Lembaga

Universitas Hasanuddin

Integritas, Inovatif, Katalitik, Arif

Fakta Singkat

Berdiri
10 September 1956

Status
Perguruan Tinggi Negeri
Badan Hukum (PTN-BH)

Akreditasi BAN-PT
A

Pimpinan Periode 2018-2022
Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A.
(Rektor)

Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, M.P.
(Wakil Rektor Bidang Akademik)

Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil, Ph.D.
(Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Infrastruktur)

Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes.
(Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni)

Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D.
(Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan)

Universitas Hasanuddin (Unhas) didirikan pada 10 September 1956 dan saat ini berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) dengan akreditasi peringkat A. Sebelum Unhas berdiri secara resmi, pada 1947 di Makassar berdiri Fakultas Ekonomi yang merupakan cabang dari Fakultas Ekonomi UI dan pada 1952 berdiri Fakultas Hukum yang merupakan cabang dari Fakultas Hukum UI. Kedua fakultas ini menjadi cikal bakal Unhas. Kini, Unhas memiliki 14 fakultas. Fakultas Kedokteran Unhas menjadi salah satu dari lima  fakultas kedokteran terbaik di Indonesia, satu dari dua puluh fakultas kedokteran terbaik di Asia, dan satu dari seratus fakultas kedokteran terbaik di dunia.

Sejarah

Universitas Hasanuddin secara resmi pada tahun 1956. Sebelumnya, di kota Makassar pada tahun 1947 telah berdiri Fakultas Ekonomi yang merupakan cabang Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Jakarta berdasarkan keputusan Letnan Jenderal Gubernur Pemerintah Hindia Belanda Nomor 127 Tanggal 23 Juli 1947. Karena ketidakpastian yang berlarut-larut dan kekacauan di Makassar dan sekitarnya maka fakultas yang dipimpin oleh Drs. L.A. Enthoven (Direktur) ini dibekukan dan baru dibuka kembali sebagai cabang Fakultas Ekonomi UI pada 7 Oktober 1953 di bawah pimpinan Prof. Drs. G.H.M. Riekerk. Fakultas Ekonomi benar-benar hidup sebagai cikal bakal Universitas Hasanuddin setelah dipimpin acting ketua Prof. Drs. Wolhoff dan sekretarisnya Drs. Muhammad Baga pada tanggal 1 September 1956 sampai diresmikannya Universitas Hasanuddin pada tanggal 10 September 1956.

Di saat terjadinya stagnasi Fakultas Ekonomi di akhir tahun 1950, Nuruddin Sahadat, Prof. Drs. G.J. Wolhoff, Mr. Tjia Kok Tjiang, J.E. Tatengkeng dan kawan-kawan mempersiapkan pendirian Fakultas Hukum swasta. Jerih payah mereka melahirkan Balai Perguruan Tinggi Sawerigading yang di bawah ketuanya, Prof. Drs. G.J. Wolhoff, tetap berusaha mewujudkan universitas negeri sampai terbentuknya Panitia Pejuang Universitas Negeri di bulan Maret 1950. Jalan yang ditempuh untuk mewujudkan universitas didahului dengan membuka Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat cabang Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) yang resmi didirikan tanggal 3 Maret 1952 dengan Dekan pertama Prof. Mr. Djokosoetono yang juga sebagai Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI). Dilandasi semangat kerja yang tinggi, kemandirian dan pengabdian, Fakultas Hukum yang dipimpin Prof. Dr. Mr. C. de Heern dan dilanjutkan Prof. Drs. G.H.M. Riekerk, dalam kurun waktu empat tahun mampu memisahkan diri dari Universitas Indonesia dengan keluarnya PP No. 23 tahun 1956 tertanggal 10 September 1956.

Langkah usaha Yayasan Balai Perguruan Tinggi Sawerigading untuk membentuk Fakultas Kedokteran terwujud dengan tercapainya kesepakatan antara pihak Yayasan dengan Kementerian PP dan K yang ditetapkan dalam rapat Dewan Menteri tanggal 22 Oktober 1953. Berdasarkan ketetapan tersebut dibentuklah Panitia Persiapan Fakultas Kedokteran di Makassar yang diketuai Syamsuddin Daeng Mangawing, dengan Muhammad Rasyid Daeng Sirua sebagai sekretaris dan anggota-anggotanya yaitu J.E. Tatengkeng, Andi Patiwiri dan Sampara Daeng Lili. Pada tanggal 28 Januari 1956, Menteri P dan K Prof. Mr. R. Soewandi meresmikan Fakultas Kedokteran Makassar yang kelak berubah menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin seiring dengan diresmikannya Universitas Hasanuddin pada tanggal 10 September 1956.

