Foto | Transportasi

Transjakarta dari Masa ke Masa

Transjakarta merupakan transportasi umum berupa Bus Rapid Transit (BRT) yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta. Didesain berdasarkan sistem TransMilenio di Bogota, Colombia. Transjakarta merupakan sistem BRT pertama di Asia Tenggara. Transjakarta beroperasi untuk pertama kalinya pada tanggal 1 Februari 2004 dengan koridor pertama Koridor Blok M-Kota.

KOMPAS/AGUS SUSANTO

Pengguna bus Transjakarta koridor IX (Pinang Ranti-Pluit) berdesakan sepulang kerja pada malam hari di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin, 23 Februari 2015. PT Transportasi Jakarta mengoperasikan bus Transjakarta hingga malam dan dini hari menjadi total 7 koridor.

Berdasarkan Keputusan Gubernur No. 110 Tahun 2003 tentang Badan Pengelola Transjakarta, pengelolaan Transjakarta dilakukan oleh Badan Pengelola Transjakarta secara non-struktural yang bertanggung jawab langsung kepada Gubernur. Pada tanggal 27 Maret 2014, Transjakarta berubah status menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Badan Pengelola Transjakarta berganti nama menjadi PT. Transportasi Jakarta.

Tahun 2020, Gubernur DKI Jakarta mengeluarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 63 tentang Penugasan Kepada BUMD untuk menyelenggarakan Sistem Integrasi Pembayaran Antar-Moda Transportasi. Pergub 63/2020 memberikan amanat untuk membuat sistem pembayaran terintegrasi untuk transportasi umum yang beroperasi di DKI Jakarta. Sistem pembayaran terintegrasi tersebut diluncurkan pada tahun 2021 dengan nama JakLingko. Selain Transjakarta, moda transportasi umum yang tergabung dalam sistem JakLingko meliputi MRT, Light Rapid Transport (LRT), Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line, dan Mikrotrans.

Saat ini, Transjakarta terdiri atas 260 halte yang tersebar dalam 13 koridor. Dengan jam operasional selama 24 jam, bus Transjakarta menjadi salah satu moda transportasi utama yang diandalkan oleh warga Jakarta.

KOMPAS/YUNIADHI AGUNG

Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso, berfoto di depan bus Transjakarta pada hari Rabu, 7 Januari 2004.

KOMPAS/PINGKAN ELITA DUNDU

Antusiasme warga yang mengantre di halte Blok M untuk menggunakan bus Transjakarta pada hari peluncurannya, Minggu, 1 Februari 2004.

KOMPAS/YUNIADHI AGUNG

Seorang anggota satuan tugas bus transjakarta membantu lelaki yang menggunakan kursi roda masuk ke dalam bus di halte bus transjakarta di Harmoni, Jakarta Pusat. Itu dilakukan saat simulasi naik kendaraan umum bagi penyandang cacat, Rabu (7/4/2004). Kegiatan yang merupakan bagian dari acara “Road Safe Day Workshop” yang diselenggarakan Departemen Perhubungan ini bertujuan untuk melihat sejauh mana aksesibilitas sarana publik, seperti kendaraan umum, telepon umum, penyeberangan jalan, dan trotoar, untuk penyandang cacat.

KOMPAS/AMIR SODIKIN

Penumpang Transjakarta dari Blok M yang akan merayakan malam tahun baru 2006 di Monas. Meskipun masih terdapat beberapa kekurangan dalam operasional, Transjakarta mulai menjadi alternatif transportasi bebas kemacetan.

KOMPAS/CAESAR ALEXEY

Puluhan penumpang berjubel di Halte Senen, Jakarta Pusat, sebelum masuk ke dalam bus Transjakarta, Senin (29/1/2007). Kurangnya jumlah bus membuat penumpang menunggu sampai satu jam untuk dapat menumpang bus Transjakarta di Koridor IV sampai VII.

KOMPAS/RIZA FATHONI

Penumpang bus transjakarta Koridor V Kampung Melayu-Ancol dipindahkan ke bus lain karena bus yang mereka tumpangi mengalami kerusakan pada transmisi, di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2007). Jumlah bus transjakarta yang melayani Koridor IV hingga VII saat ini sebanyak 32 bus, masih kurang dari yang seharusnya 216 bus, sehingga harus dibantu armada Koridor I, II, dan III.

