KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO
Pebalap (kiri ke kanan) dari tim Prima Pramac Racing Jorge Martin, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), dan Marc Marquez (Repsol Honda) menjawab pertanyaan wartawan saat sesi tanya jelang balapan MotoGP seri Indonesia di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Kamis (12/10/2023). Marc Marquez dipastikan hengkang dari tim Repsol Honda dan pindah ke Gresini Racing MotoGP mulai musim depan.
Geoff Duke beralih ke Gilera pada 1953 setelah memenangi gelar juara dunia 500cc pada 1951 menggunakan sepeda motor Norton. Geoff Duke dan Norton lalu mendominasi kejuaraan selama tiga tahun beruntun.
Pada 1972, Giacomo Agostini merengkuh titel kejuaraan 50cc terakhirnya untuk MV Agusta. Era 2-tak kemudian datang, dan ia beralih ke Yamaha pada 1974. Momen besar bagi kejuaraan ini. Setahun berikutnya, Giacomo Agostini menjadi pemenang 2-tak pertama di kategori utama bersama motor Yamaha. Ia meraih titel terakhirnya dari total 15 gelar dunianya di semua kategori kelas.
Eddie Lawson, pebalap Amerika memenangi empat gelar dunia 500cc atau GP500 bersama motor Yamaha dan Honda. Bersama Yamaha, ia memenangi 3 kali juara dunia yakni musim1984, 1986 dan 1988, sementara bersama Honda pada musim 1989.
Sementara Valentino Rossi yang memegang 7 titel juara dunia MotoGP, rinciannya 3 gelar bersama Honda dan 4 gelar bersama Yamaha. Bersama Honda, Rossi memenangi title juara dunia 3 kali berturut-turut, yakni musim 2001, 2002, dan 2003, sementara di musim 2004, 2005, 2008, dan 2009, Rossi menjuarai bersama Yamaha.
Pebalap lainnya, yakni Casey Stoner yang memenangi 2 kali juara dunia bersama Honda dan Ducati. Bersama Ducati, Stoner menjuarai MotoGP pada 2007 dan bersama Honda pada 2011.
Selain lima pebalap yang meraih titel juara dunia bersama dua merek motor berbeda, ada satu nama pebalap yang memiliki nama besar karena segudang prestasi yang dimilikinya, yakni Marc Marquez. Marquez menyandang titel juara MotoGP enam kali bersama motor Honda, yakni musim 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019.
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO
Pekerja, Rabu (11/10/2023), membersihkan trek dari kerikil dan debu dengan mobil penyapu jalan menjelang balapan MotoGP seri Indonesia di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, NTB. MotoGP putaran ke-15 ini akan berlangsung pada akhir pekan ini, 13-15 Oktober 2023.
Linimasa GP500 dan MotoGP
1949
Dimulainya kejuaraan dunia balap motor Grand Prix untuk lima kategori: 125cc, 250cc, 350cc, 500cc, dan sidecar. Harold Daniell memenangkan balapan Grand Prix 500cc pertama yang diadakan di Isle of Man TT.
1951
Sidecars dikurangi kapasitas mesinnya dari 600cc menjadi 500cc
1957
Gilera, Mondial dan Moto Guzzi menarik diri pada akhir musim dengan alasan meningkatnya biaya. Bob Mc-Intyre memenangkan balapan Grand Prix terlama sepanjang 301,84 mil, yang diadakan selama 8 putaran di Isle of Man.
1958
MV Agusta memenangkan kejuaraan konstruktor dan pembalap di empat kelas, suatu prestasi yang diulangi tim pada tahun 1959 dan 1960.
1959
Honda memasuki Isle of Man TT untuk pertama kalinya.
1961
Grand Prix Argentina 1961 adalah balapan kejuaraan dunia pertama yang diadakan di luar Eropa.
1963
Grand Prix Jepang 1963 merupakan perlombaan kejuaraan dunia pertama yang diadakan di Asia.
1964
Grand Prix Amerika Serikat 1964 adalah perlombaan kejuaraan dunia pertama yang diadakan di Amerika Utara.
1966
Honda memenangkan kejuaraan konstruktor. Jim Redman memenangkan Grand Prix 500cc pertama Honda di Hockenheim, juga kemenangan pertama bagi pabrikan Jepang di kelas utama.
1967
Tahun terakhir dengan jumlah silinder dan roda gigi yang tidak dibatasi. Honda menarik diri sebagai protes.
