Peta Tematik | Hari TNI

Museum dan Monumen yang Dikelola Pusjarah TNI

Nilai-nilai perjuangan bangsa dalam mewujudkan dan mempertahankan kemerdekaan harus dilestarikan. Pusjarah TNI mengelola museum dan monumen yang menyimpan sejarah perjuangan untuk pembinaan mental dan penanaman jiwa patriot bagi generasi penerus bangsa Indonesia.

Dalam rangka pembinaan mental dan pelestarian nilai-nilai perjuangan bangsa serta nilai-nilai luhur Tentara Nasional Indonesia (TNI) sejak masa perang kemerdekaan, maka TNI memandang perlu untuk membangun museum dan monumen sebagai refleksi dari perjuangan-perjuangan para pendahulu. Informasi sejarah perjuangan bangsa sangat penting bagi generasi muda agar mengenal kembali kelahiran bangsanya sebagai buah perjuangan, baik secara politik maupun pertempuran.

Museum dan monumen sejarah perjuangan yang berada di wilayah Jakarta, dikelola langsung oleh Pusat Sejarah (Pusjarah) TNI. Beberapa di antaranya berada di Markas Besar TNI di Cilangkap, Jakarta Timur yaitu Monumen Perjuangan Mempertahankan NKRI, Museum Bhakti TNI, Monumen Seroja, Monumen Dwikora dan Monumen Trikora. Sedangkan, tiga lainnya adalah Monumen Pancasila Sakti yang berada di Lubang Buaya, Jakarta Timur; Museum Keprajuritan Indonesia di Komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII); dan Museum Satria Mandala di Jl. Gatot Subroto Kav.14, Jakarta Selatan.

Setiap museum dan monumen tersebut memiliki latar belakang dan nilai sejarah tersendiri. Bentuk penyajian peristiwa bersejarah di dalam museum, umumnya berbentuk diorama. Penyebaran informasi terkait museum dan monumen yang dikelola TNI ini, dapat diakses melalui situs http://sejarah-tni.mil.id.

Peta di atas menampilkan sebaran lokasi dari kedelapan museum dan monumen yang dikelola oleh Pusjarah TNI.

Kontributor
Muhammad Fiqi Fadillah

Editor
Slamet JP

Pahami Lebih Dalam dengan Infografik Peta Tematik

Pahami Lebih Dalam dengan Infografik Peta Tematik

Daftarkan email Anda dan dapatkan pemahaman mendalam dengan infografik peta tematik Kompaspedia

close