Perjuangan dan tekad masyarakat Sulawesi Selatan untuk melahirkan putra bangsa yang berpengalaman teknik mencapai keberhasilannya ketika menteri P dan K RI mengeluarkan SK No. 88130/S. Surat Keputusan tesebut bertanggal 8 September 1960 dan berisi perihal peresmian Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin yang diketuai lr. J. Pongrekun dan sekretaris lr. Ramli Cambari Saka dengan tiga departemen Sipil, Mesin dan Perkapalan. Pada tahun 1963, menyusul terbentuklah Departemen Elektronika dan Arsitektur sehingga lengkaplah Fakultas Teknik sebagai fakultas yang ke-4.

Mendahului SK Menteri PP dan K tanggal 3 Desember 1960 No. 102248/UU/1960 perihal Pembentukan Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin, telah terjadi “peleburan” beberapa unit Program Kursus B.1 dari Yayasan Perguruan Tinggi Makassar ke Universitas Hasanuddin. Yayasan yang diketuai oleh Syamsuddin Dg Mangawing beranggotakan antara lain Prof. G.J. Wolhoff. Yayasan ini adalah pecahan Universitas Sawerigading yang dipimpin oleh Nuruddin Sahadat. Peristiwa “peleburan” Program Kursus B.1 Pedagogik, Sastra Timur dan Sastra Barat ke Unhas pada tanggal 2 Nopember 1959 tersebut menjadi cikal bakal Fakultas Sastra yang secara resmi terbentuk sesuai SK menteri PP dan K tanggal 3 Nopember 1960.

Menyusul “kelahiran” Fakultas Sastra, lahirlah fakultas yang ke-6 yakni Fakultas Sosial Politik sesuai dengan SK Menteri P & K tertanggal 30 Januari 1961 No. A. 4692/U.U.41961, berlaku mulai 1 Februari 1961. Pada awalnya, fakultas ini merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang bernama Fakultas Tata Praja Universitas 17 Agustus 1945 yang didirikan oleh Mr. Tjia Kok Tjiang yang kelak setelah penegeriannya menjadi pimpinan fakultas didampingi Mr. Sukamto sebagai sekretaris. Pada tanggal 15 Nopember 1962, Mr. Sukamto diangkat sebagai Dekan dan Abdullah Amu menjadi Sekretaris.

Di masa kepemimpinan Rektor A. Amiruddin berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0266/Q/1977 Tanggal 16 Juli 1977, Fakultas Sastra diintegrasikan ke dalam Fakultas limu Sosial Budaya bersama Fakultas Ilmu Sosial Politik dan Fakultas Ekonomi. Hal yang sama juga terjadi pada Fakultas Teknik dan Fakultas MIPA yang diintegrasikan menjadi Fakultas Sains dan Teknologi, terkecuali Fakultas Hukum yang tidak “rela” berintegrasi dengan Fakultas Ilmu-ilmu Sosial Budaya. Berselang enam tahun kemudian yakni pada tahun 1983 pengintegrasian ini dicabut dengan keluamya PP No. 5 Tahun 1980 yang disusul dengan SK Presiden RI No. 68 Tahun 1982.

Melalui kerjasama dengan IPB Bogor dan atas permintaan Rektor Prof. Arnold Mononutu terbentuklah Panitia Persiapan Pendirian Fakultas Pertanian yang beranggotakan Prof. Dr. A. Azis Ressang, Dosen Fakultas Kedokteran Hewan IPB dan lr Fachrudin, asisten Akhli Fakultas Pertanian IPB. Kerjasama Prof. Ressang dkk dengan Fakultas Pertanian Universitas Indonesia dan IPB membuahkan SK Menteri PTIP RI Prof. Dr. lr. Toyib Hadiwidjaya tertanggal 17 Agustus 1962. Secara resmi Fakultas Pertanian menjadi fakultas yang ke-7 dalam lingkungan Universitas Hasanuddin.

Gubernur Andi Pangerang Petta Rani dalam rapat tanggal 11 Maret 1963 menunjuk lr. Aminuddin Ressang sebagai ketua subpanitia kerja Pembentukan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA). FIPIA Unhas resmi terbentuk berdasar surat kawat Menteri PTIP tanggal 8 Agustus 1963 No. 59 1 BM/PTIP/63 disusul SK Menteri No. 102 Tahun 1963 yang berlaku Tanggal 17 Agustus 1963.

