Kronologi | Pilkada 2020

Pilkada Serentak di Indonesia

Pada 9 Desember 2020, untuk keempat kalinya pemilihan kepala daerah secara serentak diselenggarakan di seluruh Indonesia. Pilkada serentak sebelumnya diselenggarakan pada tahun 2015, 2017, dan 2018 berupa pemilihan langsung gubernur, bupati, dan wali kota.

KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Pengendara melintasi mural tentang antipolitik uang dalam pemilu yang diinisiasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Oto Iskandardinata, Kota Tangerang, Rabu (25/3/2020). Hingga kini, KPU masih mengkaji kelanjutan Pilkada 2020 menyusul penundaan empat tahapan pilkada akibat merebaknya Covid-19.

Berawal pada tahun 2005, tonggak pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah secara langsung diselenggarakan. Meskipun belum berskala nasional, namun penyelenggaraan pilkada tersebut dilakukan secara serentak di beberapa daerah. Sebelumnya, pemilihan kepala daerah tidak dilakukan secara langsung oleh rakyat, namun DPRD lah yang memilih dan menentukan kepala daerah di masing-masing wilayah. Pilkada 2005 sebagai perwujudan demokrasi secara nyata karena warga negara yang telah memiliki hak pilih dapat secara langsung menyampaikan aspirasinya sesuai hati nurani walaupun di lapangan masih terdapat banyak kekurangan dan kecurangan dalam penyelenggaraannya.
 
Pada tahun 2015 mulai diselenggarakan pemilihan langsung secara serentak dan berskala nasional dan berlanjut di tahun 2017, 2018, dan 2020. Pada pilkada tahun 2018 merupakan momen untuk menyusun strategi penyelenggaraan Pemilu tahun 2019, di mana pada pilkada 2018, tiga provinsi besar di Pulau Jawa, yaitu Jawa Jabar, Jawa Tengah, dan Jawa Timur menyelenggarakan pilkada secara bersamaan. Hasil pilkada dari ketiga provinsi tersebut sangat berpengaruh dalam peta politik yang terjadi pada pemilu 2019.
 
Penyelenggaraan pilkada 2020 juga bukan tanpa hambatan. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan penyelenggaraan pilkada 2020 sempat tertunda. Pilkada yang sudah terjadwal pada 23 September 2020 dengan berbagai macam pertimbangan ditunda selama tiga bulan hingga diputuskan diselenggarakan pada 9 Desember 2020 dengan tetep memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, terlebih pada saat hari pemungutan suara. Tahapan kampanye yang biasanya terjadi pengerahan massa juga dialihkan berupa kampanye secara virtual. Yang pasti, pilkada tetep berjalan namun kesehatan dan keselamatan rakyat tetap menjadi prioritas.
 
Berikut catatan penyelenggaraan Pilkada Serentak yang berhasil dirangkum berdasar Arsip Kompas dan dari beberapa sumber:
Pilkada Tahun 2005

Berdasar arsip Kompas berikut, penyelenggaraan pilkada 2005 meliputi pemilihan gubernur di 11 provinsi, pemilihan wali kota di 36 kota, dan pemilihan bupati di 179 kabupaten. (Selamat Datang, Pilkada Langsung 2005 * Pilkada 2005, Kompas, 14 Maret 2005 halaman 44). Namun, karena faktor kesiapan di masing-masing daerah, ada beberapa daerah yang memilih untuk menunda pelaksanaan pilkada. Ada juga yang tetap menyelenggarakan pemilihan di sepanjang tahun 2005 dengan segala masalah dan konflik yang menyertainya.

1. Provinsi Sumatera Barat (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada di Provinsi Sumatera Barat meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Agam, Kabupaten Dharmas Raya, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Sawahlunto Sijunjung, Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Kota Bukittinggi, dan Kota Solok.

KPU Sumbar Tetapkan Lima Pasang Calon Gubernur/Wakil Gubernur * Pilkada 2005 (Kompas, 4 Mei 2005 halaman 8)

2. Provinsi Jambi (Pemilihan Gubernur)

Pilkada di Provinsi Jambi meliputi pemilihan gubernur.

KPU Jambi Tetapkan Tiga Pasang Cagub-Cawagub * Pilkada 2005 (Kompas, 13 Mei 2005 halaman 8)

3. Provinsi Bengkulu (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada di Provinsi Bengkulu meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati di Kabupaten Kaur, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Lebong, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Rejang Lebong, dan Kabupaten Seluma.

Pilkada Serentak di Bengkulu * Teropong (Kompas, 14 Februari 2005 halaman 31)

4. Provinsi Kepulauan Riau (Pemilihan Gubernur dan Bupati)

Pilkada di Provinsi Kepulauan Riau meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati di Kabupaten Lingga dan Kabupaten Natuna.

Jajak Pendapat “Kompas”: Pilkada Kepulauan Riau, Pengalaman Mengesankan Sekaligus Tersulit * Pilkada 2005 (Kompas, 27 Juni 2005 halaman 8)

5. Provinsi Kalimantan Selatan (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada di Provinsi Kalimantan Selatan meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Balangan, Kabupaten Banjar, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Tanah Bumbu, Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, dan Kota Baru.

Jelang Pilkada di Kalimantan Selatan: Gempita Calon Peserta Pilkada di Tengah KPUD Tidak Ada Dana (Kompas, 18 April 2005 halaman 8)

6. Provinsi Kalimantan Tengah (Pemilihan Gubernur dan Bupati)

Pilkada di Provinsi Kalimantan Tengah meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kabupaten Kotawaringin Timur.

Jajak Pendapat “Kompas” Pilkada di Kalimantan Tengah: Mencari Sosok Pemersatu *Pilkada 2005 (Kompas, 28 Mei 2005 halaman 8)

7. Provinsi Sulawesi Utara (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada di Provinsi Sulawesi Utara meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Bitung, Kota Manado, dan Kota Tomohon.

Sulut Tampilkan Empat Pasang Cagub * Pilkada 2005 (Kompas, 30 Maret 2005 halaman 8)

KOMPAS/HARYO DAMARDONO

Pilkada Jambi–Seorang warga di Sarolangun, Provinsi Jambi, tengah memasukkan kertas suara yang telah dicoblosnya, untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi 2005-2010, Minggu (26/6/2005). Pasangan Zulkifli Nurdin-Antony Zeidra Abidin yang dicalonkan koalisi PAN-Partai Golkar, hingga Minggu sore unggul dalam perolehan suara. Zulkifli Nurdin adalah Gubernur Jambi 1999-2004.

8. Provinsi Aceh (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada di Provinsi Aceh meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Nagan Raya, Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Gayo Luwes, Kabupaten Aceh Singkil, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kota Banda Aceh, Kota Sabang, Kota Lhokseumawe, dan Kota Langsa.

