Lembaga

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Kementerian Badan Usaha Milik Negara memiliki tugas pokok dan fungsi melaksanakan pembinaan Badan Usaha Milik Negara. Saat ini terdapat 107 perusahaan BUMN dan akan terus dilakukan perampingan hingga mencapai 70 perusahaan.

Fakta Singkat

Dibentuk
1973 (Direktorat Persero dan Pengelolaan Keuangan Perusahaan Negara)

1998 (Kementerian Negara Pendayagunaan BUMN)

Menteri BUMN pertama
Tanri Abeng (16 Maret 1998 – 20 Oktober 1999)

Menteri BUMN
Erick Thohir (23 Oktober 2019 – saat ini)

Jumlah BUMN:
107 perusahaan

Dasar Hukum:

Undang-undang Nomor 19 tahun 2003 tentang BUMN

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 81 tahun 2019 tentang Kementerian Badan Usaha Milik Negara

Anggaran (2021):
Rp244,8 miliar

Website:
https://bumn.go.id

Sejarah

KOMPAS/YOSEF UMARHADI

Menteri Negara Pendayagunaan BUMN Tanri Abeng menegaskan dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (05/06/1998), sistem privatisasi PT Krakatau Steel (KS) sudah baku dan telah disepakati pemerintah bersama Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia. Tanri Abeng didampingi Adan Buyung Nasution, penasihat hukum Kantor Menneg BUMN.

Awal dari pembinaan Badan Usaha Milik Negara di Indonesia berada pada wewenang Kementerian Teknis dengan pembagian wewenang Kementerian Keuangan sebagai pembina keuangan BUMN. Fase ini dimulai pada UU No.19 PRP tahun 1960 tentang Perusahaan Negara.

Dalam kurun waktu 1969-1998 pembinaan BUMN dilimpahkan kepada Menteri Keuangan sebagai Pemegang Saham Negara RI / Pemilik Modal pada BUMN dan memegang Kewenangan Pembinaan BUMN, inilah cikal bakal organisasi Kementerian BUMN.

Pada awal fase ini diterbitkan UU No. 9 Tahun 1969 terkait pembagian klasifikasi perusahaan negara ke dalam Perjan, Perum dan Persero. Selain itu juga diterbitkan peraturan yang lebih bersifat lebih spesifik yaitu PP No. 12 th 1998 tentang Perusahaan Perseroan dan PP No. 13 th 1998 tentang Perusahaan Umum.

Awal dari pembentukan Kementerian BUMN ditandai oleh terbitnya PP No. 50 th 1998 tentang Pengalihan kedudukan, tugas dan kewenangan Menteri Keuangan selaku pemegang saham atau RUPS pada perusahaan perseroan kepada Menteri Pendayagunaan Badan Usaha Milik Negara.

Terbitnya PP No 50 tahun 1998 tersebut merupakan momentum pengalihan tugas dan kewenangan Menteri Keuangan sebagai Pemegang Saham dalam Perusahaan Perseroan (Persero) kepada Menteri Negara Pendayagunaan BUMN Tantri Abeng merupakan Menteri yang ditunjuk sebagai Menteri BUMN pertama.

Pada tahun 2000 sampai dengan tahun 2001, struktur organisasi kementerian ini dihapuskan dan dikembalikan lagi menjadi setingkat eselon I di lingkungan Departemen Keuangan. Namun, pada tahun 2001, ketika terjadi suksesi kepemimpinan, organisasi tersebut dikembalikan lagi fungsinya menjadi setingkat kementerian dengan nama Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara.

Dengan adanya PP No. 41 tahun 2003 sejak saat itu pelimpahan kewenangan pembinaan BUMN dari Menteri Keuangan kepada Menteri BUMN. Salah satu terobosan pembinaan BUMN yang dilakukan oleh Kementerian BUMN adalah menginisiasi pembentukan holding sektoral, dengan tujuan untuk meningkatkan nilai BUMN dalam rangka menggerakkan perekonomian bangsa.

KOMPAS/ANGGER PUTRANTO

Pekerja pabrik coklat menunjukkan bahan baku biji cokelat yang hendak dioleh menjadi coklat konsumsi di Pabrik Cokelat Doesoen Kakao milik PTPN XII di Glenmore, Banyuwangi, Sabtu (16/2/2019). Kementerian BUMN mendorong perusahaan Pertanian dan Perkebunan milik negara mulai mengembangkan produksi hilir.

Menteri BUMN dari masa ke masa

Menteri BUMN Kabinet Periode Nomenklatur
Tanri Abeng

 

Pembangunan VII 16 Maret 1998 – 21 Mei 1998 Menteri Negara Pendayagunaan Badan Usaha Milik Negara
Reformasi Pembangunan 23 Mei 1998 – 20 Oktober 1999
Laksamana Sukardi Persatuan Nasional 26 Oktober 1999 – 26 April 2000 Menteri Negara Penanaman Modal dan Pembinaan Badan Usaha Milik Negara
M. Rozy Munir

 

 

 

26 April 2000 – 23 Agustus 2000
23 Agustus 2000 – 23 Juli 2001 Menteri ditiadakan, nomenklatur diubah setingkat eselon I di Departemen Keuangan
Laksamana Sukardi Gotong Royong 9 Agustus 2001 – 20 Oktober 2004 Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara
Soegiharto Indonesia Bersatu 21 Oktober 2004 – 9 Mei 2007
Sofyan Djalil 9 Mei 2007 – 20 Oktober 2009
Mustafa Abubakar Indonesia Bersatu II 22 Oktober 2009 – 19 Oktober 2011 Menteri Badan Usaha Milik Negara.
Dahlan Iskan 19 Oktober 2011 – 20 Oktober 2014
Rini Soemarno Kabinet Kerja 27 Oktober 2014 – 23 Oktober 2019
Erick Thohir Indonesia Maju 23 Oktober 2019 – saat ini

KOMPAS/AGUS SUSANTO

Foto udara proyek jalan tol Cimanggis-Cibitung seksi 2 di Desa Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (29/12/2020). Jalan tol Cimanggis-Cibitung yang terdiri dari dua seksi ini secara total memiliki panjang 26,2 kilometer kilometer. Jalan tol Cimanggis-Cibitung ini merupakan bagian dari enam ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Selain menambah kapasitas jalan, kehadirannya juga melengkapi struktur jaringan jalan pada Kawasan Metropolitan Jabodetabek sebagai pusat kegiatan nasional. Akselerasi Proyek Strategis Nasional (PSN) menjadi salah satu bagian program Kementerian BUMN melalui perusahaan BUMN untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Dasar Hukum

Kedudukan, tugas, dan fungsi Kementerian Badan Usaha Milik Negara yang ada saat ini diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 81 tahun 2019 tentang Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Beberapa tugas dan fungsi kementerian ini antara lain: perumusan dan penetapan kebijakan dibidang penyusunan inisiatif bisnis strategis, penguatan daya saing dan sinergi, penguatan kinerja, penciptaan pertumbuhan berkelanjutan, restrukturisasi, pengembangan usaha, serta peningkatan kapasitas infrastruktur bisnis badan usaha milik negara.

Menteri BUMN Erick Thohir pada 7 April 2020 mengeluarkan Permen BUMN No. PER-01/MBU/03/2020 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Dalam Peraturan Menteri ini diatur secara detil pada setiap unsur lembaga di Kementerian BUMN, termasuk pembagian tugas antara Wakil Menteri I dan II.

KOMPAS/LASTI KURNIA

Kegiatan di pabrik PT Waskita Karya Infrastruktur (BUMN) memproduksi beragam produk fabrikasi baja dengan mesin-mesin Computer Numerical Control (CNC) dan sejumlah alat fabrikasi lain buatan Eropa di kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten, Kamis (5/3/2020). Produk fabrikasi baja dari anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk ini dibuat untuk mendukung proyek Infrastruktur jalan tol berupa jembatan rangka baja dan toll road guardrail dan juga proyek transmisi listrik 500KV di Pulau Sumatera, dengan target kapasitas produksi mencapai 40 ribu hingga 50 ribu ton pada tahun 2020. Pabrik yang telah berdiri dengan investasi senilai 238 Miliar ini, mengunakan sepenuhnya bahan baku baja dari PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dan PT Gunung Garuda. Kedepannya akan mengembangkan produk fabrikasi baja lainnya berupa box grinder untuk keperluan proyek infrastruktur jalan tol dan LRT.