Pada tahun 1963 dibentuk Panitia Pendiri Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan di Makassar yang diketuai Syamsuddin Dg Mangawing dengan anggota Andi Pangerang Petta Rani, Drh. A. Dahlan dan Andi Patiwiri. Pada tanggal 10 Oktober 1963, berdiri Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP) yang berstatus swasta. Fakultas ini didekani oleh Drh. Achmad Dahlan dengan Pembantu Dekan I dan II masing-masing Drh. Muh. Gaus Siregar dan Andi Baso Ronda, B. Agr.Sc. Terhitung mulai tanggal 1 Mei 1964, fakultas swasta tersebut dinegerikan menjadi Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin meialui SK Menteri PTIP No. 37 11964 Tanggal 4 Mei 1964.

Pendidikan Dokter Gigi berdiri pada tanggal 23 Januari 1969 sebagai hasil kerjasama antara Universitas dengan TNI-AL. Usaha ini adalah hasif rintisan Laksamana Mursalim Dg Mamanggun, S.H. , Rektor Unhas Let.Kolonel Dr. M. Natsir Said, S.H. serta Drg. Halima Dg Sikati yang awalnya diberi nama Institut Kedokteran Gigi Yos Sudarso. Pada tahun 1970 lnstitut ini resmi menjadi Jurusan Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin dan selanjutnya menjadi Fakultas Kedokteran Gigi Unhas pada tahun 1983.

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) didirikan pada tangggal 5 Nopember 1982. Pada awalnya, fakultas ini menerima mahasiswa tamatan Diploma Tiga Kesehatan, baru pada tahun 1987 FKM Unhas menerima tamatan SMA. FKM merupakan fakultas yang ke-11 dalam lingkungan Unhas.

Sebagai realisasi dari pengembangan Pola Ilmiah Pokok (PIP) yang menjadi rujukan orientasi lembaga pendidikan tinggi di Indonesia, maka pada tahun 1988 UNHAS secara resmi membuka program Studi Ilmu Kelautan dengan SK Dirjen Dikti No.19/Dikti/Kep/1988 Tanggal 16 Juni 1988. Pada awalnya, karena belum ada wadah yang tepat, program tersebut berstatus lintas fakultas dan langsung dibawahi rektor. Mengingat sifatnya yang berorientasi kelautan, program ini pada akhirnya dibentuk menjadi Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan dengan menggabungkan jurusan Perikanan ke dalamnya. Hal ini berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.036/0/1996 Tanggal 29 Januari 1996.

Pada Dies Natalis yang ke-25, 17 September 1981, Presiden Soeharto meresmikan Kampus Tamalanrea yang pada awalnya dirancang oleh Paddock Inc., Massachustts, AS dan dibangun oleh OD 205, Belanda yang bekerjasama dengan PT. Sangkuriang Bandung di atas tanah seluas 220 Ha.

Sejak dikeluarkannya SK Menteri PP dan K No. 3369/S Tanggal 11 Juni 1956 terhitung mulai 1 September 1956 dan dengan PP No. 23 Tanggal 8 September 1956, serta Lembaran Negara No. 39 Tahun 1956 yang secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden RI Drs. Moh. Hatta pada tangggal 10 September 1956, hingga hari ini UNHAS pernah dipimpin oleh 12 Rektor.

Bangunan dan lahan

o    Luas Bangunan : 15.871,6 m2
o    Luas Total lahan : 2.444,8 hektar
o    Luas Lahan Terbuka Hijau : 257,6 hektar
o    Luas Lahan Parkir : 47.733 m2

FOTO: unhas.ac.id

Fasilitas

  • Perpustakaan pusat dan fakultas
  • Rumah sakit pendidikan (2)
  • Unit/ klinik kesehatan mahasiswa
  • Auditorium/ balairung/ gedung serba guna
  • Asrama mahasiswa
  • Stadion/ lapangan bola/ gedung olahraga
  • Kolam renang
  • Laboratorium (225 unit)
  • Studio penyiaran (radio)
  • Bank (4 bank)
  • Tempat ibadah
  • Bus kampus (15 unit)
  • Koperasi mahasiswa
  • Penerbitan (Universitas Press)
  • Pusat/ lembaga penelitian
  • Pusat komputer
  • Pusat pengendalian keamanan

