Fakta Singkat
Berdiri
26 Agustus 2006
Status
Perguruan Tinggi Swasta (PTS)
Akreditasi BAN-PT
B
Pimpinan Periode 2015—2019
Ir. Tony Antonio, M.Eng.
(Rektor)
Ir. Yohannes Somawiharja, M.Sc.
(Wakil Rektor I)
Laij Victor Effendi, S.E., CMA.
(Wakil Rektor II)
Universitas Ciputra berdiri sejak 26 Agustus 2006 dan berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta dengan akreditasi peringkat B. UC merupakan bagian dari Ciputra Group yang sudah melebarkan sayap hingga level internasional, di mana komunikasi pemasaran adalah salah satu keunggulan bersaingnya. Universitas Ciputra mempunyai visi menjadi sebuah universitas yang menciptakan entrepreneur kelas dunia. Oleh karena itu, pembentukan Entrepreneurial Spirit mahasiswa dilakukan sejak awal. Kemampuan entrepreneurship (kemampuan melihat kebutuhan, penciptaan peluang dan inovasi) menjadi bagian di setiap mata kuliah yang diajarkan, termasuk pembuatan tugas akhir berupa start up bisnis.
Bangunan dan lahan
o Luas Bangunan | : | 19,571.5 m2 |
FOTO: uc.ac.id
Fasilitas
- Perpustakaan pusat
- Unit/Klinik Kesehatan Mahasiswa
- Auditorium/Balairung
- Laboratorium (17)
- Pusat/Lembaga Penelitian
- Pusat komputer
- Pusat pengendalian keamanan
Jalur/seleksi masuk
No | Jenjang | Tahap/Gelombang | Nama Seleksi | Waktu Pendaftaran | Cara Pendaftaran | Biaya Pendaftaran (Rp) |
1 | Strata 1 (S-1) | I : Jalur Undangan Prestasi (JUP) | TPA, Gambar, Bahasa Inggris | Agustus –Mei | Manual dan Online | Manual 250.000 Online 200.000 |
2 | Strata 1 (S-1) | II : Jalur Kerjasama (JK) | TPA, Gambar, Bahasa Inggris | Agustus –Mei | Manual dan Online | 250.000 Online 200.000 |
3 | Strata 1 (S-1) | III : Jalur Umum (JU) | TPA, Gambar, Bahasa Inggris | Agustus –Mei | Manual dan Online | 250.000 Online 200.000 |
Biaya kuliah
Strata-1
No | Fakultas | Uang Pangkal (Rp) | Biaya per Semester (Rp) | ||
Terendah | Tertinggi | Terendah | Tertinggi | ||
1. | Fakultas Manajemen Dan Bisnis | 11.600.0000 | 30.600.000 | 7.000.000 | 17.000.000 |
2. | Fakultas Pariwisata | 13..600.000 | 29.600.000 | 8.800.000 | 10.000.000 |
3. | Fakultas Industri Kreatif | 10.600.000 | 26.100.000 | 7.000.000 | 7.300.000 |
4. | Fakultas Psikologi | 9.600.000 | 24.600.000 | 7.000.000 | 7.000.000 |
Beasiswa
Nama Program Beasiswa | Instansi | Besaran | Jumlah Penerima (Mahasiswa) |
Internal | |||
1. Beasiswa Jurusan | 100% DPP + 50% SPP s/d 75% DPP |
20 | |
2. Beasisswa Olahraga dan Prestasi Khusus |
50 – 100% DPP | 5 | |
Eksternal | |||
1. Beasiswa Pendidikan | Yayasan Citra Kristus | s/d 100% DPP, SPP, SKS | 78 |
2. Beasiswa Pendidikan | British Petroleum | 100% DPP, SPP, SKS | 2 |
Fakultas dan program studi
Strata-1 (S-1)
Fakultas/Program studi | Akreditasi | Daya tampung | Peminat | Diterima |
1. Fakultas Manajemen dan Bisnis | ||||
1.1. Manajemen | B | 500 | 1125 | 732 |
1.2 Akuntansi | B | 60 | 211 | 96 |
2. Fakultas Industri Kreatif | ||||
2.1. Teknik Informatika | B | 80 | 275 | 113 |
2.2. Arsitektur | B | 40 | 135 | 65 |
2.3. Desain Komunikasi Visual | B | 115 | 252 | 165 |
3. Fakultas Psikologi | ||||
3.1. Psikologi | B | 50 | 175 | 99 |
4. Fakultas Pariwisata | ||||
4.1. Bisnis Hospitaliti | Dalam Proses | 220 | 650 | 300 |
Program pascasarjana