1968
Giacomo Agostini (MV Agusta) memenangkan gelar 350cc dan 500cc.
1969
Godfrey Nash mengendarai Norton Manx menjadi pembalap terakhir yang memenangkan Grand Prix 500cc dengan mengendarai mesin satu silinder.
1971
Jack Findlay mengendarai Suzuki TR500 meraih kemenangan pertama di kelas 500cc untuk mesin dua tak.
1972
Kematian Gilberto Parlotti pada 1968 di Isle of Man TT menyebabkan beberapa juara dunia Giacomo Agostini dan pebalap lainnya memboikot empat event berikutnya dengan alasan keselamatan.
1972
Tahun terakhir kelas sidecar 500cc. Giacomo Agostini memenangkan kejuaraan 500cc ketujuh berturut-turut, semuanya bersama MV Agusta.
1973
Kematian Jarno Saarinen dan Renzo Pasolini pada putaran Italia di Monza dan dibatalkan.
1974
Suzuki RG500 adalah mobil empat persegi pertama di kelas 500cc. Gelar konstruktor diraih merek Jepang dan dua tak untuk pertama kalinya (Yamaha).
1975
Giacomo Agostini (Yamaha) menjuarai kelas 500cc, menjadikan Yamaha merek non-Eropa pertama yang menjadi juara pembalap di kelas premier bermesin dua-tak.
1976
Barry Sheene memenangkan kejuaraan 500cc pertama untuk Suzuki. Setelah Isle of Man TT tahun 1976, FIM menyerah pada boikot para pebalap dan menghapus acara tersebut dari kalender Grand Prix.
1977
Era kejuaraan dunia untuk mesin 750cc. Barry Sheene memenangkan kelas 500cc. Grand Prix Inggris berpindah dari Isle of Man ke Sirkuit Silverstone di daratan Inggris.
1978
Kenny Roberts (Yamaha) memenangkan kelas 500cc, orang Amerika pertama yang melakukannya.
1979
Setelah dibuka dua tahun sebelumnya, pada 1979 menjadi tahun terakhir kelas 750cc.
1980
Patrick Pons (Yamaha 500cc) dan Malcolm White (sidecar) keduanya tewas di GP Inggris Silverstone.
1981
Marco Lucchinelli memenangkan gelar dunia 500GP dengan Suzuki RG500-Gamma miliknya.
1982
Franco Uncini meraih gelar juara dunia kelas 500cc dengan mengendarai Suzuki RG500 Gamma.
1982
Tahun terakhir kelas 350cc.
1983
Freddie Spencer (Honda) menjuarai kelas 500cc. Spencer dan Kenny Roberts memenangkan semua balapan 500cc untuk musim di antara mereka.
1984
Michelin memperkenalkan ban radial di GP. Kelas 50cc digantikan oleh 80cc.
1985
Freddie Spencer (Honda) memenangkan gelar 250cc dan 500cc.
1987
Push start dihilangkan.
1987
Wayne Gardner (Honda) memenangkan kelas 500cc, orang Australia pertama yang mencetak sejarah.
1988
Wayne Rainey memenangkan balapan 500cc pertama yang menggunakan rem karbon, di GP Inggris.
1988
Alfred Heck (penumpang Andreas Räcke) meninggal dunia saat latihan bebas di GP Sidecar Prancis.
1989
Ivan Palazzese (Aprilia) tewas di GP Jerman Barat 250cc di Hockenheim.
1989
Tahun terakhir kelas 80cc.
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO
Kru tim balap MotoGP repsol Honda menyiapkan papan penanda waktu menjelang balapan MotoGP seriIndonesia di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengaj, NTB, Kamis (12/10/2023). MotoGP seri ke-15 ini akan berlangsung pada 13-15 Oktober 2023.
1990
Grid start 500cc beralih dari lima menjadi empat sepeda motor per baris.
1992
Honda memperkenalkan NSR500 dengan mesin big bang.
1993
Shinichi Itoh dan NSR500 injeksi bahan bakarnya menembus batas kecepatan 200 mph (320 km/jam) di GP Jerman di Hockenheim. Sirkuit ini dikenal dengan trek lurusnya yang sangat panjang.
1993
Nobuyuki Wakai (Suzuki) meninggal dunia saat sesi latihan GP 250cc di Spanyol.
