2 Diperpanjang ke Tanah Abang, KOMPAS, 18 Desember 2017, hal 26.
  • Transportasi: KAI Memperoleh Konsesi Mengelola LRT Jabodebek, KOMPAS, 20 Desember 2017, hal 17.