9. Provinsi Sumatera Utara (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada di Provinsi Sumatera Utara meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Asahan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Karo, Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Samosir, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Nias Selatan, Kota Binjai, Kota Medan, Kota Pematang Siantar, Kota Sibolga, Kota Tanjung Balai, dan Kota Tebing Tinggi.

10. Provinsi Sumatera Selatan (Pemilihan Bupati)

Pilkada di Provinsi Sumatera Selatan meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.

11. Provinsi Lampung (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada di Provinsi Lampung meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Way Kanan, Kota Bandar Lampung, dan Kota Metro.

12. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemilihan Bupati)

Pilkada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Tengah, dan Kabupaten Belitung Timur.

13. Provinsi Jawa Barat (Pemilihan Bupati)

Pilkada di Provinsi Jawa Barat meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Bandung, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Sukabumi.

14. Provinsi Jawa Tengah (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada di Provinsi Jawa Tengah meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Blora, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Kendal, Kabupaten Klaten, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Rembang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Wonosobo, Kota Magelang, Kota Pekalongan, Kota Semarang, dan Kota Surakarta.

15. Provinsi Jawa Timur (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada di Provinsi Jawa Timur meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Gresik, Kabupaten Jember, Kabupaten Kediri, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Sumenep, Kota Blitar, Kota Pasuruan, dan Kota Surabaya.

16. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemilihan Bupati)

Pilkada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kabupaten Sleman.

17. Provinsi Banten (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada di Provinsi Banten meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Cilegon, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Pandeglang.

18. Provinsi Bali (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada di Provinsi Bali meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Badung, Kabupaten Bangli, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Tabanan, dan Kota Denpasar.

19. Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada di Provinsi Nusa Tenggara Barat meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, dan Kota Mataram.

20. Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemilihan Bupati)

Pilkada di Provinsi Nusa Tenggara Timur meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Ngada, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Timur, dan Kabupaten Timor Tengah Utara.

21. Provinsi Kalimantan Barat (Pemilihan Bupati)

Pilkada di Provinsi Kalimantan Barat meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sekadau, dan Kabupaten Sintang.

22. Provinsi Kalimantan Timur (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada di Provinsi Kalimantan Timur meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Samarinda, Kabupaten Berau, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Pasir.

23. Provinsi Sulawesi Tengah (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada di Provinsi Sulawesi Tengah meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Poso, Kabupaten Tojo Una-Una, Kabupaten Toli-Toli, dan Kota Palu.

24. Provinsi Sulawesi Selatan (Pemilihan Bupati)

Pilkada di Provinsi Sulawesi Selatan meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Barru, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Gowa, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Kabupaten Selayar, Kabupaten Soppeng, dan Kabupaten Tana Toraja.

25. Provinsi Sulawesi Barat (Pemilihan Bupati)

Pilkada di Provinsi Sulawesi Barat meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Mamuju Utara.

26. Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemilihan Bupati)

Pilkada di Provinsi Sulawesi Tenggara meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Bombana, Kabupaten Kolaka Utara, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Muna, dan Kabupaten Wakatobi.

27. Provinsi Gorontalo (Pemilihan Bupati)

Pilkada di Provinsi Gorontalo meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo, dan Kabupaten Pohuwato.

28. Provinsi Maluku (Pemilihan Bupati)

Pilkada di Provinsi Maluku meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Seram Bagian Barat, dan Kabupaten Seram Bagian Timur.

29. Provinsi Maluku Utara (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada di Provinsi Maluku Utara meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Kepulauan Sula, Kota Ternate, dan Kota Tidore.

30. Provinsi Papua (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada di Provinsi Papua meliputi pemilihan bupati /wali kota di Kabupaten Asmat, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Keerom, Kabupaten Mappi, Kabupaten Merauke, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Supiori, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Waropen, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Yapen Waropen, dan Kota Jayapura.

31. Provinsi Papua Barat (Pemilihan Bupati)

Pilkada di Provinsi Papua Barat meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Fak-Fak, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Wondama, dan Kabupaten Manokwari.

KOMPAS/MH SAMSUL HADI

Berbagai spanduk tentang sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang yang tersebar di Kota Serang dan sekitarnya harus dicopot dan diganti spanduk baru, termasuk dua spanduk di Jalan Ki Mas Jong, Serang, Jumat (1/4/2005). Hal ini karena Komisi Pemilihan Umum Serang akan mengubah jadwal pilkada di wilayah tersebut, yang semula ditetapkan tanggal 6 Juni 2005.

Pilkada Tahun 2015

KOMPAS/LASTI KURNIA

Poster Kawal Pilkada disosialisasikan pada acara konperensi pers di Komisi Pemilihan Umum RI, Jakarta, Senin (9/11/2015). Menjelang Pilkada Serentak 9 Desember mendatang, masyarakat diajak berperan aktif dalam pengawasan publik melalui platform #pilkadabersih dan website www.kawalpilkada.id.

Penyelenggaraan Pilkada:

  • Waktu penyelenggaraan: 9 Desember 2015
  • Pemilihan gubernur: 9 provinsi
  • Pemilihan wali kota: 36 kota
  • Pemilihan bupati: 224 kabupaten

Jajak Pendapat “Kompas”: Pilkada Serentak, Pembelajaran Demokrasi * Mencari Pemimpin 2017 (Kompas, 14 Februari 2017 halaman 5)

1. Provinsi Sumatera Barat (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Sumatera Barat meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Pasaman Barat, Kota Solok, dan Kota Bukittinggi.

Kepulauan Riau-Sumatera Barat: Etnisitas dan Strategi Cari Suara * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 4 Desember 2015 halaman 5)

2. Provinsi Kepulauan Riau (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Kepulauan Riau meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Lingga, Kabupaten Kepulauan Anambas, dan Kota Batam.

Kepulauan Riau-Sumatera Barat: Etnisitas dan Strategi Cari Suara * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 4 Desember 2015 halaman 5)

3. Provinsi Jambi (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Jambi meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/Wali Kota di Kabupaten Batanghari, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Bungo, dan Kota Sungai Penuh.

Sumatera Selatan-Jambi: Putra-Putri Mahkota di Ajang Pilkada * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 23 November 2015 halaman 5)

4. Provinsi Bengkulu (Pemilihan Gubernur dan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Bengkulu meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati di Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Kaur, Kabupaten Seluma, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Lebong, dan Kabupaten Kepahiang.

Sulawesi Utara-Bengkulu: Saat MK Memutuskan… * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 19 November 2015 halaman 5)

5. Provinsi Kalimantan Utara (Pemilihan Gubernur dan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Kalimantan Utara meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati di Kabupaten Malinau, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Nunukan, dan Kabupaten Tana Tidung.