1993
Juara 500cc tiga kali dan kemudian pemegang gelar Wayne Rainey (Yamaha) lumpuh menyusul kecelakaan di Misano.
1994
Simon Prior, penumpang Yoshisada Kumagaya, dengan LCR-ADM, tewas dalam kecelakaan yang melibatkan tujuh tim di GP Sidecar di Hockenheim.
1998
Kelas 500cc beralih ke bahan bakar tanpa timbal.
1998
Mick Doohan memenangkan gelar 500cc kelima berturut-turut, semuanya bersama Honda.
1999
Àlex Crivillé (Honda) memenangkan kelas 500cc, orang Spanyol pertama yang meraih titel di kelas para raja.
2000
Kenny Roberts Jr (Suzuki) memenangkan kelas 500cc, ia bergabung dengan ayahnya Kenny Roberts untuk mengklaim kejuaraan. Dengan demikian, hal tersebut menjadikan mereka satu-satunya ayah dan anak yang memenangkan kejuaraan 500cc.
2001
Valentino Rossi memenangkan gelar kelas premier pertamanya dan menjadi juara dua tak terakhir di seri premium.
KOMPAS/EDDY HASBY
Presiden Soeharto berfoto usai memberikan trofi kepada juara pertama kelas 500cc yakni Michael Doohan dari Australia, juara kedua Alexandre Barros dari Brasil, dan juara ketiga pembalap muda Italia Loris Capirossi dalam kejuaraan Marlboro Indonesian Grand Prix di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu 7 April 1996.
Era MotoGP
2002
MotoGP menggantikan kelas 500cc. Mesin empat langkah diperkenalkan kembali berkapasitas 990cc. Mesin dua-tak berkapasitas 500cc tetap sah untuk tim independen selama masa transisi.
2003
Ducati melakukan debut Grand Prix di kelas baru MotoGP empat tak.
2003
Daijiro Kato meninggal dunia dalam balapan kandangnya di Grand Prix Jepang di kelas MotoGP di Suzuka ketika ia melewati pembatas sebelum tikungan terakhir.
2003
Start terakhir sepeda motor dua-tak di MotoGP terjadi di Grand Prix Ceko.
2004
Grid start MotoGP beralih dari empat motor menjadi tiga motor per baris, sementara kelas 250cc dan 125cc mempertahankan empat motor per baris, untuk alasan keamanan pebalap.
2004
Makoto Tamada memberi Bridgestone kemenangan MotoGP pertama mereka di GP Brasil.
2005
MotoGP mengadopsi aturan flag-to-flag, yang memperbolehkan pengendara untuk masuk pit dan beralih ke sepeda motor yang dilengkapi dengan ban untuk cuaca basah dan melanjutkan balapan jika hujan mulai turun di pertengahan balapan.
2005
Valentino Rossi memenangkan gelar MotoGP kelima berturut-turut (2001, 2002, 2003, 2004, 2005).
2007
Kapasitas mesin MotoGP dibatasi menjadi 800cc empat tak.
2007
Ducati memenangkan kejuaraan pebalap bersama Casey Stoner dan juga gelar konstruktor, menjadi merek Eropa pertama yang melakukannya di kelas utama dalam 30 tahun. Stoner memenangkan 10 dari 17 balapan pada musim 2007.
2008
MotoGP menjalankan balapan malam pertamanya di Qatar.
2008
Dunlop keluar dari MotoGP.
2009
Michelin keluar dari MotoGP dan Bridgestone menjadi satu-satunya penyedia ban.
2009
Kawasaki ikut berkompetisi dalam MotoGP melalui Hayate Racing setelah tim pabrikan mengundurkan diri dari kejuaraan MotoGP.
2009
Valentino Rossi memenangkan gelar MotoGP ketujuh dan terakhirnya pada usia 30 tahun.
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO
Para pelajar, Rabu (11/10/2023), tengah berlatih formasi gerakan tarian modern yang akan ditampilkan pada balapan MotoGP seri Indonesia di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. MotoGP putaran ke-15 akan berlangsung akhir pekan ini, 13-15 Oktober 2023.
2010
Moto2 menggantikan kelas 250cc. Semua mesin dibuat untuk Moto2 oleh Honda dan merupakan empat langkah 600cc empat silinder segaris berbasis CBR600RR
2010
Pembalap Moto2 Shoya Tomizawa meninggal dunia di Misano.
