Foto | Transportasi

Stasiun KA di Jakarta Dahulu dan Kini

Kini tak ada lagi pemandangan penumpang kereta ekonomi yang berebutan tiket dan duduk di atas atap kereta, pengemis dan pedagang asongan lalu lalang, asap rokok dan sampah bertebaran. Semua stasiun sudah memiliki fasilitas pendukung yang nyaman dan aman bagi penumpang karena inovasi pelayanan dari PT Kereta Api Indonesia.

KOMPAS/KARTONO RYADI

Stasiun Kereta Api Jakarta Kota pada 11 Januari 1988 tampak sepi. Pada tahun itu Jakarta secara keseluruhan memang masih sepi, terutama di daerah pinggiran. Jumlah penduduk tidak sebanyak sekarang sehingga banyak tanah yang masih kosong. Jalan raya pun masih sering lengang sehingga kemacetan lalu lintas jarang terjadi. Mobil-mobil masih bisa melaju kencang di jalan. Seperti terlihat pada gambar, di depan Stasiun Kereta Api Jakarta Kota, kendaraan belum menyemut seperti sekarang.

Transportasi merupakan kebutuhan utama masyarakat di perkotaan, seperti kota Jakarta dan sekitarnya. Masyarakat urban membutuhkan fasilitas transportasi publik yang cepat, lancar, dan nyaman untuk tiba di tempat kerja. Karena kemacetan menjadi masalah klasik yang belum terpecahkan oleh gubernur yang memimpin Jakarta.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi publik yang cepat, lancar, dan nyaman, PT Kereta Api Indonesia membangun fasilitas transportasi berbasis rel yang terbebas dari kemacetan karena memiliki jalur sendiri. Kereta api merupakan moda transportasi andalan dan efisien bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Beberapa stasiun di Jakarta memiliki jalur kereta api yang hingga saat ini masih digunakan dan terintegrasi dengan transportasi publik lainnya.

Salah satu arsip Harian Kompas tahun 1988 memperlihatkan suasana Stasiun Jakarta Kota yang masih tampak sepi. Stasiun Jakarta Kota atau Batavia Benedenstad atau lebih dikenal dengan Beos ini dirancang oleh Ghijels dan diresmikan pada 8 Oktober 1929.

Di beberapa stasiun kereta api juga tampak beberapa transportasi pendukung lainnya yang mempermudah penumpang untuk sampai di lokasi tujuan dengan cepat. Pemandangan tersebut tampak pada foto Harian Kompas tahun 2003, ojek dengan sepeda tua di Stasiun Jakarta Kota. Namun, pada tahun 2019 dan 2020 seperti terlihat pada foto Harian Kompas, ada perubahan transportasi ojek dari sepeda tua menjadi ojek daring sepeda motor terlihat di Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Manggarai.

Perubahan lainnya terlihat saat tak tampak lagi penumpang yang berdesakan hingga menaiki jendela dan berebut untuk naik ke kereta. Arsip foto Harian Kompas tahun 1989, 2007, hingga 2009 menyimpan bukti saat penumpang masih berdesakan dan berebut di Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Tanah Abang. Pemandangan berbeda tampak pada foto Harian Kompas tahun 2024, para penumpang kereta mengantre dengan tertib sesuai jalurnya.

Penataan fasilitas di stasiun untuk perpindahan peron sangat membantu penumpang dalam melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman. Arsip foto Harian Kompas pada tahun 2017 memperlihatkan perubahan jalur di Stasiun Manggarai yang cukup padat. Berbeda dengan arsip foto Harian Kompas pada tahun 2023, dimana penumpang tidak perlu menyeberang rel kereta untuk pindah peron di Stasiun Manggarai.

Penataan stasiun dan fasilitas pendukungnya harus diikuti pembenahan penumpang sebagai pengguna transportasi publik itu. Hal ini tampak pada foto Harian Kompas tahun 2021, penumpang mengantre dengan tertib untuk masuk ke Stasiun Tanah Abang. Pemandangan berbeda terlihat pada foto Harian Kompas tahun 1975 saat calon penumpang antre panjang di luar Stasiun Pasar Senen tanpa jalur yang jelas.

KOMPAS/SARIE FEBRIANE

Beberapa sepeda tua milik tukang ojek sepeda menunggu penumpang di Jalan Pinangsia Raya, di depan Stasiun Jakarta Kota, Rabu (5/2/2003). Sebagian tukang ojek itu petani kecil dari Jawa Tengah. Sambil menunggu panen dari lahan sewaan, mereka mencari tambahan nafkah dengan mengojek sepeda.