Struktur Organisasi

• Menteri Badan Usaha Milik Negara
• Wakil Menteri I
• Wakil Menteri II
• Sekretariat Kementerian
• Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan
• Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi
• Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko
• Inspektorat
• Staf Ahli Bidang Implementasi Kebijakan Strategis
• Staf Ahli Bidang Industri
• Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Bentuk BUMN

Dalam Undang-undang Nomor 19 tahun 2003 tentang BUMN, dijelaskan kategori BUMN :

  1. Badan Usaha Milik Negara, yang selanjutnya disebut BUMN, adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan.
  2. Perusahaan Perseroan, yang selanjutnya disebut Persero, adalah BUMN yang berbentuk perseroan terbatas yang modalnya terbagi dalam saham yang seluruh atau paling sedikit 51 % (lima puluh satu persen) sahamnya dimiliki oleh Negara Republik Indonesia yang tujuan utamanya mengejar keuntungan.
  3. Perusahaan Perseroan Terbuka, yang selanjutnya disebut Persero Terbuka, adalah BUMN yang modal dan jumlah pemegang sahamnya memenuhi kriteria tertentu atau Persero yang melakukan penawaran umum sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.
  4. Perusahaan Umum, yang selanjutnya disebut Perum, adalah BUMN yang seluruh modalnya dimiliki negara dan tidak terbagi atas saham, yang bertujuan untuk kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan sekaligus mengejar keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan perusahaan.

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Nasabah antre untuk dilayani petugas teller Kantor Cabang Mandiri di Plaza Mandiri, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (25/6/2020). Pemerintah akan menempatkan dana Rp 30 triliun di empat bank BUMN, salah satunya adalah Bank Mandiri. Penempatan uang negara itu bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Selain PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, penerima dana dari pemerintah itu adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Peran BUMN pada masa pandemi

Jumlah kasus Covid-19 (coronavirus Disease 2019) yang makin meningkat memiliki dampak yang besar terhadap perekonomian di Indonesia. Berbagai sektor perusahaan negeri dan swasta yang cukup drastis mengalami kerugian yang cukup besar. Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dengan berbagai perusahaan negeri tentunya makin sangat bekerja ekstra agar perekonomian tidak semakin tepuruk. Kebijakan baru serta kerja sama dengan beberapa lembaga kementerian juga telah dilakukan agar mempertahankan perekonomi dan kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini.

Dampak Covid-19 terjadi tidak hanya di sektor kesehatan tapi secara signifikan juga mempengaruhi sektor ekonomi. Secara global, perekonomian dunia mengalami kontraksi ekonomi yang dalam selama tahun 2020 sebagai akibat penyebaran Covid-19. Proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun 2020 dipangkas dalam oleh beberapa insititusi.

Di Indonesia, sejak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menetapkan Pandemi Covid-19 sebagai bencana nasional non-alam di Indonesia dan diinstruksikannya Pembatasan Sosial Berskala Besar di wilayah Jakarta dan kota-kota besar lainnya, perekonomian Indonesia mengalami penurunan aktivitas secara signifikan. Terlihat dari nilai tukar rupiah yang sempat menyentuh level Rp16.000,-. Penurunan IHSG sampai level di bawah 4000, nilai impor dan ekspor yang turun. Proyeksi pertumbuhan Indonesia oleh berbagai institusi menunjukkan penurunan yang signifikan dari proyeksi awal.

Melalui Biofarma, sebagai satu-satunya BUMN yang memproduksi vaksin dan antisera di Indonesia, Kementerian BUMN memainkan peran signifikan dalam upaya menyiapkan generasi Indonesia yang sehat, bebas dari penyakit menular, sehingga menjadi generasi yang produktif dan siap bersaing secara global di masa mendatang, termasuk upaya melawan Covid-19.

Pada 6 Desember 2020 Indonesia telah menerima 3 juta dosis vaksin Sinovac sebanyak 1,2 juta dosis vaksin siap pakai. Kemudian, pada tahap kedua 31 Desember 2020 pemerintah kembali menerima 1,8 juta vaksin. Tahap ketiga pada 12 Januari 2021 sebanyak 15 juta dosis bahan baku vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Indonesia. Vaksin dikelola dan diproses oleh Biofarma.

Biofarma akan mulai memproduksi 11 juta dosis bahan baku vaksin Covid-19 Sinovac yang tiba pada 2 Februari 2021 yang akan mulai diproses pada 13 Februari 2021 dan diharapkan selesai 20 Maret 2021. Sebanyak 11 juta dosis vaksin tersebut terdiri dari 10 juta bahan baku vaksin dan 1 juta vaksin overfill atau vaksin setengah jadi.

Overfill adalah ekstra volume yang diberikan oleh Sinovac untuk mengantisipasi proses produksi di Bio Farma. Setelah diproduksi, vaksin akan melalui serangkaian uji dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memastikan mutu dan kualitas yang ditetapkan. Program vaksinasi Covid-19 per 13 Januari 2021 ditandai dengan penyuntikan vaksin kepada Presiden Joko Widodo.

KOMPAS/MACHRADIN WAHYUDI RITONGA

Sertifikasi izin pembuatan obat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dipegang oleh Menteri BUMN Erick Thohir untuk PT Bio Farma, Kamis (7/1/2021). Sertifikasi ini berlaku untuk 100 juta vaksin yang akan dikemas oleh Bio Farma dengan bahan baku dari perusahaan farmasi asal China, Sinovac.

Proyek Strategis Nasional

Proyek Strategis Nasional (disingkat PSN) adalah proyek-proyek infrastruktur Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo yang dianggap strategis dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan di daerah.

PSN diatur melalui Peraturan Presiden No 109 tahun 2020, sementara pelaksanaan proyeknya dilakukan secara langsung oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN serta Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU), dengan mengutamakan penggunaan komponen dalam negeri.

Kementerian BUMN melalui 7 perusahaan BUMN yakni: PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Yodya Karya (Persero), PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk melaksanakan pembangunan Proyek Strategis Nasional.

Proyek yang dikerjakan antara lain jalan tol di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi, bendungan, bandara, Palapa Ring, jalur kereta api, terminal pelabuhan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), dan proyek-proyek nasional lainnya.

Anggaran Kementerian BUMN

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendapat anggaran untuk tahun 2021 sebesar Rp244,8 miliar dari semula Rp315,3 miliar di tahun 2020 karena pandemi Covid-19. Anggaran sebesar Rp 244,8 miliar untuk Kementerian BUMN itu nantinya akan dibagi menjadi tiga. Pertama, untuk belanja barang sebesar Rp162,15 miliar. Kedua, untuk belanja pegawai senilai Rp63,17 miliar. Ketiga, untuk belanja modal sebesar Rp19,5 miliar.

KOMPAS/AGUS SUSANTO

Foto udara panorama proyek lintasan long span atau jembatan bentang panjang LRT Jabodebek di kawasan Dukuh Atas, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (15/11/2020). Hingga 6 November 2020, progres pembangunan LRT Jabodebek tahap I yang dikerjakan PT Adhi Karya (BUMN) sejak September 2015 sudah mencapai 79,055 persen. DProyek pembangunan LRT Jabodebek yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) ini diperkirakan akan beroperasi pada pertengahan tahun 2022.

Klaster Industri di BUMN

Pada 2020 Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memangkas 35 BUMN dari jumlah semula yang mencapai 142 perusahaan di tahun 2019. Sehingga, jumlah BUMN saat ini tinggal 107 perusahaan. Ini sebagai tindak lanjut dari Keppres Nomor 40/M Tahun 2020 tentang Pembentukan Tim Percepatan Restrukturisasi BUMN yang bertujuan untuk menyehatkan perusahaan.

Saat ini dibentuk 12 klaster industri yang dibina oleh dua wakil Menteri. Wakil Menteri I yang dijabat oleh Pahala Nugraha Mansury membawahi enam klaster industri:

  1. Energi dan Migas
  2. Mineral dan Batu Bara
  3. Perkebunan dan Kehutanan
  4. Pangan
  5. Kesehatan
  6. Manufaktur

Sementara, Wakil Menteri II yang dijabat oleh Kartika Wirjoatmojo juga membawahi enam klaster industri:

  1. Jasa Keuangan
  2. Jasa Asuransi dan Dana Pensiun
  3. Telekomunikasi dan Media
  4. Infrastruktur
  5. Logistik
  6. Pariwisata dan Pendukung

Sumber: Kementerian BUMN

Peta Klaster BUMN dan Anak Perusahaan

Industri Energi, Minyak dan Gas

Bergerak di bidang perencanaan, pembangunan serta pengembangan usaha hilir bidang gas bumi. Perencanaan, pembangunan, pengembangan produksi, penyediaan, penyaluran dan distribusi gas buatan (gas hidrokarbon). Kegiatan usaha penunjang lain yang berkaitan langsung dan atau yang mendukung kegiatan usaha utama.