Jalur/seleksi masuk

No Jenjang Tahap Nama Seleksi Waktu Pendaftaran Cara Pendaftaran Biaya Pendaftaran (Rp)
 1 Strata 1

(S-1)

I SNMPTN Februari-Maret Online Gratis
II SBMPTN Mei Online 100.000
III Mandiri Juli Online Gratis

Biaya kuliah

Strata 1 (S-1)

No Fakultas

Biaya per Semester
(Rp)

Terendah Tertinggi
1. Ekonomi 500.000 5.000.000
2. Hukum 500.000 5.000.000
3. Kedokteran 500.000 20.000.000
4. Teknik 500.000 5.500.000
5. Isipol 500.000 5.000.000
6. Sastra 500.000 4.000.000
7. Pertanian 500.000 4.000.000
8. MIPA 500.000 4.500.000
9. Peternakan 500.000 4.000.000
10. Kedokteran Gigi 500.000 10.000.000
11. Kesehatan Masyarakat 500.000 6.000.000
12. Ilmu Kelautan dan Perikanan 500.000 4.000.000
13. Kehutanan 500.000 4.000.000
14. Farmasi 500.000 10.000.000

*Rata-rata kenaikan uang pangkal per tahun: 0 persen
*Rata-rata kenaikan uang semester per tahun: 0 persen

Beasiswa

Nama Program Beasiswa Instansi Besaran per Tahun (Rp) Jumlah Penerima (Mahasiswa)
1. Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) Kemristekdikti 4.200.000 1.970
2. Bidik Misi Kemristekdikti 12.000.000 4.022
3. Bank Mandiri Prestasi Bank Mandiri 12.000.000 19
4. Yayasan Toyota Toyota 2.800.000 10
5. Yayasan Super Semar Yayasan Supersemar 2.700.000 68
6. VDMS VDMS 6.000.000 12
7. Tanoto Foundation Tanoto Foundation 2.800.000 9
8. Pemprov. Sul-Sel Pemda Sulsel 2.000.000 2.094
9. Bank BCA Bank BCA 5.000.000 26
10. PT. Taspen PT Taspen 9.000.000 50
11. PT. Vale Indonesia Tbk. PT. Vale Indonesia Tbk 10.000.000 10

Fakultas dan program studi

Strata-1

Fakultas/Program studi Akreditasi Daya tampung Peminat Diterima
1. Fakultas Ekonomi
1.1. Ilmu Ekonomi A 100 3.434 115
1.2. Manajemen A 110 9.595 124
1.3. Akuntansi A 110 7.630 188
2. Fakultas Hukum
2.1. Ilmu Hukum A 400 9.353 457
2.1. Hukum Administrasi Negara C 100 2.093 110
3. Fakultas Kedokteran
3.1. Pendidikan Dokter A 240 10.002 323
3.2. Ilmu Keperawatan B 100 4.899 127
3.3. Fisioterapi B 60 2.304 74
3.4. Kedokteran Hewan B 40 1.398 43
3.5. Psikologi C 60 3.532 69
4. Fakultas Teknik
4.1. Teknik Sipil A 90 4.854 114
4.2. Teknik Lingkungan B 50 1.021 57
4.3. Teknik Mesin B 90 2.378 96
4.4. Teknik Industri B 50 6.78 65
4.5. Teknik Perkapalan B 60 1.414 64
4.6. Teknik Kelautan B 50 863 54
4.7. Teknik Sistem Perkapalan C 50 605 53
4.8. Teknik Elektro A 70 2.469 85
4.9. Teknik Informatika B 60 6.320 77
4.10. Teknik Arsitektur A 70 2.792 83
4.11. Teknik Peng. Wil. Kota B 65 1.798 68
4.12. Teknik Geologi B 50 1.292 53
4.13. Teknik Pertambangan C 50 4.173 55
5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
5.1. Ilmu Politik A 46 1.395 56
5.2. Ilmu Pemerintahan B 46 1.993 57
5.3. Ilmu Hubungan Internasional B 46 2.895 60
5.4. Ilmu Administrasi Negara B 70 3.345 85
5.5. Ilmu Komunikasi B 70 2.856 79
5.6. Sosiologi B 46 1.380 56
5.7. Antopologi Sosial A 46 619 53
6. Fakultas Sastra
6.1. Sastra Indonesia B 45 1.541 56
6.2. Sastra Inggris B 110 3.421 119
6.3. Sastra Barat Roman A 40 269 46
6.4. Sastra Arab B 40 457 45
6.5. Sastra Daerah C 40 296 49
6.6. Arkeologi B 40 461 45
6.7. Ilmu Sejarah B 40 652 42
6.8. Sastra Jepang B 40 733 47
7. Fakultas Pertanian
7.1. Agroteknologi A 220 2.863 252
7.2. Agribisnis A 105 3.513 126
7.3. Ilmu dan Teknologi Pangan B 55 957 61
7.4. Keteknikan Pertanian B 55 2.360 62
8. Fakultas Matematika dan IPA
8.1. Matematika B 60 1.401 68
8.2. Statistika B 60 1.410 69
8.3. Ilmu Komputer C 60 3.229 70
8.4. Fisika B 65 807 79
8.5. Geofisika B 60 699 67
8.6. Kimia A 80 1.164 92
8.7. Biologi A 80 2.017 95
8.8. Fisika Medik 6 6 6
9. Fakultas Peternakan
9.1. Peternakan A 240 2.659 274
10. Fakultas Kedokteran Gigi
10.1. Pendidikan Dokter Gigi A 100 4.966 128
11. Fakultas Kesehatan Masyarakat
11.1. Kesehatan Masyarakat A 185 7.552 223
11.2. Ilmu Gizi A 55 3.322 74
12. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan
12.1. Ilmu Kelautan A 110 1.464 128
12.2. Manajemen Sumberdaya Perairan A 75 1.001 86
12.3. Budidaya Perairan A 80 806 95
12.4. Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan A 70 1.146 82
12.5. Sosial Ekonomi Perikanan A 60 735 70
13. Fakultas Kehutanan
13.1. Kehutanan B 210 4.179 236
14. Fakultas Farmasi
14.1. Farmasi A 170 8.299 181