Riau dan Kalimantan Utara * APBD Besar, Penduduk Miskin Bertambah (Kompas, 30 November 2015 halaman 5)

6. Provinsi Kalimantan Tengah (Pemilihan Gubernur dan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Kalimantan Tengah meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati di Kabupaten Kotawaringin Timur.

DI Yogyakarta dan Kalimantan Tengah: IPM dan Demokrasi Sehat * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 3 Desember 2015 halaman 5)

7. Provinsi Kalimantan Selatan (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Kalimantan Selatan meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Balangan, Kota Banjarmasin, dan Kota Banjarbaru.

Kalimantan Selatan dan Maluku: Antara Figur dan Koalisi Partai * Pilakada Serentak 2015 (Kompas, 25 November 2015 halaman 5)

8. Provinsi Sulawesi Utara (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Utara meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kota Manado, Kota Bitung, dan Kota Tomohon.

Sulawesi Utara-Bengkulu: Saat MK Memutuskan… * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 19 November 2015 halaman 5)

9. Provinsi Sulawesi Tengah (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Tengah meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Banggai, Kabupaten Poso, Kabupaten Tolitoli, Kabupaten Tojo Una-Una, Kabupaten Sigi, Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Morowali Utara, dan Kota Palu.

Maluku Utara dan Sulawesi Tengah: Menjual Gagasan Tanpa Petahana * Pilkada Serentak 2015  (Kompas, 1 Desember 2015 halaman 5)

KOMPAS/JUMARTO YULIANUS

Massa pendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan nomor urut dua menikmati hiburan dari artis Ibu Kota saat mengikuti kampanye terbuka di Lapangan Kayu Tangi, Banjarmasin, Kamis (3/12). Hari-hari terakhir kampanye dimanfaatkan oleh pasangan calon untuk kampanye akbar yang mendatangkan massa dalam jumlah banyak.

10. Provinsi Papua (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Papua meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Merauke, Kabupaten Nabire, Kabupaten Boven Digul, Kabupaten Asmat, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Keerom, Kabupaten Waropen, Kabupaten Supiori, Kabupaten Mamberamo Raya, dan Kabupaten Yalimo.

Sumatera Utara-Papua: Noken dan Demokrasi * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 18 November 2015 halaman 5)

11. Provinsi Sumatera Utara (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Sumatera Utara meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Binjai, Kota Gunungsitoli, Kota Pematangsiantar, Kota Medan, Kota Sibolga, Kota Tanjungbalai, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Kabupaten Asahan, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Samosir, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Karo, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias, Kabupaten Mandailing Natal.

Sumatera Utara-Papua: Noken dan Demokrasi * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 18 November 2015 halaman 5)

12. Provinsi Banten (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Banten meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, dan Kota Tangerang Selatan.

Jawa Timur-Banten: Saat Perempuan Ikut Pilkada (Kompas, 20 November 2015 halaman 5)

13. Provinsi Jawa Timur (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Jawa Timur meliputi pemilihan bupati dan wali kota di Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Kota Blitar, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Sumenep.

Jawa Timur-Banten: Saat Perempuan Ikut Pilkada (Kompas, 20 November 2015 halaman 5)

14. Provinsi Jawa Barat (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Jawa Barat meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Depok.

Jawa Barat-Nusa Tenggara Timur: Ketika Setuju dan Tidak Setuju Jadi Pilihan… * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 21 November 2015 halaman 5)

15. Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Nusa Tenggara Timur meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Belu, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Ngada, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Malaka, Kabupaten Sabu Raijua, dan Kabupaten Timor Tengah Utara.

Jawa Barat-Nusa Tenggara Timur: Ketika Setuju dan Tidak Setuju Jadi Pilihan… * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 21 November 2015 halaman 5)

16. Provinsi Sumatera Selatan (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Sumatera Selatan meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Kabupaten Musi Rawas, dan Kabupaten Musi Rawas Utara.

Sumatera Selatan-Jambi: Putra-Putri Mahkota di Ajang Pilkada * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 23 November 2015 halaman 5)

17. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Barat, dan Kabupaten Belitung Timur.

Pilkada Bangka Belitung-NTB: MK Menjadi Harapan Terakhir * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 24 November 2015 halaman 5)

18. Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Nusa Tenggara Barat meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Lombok Utara, dan Kota Mataram.

Pilkada Bangka Belitung-NTB: MK Menjadi Harapan Terakhir * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 24 November 2015 halaman 5)

19. Provinsi Maluku (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Maluku meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Maluku Barat Daya, dan Kabupaten Buru Selatan.

Kalimantan Selatan dan Maluku: Antara Figur dan Koalisi Partai * Pilakada Serentak 2015 (Kompas, 25 November 2015 halaman 5)

20. Provinsi Kalimantan Barat (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Kalimantan Barat meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sambas, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sintang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sekadau, dan Kabupaten Melawi.

Kalimantan Barat dan Papua Barat: Gugatan Pilkada dan Pemimpin Bersih * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 26 November 2015 halaman 5)

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Iring-iringan kendaraan pasangan calon peserta Pilkada Gunung Kidul, DI Yogyakarta, yang diawali dengan maskot Komisi Pemilihan Umum Gunung Kidul, menandai hari pertama kampanye, Kamis (27/8/2015). Empat pasang calon bupati-wakil bupati Gunung Kidul akan berkampanye selama 101 hari untuk meraih suara terbanyak dalam pilkada pada 9 Desember 2015.

21. Provinsi Papua Barat (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Papua Barat meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Kaimana, Kabupaten Teluk Wondoma, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pegunungan Arfak, dan Kabupaten Fakfak.

Kalimantan Barat dan Papua Barat: Gugatan Pilkada dan Pemimpin Bersih * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 26 November 2015 halaman 5)

22. Provinsi Jawa Tengah (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Jawa Tengah meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sragen, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora, Kabupaten Rembang, Kabupaten Demak, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang, Kota Magelang, Kota Solo, Kota Semarang, dan Kota Pekalongan.

Jawa Tengah dan Bali: Menguji Tuah Kandang Banteng * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 27 November 2015 halaman 5)

23. Provinsi Bali (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Bali meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Jembrana, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Badung, Kabupaten Bangli, Kabupaten Karangasem, dan Kota Denpasar.

Jawa Tengah dan Bali: Menguji Tuah Kandang Banteng * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 27 November 2015 halaman 5)

24. Provinsi Kalimantan Timur (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Kalimantan Timur meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Berau, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Mahakam Ulu, Kabupaten Paser, Kota Balikpapan, Kota Bontang, dan Kota Samarinda.