Anak Perusahaan PGN :

  1. PGN LNG bergerak di bidang pengembangan infrastruktur LNG diseluruh wilayah Indonesia
  2. PGN SAKA bergerak di bidang Hulu
  3. Nusantara Regas bergerak di bidang Fasilitas Floating Storage and Regasification Terminal
  4. Transgasindo bergerak di bidang Transportasi Gas
  5. PGN GAGAS bergerak di bidang Hilir
  6. PGN COM bergerak di bidang Telekomunikasi
  7. PGN Solution bergerak di bidang Rekayasa Teknik
  8. PGN MAS bergerak Pengelolaan Properti

Bergerak di bidang energi yang meliputi aktivitas hulu, aktivitas hilir, aktivitas midstream serta aktivitas distribusi dan niaga gas

Anak Perusahaan Pertamina :

  1. PT Pertamina Hulu Energi (Upstream Subholding)
  2. PT Patra Niaga (Comercial & Trading Subholding)
  3. PT Perusahaan Gas Negara (Gas Subholding)
  4. PT Pertamina Power Indonesia (Power & NRE Subholding)
  5. PT Kilang Pertamina International (Refinery & Petrochemical Subholding)
  • PT Industri Nuklir Indonesia (Persero) (INUKI)

Bergerak di bidang Industri Nuklir dan Jasa Teknik Nuklir

Bergerak dibidang ketenagalistrikan seperti penyediaan tenaga listrik, penunjang tenaga lsitirk, pengelolaan serta pemanfaatan SDA dan sumber energi lainnya untuk tenaga listrik.

Anak Perusahaan PLN :

  1. PT Indonesia Power (IP) bergerak di bidang pembangkitan tenaga listrik dan usaha lain yang terkait
  2. PT Pembangkitan Jawa Bali (PT PJB) bergerak di bidang pembangkitan tenaga listrik dan usaha lain yang terkait
  3. PT PLN Batam bergerak di bidang usaha penyediaan tenaga listrik bagi kepentingan umum di wiliayah Pulau Batam
  4. PT Indonesia Comnets Plus (PT ICON+) bergerak di bidang usaha telekomunikasi
  5. PT PLN Tarakan bergerak di bidang usaha penyediaan tenaga listik/ mengelola kelistrikan di Pulau Tarakan secara terintegrasi
  6. PT PLN Batubara bergerak di bidang usaha tambang batubara sebagai bahan utama dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)
  7. PT PLN Geothermal bergerak di bidang penyediaan tenaga listrik terbarukan melalui kegiatan pengembangan dan pengoprasian pembangkit tenaga listrik panas bumi yang ekonomis bermutu tinggi dengan keandalan yang baik
  8. PT Prima Layanan Nasional Enjiniring (PLN-E) begerak di bidang konsultan teknik
  9. Majapahit Holding BV bergerak di bidang lembaga keuangan yang berkedudukan di Amsterdam
  10. PT Haleyora Power bergerak di bidang pengamanan layanan Operasi dan Pemeliharaan (Ophar) Transmisi dan Distribusi Tenaga Listrik
  11. PT Pelayaran Bahtera Adhiguna bergerak di bidang eskpedisi batubara.
Industri Mineral dan Batubara

Bergerak di bidang produsen dan eksportir logam timah

Anak Perusahaan Timah :

  1. Timah International Investment sebuah perusahaan dibentuk di Singapura bergerak sebagai perusahaan investasi yang bergerak secara internasional, menjadi perusahaan induk bagi usaha-usaha yang akan dikembangkan PT TIMAh (Persero) Tbk di luar negeri
  2. PT Timah Industri bergerak di bidang Industri Kimia
  3. PT Timah Investasi Mineral bergerak di bidang mengelola usaha penambangan batubara secara komersil
  4. PT Dok Perkapalan & Air Kantung bergerak di bidang penyedia jasa doking
  5. Indometal London Ltd didirikan di Inggris khusus sebagai agen penjualan timah Indonesia untuk kawasan Eropa dan Amerika Serikat
  6. Great Force Trading (GFT) didirikan di Hong Kong khusus untuk perdagangan produk-produk dari PT Timah dan anak perusahaan
  7. PT Rumah Sakit Bakti Timah yang dikelola oleh Yayasan Bakti Timah yang berlokasi di Pangkalpinang Bangka Belitung
  8. PT Timah Karya Persada Properti bergerak di bidang properti
  9. PT Timah Agro Manunggal bergerak di bidang usaha agrobisnis

Bergerak dibidang penyelidikan umum, eksplorasi, eksploitasi, pengolahan, pemurnian, pengangkutan, serta perdagangan batubara

Anak Perusahaan Bukit Asam :

  1. PT Batubara Bukit Kendi bergerak di bidang Penambangan batubara
  2. PT Bukit Pembangkit Innovative (BPI) bergerak di bidang Pembangkit Listrik tenaga uap
  3. PT Bukit Asam Prima (bap) bergerak di bidang perdagangan batubara
  4. PT Internasional Prima Coal bergerak di bidang Penambangan batubara
  5. PT Bukit Asam Banko bergerak di bidang Penambangan batubara
  6. PT Bukit Asam Transpacific Railways bergerak di bidang angkutan batubara dengan kereta api
  7. PT Huadian Bukit Asam Power bergerak di bidang pembangkit listrik uap saat ini masih dalam tahap pengembangan
  8. PT Bukit Asam Methana Enim bergerak di bidang Penambangan gas metana saat ini masih dalam tahap pengembangan
  9. PT Bukit Asalam Metana Ombilin bergerak di bidang Penambangan gas metana sampai saat ini masih belum beroperasi
  10. PT Bukit Energi Metana bergerak di bidang Penambangan gas metana saat ini masih belum beroperasi
  11. PT Bukit Multi Investama (BMI) bergerak di bidang perdagangan umum, jasa, percetakan, pembangunan, perindustrian, pengangkutan darat, perkebunan dan pertanian, pengelolaan hasil serta properti
  12. PT Bukit Energi Investama bergerak di bidang Investasi bidang pembangkit

Bergerak dibidang industri aluminium terpadu, bidang pertambangan dan bidang industri, serta optimal sumber daya perseroan untuk menghasilkan barang dan atau jasa bermutu tinggi dan berdaya saing kuat untuk mendapatkan keuntungan guna meningkatkan nilai perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip perseroan terbatas.

Bergerak pada bidang pertambangan berbagai jenis bahan galian, serta menjalankan usaha di bidang industri, perdagangan, pengangkutan, dan jasa, kegiatan usaha dibidang perkebunan, pertanian, kehutanan, properti, pembangkit listrik dan energi, serta pengelolaan limbah.

Jasa Asuransi dan Dana Pensiun

Bergerak di bidang Asuransi Sosial

Anak Perusahaan :

PT Jasaraharja Putera bergerak di bidang Asuransi

Bergerak di bidang Asuransi Kerugian

Bergerak di bidang Penjaminan Kredit

Anak Perusahaan :

PT Jamkrindo Syariah (Jamsyar) bergerak di bidang Penjaminan Syariah

Bergerak di bidang Asuransi umum/kerugian

Bergerak di bidang Asuransi Jiwa

Bergerak di bidang asuransi sosial melalui penyelenggaraan program asuransi/jaminan sosial bagi Pegawai Negeri Sipil, pejabat negara serta penyelenggara negara lainnya beserta pegawai di lingkungannya.

Anak Perusahaan :

  1. PT Taspen Properti Indonesia bergerak di bidang jasa penyewaan, pengembangan atau pembangunan properti
  2. PT Asuransi Jiwa Taspen bergerak di bidang Asuransi Jiwa
  3. PT Bank Mandiri Taspen bergerak di bidang Perbankan yang berfokus pada segmen UMKM dan pensiunan.

Bergerak pada bidang Asuransi/Jaminan Sosial untuk Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri

Bergerak di bidang Reasuransi (Reasuransi Jiwa dan Reasuransi Umum)

Anak Perusahaan :

  1. PT Reasuransi Syariah Indonesia (ReINDO Syariah) bergerak di bidang Reasuransi Syariah
  2. PT Asuransi Asei Indonesia bergerak di bidang Asuransi dengan produk asuransi lengkap

Bergerak di bidang Investment Holding

Perkebunan dan Kehutanan

Bergerak di bidang perkebunan dan terdapat dua divisi, yaitu Divisi Tanaman Tahunan yang membudidayakan serta menghasilkan produk-produk dari tanaman karet, kopi, dan teh. Kemudian Divisi Tanaman Semusim (Pabrik Gula) yang menghasilkan produk-produk dari tanaman tebu. Produk-produk PT Perkebunan Nusantara IX dipasarkan di pasar domestik maupun pasar luar negeri sebagian besar dalam bentuk bulk. PT Perkebunan Nusantara IX juga memproduksi dan memasarkan produk-produk hilir berupa teh kemasan, teh celup, serta gula pasir dan kopi bubuk dalam kemasan.