2010
Untuk pertama kalinya, Spanyol menjadi tuan rumah empat seri Grand Prix dalam setahun.
2010
“Aturan Rookie” diperkenalkan, mencegah pendatang baru di kejuaraan MotoGP untuk bergabung dengan tim pabrikan, kecuali pabrikan tersebut tidak memiliki tim satelit.
2010
Kawasaki mengumumkan pengunduran dirinya karena negosiasi dengan Dorna, yang menyatakan bahwa mereka akan melanjutkan aktivitas balap menggunakan sepeda motor yang diproduksi secara massal serta mendukung konsumen yang berorientasi pada balapan secara umum.
2011
Pembalap MotoGP Marco Simoncelli meninggal dunia di Sepang, Malaysia.
2011
Suzuki menangguhkan partisipasi mereka di MotoGP pada akhir musim.
2012
Kelas silinder tunggal empat langkah Moto3 250cc yang baru menggantikan kelas dua langkah 125cc.
2012
MotoGP meningkatkan kapasitas mesin maksimum menjadi 1.000cc dan memperkenalkan Claiming Rule Team (CRT)
2012
Aprilia bergabung kembali dengan kelas MotoGP sebagai (CRT).
2012
Juara dunia dua kali Casey Stoner menyatakan pensiun dari olahraga ini pada usia 27 tahun, digantikan Marc Márquez.
2013
Format kualifikasi knockout diperkenalkan.
2013
“Aturan pendatang baru” (Rookie) diperkenalkan.
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO
Pebalap Marc Marquez dari tim Repsol Honda (kiri) berbincang dengan wartawan jelang balapan MotoGP seri Indonesia di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengaj, NTB, Kamis (12/10/2023). Marc Marquez dipastikan hengkang dari tim Repsol Honda dan pindah ke Gresini Racing MotoGP mulai musim depan.
2013
Marc Márquez menjadi rookie pertama yang memenangkan kejuaraan pada era MotoGP, dan juara dunia kelas premier termuda yang pernah ada.
2014
Penghapusan tim aturan klaim dan pengenalan kategori Kelas Terbuka. Marc Márquez mendominasi musim dengan memenangkan 10 balapan pertama musim ini.
2015
Suzuki kembali ke MotoGP sebagai konstruktor setelah jeda empat tahun. Aprilia kembali dengan tim pabrikan penuh, dijalankan oleh Gresini Racing.
2015
Pembalap Yamaha Jorge Lorenzo bangkit dari ketertinggalan tujuh poin untuk mengalahkan rekan setimnya Valentino Rossi untuk memenangkan gelar MotoGP ketiga dengan selisih lima poin. Ini terjadi setelah Rossi menerima penalti grid akibat insiden dengan Marc Márquez di Sepang.
2016
Michelin kembali sebagai pemasok ban setelah Bridgestone menarik diri.
2016
Luis Salom meninggal saat latihan Moto2 di Grand Prix Catalunya setelah mengalami benturan kecepatan tinggi dengan sepeda motornya sendiri.
2017
KTM bergabung dengan kelas premier dengan tim yang didukung pabrikan untuk pertama kalinya.
2018
Untuk pertama kalinya di MotoGP, tim satelit tertentu seperti Pramac Ducati dan LCR Honda mendapatkan akses ke motor pabrikan dengan spesifikasi mesin terkini.
2019
Triumph Motorcycles menggantikan Honda sebagai satu-satunya pemasok mesin Moto2. Mesin barunya berkekuatan 765cc
2019
Moto2 dan Moto3 mengadopsi format kualifikasi yang digunakan oleh MotoGP.
2019
Kelas MotoE diperkenalkan, yakni balapan dengan menggunakan sepeda motor listrik (diperkenalkan sebagai “Kejuaraan Dunia”).
2019
Hukuman baru bernama hukuman “Long Lap Penalty” diperkenalkan untuk pengendara yang melebihi batas lintasan selama balapan dan juga digunakan sebagai hukuman untuk pengendara yang sembrono di atas lintasan, seperti membahayakan pebalap lain.
2019
Marc Márquez memenangkan gelar MotoGP keenamnya pada usia 26 tahun, menjadi pebalap termuda dan pebalap non-Italia pertama yang melakukannya.
2019
Juara MotoGP tujuh kali Valentino Rossi menjadi pebalap pertama yang mengikuti Grand Prix ke-400 pada usia 40 tahun.