Kalimantan Timur dan Lampung * Jalur Perseorangan yang Jadi Alternatif (Kompas, 28 November 2015 halaman 5)

25. Provinsi Lampung (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Lampung meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Pesisir Barat, Kabupaten Way Kanan, Kota Bandar Lampung, dan Kota Metro.

Kalimantan Timur dan Lampung * Jalur Perseorangan yang Jadi Alternatif (Kompas, 28 November 2015 halaman 5)

26. Provinsi Riau (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Riau meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai.

Riau dan Kalimantan Utara * APBD Besar, Penduduk Miskin Bertambah (Kompas, 30 November 2015 halaman 5)

27. Provinsi Maluku Utara (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Maluku Utara meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Pulau Taliabu, Kota Ternate, dan Kota Tidore kepulauan.

Maluku Utara dan Sulawesi Tengah: Menjual Gagasan Tanpa Petahana * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 1 Desember 2015 halaman 5)

28. Provinsi Gorontalo (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Gorontalo meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo, dan Kabupaten Pahuwato.

Sulawesi Tenggara dan Gorontalo * Saat Pusat dan Daerah Berbeda (Kompas, 2 Desember 2015 halaman 5)

29. Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Tenggara meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Buton Utara, Kabupaten Kolaka Timur, Kabupaten Konawe Kepulauan, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Muna, dan Kabupaten Wakatobi.

Sulawesi Tenggara dan Gorontalo * Saat Pusat dan Daerah Berbeda (Kompas, 2 Desember 2015 halaman 5)

30. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kabupaten Sleman.

DI Yogyakarta dan Kalimantan Tengah: IPM dan Demokrasi Sehat * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 3 Desember 2015 halaman 5)

31. Provinsi Sulawesi Selatan (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Selatan meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Kepulauan Selayar, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Barru, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu Timur, dan Kabupaten Toraja Utara.

Sulawesi Selatan-Sulawesi Barat: Ujian Besar di Lumbung Partai Golkar * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 5 Desember 2015 halaman 5)

32. Provinsi Sulawesi Barat (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Barat meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju, Kabupaten Mamuju Utara, dan Kabupaten Mamuju Tengah.

Sulawesi Selatan-Sulawesi Barat: Ujian Besar di Lumbung Partai Golkar * Pilkada Serentak 2015 (Kompas, 5 Desember 2015 halaman 5)

Pilkada Tahun 2017

Penyelenggaraan Pilkada:

  • Waktu penyelenggaraan: 15 Februari 2017
  • Pemilihan gubernur: 7 provinsi
  • Pemilihan wali kota: 18 kota
  • Pemilihan bupati: 76 kabupaten

Jajak Pendapat “Kompas”: Pilkada Serentak, Pembelajaran Demokrasi * Mencari Pemimpin 2017 (Kompas, 14 Februari 2017 halaman 5)

1. Provinsi Aceh (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Aceh meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kota Banda Aceh, Kota Lhokseumawe, Kota Langsa, Kota Sabang, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Pidie, Kabupaten Simeulue, Kabupaten Aceh Singkil, Kabupaten Bireuen, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Gayo Lues, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Nagan Raya, Kabupaten Aceh Tengah, dan Kabupaten Aceh Tamiang.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

2. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemilihan Gubernur)

Pilkada serentak di Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung meliputi pemilihan gubernur.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

3. Provinsi DKI Jakarta (Pemilihan Gubernur)

Pilkada serentak di Provinsi DKI Jakarta meliputi pemilihan gubernur.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

4. Provinsi Banten (Pemilihan Gubernur)

Pilkada serentak di Provinsi Banten meliputi pemilihan gubernur.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

5. Provinsi Gorontalo (Pemilihan Gubernur dan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Gorontalo meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati di Kabupaten Boalemo.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

6. Provinsi Sulawesi Barat (Pemilihan Gubernur)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Barat meliputi pemilihan gubernur.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

7. Provinsi Papua Barat (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Papua Barat meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kota Sorong, Kabupaten Tambrauw, Kabupaten Maybrat, dan Kabupaten Sorong.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

KOMPAS/RIZA FATHONI

Calon gubernur nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama, dan calon gubernur nomor urut tiga, Anies Baswedan, saling melontarkan pertanyaan dengan disaksikan calon wakil gubernur masing-masing, Djarot Saiful Hidayat dan Sandiaga Uno, saat Debat Publik Pilkada DKI Putaran Kedua di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (12/4/2017). Debat calon gubernur dan wakil gubernur tersebut mengangkat tema “Dari Masyarakat untuk Jakarta”.

8. Provinsi Sumatera Utara (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Sumatera Utara meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

9. Provinsi Sumatera Barat (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Sumatera Barat meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

10. Provinsi Riau (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Riau meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

11. Provinsi Jambi (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Jambi meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Sarolangun, dan Kabupaten Tebo.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

12. Provinsi Sumatera Selatan (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Sumatera Selatan meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Musi Banyuasin.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

13. Provinsi Bengkulu (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Bengkulu meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

14. Provinsi Lampung (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Lampung meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Mesuji, Kabupaten Lampung Barat, dan Kabupaten Tulang Bawang.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

15. Provinsi Jawa Barat (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Jawa Barat meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Cimahi, Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Bekasi.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

16. Provinsi Jawa Tengah (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Jawa Tengah meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Brebes.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

17. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

18. Provinsi Jawa Timur (Pemilihan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Jawa Timur meliputi pemilihan wali kota di Kota Batu.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

19. Provinsi Bali (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Bali meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Buleleng.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

20. Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Nusa Tenggara Timur meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Kupang, Kabupaten Flores Timur, dan Kabupaten Lembata.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

21. Provinsi Kalimantan Barat (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Kalimantan Barat meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Singkawang dan Kabupaten Landak.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

22. Provinsi Kalimantan Tengah (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Kalimantan Tengah meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Barito Selatan dan Kabupaten Kotawaringin Barat.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

23. Kalimantan Selatan (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Kalimantan Selatan meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Kabupaten Barito Kuala.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

24. Provinsi Sulawesi Utara (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Utara meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

25. Provinsi Sulawesi Tengah (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Tengah meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Buol.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

26. Provinsi Sulawesi Selatan (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Selatan meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Takalar.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

27. Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Tenggara meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Kendari, Kabupaten Bombana, Kabupaten Kolaka Utara, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Selatan, Kabupaten Buton Tengah, dan Kabupaten Muna Barat.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

28. Provinsi Maluku (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Maluku meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Buru, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, dan Kabupaten Maluku Tengah.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

29. Provinsi Maluku Utara (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Maluku Utara meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Pulau Morotai dan Kabupaten Halmahera Tengah.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

30. Provinsi Papua (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Papua meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Jayapura, Kabupaten Nduga, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Mappi, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Puncak Jaya, dan Kabupaten Dogiyai.