Anak Perusahaan :

  1. PT Indoham bergerak di bidang Pemasaran hasil produksi perkebunan
  2. PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara bergerak di bidang Pemasaran produksi perkebunan PTPN I sampai XIV
  3. PT Riset Perkebunan Nusantara bergerak di bidang Riset dan penelitian perkebunan
  4. PT Industri Gula Nusantara bergerak di Bidang Produksi Gula

Bergerak dibidang Perkebunan

Anak Perusahaan :

  1. PT Mendahara Agrojaya Industry (MAI) bergerak di bidang perkebunan dan saat ini mengelola perkebunan kelapa sawit
  2. PT Bukit Kausar (BK) bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit
  3. PT Alam Lestari Nusantara (ALN) bergerak di bidang Agribisnis perkebunan karet

Bergerak di bidang Perkebunan

Anak Perusahaan :

PT Agro Sinergi Nusantara (ASN) bergerak di bidang membangun dan mengelola kebun serta pabrik kelapa sawit

Bergerak di bidang Perkebunan

Anak Perusahaan :

  1. PT Nusa Dua Bekala
  2. PT Tembakau Deli Medika bergerak di bidang pelayanan kesehatan

Bergerak di bidang Perkebunan (agrobisnis dan agroindustri)

Bergerak di bidang Perkebunan

Bergerak di bidang Perkebunan

Bergerak di bidang Perkebunan

Anak Perusahaan :

  1. PT Dasaplast Nusantara bergerak di bidang memproduksi karung plastik, interbag dan waring untuk kebutuhan pabrik gula dan kebun tembakau
  2. PT Mitratani Dua Tujuh bergerak di bidang memproduksi Fozen Vegetables sebagai produk ekspor Jepang
  3. PT Nusantara Medika Utama bergerak di bidang Kesehatan yang membawahi tiga Rumah Sakit
  4. PT Energi Agro Nusantara bergerak di bidang mengelolah molasses (tetes tebu) sebagai bahan baku menjadi ethanol fuel grade dengan tingkay kemurnian 99,5 persen.

Bergerak di bidang Perkebunan

Bergerak di bidang Agro Industri

Anak Perusahaan :

PT Nusantara Sebelas Medika (PT NSM) bergerak di bidang Kesehatan (empat Rumah Sakit dan enam Klinik Kesehatan)

Bergerak di bidang Perkebunan

Anak Perusahaan :

  1. PT Rolas Nusantara Mandiri yang bergerak di bidang pemasaran produk hilir PTPN XII
  2. PT Rolas Nusantara Tambang beregerak di bidang pengelolaan serta eksplorasi kegiatan penambangan
  3. PT Rolas Nusantara Medika bergerak di bidang kesehatan (dua unit Rumah Sakit)
  4. PT Industri Gula Glenmore bergerak di bidang Pabrik Gula Glenmore

Bergerak di bidang Perkebunan

Bergerak di bidang Perkebunan

Bergerak di bidang Kehutanan

Anak Perusahaan :

  1. PT INHUTANI I bergerak di bidang Pengusahaan Hutan
  2. PT INHUTANI II bergerak di bidang Pengusahaan Hutan
  3. PT INHUTANI III bergerak di bidang mengelola hutan tanaman
  4. PT INHUTANI IV bergerak di bidang Pengusahaan Hutan di Sumatera Bagian Utara
  5. PT INHUTANI V bergerak di bidang Kehutanan
  6. PT Palawi Risorsis bergerak di bidang pariwisasta
  7. PT Perhutani Anugerah Kimia bergerak di bidang pengelolaan hutan
  8. PT BUMN Hijau Lestari

Bergerak di bidang Perkebunan

Anak Perusahaan :

  1. PT Industri Karet Nusantara bergerak di bidang Industri Rubber Thread, Rubber Article, Resiprene
  2. PT Sri Pamela Medika Nusantara bergerak di bidang Pelayanan Medis dan Kesehatan (Rumah Sakit)
  3. PT Industri Nabati Lestari bergerak di bidang Industri Turunan Kelapa Sawit
  4. PT ESW Nusantara Tiga bergerak di bidang Industri Pengolahan Serbuk Batang Kelapa Sawit
  5. JIC Wood Company Limited bergerak di Industri Panel Wood dari Serbuk Kelapa Sawit
  6. PT Sarana Agro Nusantara bergerak di bidang Jasa Pompa, Ekspedisi, dan Sewa Tangki
  7. PT Tiga Mutiara Nusantara bergerak di bidang Industri Furniture Part berbahan baku karet
  8. PT Perkebunan Mitra Ogan bergerak di bidang Industri Perkebunan Kelapa Sawit dan Karet Pertanian dan Industri Perdagangan
  9. PT Bio Industri Nusantara bergerak di bidang Industruk Pupuk, Konsultan, dan Perdaganan
  10. PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara bergerak di bidang Jasa Pemasaran dan Logistik Komoditas Perkebunan
  11. PT Riset Perkebunan Nusantara bergerak di bidang Jasa (Penelitian dan Konsultan) Pertanian dan Perdagangan
  12. Indoham Gmbh bergerak di bidang Jasa Pemasaran Ekspor Pertanian Indonesia (Khususnya produk PTPN)
  13. PT Bursa Berjangka Jakarta bergerak di bidang Bursa Berjangka Komoditi
Jasa Telekomunikasi dan Media

Bergerak di bidang Telekomunikasi

Anak Perusahaan :

Kepemilikan Langsung

  1. PT Metranet
  2. PT Telkomsat
  3. PT Telkommetra
  4. PT Telkomsel
  5. PT Pins (The loT Company)
  6. PT TelkomAkses
  7. PT Telin
  8. PT Telkominfra
  9. PT Mitratel
  10. PT Telkom Property

Kepemilikan Tidak Langsung (Telekomunikasi)

  1. PT Metra Digital Inovasi (MDI)
  2. PT Metraplasa
  3. PT Infomedia
  4. PT Nutech
  5. PT SSI
  6. PT Telkomsel Mitra Inovasi (tmi)
  7. PT Telin Australia
  8. PT Telin Singapore
  9. PT Telin Timor Leste
  10. PT Telin Hong Kong
  11. PT Graha Yasa Selaras
  12. PT Nusantara Sukses Investasi (NSI)
  13. PT Telkom Landkmark Tower
  14. PT Melon
  15. PT AdMedika
  16. PT Telkomsigma
  17. PT Mdmedia
  18. PT Finnet
  19. PT Satelit Multimedia Indonesia (SMI)
  20. PT BOSNET Distribution Indonesia
  21. PT Telin USA
  22. PT Telin Malaysia
  23. PT TSGN
  24. PT Persada Sokka

Perusahaan Afiliasi

  1. PT Telkomtelstra
  2. PT Indonesia Logistics Community Service (ILCS)
  3. PT Fintek Karya Nusantara
  4. PT ti.phone
  5. PT Cellum
  6. PT TransVision
  7. PT CSM
  8. PT Jalin Pembayaran Nusantara
  9. PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN)
  10. PT Batam Bintan Telekomunikasi
  11. PT Bangtelindo
  • Perum Produksi Film Negara (PFN)

Bergerak di Bidang Produksi Film

Industri Pangan dan Pupuk

Bergerak di bidang perdagangan ekspor, impor, antar pulau, perdagangan lokal, distribusi, perwakilan dan keagenan, retail, serta pengadaan barang

Anak Perusahaan :

  1. PT PPI Industri bergerak di bidang perindustrian umum dan Distributor Bahan Berbahaya (DTB-2) dan perdaganan yang berkaitan dengan kegiatan perindustrian
  2. PT Tri Sari Veem bergerak di bidang Jasa seperti Freiht Forwarding, Depo Container, EMKL/PPJK, Trucking/Truck Trailer

Bergerak di bidang logistik pangan pokok

Anak Perusahaan :

  1. PT Jasa Prima Logistik bergerak di bidang Jasa Freight forwarding, Warehousing dan Project Shipment, Jasa Logistik dan angkutan serta usaha pendukung lainnya
  2. PT Gendhis Multi Manis (GMM) bergerak di bidang Industri, Perdagangan dan Jasa

Bergerak di bidang peternakan

Anak Perusahaan :

  1. PT Berdikari Untied Livestocks bergerak di bidang pembibitan, penggemukan dan perdagangan sapi serta produksi pupuk organik berbasis kohe
  2. PT Berdikari Meubel Nusantara bergerak di bidang pembuatan furniture yang terbuat dari kayu, alumunium dan rotan yang diekspor ke berbagai negara
  3. PT Berdikari Logistik Indonesia bergerak di bidang jasa transportasi dan pergudangan

Bergerak di bidang pertanian

Bergerak di bidang perikanan

Bergerak di bidang perikanan

Bergerak di bidang pupuk

Anak Perusahaan :