Program vokasi/diploma

  1. Kearsipan
  2. Akuntansi
  3. Apoteker

Program pascasarjana

Program Magister (S-2)

  1. Sistem Pertanian
  2. Perencanaan dan Pengembangan Wilayah
  3. Pengelolaan Lingkungan Hidup
  4. Ekonomi Sumberdaya
  5. Linguistik
  6. Bahasa Inggris
  7. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan
  8. Administrasi Pembangunan
  9. Ilmu Hukum
  10. Agribisnis
  11. Kimia
  12. Bahasa Indonesia
  13. Manajemen Perkotaan
  14. Komunikasi
  15. Biomedik
  16. Sosiologi
  17. Manajemen dan Keuangan
  18. Kesehatan Masyarakat
  19. Antropologi
  20. Jender dan Pembangunan
  21. Manajemen
  22. Teknik Mesin
  23. Teknik Sipil
  24. Farmasi
  25. Keuangan Daerah
  26. Teknik Elektro
  27. Teknik Perencanaan Prasarana
  28. Teknik Transportasi
  29. Teknik Geologi
  30. Teknik Perkapalan
  31. Teknik Arsitektur
  32. Ilmu Perikanan
  33. Akuntansi
  34. Matematika Terapan
  35. Kenotariatan
  36. Kehutanan
  37. Ilmu dan Teknologi Pangan
  38. Keteknikan Pertanian
  39. Ilmu dan Teknologi Peternakan
  40. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan
  41. Ilmu Politik
  42. Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS-1)
  43. Kebidanan
  44. Agroteknologi
  45. Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Terpadu
  46. Angroindustri
  47. Keperawatan

Program Spesialis

  1. Ilmu Penyakit Dalam
  2. Ilmu Kesehatan Mata
  3. Ilmu Kesehatan THT-KL
  4. Ilmu Bedah
  5. Ilmu Obstetri dan Ginekologi
  6. Ilmu Kedokteran Jiwa
  7. Ilmu Patologi Anatomi
  8. Ilmu Patologi Klinik
  9. Ilmu Kedokteran Forensik dan Medik
  10. Ilmu Kesehatan Anak
  11. Ilmu Kesehatan. Kulit dan Kelamin
  12. Ilmu Radiologi
  13. Ilmu Anestesi
  14. Ilmu Ortopedi
  15. Ilmu Penyakit Saraf
  16. Ilmu Kardiologi
  17. Ilmu Gizi Klinik
  18. Prostodonsia
  19. Konservasi Gigi
  20. Priodontologi

Program Profesi

  1. Apoteker
  2. Dokter
  3. Dokter Gigi
  4. Ners Keperawatan
  5. Fisioterapi
  6. Akuntansi

Program Doktor (S-3)

