Peta Tematik | Banjir Informasi

Pengguna Internet di Indonesia

Masa pandemi meningkatkan penggunaan internet akibat dari sebagian besar aktivitas dilakukan secara online. Akses informasi pun dapat dijangkau secara personal melalui gawai telepon pintar yang semakin canggih.

Kehadiran berbagai platform media sosial di dunia maya dan semakin dimudahkannya pembuatan konten, serta semakin terjangkaunya harga gawai telepon pintar dengan kemampuan yang dapat mengakses berbagai informasi, meningkatkan jumlah pengguna dan intensitas dalam menggunakan internet secara signifikan. Fenomena tersebut semakin meningkat sejak terjadi pandemi Covid-19 yang mengharuskan sebagian aktivitas kehidupan dilakukan secara daring.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan, secara umum pengguna internet di seluruh dunia baik mobile ataupun fixed mengalami kenaikan terus menerus. Laporan International Telecommunication Union (ITU) menyebutkan bahwa jumlah pengguna internet dunia sebesar 3,9 miliar, yang berarti melebihi setengah populasi dunia.

Demikian pula di Indonesia. Hingga tahun 2020, total pengguna internet mencapai lebih dari 196 juta jiwa atau sekitar 72% dari total penduduk. Sebaran jumlah pengguna internet berdasarkan gugus pulau dan provinsi, dapat dilihat pada peta di atas.

Provinsi Jawa Barat merupakan provinsi yang memiliki jumlah pengguna internet terbanyak yaitu mencapai 35.100.611 jiwa, mengingat beberapa kota dan kabupaten di provinsi ini berdampingan dengan ibukota negara dan menjadi pusat industri yang masif. Disusul selanjutnya oleh Jawa Tengah (26.536.320 jiwa) dan Jawa Timur (26.350.802 jiwa). Sedangkan Provinsi DKI Jakarta memiliki pengguna internet sebesar 8.928.485 jiwa atau sekitar 85% dari total penduduk provinsi tersebut.

Sebagai konsentrasi penduduk Indonesia, wajar jika penggunan internet terbanyak berada di Pulau Jawa. Bahkan angkanya melebihi setengah pengguna internet di Indonesia, yaitu 55,7%. Sementara, daerah Maluku dan Papua merupakan wilayah dengan pengguna internet paling sedikit yaitu hanya sekitar 3% dari total pengguna internet Indonesia. Selain jumlah penduduk yang relatif sedikit, infrastruktur dan kualitas jaringan internet merupakan permasalahan tersendiri di Indonesia bagian Timur.

Pemerataan jaringan komunikasi dan internet ke depannya diharapkan dapat teratasi seiring dengan kelarnya proyek infrastruktur jaringan serat optik nasional Palapa Ring yang menghubungkan seluruh gugus pulau dengan akses pita lebar (broadband) sepanjang 36.000 km.

Sumber:

  • Laporan “Survei Internet APJII 2019-2020”, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (2020)
  • Artikel “Pengguna Internet di Indonesia”, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (14 Agustus 2019)
  • Artikel Kompas.id “Pengguna Internet Indonesia melesat 28 Juta Jiwa”, (15 Mei 2019)
  • Artikel “Palapa Ring”, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (28 Januari 2020)
  • http://palaparing.id

Kontributor
Muhammad Fiqi Fadillah

Editor
Slamet JP

Pahami Lebih Dalam dengan Infografik Peta Tematik

Pahami Lebih Dalam dengan Infografik Peta Tematik

Daftarkan email Anda dan dapatkan pemahaman mendalam dengan infografik peta tematik Kompaspedia

close