Foto | Hari TNI

Prajurit TNI di Berbagai Medan Tugas

Dalam menjaga kedaulatan NKRI, tugas prajurit TNI tidak hanya ada pada masa perang tetapi juga pada masa damai.

Menegakkan kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara merupakan tugas pokok TNI. Tugas tersebut dilakukan dengan operasi militer untuk perang maupun operasi selain perang seperti, menjaga wilayah perbatasan, menjaga obyek vital, membantu penanggulangan bencana alam dan membantu perdamaian dunia dengan turut menjadi bagian pasukan perdamaian.

Berikut foto-foto yang direkam wartawan Kompas tentang aktivitas prjurit-prajurit TNI di berbagai medan tugas.

Operasi militer TNI

KOMPAS/IWAN SETYAWAN

Kompas Jatim, 8 Mei 2003

Sebanyak 2.816 personel Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI 2003 mengikuti gelar pasukan di Dermaga Ujung Armada RI Kawasan Timur, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (7/5). Gelar pasukan yang dipimpin Panglima TNI Jenderal Endriartono Sutarto itu dimaksudkan untuk melihat kesiapan pasukan yang akan ditugaskan ke Nanggroe Aceh Darussalam.

KOMPAS/DANU KUSWORO

Kompas, 23 Mei 2003

Sejak diberlakukan status darurat militer di Aceh, ratusan anggota Yonif Linud 501 diterjunkan di daerah Takengon, Aceh Tengah, Selasa (20/5) lalu. Ini merupakan bagian dari pengerahan pasukan TNI untuk melaksanakan Operasi Pemulihan Keamanan di Aceh.

KOMPAS/DANU KUSWORO

Kompas, 9 Juni 2003

Dua puluh tujuh anggota TNI yang terluka akibat kecelakaan karena truk yang mengangkut mereka tercebur ke sungai di Desa Alue Papeun, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara, Minggu (8/6), dievakuasi dengan helikopter menuju Lhok Seumawe untuk mendapatkan perawatan.

KOMPAS/AGUS SUSANTO

Kompas, 31 Juli 2003

Pasukan gabungan dari Korps Marinir dan Brimob terus menyisir areal pertambakan di Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara, Nanggroe Aceh Darussalam, Rabu (30/7). Sehari sebelumnya terjadi kontak senjata di lokasi ini. Dalam insiden itu, 10 anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM) tewas.

KOMPAS/YUNIADHI AGUNG

Kompas, 26 Agustus 2003

Dua anggota pasukan gabungan TNI dan Polri, Senin 25/8), berusaha mengepung sejumlah anggota Gerakan Aceh Merdeka yang bersembunyi di rumah penduduk saat terjadi kontak senjata di Desa Lamphuk, Kecamatan Ulee Kareng, yang berjarak sekitar 4 kilometer dari Kota Banda Aceh. Dalam peristiwa itu, dua anggota GAM akhirnya tewas tertembak dan dua anggota TNI mengalami luka tembak saat memasuki tempat persembunyian anggota GAM.

Geser untuk melihat foto lain.
Klik foto untuk melihat sumber.

TNI menjaga perbatasan

KOMPAS/IWAN SANTOSA

Kompas, 25 Oktober 2010

Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Batalyon 641 Beruang dan serdadu Rejimen Askar Melayu Diraja (RAMD) Malaysia menjaga Pos Aju di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Jumat (15/10). Prajurit TNI duduk di sebelah kanan askar RAMD.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Kompas, 28 Oktober 2013

Personel TNI berpatroli di perbatasan Indonesia dengan Papua Niugini di Distrik Sota, Merauke, Papua, Minggu (27/10). Warga kedua negara tersebut yang hendak menyeberang diwajibkan melapor dan menitipkan kartu identitas di pos penjagaan setempat

KOMPAS/DANU KUSWORO

Kompas, 29 Oktober 2005

Seorang anggota TNI bercanda dengan sejumlah pemuda yang berprofesi sebagai porter barang di pos perbatasan Mota’ain, Atambua.

KOMPAS/WISNU NUGROHO

Kompas, 18 Desember 2003

Pos TNI di perbatasan RI-PNG di Wutung, sekitar tiga jam perjalanan dari Kota Jayapura, merupakan salah satu pos yang relatif baik dan terpelihara.

KOMPAS/FERRY SANTOSO

Kompas, 10 November 2009

Prajurit Marinir TNI Angkatan Laut sedang berjaga di Pulau Nipah, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (6/11). Pulau tersebut merupakan pulau terdepan Indonesia yang berbatasan dengan Singapura.

KOMPAS/WISNU DEWABRATA

Kompas, 19 Juli 2006

Salah satu pos perbatasan terluar milik Indonesia, Pos TNI Angkatan Laut Satgas Marinir, Sei Pancang di Pulau Sebatik, Nunukan, Kalimantan Timur, tampak lengang. Pos perbatasan itu menjadi salah satu dari dua pintu keluar-masuk warga negara Indonesia yang akan bepergian ke Tawau, Sabah, Malaysia.