  1. PT Petrokkimia Gresik bergerak di bidang memproduksi dan memasarkan pupuk serta bahan kimia lain
  2. PT Pupuk Kujang Cikampek bergerak di bidang memproduksi dan memasarkan pupuk serta bahan kimia lainnya
  3. PT Pupuk Iskandar Muda bergerak di bidang memproduksi dan memasarkan pupuk serta bahan kimia lainnya
  4. PT Pupuk Kalimantan Timur bergerak di bidang memproduksi dan memasarkan pupuk serta bahan kimia lainnya
  5. PT Pupuk Sriwidjaja Palembang bergerak di bidang memproduksi dan memasarkan pupuk serta bahan kimia lainnya
  6. PT Rekayasa Industri bergerak di bidang usaha jasa Construction
  7. PT Mega Eltra bergerak di bidang bergerak dalam bidang usaha perdagangan umum dan jasa
  8. PT Pupuk Indonesia Logistik bergerak di bidang usaha jasa pelayaran dan jasa angkutan
  9. PT Pupuk Indonesia Energi bergerak di bidang usaha industri
  10. PT Pupuk Indonesia Pangan bergerak di bidang perindustrian dan perdagangan di bidang pertanian.
  • PT Sang Hyang Seri (Persero)

Bergerak di bidang pertanian

Bergerak di bidang Agro Industri dan Farmasi

Anak Perusahaan :

Industri Agro

  1. PT PG Rajawali I bergerak di bidang bidang industri gula
  2. PT PG Rajawali II bergerak di bidang industri gula dan Alkohol
  3. PT PG Candi Baru bergerak di bidang industri gula
  4. PT Mitra Ogan bergerak di bidang perkebunan dan pengolahan kelapa sait dan karet
  5. PT Laras Astra Kartika bergerak di bidang perkebunan dan pengolahan kelapa sawit
  6. PT Perkebunan Mitra Kerinci bergerak di bidang industri teh
Jasa Pariwisata dan Pendukung

Bergerak di bidang Jasa Kebandarudaraan

Bergerak di bidang usaha Jasa Kebandaraudaraan

Anak Perusahaan :

  1. PT Angkasa Pura Hotels bergerak di bidang perhotelan, lounge, dan restora
  2. PT Angkasa Pura Logistics bergerak di bidang warehousing, total baggage solution, regulated agents, distribution center, dan freight forwarding.
  3. PT Angkasa Pura Property bergerak di bidang usaha pembangunan, perdagangan dan jasa khusus real estate, pengembangan, jasa keagenan, distribusi dan bidang konstruksi
  4. PT Angkasa Pura Supports bergerak di bidang jasa, pembangunan, pengangkutan darat, perbengkelan, percetakan, dan perdagangan
  5. PT Angkasa Pura Retail bergerak di bidang usaha penjualan berbentuk duty fee, duty paid, serta food & beverage, jasa pemasaran berupa komunikasi pemasaran, desain grafis, media placement & buying, sertta event activation
  6. PT Gapura Angkasa bergerak di bidang peyedia jasa ground handling bagi maskapai penerbangan yang beroperasi di Indonesia
  7. PT Jasa Marga Bali Tol (investasi saham)
  8. Yakkap I merupakan yayasan bidang sosial dan kemanusiaan
  9. Dana Pensiun Angkasa Pura I (DAPENRA) bergerak di bidang program pensiun pegawai Angksas Pura Airpots
  • PT Survei Udara Penas (Persero)

Bergerak di bidang Survai Udara dan Pemetaan

Bergerak di bidang Perdagangan Ritel dan Ritel Online, Properti, Impor, ekspor dan distribusi

Bergerak di bidang Pelayanan Navigasi Penunjang Angkutan Udara (Air Traffic Service)

Bergerak di bidang perhotelan

Bergerak di bidang Pariwisata

Anak Perusahaan :

  1. PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Utilitas (itdc Utilitas)
  2. PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Properti (itdc Properti)
  3. Xplorin
  4. Mandalika Grand Prix Association (MGPA)

Bergerak di bidang Pariwisata

Bergerak di bidang Jasa Industri Penerbangan

Anak Perusahaan :

  1. PT Aero Wisata

Bergerak pada Bidang usaha pariwisata dan jasa pendukung angkutan udara dengan tujuan sebagai penyedia layanan terdepan untuk industri hospitality serta wisata nasional

  1. PT Sabre Travel Network Indonesia

Bergerak pada penyedia teknologi untuk perjalanan dan industri pariwisata global terkemukan di dunia.

  1. PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMFAA)

Bergerak pada bidang jasa perawatan pesawat terbang, perawatan komponen dan kalibrasi, perawatan mesin untuk pesawat dan industri, pembuatan dan perawatan saranan pendukung, jasa engineering, jasa layanan material. Logistik, pergudangan dan konsinyasi serta kasa konsultan, pelatihan dan penyediaan tenaga ahli pada bidang perawatan pesawat, komponen dan mesin.

  1. PT Aero Systems Indonesia (ASYST)

Bergerak pada layanan konsultasi dan sistem teknik teknologi informasi serta layanan pemeliharaan penerbangan dan industri lainnya.

  1. PT Citilink Indonesia

Merupakan maskapai penerbangan dengan biaya rendah atau murah untuk kawasan regional

  1. PT Gapura Angkasa

Bbergerak pada bidang jasa ground handling dan beroperasi pada 57 Bandara Indonesia.

  1. Garuda Indonesia Holiday France (GIHF)

Bergerak di bidang usaha dari GIHF bergerak pada agen wisata (tour &travel) seperti penjualan tiket pesawat, serta sewa menyewa pesawat

Industri Kesehatan

Bergerak di bidang Farmasi

Anak Perusahaan :

  1. PT Kimia Farma Trading & Distribution bergerak di bidang layanan distribusi dan perdagangan produk kesehatan
  2. PT Kimia Farma Apotek bergerak di bidang layanan farmasi, klinik kesehatan, laboratorium klinik dan optik
  3. PT Sinkona Indonesia Lestari bergerak di bidang memproduksi kina garam dan turunannya bagi banyak industri
  4. PT Kimia Farma Dawaa bergerak di bidang layanan kesehatan di Arab Saudi
  5. PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia bergerak di bidang industri kimia dengan pabrik bahan baku farmasi pertama di Indonesia
  6. PT Phapros bergerak di bidang memproduksi obat, dan sudah lebih dari 284 macam obat yang telah di produksi serta diperdagangkan dan dipercaya oleh industri farmasi lain

Bergerak di bidang Farmasi

Anak Perusahaan :

  1. PT Indonesia Global Medika (IGM) bergerak di bidang trading dan distributor obat dan Alat Kesehatan
  2. PT Farmalab Indoutama (FLIU) merupakan laboratorium uji ekivalensi, baik uji BA-BE maupun disolusi terbanding (DT)

Bergerak di bidang Farmasi

Alat Kesehatan

PT Mitra Rajawali Banjaran bergerak di bidang industri alat kesehatan

Industri Manufaktur

Bergerak di bidang Klasifikasi Kapal dan Statutoria

Bergerak di bidang Jasa Survey atau TIC (Testing, Inspection, Certification)

Bergerak di bidang Survei, Inspeksi, Verivikasi dan Konsultasi

Bergerak di bidang Elektronika untuk industri dan prasarana

Anak Perusahaan :

  1. PT Eltran Indonesia bergerak di bidang Sistem dan Peralatan Navigasi, Railway Telecommunication, Oil dan Gas
  2. PT Surya Energi Indotama bergerak di bidang Renewable Energy (EPC)
  3. PT LEN Railways Systems bergerak di Bidang Railway Transportation (EPC)
  4. PT LEN Telekomunikasi Indonesia

Bergerak di bidang memproduksi pesawat terbang, helicopter dan persenjataan, menyediakan pelatihan serta jasa pemeliharaan untuk mesin-mesin pesawat terbang

Anak Perusahaan :

  1. IPTN North America, Inc bergerak di bidang Aerospace Parts & Services Trading Company and other high Tech Product
  2. PT Nusantara Turbin dan Propulsi bergerak di bidang Maintenance, Repair & overhaul pf Aero Engines and Industrial Turbine & Rotating Equipment
  3. PT General Electric Nusantara Turbine Services (Gents) bergerak di bidang Repair & Services combustion, turbine, component & spare parts for GE and Non-GE
  4. PT General Electric Technology Indonesia (Geti) Medical equipment indsutry and management consulting services in the fields of medical equipment

Bergerak di bidang Industri baja terpadu, memproduksi Besi Spons, Slab Baja, Billet Baja, Baja Lembaran Panas, Baja Lembaran Dingin serta Baja Batang Kawat

Anak Perusahaan :