Grafik: Daerah Penyelenggara Pilkada Serentak 2017 (Kompas, 15 Februari 2017 halaman 5)

KOMPAS/ADITYA PUTRA PERDANA

Poster dukungan terhadap kotak kosong terbentang di depan posko relawan pemenangan kotak kosong, Jalan Juwana-Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Jumat (13/1). Pati merupakan satu dari delapan daerah penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 yang hanya memiliki satu pasangan calon. Saat pemilihan, warga Pati dapat memilih pasangan Haryanto-Saiful Arifin atau kotak kosong.

Pilkada Tahun 2018

KOMPAS/SAMUEL OKTORA

Empat pasangan calon dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar 2018 bergembira ketika memperoleh nomor urut yang penetapannya dilaksanakan di GOR Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (13/2/2018) pukul 20.30. Berdiri dari kiri ke kanan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (nomor urut 1), Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan (nomor urut 2), Sudrajat-Ahmad Syaikhu (nomor urut 3), dan pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (nomor urut 4).

Penyelenggaraan Pilkada:

  • Waktu penyelenggaraan: 27 Juni 2018
  • Pemilihan gubernur: 17 provinsi
  • Pemilihan wali kota: 39 kota
  • Pemilihan bupati: 115 kabupaten

Pasangan Calon Pilkada 2018 (Kompas, 20 Januari 2018 halaman 7)

Presiden: Pilih Pemimpin Terbaik (Kompas, 9 Januari 2018 halaman 1)

1. Provinsi Sumatera Utara (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Sumatera Utara meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Dairi, Kota Padang Sidimpuan, Kabupaten Batu Bara, Kabupaten Langkat, dan Kabupaten Padang Lawas.

Pilgub Sumut, Replika Politik Nasional * Rumah Pilkada Sumatera Utara 2018 (Kompas, 17 Mei 2018 halaman 5)

Ketangguhan Demokrasi Lokal Diuji * Rumah Pilkada 2018 (Kompas, 25 Juni 2018 halaman 1)

MK Registrasi 70 Perkara (Kompas, 25 Juli 2018 halaman 4)

2. Provinsi Riau (Pemilihan Gubernur dan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Riau meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati di Kabupaten Indragiri Hilir.

Saat Rakyat Riau Mulai Apatis * Rumah Pilkada Riau 2018 (Kompas, 3 Mei 2018 halaman 4)

3. Provinsi Sumatera Selatan (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Sumatera Selatan meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kota Prabumulih, Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Lahat, Kota Lubuklinggau, Kota Pagar Alam, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Muara Enim, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Perebutan Makna Pembangunan * Rumah Pilkada 2018 (Kompas, 26 April 2018 halaman 4)

Ketangguhan Demokrasi Lokal Diuji * Rumah Pilkada 2018 (Kompas, 25 Juni 2018 halaman 1)

MK Registrasi 70 Perkara (Kompas, 25 Juli 2018 halaman 4)

4. Provinsi Lampung (Pemilihan Gubernur dan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Lampung meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati di Kabupaten Lampung Utara dan Kabupaten Tanggamus.

Saat Berbagai Modal Jadi Satu (Kompas, 19 April 2018 halaman 5)

5. Provinsi Jawa Barat (Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Jawa Barat meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kota Bekasi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Subang, Kabupaten Bogor, Kota Bandung, Kota Banjar, Kota Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Ciamis.

Survei Kompas: Ceruk ”Tidak Bertuan” Menjadi Penentu * Rumah Pilkada Jawa Barat 2018 (Kompas, 28 Mei 2018 halaman 5)

Menanti Kejutan Politik dari Jawa Barat (Kompas, 7 Juni 2018 halaman 5)

MK Registrasi 70 Perkara (Kompas, 25 Juli 2018 halaman 4)

6. Provinsi Jawa Tengah (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Jawa Tengah meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kota Tegal, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Kudus, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Magelang.

Satu Bulan yang Paling Menentukan * Rumah Pilkada Jawa Tengah 2018 (Kompas, 24 Mei 2018 halaman 5)

Survei Kompas: Massa Parpol Pengusung Kian Solid * Rumah Pilkada Jawa Tengah 2018 (Kompas, 30 Mei 2018 halaman 2)

MK Registrasi 70 Perkara (Kompas, 25 Juli 2018 halaman 4)

7. Provinsi Jawa Timur (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Jawa Timur meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Pasuruan, Kota Madiun Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Kota Kediri, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Probolinggo, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Magetan, Kabupaten Madiun, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Jombang, dan Kabupaten Probolinggo.

Survei Kompas: Calon Wakil Gubernur Jadi Penentu * Rumah Pilkada Jawa Timur 2018 (Kompas, 31 Mei 2018 halaman 2)

Kontestasi yang Kembali Terulang * Rumah Pilkada Jawa Timur 2018 (Kompas, 31 Mei 2018 halaman 3)

Ketangguhan Demokrasi Lokal Diuji * Rumah Pilkada 2018 (Kompas, 25 Juni 2018 halaman 1)

MK Registrasi 70 Perkara (Kompas, 25 Juli 2018 halaman 4)

8. Provinsi Bali (Pemilihan Gubernur dan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Bali meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati di Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Klungkung.

Pertarungan Multidimensional Pilkada Bali * Rumah Pilkada 2018 – Bali (Kompas, 5 April 2018 halaman 5)

9. Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Nusa Tenggara Barat meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kota Bima, Kabupaten Lombok Barat, dan Kabupaten Lombok Timur.

Persaingan Ketat Tanpa Figur Dominan * Rumah Pilkada 2018 Nusa Tenggara Barat (Kompas, 29 Maret 2018 halaman 5)

10. Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemilihan Gubernur dan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Nusa Tenggara Timur meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati di Kabupaten Alor, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sikka, Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Kupang, dan Kabupaten Ende.

Kontestasi Berbasis Identitas Sosial * Rumah Pilkada 2018 Nusa Tenggara Timur (Kompas, 22 Maret 2018 halaman 4)

MK Registrasi 70 Perkara (Kompas, 25 Juli 2018 halaman 4)

11. Provinsi Kalimantan Timur (Pemilihan Gubernur dan Bupati)

Pilkada serentak di Kalimantan Timur meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Tantangan dari Sektor Pertambangan * Rumah Pilkada 2018 (Kompas, 12 April 2018 halaman 5)

12. Provinsi Kalimantan Barat (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Kalimantan Barat meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Sanggau, Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Kayong Utara, dan Kabupaten Kubu Raya.

