Foto | Hari Jantung Sedunia

Bedah Jantung Koroner Pertama di Indonesia

Operasi jantung koroner pertama di Indonesia dilakukan oleh Tim Bedah Jantung dari Houston, Amerika Serikat pada tahun 1981. Selain untuk membantu pasien penyakit jantung, operasi tersebut juga merupakan alih teknologi operasi lintas jantung atau bypass

KOMPAS/Dudy Sudibyo

Dokter Michael Ellis DeBakey-perintis bedah jantung terbuka dari Houston, Amerika Serikat bersama tim dokter dari Indonesia sebelum melakukan operasi jantung koroner pertama di Indonesia di RS Gatot Subroto, Jakarta(1/9/1981).

Bedah jantung koroner pertama kali dilakukan di Indonesia pada tahun 1981.  yang dikerjakan oleh dokter Michael Ellies DeBakey bersama tim ahli dari Housten Amerika Serikat di Rumah Sakit Gatot Subroto, Jakarta selama satu jam dengan pasien bernama Suwardhi, berusia 54 tahun. Selain dokter Gerald Lawrie salah satu anggota timnya, ia juga dibantu oleh tenaga ahli Indonesia, yaitu dokter Faik Haeyder, dokter Sutopo dan dokter Kardinata. Turut pula menyaksikan jalannya operasi ahli jantung Indonesia dokter Sukaman dan ahli bedah jantung dokter Soerarso serta beberapa dokter lainnya dari berbagai rumah sakit. Sebelumnya operasi jantung di Indonesia hanya sebatas untuk bedah jantung bawaan dan demam rematik.

Kedatangan Tim  bedah jantung dari Amerika itu selain untuk memberikan operasi gratis kepada 20 pasien dengan berbagai  jenis kelainan penyakit jantung,  yang lebih penting adalah untuk menyumbangkan keahliannya kepada dokter-dokter kita agar mampu melakukan bedah bypass jantung sendiri,  di mana selama ini pasien yang ingin operasi jantung koroner harus ke luar negeri.

Bedah jantung koroner pertama oleh tangan dokter Indonesia sendiri dilakukan hanya berselang sebulan setelah operasi yang dilakukan oleh tim dokter DeBakey. Pada  13 November 1981 ahli bedah jantung Indonesia dokter Soerarso didampingi ahli jantung dari Belanda Profesor Huysmans di RS Cipto Mangunkusumo berhasil melakukan bedah bypass jantung pada pasien berusia 64 tahun.

KOMPAS/Dudy Sudibyo

Dokter-dokter Indonesia sedang memperhatikan persiapan operasi yang dilakukan tim dokter DeBakey di ruang operasi RS Gatot Subroto (1/9/1981).

KOMPAS/Dudy Sudibyo

Dokter DeBakey bersama tim sedang melakukan operasi jantung koroner di ruang operasi RS Gatot Subroto (1/9/1981).

KOMPAS/Dudy Sudibyo

Dokter DeBakey perintis bedah jantung terbuka AS bersama tim melakukan operasi jantung koroner yang pertama kali di Indonesia Di RS Gatot Subroto (1/9/1981).

KOMPAS/Kartono Ryadi

Pembedahan jantung koroner pintas dilakukan oleh dokter Soerarso (kanan) didampingi ahli dari Belanda Prof Huysmans (13/11/1981). Operasi tersebut diselenggarakan di RS Cipto Mangunkusumo, hasil kerjasama dengan Yayasan Bedah Jantung Indonesia. Dengan demikian dokter Soerarso merupakan ahli  bedah jantung pertama Indonesia yang melakukan operasi jantung koroner.

KOMPAS/Kartono Ryadi

Peralatan bedah jantung saat dokter Soerarso melakukan operasi jantung koroner pertama kali di ruang operasi RS Cipto Mangunkusumo.

KOMPAS/Kartono Ryadi

Seorang tenaga medis sedang mengamati jalannya operasi jantung koroner  yang dilakukan dokter Soerarso.
Referensi

KOMPAS, 23 Agustus 1981.Bedah Jantung Gratis Dimulai Senin Besok

KOMPAS, 2 September 1981. Berhasil Lakukan Operasi Jantung Koroner Pertama

KOMPAS, 1 November 1981.Team Bedah Jantung Leiden di RSCM

KOMPAS, 14 November 1981.Bedah Jantung Koroner Pertama oleh Dokter Indonesia.

Foto lainnya dapat diakses melalui http://www.kompasdata.id/
Klik foto untuk melihat sumber.

Dapatkan Arsip Foto Harian Kompas Terkini

Dapatkan Arsip Foto Harian Kompas Terkini

Daftarkan email Anda dan dapatkan berbagai artikel terkait arsip foto Harian Kompas yang dapat Anda unduh.

close