  1. PT Krakatau National Resources
  2. PT Krakatau Bandar Samudera bergerak di bidang Pelabuhan Cigading menangani segala jenis cargo baik curah kering, curah air maupun container
  3. PT Krakatau Engineering
  4. PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC) bergerak di bidang Properti Industri, properti komersial, properti rumah tinggal
  5. PT Krakatau Wajatama (Persero) bergeral di bidang penyedia Steel Long Product untuk kebutuhan konstruksi, infrastruktur dan industri manufaktur
  6. PT Krakatau Tirta Industri bergerak di bidang menyediakan air bersih, air demin dan jasa pengolahan air limbah.
  7. PT Krakatau Daya Listrik bergerak di bidang Pembangkitn Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU)
  8. PT Krakatau Medika bergerak di bidang Kesehatan
  9. PT Krakatau Information Technology (Krakatau IT) bergerak di bidang Pengolahan Data/Electronic Data Processing)
  10. PT Krakatau POSCO bergerak di bidang Pabrik Baja Terpadu

Bergerak di bidang pembuatan bahan peledak, jasa pengeboran serta peledakan

Melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan dan program Pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya dan khususnya di bidang industri alat atau peralatan pertahanan dan keamanan, industri manufaktur, jasa serta perdagangan

Anak perusahaan :

  1. PT Pindad Enjiring Indonesia (PEI) bergerak di bidang bisnis produk industri
  2. PT Pindad Medika Utama bergerak di bidang kesehatan (RS Pindad)
  3. Pindad Global Sources and Trading (PGST) bergerak di bidang pemasok umum dan kontraktor serta memiliki agen untuk Produk Pertahanan, Keamanan, Industri, Listrik, Telekomunikasi dan Kereta Api
  4. PT Pindad International Logistic) bergerak di bidang penyediaan jasa logistik terpadu
  1. Kegiataan Usaha di Bidang Produksi seperti,merancang, Merakit membangun kapal perang, kapal niaga, kapal selam dan alat apung, peralatan pembangkit tenaga lsitrik, peralatan industri minyak dan gas, turbin, serta peralatan pembangkit tenaga lainnya serta peralatan permesinan seperti pada umumnya.
  2. Kegiatan Usaha di Bidang Jasa seperti, pemeliharaan dan perbaikan kapal perang, kapal niaga, kapal selam, dan alat apung, peralatan pembangkit tenaga listrik, peralatan industri minyak dan gas, turbin dan peralatan pembangkit tenaga lainnya serta perlatan permesinan pada umumnya
  3. Kegiatan usaha di Bidang Perdagangan seperti, pemasaran dan distribusi hasil produksi dan jasa termasuk hasil produjksi pihak lain, baik dalam negeri maupun luar negeri, optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk pergudangan, properti, kepelabuhan, rumah sakit, pendidikan dan penelitian guna mendukung kegiatan produksi, jasa, dan pemasaran.
Jasa Infrastruktur

Bergerak di Bidang Industri Semen

Bergerak di Bidang Jasa Konstruksi, Engineering Procurement Construction (EPC), Properti, Infrastruktur, Energi, Pracetak dan Hunian MBR serta Kontraktor berbasis Alat Berat

Bergerak di Bidang Infrastruktur dan Gedung, Energi dan Industrial Plant, Realty dan Property, Industri dan Investasi

Anak Perusahaan :

  1. PT Wijaya Karya Beton bergerak di bidang industri beton pracetak
  2. PT Wijaya Karya Industri Konstruksi bergerak di bidang industri pemanasan matahari, dan produk konversi energi lainnya
  3. PT Wijaya Karya Bitumen bergerak di bidang industri aspal di Pulau Buton (Aspal Buton)
  4. PT Wijaya Karya Gedung bergerak di bidang bangunan pribadi, kantor, apartemen, kondominium hotel, pusat perbelanjaan, fasilitas pendidikan, serta bangunan komersial lainnya
  5. PT Wijaya Karya Rekayasa Konstruksi bergerak di bidang mengelola pekerjaan Konstruksi dan Fabrikasi yang mencakup pekerjaan mekanikal dan elektrikal serta Operation & Maintenance
  6. PT Wijaya Karya Realty bergerak di bidang realty dan properti pembangunan yang juga mencakup jasa konsultasi, perencanaan, onstruksi dan jasa lansekap
  7. PT Wijaya Karya Serang Panimbang yaitu Proyek Jalan Tol Serang-Rangkas Bitung-Bojong-Panimbang di Banten sepanjang 83,67 KM

Bergerak di Bidang Industri Konstruksi

Anak Perusahaan :

  1. Waskita Karya Infrastruktur bergerak di bidang Infrastruktur dengan melakukan investasi dan mengoprasikan infrastruktur dan fasilitas di sektor-sektor utama seprti pembangkit listrik, minyak dan gas, pertambangan, properti, transportasi, serta sektor utilitas
  2. PT Waskita Beton Precast Tbk bergerak di bidang perusahaan manufaktur beton precast dan ready mix
  3. Waskita Realty bergerak di bidang properti perumahan yang tersebar di Malang, Jogja, dan Semarang
  4. PT Wakita Toll Road bergerak di bidang pembangunan dan manajemen jalan tol
  5. PT Istaka Karya bergerak di bidang Jasa Konstruksi

Bergerak di Bidang Industri Konstruksi, pengembangan properti dan manufaktur

Anak Perusahaan :

  1. PT HK Realtindon bergerak di bidang Properti
  2. PT HAKAASTON bergerak di bidang Produk manufaktur seperti aspal beton, aspal emulsi, agregat fondasi kelas A dan B, serta rock burst untuk concrete mix. Kemudian juga melakukab perdagangan aspal dan juga produk semen lainnya
  3. PT HK Infrastruktur bergerak di bidang Jalan dan Jembatan kemudian juga pembangunan proyek di Jalan TolTol Trans-Sumatera
  4. PT HK Bhirawa Steel bergerak di bidang Manufaktur yang menghasilkan produk seperti Round bar, Deformed bar, Baja Tulangan Polos dan Baja Tulangan Sirip SNI
  5. PT Nusa Pratama Property bergerak di bidang usaha jasa perdagangan yang berhubungan dengan Real Estate dan Property serta usaha bidang pembangunan.

Bergerak di Bidang Konstruksi, mekanikal elektrikal, jaringan komunikasi, perbaikan/pemeliharaan/renovasi bangunan

Anak Perusahaan

PT Brantas Energi yang bergerak di bidang investasi energi terbarukan khususnya Hydro Power guna untuk fokus pada pelestarian lingkungan

Bergerak di Bidang Perumahan, dan Kawasan Pemukiman serta Rumah Susun

Anak Perusahaan :

  1. PT Propernas Griya Utama bergerak di bidang jasa Penyediaan Perumahan untuk segmen menengah, menengah atas, jasa Pengelolaan Gedung, Apartemen dan jasa Konsturksi atau suplai material
  2. PT Propernas Nusa Dua bergerak di bidang jasa Penyediaan Perumahan sebagai pengelola aset lahan PT Perkebunan Nusantara II
  3. PT Propernas IIDA Group yang merupakan cucu perusahaan Perum Perumnas di bawah PT Propernas Griya Utama yang bekerja sama dengan IIDA Sangyo Co., Ltd Japan yang bergerak di bidang pembangunan rumah dengan teknologi dan budaya Jepang di wilayah Indonesia

Bergerak di Bidang Operator Jalan Tol

Bergerak di Bidang Konstruksi, Properti, Industri, Energi, dan Investasi

Anak Perusahaan :

  1. PT Adhi Persada Properti bergerak di bidang developer atau pengembangan properti untuk kawasan perumahan dan bangunan tingkat tinggi (apartemen, hotel, condotel dan office tower)
  2. PT Adhi Commuter Properti bergerak di bidang developer atau pengembangan properti berbasis Transit Oriented Development dengan lokasi berdekatan dengan transportasi massal
  3. PT Dumai Tirta Persada bergerak di bidang kesehatan
  4. PT Adhi Persada Beton bergerak di bidang perindustrian, ekspor-impor dan perdagangan beton pracetak serta kegiatan usaha terkait
  5. PT Adhi Persada Gedung bergerak di bidang jasa konstruksi khususnya konstruksi bangunan bertingkat.

Bergerak di Bidang Semen Indonesia (Persero) Tbk

Anak Perusahaan :

  1. PT Thang Long Cement
  2. PT Solusi Bangun Indonesia
  3. PT Sinergi Informatika Semen Indonesia
  4. PT KSI
  5. PT Semen Indonesia B (SIB)
  6. PT Semen Indonesia Logistik
  7. PT SMI International
  8. PT Semen Indonesia Industri Bangunan
  9. PT Sinergi Mitra Investama
  10. PT ITSG
  11. PT IKSG
  12. PT Kawasan Industri Gresik
  13. PT Padang Cement Indonesia
  14. PT Gresik Portland Cement Indonesia
  15. PT Semen Tonasa Indonesia
  • PT Nindya Karya (Persero)

Bergerak di Bidang Jasa Konstruksi

Anak Perusahaan :

PT Nindya Beton bergerak di bidang perusahaan Beton Pracetak, Readymix dan Konsturksi

Jasa Logistik

Bergerak di Bidang Jasa Logistik seperti menangani pergudangan, angkutan darat, pengurusan dokumen, bongkar muat dan lainnya.