Upaya Naik Kelas Kuasa dan Politik Identitas * Rumah Pilkada 2018 (Kompas, 15 Maret 2018 halaman 5)

MK Registrasi 70 Perkara (Kompas, 25 Juli 2018 halaman 4)

13. Provinsi Sulawesi Selatan (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Selatan meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Bone, Kabupaten Enrekang, Kota Makassar, Kota Palopo, Kota Parepare, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Sidereng Rappang, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Wajo, dan Kabupaten Luwu.

Berebut Pemilih Rasional dan Partisan * Rumah Pilkada Sulawesi Selatan 2018 (Kompas, 11 Mei 2018 halaman 5)

Ketangguhan Demokrasi Lokal Diuji * Rumah Pilkada 2018 (Kompas, 25 Juni 2018 halaman 1)

MK Registrasi 70 Perkara (Kompas, 25 Juli 2018 halaman 4)

14. Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Tenggara meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kota Baubau dan Kabupaten Kolaka.

Etnisitas dan Politik Kekerabatan Sultra * Rumah Pilkada 2018 (Kompas, 6 Maret 2018 halaman 5)

MK Registrasi 70 Perkara (Kompas, 25 Juli 2018 halaman 4)

15. Provinsi Maluku (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Maluku meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Pertarungan Para Birokrat Lokal * Rumah Pilkada 2018 (Kompas, 20 Februari 2018 halaman 4)

MK Registrasi 70 Perkara (Kompas, 25 Juli 2018 halaman 4)

16. Provinsi Maluku Utara (Pemilihan Gubernur)

Pilkada serentak di Provinsi Maluku Utara meliputi pemilihan gubernur

Malut, antara Ketokohan dan Etnis * Rumah Pilkada 2018 (Kompas, 13 ebruari 2018 halaman 5)

17. Provinsi Papua (Pemilihan Gubernur dan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Papua meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati di Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Puncak, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Mimika, Kabupaten Deiyai, dan Kabupaten Paniai.

Memanggungkan Demokrasi di Papua * Rumah Pilkada 2018 (Kompas, 27 Februari 2018 halaman 5)

Ketangguhan Demokrasi Lokal Diuji * Rumah Pilkada 2018 (Kompas, 25 Juni 2018 halaman 1)

MK Registrasi 70 Perkara (Kompas, 25 Juli 2018 halaman 4)

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Para pemuda yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Islam Indonesia menggelar aksi deklarasi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 Damai di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (25/3). Mereka mengajak masyarakat untuk mendukung Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 yang damai dengan menolak segala kampanye hitam, ujaran kebencian, dan berita bohong atau hoaks.

18. Provinsi Aceh (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Aceh meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Subulussalam, Kabupaten Aceh Selatan, dan Kabupaten Pidie Jaya.

MK Registrasi 70 Perkara (Kompas, 25 Juli 2018 halaman 4)

19. Provinsi Sumatera Barat (Pemilihan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Sumatera Barat meliputi pemilihan wali kota di Kota Padangpanjang, Kota Padang, Kota Pariaman, dan Kota Sawahlunto.

MK Registrasi 70 Perkara (Kompas, 25 Juli 2018 halaman 4)

20. Provinsi Kepulauan Riau (Pemilihan Wali Kota)

Pilkada Serentak di Provinsi Kepulauan Riau meliputi pemilihan wali kota di Kota Tanjung Pinang.

21. Provinsi Jambi (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Jambi meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Kerinci, Kota Jambi dan Kabupaten Merangin.

MK Registrasi 70 Perkara (Kompas, 25 Juli 2018 halaman 4)

22. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Kabupaten Belitung.

23. Provinsi Bengkulu (Pemilihan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Bengkulu meliputi pemilihan wali kota di Kota Bengkulu.

24. Provinsi Banten (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Banten meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Serang.

Ketangguhan Demokrasi Lokal Diuji * Rumah Pilkada 2018 (Kompas, 25 Juni 2018 halaman 1)

MK Registrasi 70 Perkara (Kompas, 25 Juli 2018 halaman 4)

25. Provinsi Kalimantan Tengah (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Kalimatan Tengah meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Pulang Pisau, Kota Palangkaraya, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Katingan, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Barito Utara, dan Kabupaten Gunung Mas.

MK Registrasi 70 Perkara (Kompas, 25 Juli 2018 halaman 4)

26. Provinsi Kalimantan Selatan (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Kalimantan Selatan meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Tanah Laut, dan Kabupaten Tabalong.

Ketangguhan Demokrasi Lokal Diuji * Rumah Pilkada 2018 (Kompas, 25 Juni 2018 halaman 1)

MK Registrasi 70 Perkara (Kompas, 25 Juli 2018 halaman 4)

27. Provinsi Kalimantan Utara (Pemilihan Wali Kota)

Pilkada serentak di Kalimantan Timur meliputi pemilihan wali kota di Kota Tarakan.

28. Provinsi Sulawesi Utara (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Utara meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, dan Kabupaten Sitaro.

Ketangguhan Demokrasi Lokal Diuji * Rumah Pilkada 2018 (Kompas, 25 Juni 2018 halaman 1)

MK Registrasi 70 Perkara (Kompas, 25 Juli 2018 halaman 4)

29. Provinsi Gorontalo (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Gorontalo meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara.

30. Provinsi Sulawesi Tengah (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Tengah meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Morowali, Kabupaten Parigi Moutong, dan Kabupaten Donggala.

31. Provinsi Sulawesi Barat (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Barat meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Mamasa dan Kabupaten Polewali Mandar.

Ketangguhan Demokrasi Lokal Diuji * Rumah Pilkada 2018 (Kompas, 25 Juni 2018 halaman 1)

Pilkada Tahun 2020

Penyelenggaraan Pilkada:

  • Waktu penyelenggaraan: 9 Desember 2020
  • Pemilihan gubernur: 9 provinsi
  • Pemilihan wali kota: 37 kota
  • Pemilihan bupati: 224 kabupaten

Tantangan Pilkada 2020 (Kompas, 22 Januari 2020 halaman 6)

Mitigasi Risiko Pilkada Saat Pandemi (Kompas, 26 September 2020 halaman 6)

1. Provinsi Sumatera Barat (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Sumatera Barat meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kota Bukittinggi, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Agam, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman, dan Kabupaten Pasaman Barat.

KPU Sumbar Terima Pendaftaran Empat Bakal Paslon Gubernur (Kompas.id, 6 September 2020)

2. Provinsi Jambi (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Jambi meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Bungo, dan Kota Sungai Penuh.

Waspadai Uang Palsu Jelang Pilkada Serentak di Jambi (Kompas.id, 4 Maret 2020)

3. Provinsi Bengkulu (Pemilihan Gubernur dan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Bengkulu meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati di Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Seluma, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Lebong, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Rejang Lebong, dan Kabupaten Kaur.