  1. Ilmu Pertanian
  2. Ilmu Kedokteran
  3. Ilmu Linguistik
  4. Ilmu Hukum
  5. Ilmu Ekonomi
  6. Ilmu Kimia
  7. Ilmu Administrasi Publik
  8. Ilmu Teknik Sipil
  9. Ilmu Kesehatan Masyarakat
  10. Ilmu Antropologi
  11. Ilmu Perikanan
  12. Ilmu Teknik Arsitek
  13. Teknik Mesin
  14. Teknologi Kebumian dan Lingkungan

Unit kegiatan mahasiswa

  • UKM Pecinta Alam: Korps Pecinta Alam (KORPALA)
  • UKM Seni: Paduan Suara Mahasiswa (PSM), Seni Tari, Pantun dan Seni
  • Kreatif (PSK), Teater Kampus (TKU), Liga Film, Fotografi
  • UKM Olahraga dan Bela Diri: Sepakbola-Futsal, Sepak Takraw, Basket, Voli-Pasir, Bulutangkis, Tenis Meja, Hockey, Softball-Baseball, Catur, Pencak Silat, Karate-Do, Taekwondo, Shorinji Kempo (PERKEMI), Menembak (Perbakin), Renang
  • UKM Penelitian/Sains/Inovasi: Keilmuan dan Penalaran Ilmiah (KPI), Debat Bahasa Inggris (DBI)
  • UKM Keagamaan: Lembaga Dakwah Kampus (LDK-MPM)
  • UKM Kewirausahaan: Koperasi Mahasiswa (KOPMA)
  • UKM Pramuka: Pramuka Putera-Putri 11.075-11.075
  • UKM Kesehatan: Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI)
  • UKM Penyiaran/Pers: Radio Unhas (EBS FM), Pers Mahasiswa
  • UKM Penerbitan: Penerbitan Kampus (PK) Identitas
  • UKM Bela Negara: Resimen Mahasiswa (MENWA) Satuan 701 Unhas, Search and Rescue (SAR) Unhas

Beberapa UKM berprestasi skala nasional dan internasional.

Apresiasi riset/inovasi

  • Menyelenggarakan kerja sama penelitian lintas universitas dalam dan luar negeri (John Hopkins University, USA), kementerian, Bappenas, sejumlah pemerintah/instansi daerah, swasta, lembaga penelitian (LIPI), dan lembaga dunia (World Bank).
  • Menyelenggarakan pameran hasil riset/inovasi, memproduksi hasil riset untuk umum, menerbitkan jurnal ilmiah baik secara rutin maupun sesekali, dan ikut dalam beberapa ajang kompetisi skala nasional.

Keunggulan

  • Memiliki 2 (dua) rumah sakit gigi dan mulut
  • Memiliki kurikulum berbasis kompetensi, industri, dan berorientasi pada pengembangan budaya maritim
  • Joint Degree Program melalui Program SUIJI (Konsorsium 6 Perguruan Tinggi dari Indonesia dan Jepang) di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Memiliki program Student Exchange dengan Kagawa University, Kochi University dan Ehime University, Kyoto University Jepang dan Dosishe University, serta Australia
  • Memiliki sejumlah jurnal internasional seperti IJAS & IJEScA, Hasanuddin Law Review (HALREV)
  • Memiliki program KKN internasional seperti ke Malaysia (pada Fakultas Hukum)
  • Kerjasama penelitian dengan berbagi pihak baik skala nasional maupun internasional.
  • Akreditasi Laboratorium Farmasi ISO 17025 di awal 2016
  • Fakultas Kedokteran Unhas menjadi salah satu dari lima terbaik fakultas kedokteran di Indonesia, satu dari dua puluh terbaik fakultas di Asia, dan satu dari seratus terbaik fakultas kedokteran di dunia
  • Fakultas Ekonomi Unhas pada tahun 2015 telah menjadi member of AACSB (The Association to Advance Collegiate School of Business) dan atau ABEST21 (The alliance on Business Education and Sholarship for Tomorrow a 21st Century Organization) AUN-QA (Asean University Network-Quality Assurance)

Lokasi

Alamat
Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 10 Tamalanrea Makassar

Telp/Fax
0411- 586200-586107

Website
www.unhas.ac.id

Email
rector@unhas.ac.id

Butuh Informasi Terkini tentang Lembaga Resmi?

Butuh Informasi Terkini tentang Lembaga Resmi?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan informasi terkini tentang lembaga resmi.

close