2020
Paruh pertama musim ditunda atau dibatalkan karena pandemi COVID-19.
2020
Brad Binder dan Miguel Oliveira menjadi pebalap pertama yang memenangkan Grand Prix kelas utama untuk negaranya masing-masing: Afrika Selatan dan Portugal. Mereka pun meraih kemenangan perdana bagi KTM dan Tech3 di kelas MotoGP.
2020
Suzuki memenangkan Kejuaraan Dunia bersama Joan Mir untuk pertama kalinya sejak tahun 2000.
2021
Pembalap Moto3 Jason Dupasquier meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan saat sesi kualifikasi kedua di Grand Prix Italia.
2021
Valentino Rossi, yang dipastikan pensiun sebelum putaran Styrian 2021, akan menjadi pebalap era 500cc terakhir yang berkompetisi di MotoGP.
2021
Fabio Quartararo menjadi Juara Dunia 2021, menjadi pebalap Perancis pertama yang menjuarai kejuaraan kelas premier.
2022
Indonesia menggelar MotoGP di Pertamina Mandalika International Circuit pada 20 Maret 2022. Sebelumnya pada 1996–1997, Indonesia pernah menggelar GP500 di Sirkuit Sentul.
2022
Pada Grand Prix Sepeda Motor Italia 2022 di Mugello, Jorge Martín mencatatkan kecepatan 363 km/jam rekor kecepatan tertinggi baru di kelas premier. Suzuki mengundurkan diri dalam partisipasinya di kejuaraan MotoGP, pada akhir musim 2022.
2022
Francesco Bagnaia menjadi Juara Dunia 2022, menjadi pebalap Italia pertama yang meraih gelar juara kelas premier sejak Valentino Rossi pada 2009.
2023
Sprint Race diperkenalkan di semua seri kelas MotoGP. MotoGP dilombakan di India sebagai negara baru dalam kejuaraan MotoGP. Kelas MotoE memperoleh status Kejuaraan Dunia.
2023
Indonesia kembali menggelar seri ke-15 MotoGP di Sirkuit Mandalika. Persaingan dan duel ketat antara Francesco Bagnaia (199 poin) melawan Jorge Martin (196 poin). Hanya selisih 3 poin membuat suhu memanas di lintasan Sirkuit Mandalika.
Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) menjadi Juara Dunia MotoGP 2023 di Sirkuit Valencia, Spanyol dalam perebutan gelar Juara Dunia melawan Jorge Martin (Prima Pramac Ducati Racing).
Dalam Sprint Race yang digelar Sabtu (25/11/2023), Jorge Martin berhasil memenangkan Sprint Race, sehingga berhasil memangkas selisih poin dari Pecco Bagnaia menjadi 14 poin menuju Main Race. Namun dalam balapan utama atau Main Race di hari Minggu (26 November 2023), Jorge Martin terlibat insiden menabrak Marc Marquez (Repsol Honda) dan keduanya terjatuh dan tidak melanjutkan lomba.
Hasilnya, Francesco Bagnaia menjuarai balapan seri terakhir di Valencia dan mengoleksi 467 poin mengukuhkannya sebagai Juara Dunia MotoGP 2023, unggul 39 poin dari Jorge Martin yang mengoleksi 428 poin. Pencapaian Pecco Bagnaia ini mengulang suksesnya kembali menjadi Juara Dunia MotoGP pada tahun 2022 lalu.
2024
Hingga seri ke-11 di Austria, Bagnaia (Ducati Lenovo) unggul 5 poin dari Jorge Martin (Pramac Ducati). Bagnaia mengoleksi 275 poin, sementara Martin 270 poin.
Indonesia akan menggelar Pertamina Grand Prix of Indonesia pada 27-29 September 2024 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
(LITBANG KOMPAS)
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO
Kru tim balap MotoGP Gresini (Ducati) menyeting kendaraan pembalapnya di paddock Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengaj, NTB, Kamis (12/10/2023). Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia masih memimpin peringkat MotoGP musim ini dengan 319 poin, hanya selisih 3 poin dari Pebalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin.
Referensi
- Scott, Michael. 2017. MotoGP: The Illustrated History. London: Carlton Books.
- Tomaselli, Judith. 1995. Official Grand Prix Book 1995. Brussels: IHM Publishing.sc.
- Laman Resmi MotoGP.com
- Laman Dorna Sport
Artikel terkait