Bergerak di Bidang Angkutan Penyebrangan serta Pelabuhan Penyeberangan

Bergerak di Bidang Pengangkutan penumpang dan barang

Anak Perusahaan :

  1. PT Sarana Bandar Nasional (Pelni Logistics) bergerak di bidang menangani bisnis jasa bongkar muat, freight forwarding, transportasi dan distribusi, pengurusan kepabeanan (PPJK), pergudangan, depo container, serta pengusahaan retail dan trading
  2. PT Rumah Sakit Pelni bergerak di bidang Layanan Kesehatan
  3. PT Pelita Indonesia Djaya Corporation (Pelni Services)

Bergerak di Bidang Penyelenggara dan Pengusahaan jasa kepelabuhan

Anak Perusahaan :

  1. PT Terminal Petikemas Indonesia
  2. PT Prima Terminal mPetikemas
  3. PT Primas Indonesia Logistik
  4. PT Prima Multi Terminal
  5. PT Prima Pengembangan Kawasan
  6. PT Prima Husada Cipta Medan

Bergerak di Bidang Pengelolaan dan Pengembangan Pelabuhan

Anak Perusahaan :

Bisnis Inti

  1. PT Jakarta International Container Terminal (PT JICT) bergerak di bidang pelayanan bongkar muat petikemas baik ekspor maupun impor di Pelabuhan Tanjung Priok
  2. PT IPC Terminal Petikemas bergerak di bidang jasa dermaga, bongkar muat barang dan petikemas, jasa gudang dan penimbun barang, alat bongkar muat serta peralatan pelabuhan , jasaterminal petikemas, curah air, curah kering, dan rupa-rupa
  3. PT KSO Terminal Petikemas Koja
  4. PT Pelabuhan Tanjung Priok (PT PTP) bergerak di bidang melayani kapal penumpang, barang domestik dan mancanegara
  5. PT Multi Terminal Indonesia (PT MTI) bergerak di bidang logistik
  6. PT Indonesia Kendaraan Terminal bergerak di bidang penyediaan dan pengembangan fasilitas pelabuhan, serta optimalisasi pemanfaatan sumberdaya yang dimiliki Perseroan
  7. PT Terminal Petikemas Indonesia bergerak di bidang mengelola terminal petikemas secara fisik dan virtual

Bisnis Logistik dan Service

  1. PT Pengembangan Pelabuhan Indonesia (Port Developer) bergerak di bidang penyediaan dan pengembangan fasilitas pelabuhan, serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki Perseroan
  2. PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPC Marine)
  3. PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia (IPC Port Equipment) bergerak di bidang jasa penyediaan peralaan pokok dan penunjang kegiatan bongkar muat, pelayanan jasa persewaan peralatan bongkar muat, perbaikan dan pemeliharaan bongkar muat.
  4. PT Pengerukan Indonesia (IPC Dreging & Shipyard)

Bisnis Pendukung

  1. PT Integrasi Logistik Cipta Solusi bergerak di bidang penyelenggaraan jasa layanan e-trade logistic dan lainnya meliputi jasa pengolahaan data, jasa e-commerce, konsultasi bidang  komputer dan rekayasa informatika
  2. PT Electronic Data Interchange Indonesia (PT EDII) bergerak di bidang jasa telekomunikasi, teknologi informasi, jaringan electronic data interchange, distribusi peralatan komunikasi, pemasangan instalasi dan peralatan komunikasi
  3. PT Energi Pelabuhan Indonesia (IPC Eco Power)
  4. PT Rumah Sakit Pelabuhan bergerak di bidang Layanan Kesehatan
  5. PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (IPC Corporate University) bergerak di bidang pengembangan kompetensi unggul untuk melahirkan pegawai dan kader pemimpin yang profesional bidang kepelabuhan, maritim, dan logistik
  6. PT Pelabuhan Investama (PII) bergerak di bidang investasi

Bergerak di Bidang Penyelenggaraan dan Pengusahaan jasa kepelabuhanan

Anak Perusahaan :

  1. PT Terminal Petikemas Surabaya bergerak di bidang mengoperasikan terminal di bagian barat Tanjung Perak yang menyediakan pelayanan terminal pelabuhan untuk kapal-kapal internasional dan domestik
  2. PT Berlian Jasa Terminal Indonesia bergerak di bidang operator Terminal Petkemas untuk Kapal Domestik dan Terminal Curah
  3. PT Pelindo Marine Service bergerak di bidang Penyedia Jasa Pemandu dan Perkapalan
  4. PT Termnial Teluk Lamong bergerak di bidang Jasa Kepelabuhan
  5. PT Pelindo Daya Sejahtera bergerak di bidang Penyedia Tenanga Kerja Outsourcing dan aktif menadakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan SDM

Bergerak di bidang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Jasa Kepelabuhanan

Anak Perusahaan :

  1. PT Nusantara Terminal Service bergerak di bidangpelayanan bongkar muat, badan usaha angkutan Multimoda, pelayanan logistik, pengelolaan depo petikemas, penyediaan dan pengoperasian peralatan bongkar muat, pelaksanaan kegiatan handling bagi general cargo
  2. PT Equiport Inti Indonesia (EII) bergerak di bidang menyediakan peralatan & fasilitas pelabuhan, maintenance & engineering, Konstruksi, menyediakan spare parts, Properti, Tourism Agency
  3. PT Kaltim Kariangau Terminal bergerak di bidang mengelola dan memberikan jasa kepelabuhan di Karingau, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur
  4. PT Intan Sejahtera Utama bergerak di bidang penyedia jasa tenaga kerja/SDM

Bergerak di Bidang Transportasi Umum Darat menyelenggarakan pengangkutan penumpang berbasis bus, segmennya terdiri dari bus kota dan bus pariwisata

Bergerak di Bidang Transportasi Darat

Bergerak di Bidang Penyelenggaraan Pos

Anak Perusahaan :

  1. PT Pos Logistik Indonesia bergerak di bidang Bisnis Logistik
  2. PT Pos Properti Indonesia bergrak di berbagai bidang Usaha Jasa/Properti
  3. PT Bhakti Wasantara Net

Bergerak di Bidang Jasa angkutan penumpang dan barang

Anak Perusahaan :

  1. PT Reska Multi Usaha bergerak di bidang penyedia jasa untuk pendukung penyelenggaraan perkeretaapian
  2. PT Railink bergerak di bidang layanan transportasi publik berbasis railway bernama Kereta Api Bandara
  3. PT Kereta Commuter Indonesia bergerak di bidang layanan transportasi publik mengelola KA Commuter Jabodetabek dan sekitarnya
  4. PT Kereta Api Pariwisata adalah pelopor pariwisata berbasis kereta api dan merupakan organisasi mapan dalam industri pariwisata di Indonesia, produk jasa/layanan yang ditawarkan meliputi paket-paket wisata menggunakan kereta api sebagai transportasi utama didukung dengan angkutan lanjutan
  5. PT Kereta Api Logistik bergerak di bidang layanan distribusi logistik berbasis kereta api dengan kemasan bisnis door to door
  6. PT KA Properti Manajemen bergerak di bidang properti, konstruksi, dan trading
  7. PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia

Perdagangan dan Distribusi

  1. PT Rajawali Nusindo bergerak di bidang distribusi dan perdagangan
  2. PT GIEB Indonesia bergerak di bidang distribusi dan perdagangan
  3. PT Rajawali Citramass bergerak di bidang karung plastik
  4. PT Rajawali Tanjung Enjiniring bergerak di bidang industri karung plastik dan penyamakan kulit hewan
  5. PT Garam (Persero) bergerak di bidang Produksi dan Penjualan Garam
Jasa Keuangan

Bergerak di Bidang Pegadaian dan Fidusia

Anak Perusahaan :

  1. PT Balai Lelang Artha Gasia bergerak di bidang jasa lelang dengan menyediakan jasa pelelangan harta tetap dan harta bergerak milik perorangan, serta aset perusahaan milik instansi pemerintah maupun swasta sehingga diperoleh harga penjualan yang optimal
  2. PT Pesonna Optima Jasa bergerak di bidang pelayanan jasa umum yang meliputi penyediaan jasa tenaga outsourcing (kemanan, kebersihan, pengemudi, pemeliharaan kantor/taman), persewaan kendaraan, persewaan alat-alat kantor, jasa ekspedisi, dan jasa umum lainnya
  3. PT Pegadaian Galeri Dua Empat bergerak di bidang perdagangan emas batangan, perdagangan perhiasan dan perdagangan batu mulia.
  4. PT Pesona Indonesia Jaya bergerak di bidang pengelolaan hotel dan bisnis properti lainnya
  5. PT Pefindo Biro Kredit bergerak di bidang biro kredit swasta, yang memberikan jasa Credit Scoring Report yang merupakan laporan komprehensif informasi identitas debitur dan profil perkreditan, serta Credit and Fraud Alerts sebagai layanan notifikasi terhadap pelemahan atau penguatan profil kredit debitur

