Foto

Pasar Malam Keliling Masih Jadi Pilihan Hiburan Warga

Pasar malam keliling muncul di waktu tertentu saja, nama masih mampu menarik warga untuk datang menikmati hiburan atau hanya sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga.

KOMPAS/PRIYOMBODO

Gemerlap Pasar Malam di lahan kosong di daerah Larangan, Kota Tangerang, Banten, akhir tahun 2022.

Pasar malam keliling merupakan wahana hiburan yang dinantikan warga sebagai hiburan rakyat. Kehadiran pasar malam keliling tidak pernah surut penonton meskipun wahana permainan yang ditawarkan jauh tertinggal jika dibandingan dengan wahana permainan modern.

Pasar malam keliling adalah gelaran hiburan yang diadakan menjelang sore hingga tengah malam. Lokasi pasar malam keliling pada umumnya berada di tanah lapang yang luas.

Pasar malam keliling muncul di waktu tertentu saja, nama masih mampu menarik warga untuk datang menikmati hiburan atau hanya sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga. Wahana permainan yang selalu ada diantaranya, ombak banyu, ayunan, komedi putar, perahu kora-kora yang hampir mirip di Dufan, bianglala, rumah hantu, tong setan, dan beragam permainan anak-anak.

Permainan di pasar malam tidak sepenuhnya dikendalikan oleh mesin, tetapi juga dibantu oleh tenaga manusia. Misalnya, ombak banyu dioperasikan dengan cara didorong sambal diayun dengan menggunakan tenaga manusia. Semakin banyak pengunjung yang menaikinya, maka dibutuhkan banyak tenaga manusia untuk membantu mengoperasikannya.

Wahana permainan ini sebagian besar dijaga anak muda yang masih bertenaga dan bugar untuk menjalankannya. Ada beberapa permainan yang mengandalkan fisik mereka untuk mendorong dan mengayun pada wahana ombak banyu. Sementara keberadaan wahana ini menjadi hiburan murah dan mengembalikan keceriaan anak-anak di pasar malam.

Kehadiran pasar malam keliling tidak hanya khusus wahana permainan saja, namun juga diramaikan dengan pedagang makanan, jajajan, pakaian, maupun bazar berbagai produk. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati wahana permainan saja, tetapi juga bisa menyatap makanan, kulineran, serta membeli produk-produk yang dijual lainnya.

Agar pengunjung bisa menikmati setiap wahana permainan, maka diwajibkan untuk membeli tiket terlebih dahulu. Harga tiket wahana permainan masing-masing dijual kisaran harga Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000per orang.

Kini penyelenggara pasar malam sudah merubah konsep dari pasar malam tradisional menjadi pasar malam yang memperhatikan segi keamanan, estetika, dan lebih mengutamakan etika pelayanan terhadap pengunjung. Maka dari itu lokasi yang pilih untuk pasar malam keliling tidak hanya di lapangan luas terbuka, terkadang di pusat perbelanjaan juga ditemukan pasar malam keliling.

KOMPAS/FAKHRI FADLURROHMAN

Suasana di kawasan pasar malam saat pagi di daerah Kuningan, Jakarta, Jumat (26/1/2024). Pasar malam yang terletak di pusat perkotaan ini bisa menjadi alternatif hiburan bagi warga. Harganya yang terjangkau serta pilihan wahana yang beragam menjadikan pasar malam selalu ramai dikunjungi masyarakat.

KOMPAS/PRIYOMBODO

Tiket Pasar Malam di lahan kosong di daerah Larangan, Kota Tangerang, Banten.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Membeli Tiket pasar malam keliling di kawasan Taman Palem, Cengkareng, Jakarta Barat.

KOMPAS/FAKHRI FADLURROHMAN

Suasana di kawasan pasar malam saat pagi di daerah Kuningan, Jakarta, Jumat (26/1/2024). Pasar malam yang terletak di pusat perkotaan ini bisa menjadi alternatif hiburan bagi warga. Harganya yang terjangkau serta pilihan wahana yang beragam menjadikan pasar malam selalu ramai dikunjungi masyarakat.

KOMPAS/NASRUN KATINGKA

Wahana ombak banyu di Pasar Malam Manunggal, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (15/8/2023). Arena pasar malam keliling yang masih bisa ditemui di pinggiran Jakarta menjadi sarana warga menikmati hiburan dengan biaya murah dan dekat dari rumah.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Anak-anak menaiki wahana kora-kora di areal bazar yang digelar di kawasan Rusun Rawa Bebek, Jakarta Timur, Kamis (14/2/2019). Wahana seperti kora-kora, kincir angin, dan komidi putar yang tersedia di area tersebut menjadi alternatif hiburan anak-anak dengan tarif terjangkau. 

KOMPAS/PRIYOMBODO

Atraksi Tong Setan di lahan kosong di daerah Larangan, Kota Tangerang, Banten.

KOMPAS/PRIYOMBODO

Permainan Ketangkasan pasar malam keliling di daerah Larangan, Kota Tangerang, Banten.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Anak-anak menikmati komidi putar dengan tarif Rp 2.000 di pasar malam di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (27/12/2012). Permainan seperti kereta mini dan komidi putar menjadi hiburan murah meriah yang diminati anak-anak.

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Warga mengisi akhir pekan dengan mengunjungi arena pasar malam di Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (13/10/2012) malam. Di pasar malam itu terdapat berbagai wahana permainan seperti komidi putar, ombak air, dan tong setan.

KOMPAS/YUNIADHI AGUNG

Rumah Hantu

KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Lapak Pedagang pasar malam keliling di kawasan Taman Palem, Cengkareng, Jakarta Barat.

KOMPAS/ERIKA KURNIA

Pasar malam di area parkir Plaza Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten. Pasar malam modern yang mengusung konsep “Mamam, Main, dan Motret” diselenggarakan pada 30 Agustus-30 Oktober 2018. Selain menyediakan berbagai wahana permainan, pasar malam ini juga menyuguhkan bazar kuliner serta latar foto yang tertata dan kekinian.

Artikel terkait