KOMPAS/ORANO NICOLASH LMS

Kompas, 4 Maret 2005

Satu dari dua pesawat Nomad TNI Angkatan Laut hari Kamis (3/3) tampak berpatroli bersama dengan satu dari tiga kapal perang (KRI) di perairan wilayah Indonesia di sekitar Ambalat, yang diklaim Malaysia sebagai wilayahnya.

Geser untuk melihat foto lain.
Klik foto untuk melihat sumber.

TNI turut menjaga perdamaian dunia

KOMPAS/SATRIO ARISMUNANDAR

Kompas, 29 Mei 1994

Indonesia ikut mengirim pengawas militer PBB (UNMO) di Bosnia. Komandan Kontingen Garuda XIV, Letkol Inf. Eddi Budianto (kanan) bersama rekannya Mayor Omar dari Malaysia, dipotret di markas besar Pasukan Perlindungan PBB (UNPROFOR) Zagreb.

KOMPAS/AGUS SUSANTO

Kompas, 3 September 2006

Sejumlah personel dari Batalyon Mekanis TNI yang akan ikut dalam Operasi Pemelihara PBB di Lebanon menjalani latihan pratugas di Markas Divisi-1/Kostrad Cilodong, Bogor, Selasa (29/8).

KOMPAS/SAMSUL HADI

Kompas, 14 Mei 2007

Seorang tentara penjaga keamanan PBB di Lebanon (UNIFIL) asal Indonesia berkomunikasi dengan rekannya saat berjaga-jaga di Pos Addaiseh (koordinat 9-63) di perbatasan Lebanon-Israel, Lebanon Selatan, Kamis (19/4).

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Kompas, 15 Oktober 2009

Personel Kontingen Garuda XX-G/Monuc menyanyikan yel-yel penyemangat seusai mengikuti upacara pelepasan di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta, Rabu (14/10). Kontingen yang terdiri dari 175 personel itu akan bergabung dengan pasukan PBB dalam misi perdamaian di Kongo selama satu tahun.

.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Kompas, 30 Januari 2019

Personel Satgas Rapidly Deployable Battalion (RDB) Kontingen Garuda XXXIX-A/Monusco Kongo dan Marine Task Force (MTF) XXVII-K Unifil Lebanon, Jumat (31/8/2018), mengikuti upacara pemberangkatan di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Geser untuk melihat foto lain.
Klik foto untuk melihat sumber.

TNI menjaga obyek vital

KOMPAS/ARBAIN RAMBEY

Ramainya demonstrasi pada tahun1998 membuat aparat Polisi Militer harus berjaga lebih ketat di depan Istana Merdeka, yang merupakan obyek vital .

KOMPAS/DANU KUSWORO

Prajurit TNI di atas panser tempur  mengikuti gelar pasukan pengamanan Sidang Istimewa di Kompleks MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta.

KOMPAS/DANU KUSWORO

Prajurit Marinir dengan dua tank amfibi berpatroli di sepanjang pantai di kawasan PT Arun, Lhoksumawe, Aceh Utara, Rabu (14/5/2003).

KOMPAS/DANU KUSWORO

Anggota TNI menjaga petugas PLN yang bekerja di Aceh dari gangguan GAM saat pelaksanaan Daerah Operasi Militer tahun 2003.

Geser untuk melihat foto lain.
Klik foto untuk melihat sumber.

TNI membantu penanggulangan bencana

KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Kompas, 23 Januari 2013

Personel Kostrad TNI Angkatan Darat mengevakuasi warga korban banjir yang sakit di Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (22/1). Sebagian besar warga masih tinggal di rumah mereka meski banjir sudah melanda sejak lima hari lalu

KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Kompas, 4 Januari 2006

Personel TNI-AD yang diturunkan untuk membantu korban banjir bandang  menandu seorang nenek warga Desa Kemiri, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, yang sedang sakit menyeberangi Sungai Dinoyo.

KOMPAS/ALIF ICHWAN

Kompas, 1 Januari 2005

Anggota TNI masih bekerja keras mengevakuasi jenazah-jenazah korban gempa dan tsunami di daerah Sigli, Nanggroe Aceh Darussalam, Jumat (31/12).

ARSIPKOMPAS/Dok Korem 031/Wirabima

Kompas, 16 Agustus 2005

Komandan Korem 031/Wirabima Bukit Barisan Riau Kolonel Infanteri Hambali Hanafiah memimpin langsung pemadaman kebakaran di lahan gambut Simpang Kubu, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Minggu (14/8). Sebanyak 500 personel TNI bersama organisasi kepemudaan dan masyarakat sekitar didukung pemerintah daerah aktif memadamkan api sejak satu pekan terakhir.

KOMPAS/ANGGER PUTRANTO

Kompas, 28 Desember 2013

Anggota TNI dari Kodim 0708/Purworejo menghibur pengungsi banjir Purworejo di posko Sumber Alam, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (26/12).

Geser untuk melihat foto lain.
Klik foto untuk melihat sumber.

Dapatkan Arsip Foto Harian Kompas Terkini

Dapatkan Arsip Foto Harian Kompas Terkini

Daftarkan email Anda dan dapatkan berbagai artikel terkait arsip foto Harian Kompas yang dapat Anda unduh.

close