KOMPAS/RIZA FATHONI

Pengojek daring mengantre menunggu penumpang di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta Barat, Jumat (5/6/2020). Pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di wilayah DKI Jakarta, pemerintah memperbolehkan pengojek membawa penumpang mulai 8 Juni 2020 dengan menaati protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Sejumlah armada taksi terparkir di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2010). Sebagai upaya penataan angkutan umum, PT Kereta Api menjual pangkalan taksi di kawasan Stasiun Gambir. Dari 36 tempat yang tersedia, sekitar tujuh atau delapan perusahaan taksi bisa menggunakan pangkalan tersebut.

KOMPAS/JULIAN SIHOMBING

Gelombang pemudik Lebaran mencapai memuncak pada hari Kamis (4/5/1989) di Stasiun Gambir. Rangkaian gerbang senantiasa dipenuhi manusia. Bahkan pintu masuk pun penuh sesak. Seorang wanita yang berkeras untuk mudik, memaksakan tubuhnya memasuki celah sempit jendela. Beberapa tangan turut membantunya, dan ia berhasil masuk gerbong.

KOMPAS/FAKHRI FADLURROHMAN

Para penumpang yang turun dari kereta mengantre untuk menaiki lift di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (15/4/2024). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta memperkirakan jumlah pendatang baru di Jakarta sekitar 15.000 orang usai Lebaran.

KOMPAS/RIZA FATHONI

Tampak depan Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Minggu (3/3/2019). Jenderal Soedirman sempat singgah pada 1 November 1946 di Stasiun Manggarai mengakhiri perjalanan dari Yogyakarta.

KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Kepadatan penumpang kereta rel listrik di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (14/9/2017). Kepadatan tersebut merupakan imbas KRL anjlok di Stasiun Jakarta Kota. Tercatat, 14 perjalanan KRL dibatalkan dan sejumlah rute dipangkas akibat peristiwa itu.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Petugas membawa papan penunjuk perubahan peron KRL relasi Bekasi-Kampung Bandan di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (20/12/2023). Sejumlah perjalanan KRL di Stasiun Manggarai mengalami penataan ulang peron penumpang. Penataan peron penumpang ini bagian dari pengembangan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral. Pengaturan itu untuk mengatur perpindahan penumpang yang melewati stasiun tersebut.

KOMPAS/AGUS SUSANTO

Calon penumpang antre panjang hingga di luar stasiun untuk mendapatkan tiket kereta api Lebaran di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (30/8). Sejumlah calon pemudik bahkan terpaksa menginap di stasiun untuk membeli tiket. Menurut Kepala Humas PT Kereta Api Daops I Jakarta Akhmad Sujadi, jumlah pemudik tahun 2008 diperkirakan mencapai 2,9 juta orang atau meningkat 100.000 orang dibandingkan dengan tahun lalu.

KOMPAS/MOCH S HENDROWIJONO

Lalu lintas di perempatan Bekasi Barat dekat Stasiun Jatinegara, sejak 10 hari ini lampu lalu lintas tak berfungsi. Tampak kelihatan keruwetan jalan di sekitar stasiun KA Jatinegara (1991).

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan 14 obyek bangunan menjadi cagar budaya sepanjang 2020-2021. Dari ke-14 obyek itu, salah satunya adalah Stasiun Jatinegara. Beberapa kriteria penentuan untuk menjadi cagar budaya adalah berusia di atas 50 tahun serta memiliki arti khusus bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan. (12/1/2022)

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Penumpang berebut naik ke Kereta Api Matarmaja jurusan Jakarta-Malang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (15/10/2007). Hingga kemarin, masih banyak pemudik yang meninggalkan Jakarta. Mereka umumnya pemudik yang tidak ingin berebut dan berjubel di dalam kereta.

KOMPAS/MARKUS DUAN ALLO

Suasana stasiun kereta api Pasar Senen, pada awal Oktober 1975.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Sejumlah penumpang Kereta Api Bogowonto asal Yogyakarta turun di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, dalam arus balik Lebaran, Jumat (12/4/2024). Arus balik Lebaran menjadi momentum bagi banyak orang untuk merantau ke Jakarta demi mencari kehidupan yang lebih baik.

KOMPAS/RIZA FATHONI

Sejumlah calon penumpang berbaris antre untuk masuk ke Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (25/1/2021). Penataan stasiun dan kereta api harus diikuti pembenahan perilaku warga pengguna transportasi publik itu.

KOMPAS/WINDORO ADI

Pedagang garmen asal Rangkasbitung berebut naik kereta di Stasiun Tanah Abang. Mereka membawa dagangan untuk dijual di Rangkasbitung, Senin (14/9/2009). Mereka kembali pulang seusai belanja di Pasar Tanah Abang.

KOMPAS/FAKHRI FADLURROHMAN

Suasana di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2024). KAI Commuter menyatakan masih menunggu keputusan Kementerian Perhubungan terkait usulan rencana kenaikan tarif KRL Jabodetabek. Isu kenaikan tarif ini terdengar sejak tahun 2022.

Foto lainnya dapat diakses melalui https://www.kompasdata.id/
Klik foto untuk melihat sumber.

Artikel terkait