Potensi Pencalonan Jalur Perseorangan Tinggi, Bisa Jadi Alarm Peringatan Parpol (Kompas.id, 24 Februari 2020)

4. Provinsi Kepulauan Riau (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Riau meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kota Batam, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kabupaten Bintan, Kabupaten Lingga, Kabupaten Karimun dan Kabupaten Natuna.

Potensi Pencalonan Jalur Perseorangan Tinggi, Bisa Jadi Alarm Peringatan Parpol (Kompas.id, 24 Februari 2020)

5. Provinsi Kalimantan Tengah (Pemilihan Gubernur dan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Kalimantan Tengah meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Berjalan di Tengah Pandemi, Anggaran Pilkada Kalteng Berpotensi Bertambah (Kompas.id, 18 Juni 2020)

6. Provinsi Kalimantan Selatan (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Kalimantan Selatan meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru.

Delapan Bakal Calon Peserta Pilkada di Kalsel Positif Covid-19 (Kompas.id, 7 September 2020)

7. Kalimantan Utara (Pemilihan Gubernur dan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Kalimantan Utara meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati di Kabupaten Tana Tidung, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Bulungan, dan Kabupaten Malinau.

Kaltara Tidak Ajukan Tambahan Dana Pilkada 2020 (Kompas.id, 18 Juni 2020)

Potensi Pencalonan Jalur Perseorangan Tinggi, Bisa Jadi Alarm Peringatan Parpol (Kompas.id, 24 Februari 2020)

8. Provinsi Sulawesi Utara (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Utara meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kota Tomohon, Kota Bitung, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kota Manado, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Minahasa Utara.

46 Calon di Sulut Ikuti Tes Kesehatan, Dua Masih Isolasi Mandiri (Kompas.id, 8 September 2020)

9. Provinsi Sulawesi Tengah (Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Tengah meliputi pemilihan gubernur dan pemilihan bupati/wali kota di Kota Palu, Kabupaten Sigi, Kabupaten Poso, Kabupaten Tojo Una-Una, Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Banggai, Kabupaten Toli-toli, dan Kabupaten Morowali Utara.

PDI-P Optimistis Menang di Empat Daerah di Sulteng (Kompas.id, 6 November 2020)

KOMPAS/VIDELIS JEMALI

Tampak surat suara yang telah disortir dan dilipat sejumlah petugas dari Komisi Pemilihan Umum di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (24/11/2020). Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 berlangsung di tengah pandemi Covid-19 yang belum teratasi.

10. Provinsi Sumatera Utara (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Sumatera Utara meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Medan, Kota Sibolga, Kota Tanjung Balai, Kota Binjai, Kota Pematangsiantar, Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Kabupaten Asahan, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Samosir, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Karo, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias, dan Kabupaten Mandailing Natal.

Potensi Pencalonan Jalur Perseorangan Tinggi, Bisa Jadi Alarm Peringatan Parpol (Kompas.id, 24 Februari 2020)

11. Provinsi Riau (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Riau meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Dumai, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kabupaten Siak.

Potensi Pencalonan Jalur Perseorangan Tinggi, Bisa Jadi Alarm Peringatan Parpol (Kompas.id, 24 Februari 2020)

12. Provinsi Sumatera Selatan (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Sumatera Selatan meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

90 Persen Logistik Pilkada di Sumsel Telah Tersalurkan (Kompas.id, 23 November 2020)

13. Provinsi Lampung (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Lampung meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Metro, Kota Bandar Lampung, Kabupaten Pesisir Barat, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Way Kanan, dan Kabupaten Pesawaran.

Potensi Pencalonan Jalur Perseorangan Tinggi, Bisa Jadi Alarm Peringatan Parpol (Kompas.id, 24 Februari 2020)

14. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan, dan Kabupaten Belitung Timur.

Potensi Pencalonan Jalur Perseorangan Tinggi, Bisa Jadi Alarm Peringatan Parpol (Kompas.id, 24 Februari 2020)

15. Provinsi Banten (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Banten meliputi Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Serang.

Potensi Pencalonan Jalur Perseorangan Tinggi, Bisa Jadi Alarm Peringatan Parpol (Kompas.id, 24 Februari 2020)

16. Provinsi Jawa Barat (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Jawa Barat meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Depok.

KPU Jabar Targetkan 77,5 Persen Pemilih di Pilkada Serentak 2020 (Kompas.id, 16 Januari 2020)

17. Provinsi Jawa Tengah (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Jawa Tengah meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Pekalongan, Kota Magelang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Blora, Kabupaten Kendal, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Klaten, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Demak, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Pekalongan.

Potensi Pencalonan Jalur Perseorangan Tinggi, Bisa Jadi Alarm Peringatan Parpol (Kompas.id, 24 Februari 2020)

18. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kabupaten Bantul.

KPU DIY Optimistis Partisipasi Pemilih Lebih 80 Persen (Kompas.id, 1 Oktober 2019)

19. Provinsi Jawa Timur (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Jawa Timur meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Kota Blitar, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tuban, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Sumenep.

Mengusik Gerak Gerobak Politik di Jawa Timur (Kompas.id, 16 Januari 2020)

20. Provinsi Bali (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Bali meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Bangli, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Tabanan, dan Kabupaten Jembrana.

Cegah Pilkada Jadi Kluster Covid-19, KPU Bali Ajak Patuhi Protokol Kesehatan (Kompas.id, 21 September 2020)

21. Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Nusa Tenggara Barat meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima.

Tujuh Kabupaten-Kota di NTB Gelar Pilkada Serentak 2020 (Kompas.id, 30 Juli 2019)

22. Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Nusa Tenggara Timur meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Ngada, Kabupaten Belu, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Malaka, Kabupaten Manggarai, dan Kabupaten Sumba Barat.

Jalan Panjang Enam Pasang Calon Perseorangan Pilkada Serentak di NTT (Kompas.id, 3 Maret 2020)

Potensi Pencalonan Jalur Perseorangan Tinggi, Bisa Jadi Alarm Peringatan Parpol (Kompas.id, 24 Februari 2020)

23. Provinsi Kalimantan Barat (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Kalimantan Barat meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Bengkayang, dan Kabupaten Sambas.

Bawaslu Kalimantan Barat Mulai Petakan Kerawanan (Kompas.id, 28 September 2019)

24. Provinsi Kalimantan Timur (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Kalimantan Timur meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Berau, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Mahakam Ulu, Kabupaten Paser, Kota Balikpapan, Kota Bontang, dan Kota Samarinda.