Program Magister (S-2)
Manajemen
Unit kegiatan mahasiswa
- UKM Pecinta Alam: Mapala UC
- UKM Seni: Band, paduan suara, tari tradisional, teater, dance, break dance B-Boy, akustik, ilustrasi, fotografi
- UKM Olahraga dan Bela Diri: Basket, tenis meja, bulutangkis, bola voli, gym, yoga, karate, taekwondo, Perisai Diri, futsal
- UKM Minat : Board Game, Japan Culture, Bahasa Korea, English Club
- UKM Penelitian/Sains/Inovasi: AIESEC (Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales)
- UKM Penerbitan/Pers: UKM Jurnalistik
- UKM Keagamaan: UKM Agama Islam, UKM Agama Kristen, UKM Agama Katolik, UKM Agama Buddist, UKM Agama Hindu
Apresiasi riset/inovasi
- Menyelenggarakan kerja sama penelitian dengan sejumlah perguruan tinggi dalam dan luar negeri (National University of Singapore, The University Of Missouri-Kansas City, Deyeh University, Guangdong University of Foreign Studies, China, La Trobe University in Australia, dan lainnya ), dengan swasta dan komunitas.
- Mengikuti pameran hasil riset/inovasi tingkat nasional dan internasional, memproduksi hasil riset untuk umum, menerbitkan jurnal ilmiah secara rutin terutama mengenai entrepreneur dan entrepreneurship.
- Ikut dalam berbagai kompetisi dan meraih penghargaan nasional dan internasional.
Keunggulan
- UC merupakan bagian dari Ciputra Group yang sudah melebarkan sayap hingga level internasional, di mana komunikasi pemasaran adalah salah satu keunggulan bersaingnya.
- Pembentukan Entrepreneurial Spirit sejak awal merupakan misi dan keunikan mendasar dari UC.
- Mengintegrasikan entrepreneurship ke dalam kurikulum (Entrepreneurship Learning). Kemampuan entrepreneurship (kemampuan melihat kebutuhan, penciptaan peluang dan inovasi) menjadi bagian di setiap mata kuliah yang diajarkan, termasuk pembuatan tugas akhir berupa start up bisnis.
- Menghadirkan para entrepreneur dalam proses pembelajaran untuk membagi pengalaman (Entrepreneur inspiring)
- Gen-E Program, Global Entrepreneurship Experience adalah program bagi para mahasiswa UC untuk mengisi waktu liburan dengan mencari pengalaman di luar negeri. Mulai dari bertemu pebisnis internasional, mengikuti pameran bisnis hingga merasakan kuliah di luar negeri. Program ini ada di setiap liburan semester sehingga mahasiswa UC bisa mengikuti berkali-kali.
- Memiliki program pertukaran pelajar ke berbagai universitas seperti SolBridge-International School of Business, Woosong University Korea, short course program University of Missouri – Kansas City USA, University of New South Wales, etc.
- Beberapa vendor internasional yang menjadi rekan dalam kurikulum seperti Oracle, Cisco, dan SAP (Networking). Mahasiswa akan memperoleh sertifikat dari vendor sebagal bukti penunjang kompetensi.
- Memiliki program Co-Creation Center, yaitu program di mana mahasiswa arsitektur dan alumni yang membutuhkan mentoring/coaching dalam ber-entrepreneur difasilitasi dengan INA Co-Creation Center.
- Mengintegrasikan konsep psikologi di dunia bisnis / entrepreneurship
- Memiliki program The Entrepreneurial Environment, yaitu proyek entrepreneurship yang langsung dilaksanakan oleh mahasiswa dengan pendamping para mentor bisnis yang sesungguhnya dengan menggunakan fasilitas network yang dimiliki.