Bergerak di Bidang dan Jasa keuangan lain sesuai dengan ketentuan dalam peraturan perundangan

Anak Perusahaan :

  1. PT Bank Syariah Mandiri bergerak di bidang usaha bank dengan prinsip syariah
  2. PT bank Mandiri Taspen bergerak di bidang bisnis pada segmen pensiunan
  3. Bank Mandiri (Europe) Limited (BMEL) didirikan di London yang merupakan konversi Bank Exim cabang London
  4. PT AXA Mandiri Financial Service (AXA Mandiri bergerak di bidang pemasaran produk asuransi melalui kerjasama dengan bank)
  5. PT Mandiri AXA General Insurance bergerak di bidang asuransi umum hasil kolaborasi antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan AXA Group.
  6. PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia bergerak di bidang Asuransi Jiwa
  7. PT Mandiri Sekuritas adalah perusahan hasil merger beberapa perusahaan sekuritas di lingkungan Bank mandiri sepert, Bumi Daya Sekuritas, Exim Securities dan Merincorp Securities Indonesia
  8. PT Mandiri Capital Indonesia bergerak di bidang modal ventura
  9. PT Mandiri Tunas Finance adalah lembaga pembiayaan yang fokus pada pembiayaan Investasi, Modal Kerja, Multiguna dan kegiatan pembiayaan lain
  10. PT Mandiri Utama Finance adalah lembaga pembiayaan yang fokus pada pembiayaan konsumen khususnya pembiayaan kendaraan bermotor.
  11. Mandiri International Remittance bergerak menyediakan Layanan Pengiriman Uang (Remmitance Service Provide) yang memiliki lisensi resmi

Bergerak di Bidang Perbankan dan jasa keuangan lain sesuai dengan ketentuan dalam peraturan perundangan

Anak Perusahaan :

  1. PT Bank BNI Syariah bergerak di bidang Perbankan berbasis syariah
  2. PT BNI Sekuritas bergerak di bidang penyedia jasa penjamin emisi efek, perantara perdagangan efek, serta agen penjual reksadana
  3. PT BNI Multifinance bergerak di bidang usaha Pembiayaan
  4. PT BNI Asset Management bergerak di bidang usaha Jasa Keuangan di industri Pasar Modal
  5. PT BNI Life Insurance bergerak di bidang penyedia berbagai produk asuransi seperti Jiwa, Kesehatan, Pendidikan, Investasi, Pensiun dan Syariah
  6. BNI Smart Remittance bergerak dalam bidang kiriman uang dalam dan luar negeri menggunakan valas (outgoing transfer) ataupun dari luar negeri ke dalam negeri (inccoming transfer)didukung dengan teknologi saat ini

Bergerak di Bidang Perbankan dan jasa keuangan lainnya sesuai ketentuan perundangan

Anak Perusahaan :

  1. PT Bank BRI Syariah Tbk bergerak di bidang Perbankan berbasis Syariah
  2. PT Bank BRI Agroniaga Tbk bergerak di bidang Perbankan yang berfokus pada pembiayaan agribisnis
  3. PT BRI Remittance bergerak di bidang kiriman uang dalam dan luar negeri
  4. PT Asuransi BRI Life bergerak di bidang Asuransi Jiwa
  5. PT BRI Multifinance Indonesia bergerak di bidang Pembiayaan/multifinance
  6. BRI Danareksa Sekuritas (PT Danareksa Sekuritas) Perusahaan jasa keuangan yang bergerak di bidang pasar modal
  7. BRI Ventures
  8. PT BRI Asuransi Indonesia bergerak di bidang asuransi kerugian
  • PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

Bergerak di Bidang Perbankan

Bergerak di Bidang Jasa Keuangan, Infrastruktur transaksi perbankan dan lainnya (perdagangan efek, pembiayaan, dll)

Anak Perusahaan :

  1. PT Danareksa Capital bergerak di bidang layanan pengelolaan dana investasi langsung dengan menggunakan struktur off-shore (Private Equity Fund) maupun on-shore melalui MTN, RDPT.
  2. PT Danareksa Finance bergerak di bidang menyediakan layanan pembiayaan untuk institusi seperti anjak piutang dan sewa guna usaha
  3. PT Danareksa Investment Management menawarkan pengelolaan lebih dari 30 produk Reksa Dana, di samping berbagai Kontrak Pengelolaan Aset Investasi (KPAI) yang disesuaikan dengan kebutuhan investor/nasabah
  4. PT BRI Danareksa Sekuritas bergerak dalam bidang memberikan layanan, baik sebagai Penasihat Keuangan maupun aktivitas pendukung lainnya di pasar modal
  5. Danareksa Research Institute bergerak di bidang jasa riset ekonomi makro untuk internal Perseroan, Pemerintah maupun pelaku bisnis lainnya
  6. PT Jalin Pembayaran Nusantara bergerak di bidang pengelolaan switching transaksi antar bank yang memungkinkan pemegang kartu melakukan transaksi penarikan tunai, cek saldo, transfer dana dan pembayaran tagihan melalui seluruh channel perbankan, baik ATM, EDC ataupun channel lainnya

Bergerak di Bidang Pembiayaan UKM

Anak Perusahaan :

  1. PNM Investment Management menjalankan bisnis utama dalam bidang manajemen investasi, terutama reksadana dan dana kelolaan lainnya dalam bentuk Kontrak Pengelolaan Dana, penasihat bisnis dan keuangan korporasi baik swasta maupun BUMN
  2. PNM Venture Capital
  3. PNM Ventura Syariah bergerak di bidang jasa pembiayaan modal ventura yang berbasiskan syariah melalui pola pembiayaan modal ventura
  4. Mitra Niaga Madani bergerak di bidang pembelian dan pemeliharaan aset rumah dan kantor untuk mendukung kegiatan bisnis perusahaan
  5. Mitra Utama Madani bergerak di bidang jasa outsourching karyawan profesional dan kompeten untuk emmenuhi kebutuhan perusahaan
  6. Mitra Tekno Madani bergerak di bidang jasa konsultasi teknologi informasi, pengembangan perangkat keras jaringan dan perangkat lunas hingga keamanan
  7. Mitra Proteksi Madani bergerak di bidang usaha perasuransian
  8. Micro Madani Institute bergerak di bidang Pelatihan, Sertifikasi, Rekrutmen serta Pengelolaan SDM
  9. Mitra Bisnis Madani bergerak di bidang persewaan dan perdagangan transportasi gua mendukung kegiatan operasional yang dijalankan oleh perusahaan dalam berbagai bidang usaha
  10. Mitra Dagang Madani bergerak di bidang pemasaran produk UMKM unggulan hasil binaan PNM dari seluruh Indonesia

Melakukan pengelolaan aset Negara yang berasal dari BPPN setelah pengakhiran dan pembubaran BPPN, untuk dan atas nama Menteri Keuangan, kemudian Restrukturisasi serta revitalisasi Badan Usaha Milik Negara, Kegiatan Investasi, serta Kegiatan Pengelolaan Aset BUMN

Anak Perusahaan :

  1. PT PPA Finance bergerak di bidang Leasing (sewa), Anjak Piutang (Factoring), Pembiayaan Konsumen (Consumer Financing)
  2. PT PPA Kapital bergerak di bidang memberikan jasa penasihat keuangan untuk melakukan kegiatan investasi dan penempatan dana pada perusahaan lain baik di dalam ataupun luar negeri
  3. PT Nindya Karya bergerak di bidang General Contractor dan Civil Engineering

Bergerak di Bidang Mencetak uang serta dokumen sekuriti.

Anak Perusahaan :

  1. PT Kertas Padalarang (Peruri Security Paper Mill) memiliki kewenangan dari pemerintah RI untuk dapat memproduksi kertas sekuritas dan kertas uang
  2. Peruri Digital Security bergerak di bidang solusi teknologi informasi seperti e-Authentication, e-Identity, e-Payment, Data Center, Service & IT Solution
  3. PT Peruri Properti bergerak di bidang pengembangan lahan dan jasa properti serta perdagangan meliputi jasa pengembangan properti, jasa pengelola gedung, jasa pemeliharaan gedung, jasa konsultan manajemen konstruksi, dan jasa perdagangan
  4. PT Peruri Wira Timur bergerak di bidang percetakan dokumen dan produk sekuriti yang terkemuka berlokasi di Surabaya
  5. Peruri Smart Card bergerak di bidang smart card yaitu kartu perbankan RFID, proses fullfillment serta one stop solution service.

Referensi

Butuh Informasi Terkini tentang Lembaga Resmi?

Butuh Informasi Terkini tentang Lembaga Resmi?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi terkini tentang lembaga resmi.

close