KOMPAS/AGUS SUSANTO

Puluhan bus Transjakarta yang mengantre mengisi gas di stasiun pengisian bahan bakar gas milik Petross Gas di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Timur, Rabu (12/3/2008).

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Elvira, pengemudi bus Transjakarta jurusan Blok M-Kota, Jakarta, mengenakan pakaian adat Palembang saat menjalankan tugasnya, Senin (21/4/2008). Ia menggunakan pakaian adat untuk memperingati Hari Kartini.

KOMPAS/PRIYOMBODO

Penumpang bus Transjakarta yang mengantre di halte Senen, Jakarta Pusat, Rabu (22/9/2010).

KOMPAS/LASTI KURNIA

Pengoperasian bus pengumpan (feeder bus) transjakarta, dengan tampilan seperti bus transjakarta dalam ukuran yang lebih kecil, diresmikan di depan kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jakarta, Rabu (28/9/2011). Tiga rute feeder bus transjakarta ini terintegrasi dengan koridor lain yang telah beroperasi, yaitu rute 1 (Sentra Primer Barat-Daan Mogot), rute 2 (Tanah Abang-Balaikota), dan rute 3 (SCBD-Senayan).

KOMPAS/LASTI KURNIA

Bus Transjabodetabek siap berangkat dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (20/6/2012). Bus Transjabodetabek merupakan bagian dari transportasi operasi Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus Transjakarta (APTB) yang membantu penumpang bus Transjakarta dari Botabek untuk menuju halte Transjakarta.

KOMPAS/LASTI KURNIA

Sejumlah bus gandeng diparkir di pul Pesing, Jakarta Barat, Selasa (18/12/2012). Sebanyak 23 bus dari China tersebut dipersiapkan untuk menambah jumlah armada yang beroperasi di koridor Transjakarta.

KOMPAS/PRIYOMBODO

Sebanyak 320 bus pengumpan Transjakarta diresmikan pengoperasiannya di Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (22/12/2015). Bus-bus pengumpan ini akan melayani sejumlah rute, antara lain Monas-Pantai Indah Kapuk, Ragunan-Monas, dan Ragunan-Dukuh Atas. Bus pengumpan merupakan bagian dari jaringan yang mengantarkan penumpang dari suatu daerah di Jakarta menuju sistem terpadu bus Transjakarta. Umumnya, bus pengumpan berukuran jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan bus Transjakarta.

IMAM AGI PRATAMA

Pekerja karoseri Nusantara Gemilang di Kudus, Jawa Tengah, sedang mengerjakan bus pesanan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Selasa (13/2/2018). Transjakarta memesan kepada Nusantara Gemilang sebanyak 101 bus berpintu rendah (low entry) dengan badan dari aluminium.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Warga menunggu kedatangan bus Transjakarta di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (2/1/2019). Banyak penumpang membawa anak-anak mereka untuk mengisi liburan sekolah dengan berkeliling ke tempat-tempat wisata di Jakarta.

KOMPAS/RIZA FATHONI

Petugas mencuci bus Transjakarta di pul pusat PT Transportasi Jakarta di kawasan Halim, Jakarta Timur, Senin (21/1/2019). Pul ini menjadi pusat garasi bagi ratusan bus Transjakarta yang melayani sejumlah koridor.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Bus Transjakarta melintas di Jalan Hasyim Ashari, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020). Jumlah pengguna bus Transjakarta telah menembus 1 juta penumpang per hari. Layanan transportasi yang terintegrasi menjadi salah satu faktor yang meningkatkan animo warga untuk menggunakan transportasi umum.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Bus Listrik Transjakarta X Higer memasuki Terminal Blok M, Jakarta, Jumat (17/9/2021). Pada 2025 ditargetkan semua bus Transjakarta telah beralih ke bus listrik.

Referensi

Arsip Kompas
  • “Transportasi: Koridor Khusus Penumpang Bus”, Kompas, 2 Oktober 2006, hlm 48.
  • “61 Halte Baru di Tiga Koridor, Jangkauan Bus”, Kompas, 18 Juni 2008, hlm 26.
  • “Transjakarta Membentuk Peradaban”, Kompas, 21 Januari 2019, hlm 20.
Internet
  • https://transjakarta.co.id