Mendagri Tito Soroti Kinerja Pencairan Dana Pilkada 2020 di Kutai Timur (Kompas.id, 18 Juli 2020)

Potensi Pencalonan Jalur Perseorangan Tinggi, Bisa Jadi Alarm Peringatan Parpol (Kompas.id, 24 Februari 2020)

25. Provinsi Gorontalo (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Gorontalo meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, dan Kabupaten Pohuwato.

Potensi Pencalonan Jalur Perseorangan Tinggi, Bisa Jadi Alarm Peringatan Parpol (Kompas.id, 24 Februari 2020)

26. Provinsi Sulawesi Barat (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Barat meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Mamuju, Kabupaten Mamuju Tengah, Kabupaten Mamuju Utara, dan Kabupaten Majene.

Potensi Pencalonan Jalur Perseorangan Tinggi, Bisa Jadi Alarm Peringatan Parpol (Kompas.id, 24 Februari 2020)

27. Provinsi Sulawesi Selatan (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Selatan meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Makassar, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Kabupaten Barru, Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Kepulauan Selayar, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Tana Toroja, dan Kabupaten Toraja Utara.

Potensi Pencalonan Jalur Perseorangan Tinggi, Bisa Jadi Alarm Peringatan Parpol (Kompas.id, 24 Februari 2020)

28. Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Tenggara meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Konawe Kepulauan, Kabupaten Kolaka Timur, Kabupaten Buton Utara, dan Kabupaten Muna.

Sultra Masih Kekurangan Rp 16,9 Miliar untuk APD Pilkada (Kompas.id, 9 Juli 2020)

29. Provinsi Maluku (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Maluku meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Maluku Barat Daya, dan Kepulauan Aru.

Polda Maluku Waspadai Potensi Konflik Pilkada di Dua Kabupaten (Kompas.id, 16 November 2020)

30. Provinsi Maluku Utara (Pemilihan Bupati dan Wali Kota)

Pilkada serentak di Provinsi Maluku Utara meliputi pemilihan bupati/wali kota di Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Pulau Taliabu, Kabupaten Kepulauan Sula, Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, dan Kabupaten Halmahera Timur.

Potensi Pencalonan Jalur Perseorangan Tinggi, Bisa Jadi Alarm Peringatan Parpol (Kompas.id, 24 Februari 2020)

31. Provinsi Papua (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Papua meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Asmat, Kabupaten Supiori, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Waropen, Kabupaten Nabire, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Keerom, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Boven Digoel.

Ragam Tantangan Rentan Muncul dalam Pilkada Serentak 2020 di Papua (Kompas.id 7 Juli 2020)

32. Papua Barat (Pemilihan Bupati)

Pilkada serentak di Provinsi Papua Barat meliputi pemilihan bupati di Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pengunungan Arfak, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Fakfak, dan Kabupaten Teluk Wondama.

Potensi Pencalonan Jalur Perseorangan Tinggi, Bisa Jadi Alarm Peringatan Parpol (Kompas.id, 24 Februari 2020)

KOMPAS/DEFRI WERDIONO

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara memberikan sarung tangan plastik dan hand sanitizer kepada warga yang akan memberikan suara dalam pilkada serentak. sebagaimana agedan yang diperagakan dalam simulasi di halaman Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang, Jawa Timur, Jumat (27/11/2020) . Simulasi pemungutan suara dan apel gelar pasukan pengamanan pilkada diinisiasi oleh Kepolisian Resor Malang bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malang didukung sejumlah elemen lain, termasuk TNI.

Sumber: Arsip Kompas, KPU

Referensi

Internet

https://www.kpu.go.id/

https://kompas.id/baca/nusantara/2020/09/06/kpu-sumbar-terima-pendaftaran-empat-bakal-paslon-gubernur/

https://kompas.id/baca/nusantara/2020/03/04/waspadai-uang-palsu-jelang-pilkada-serentak/

https://kompas.id/baca/polhuk/2020/02/24/potensi-pencalonan-jalur-perseorangan-tinggi-bisa-jadi-alarm-peringatan-parpol/

https://kompas.id/baca/nusantara/2020/06/18/berjalan-di-tengah-pandemi-anggaran-pilkada-kalteng-berpotensi-bertambah/

https://kompas.id/baca/nusantara/2020/09/07/delapan-bakal-calon-peserta-pilkada-di-kalsel-positif-covid-19/

https://kompas.id/baca/nusantara/2020/06/18/kaltara-tidak-ajukan-tambahan-dana-pilkada-2020/

https://kompas.id/baca/nusantara/2020/09/08/46-calon-di-sulut-ikuti-tes-kesehatan-dua-masih-isolasi-mandiri/

https://kompas.id/baca/nusantara/2020/11/06/pdi-p-optimistis-menang-di-empat-daerah-di-sulteng/

https://kompas.id/baca/nusantara/2020/11/23/90-persen-logistik-pilkada-di-sumsel-telah-tersalurkan/

https://kompas.id/baca/nusantara/2020/01/16/kpu-jabar-targetkan-77-persen-pemilih-di-pilkada-2020/

https://kompas.id/baca/nusantara/2019/10/01/optimistis-partisipasi-pemilih-meningkat-di-diy/

https://kompas.id/baca/nusantara/2020/01/16/mengusik-gerak-gerobak-politik-di-jawa-timur/

https://kompas.id/baca/nusantara/2020/09/21/cegah-pilkada-jadi-klaster-covid-19-kpu-bali-ajak-patuhi-protokol-kesehatan/

https://kompas.id/baca/utama/2019/07/30/tujuh-kabupaten-kota-di-ntb-gelar-pilkada-serentak-2020/

https://kompas.id/baca/nusantara/2020/03/03/jalan-panjang-enam-pasangan-calon-perseorangan-di-ntt/

https://kompas.id/baca/nusantara/2019/09/28/bawaslu-kalimantan-barat-mulai-petakan-kerawanan/

https://kompas.id/baca/nusantara/2020/07/18/mendagri-tito-soroti-kinerja-pencairan-dana-pilkada-2020-di-kutai-timur/

https://kompas.id/baca/nusantara/2020/07/09/sultra-masih-kekurangan-rp-169-miliar-untuk-apd-pilkada/

https://kompas.id/baca/nusantara/2020/11/16/polda-maluku-waspadai-potensi-konflik-pilkada-di-dua-kabupaten/

https://kompas.id/baca/nusantara/2020/07/07/4-517-personil-aparat-polri-dan-tni-amankan-pilkada-di-papua/

Ikuti Kronologi Peristiwa dari Awal hingga Akhir

Ikuti Kronologi Peristiwa dari Awal hingga Akhir

Daftarkan email Anda dan ikuti kronologi peristiwa terkini secara lengkap di Kompaspedia.

close