Foto | Hari Parlemen

Tingkah Anggota Dewan Terhormat

Perilaku kurang pantas anggota DPR saat bersidang yang sering menjadi sorotan publik.

Menjadi wakil rakyat adalah tugas mulia karena memperjuangan kepentingan rakyat di lembaga yang terhormat. Kinerja dan tindak tanduknya akan menjadi perhatian publik. Sayangnya, ada saja anggota dewan yang mengecewakan para pemilihnya dengan tingkah laku yang tak biasa.

Beberapa foto dari Arsip Kompas merekam tingkah laku beberapa anggota DPR pada periode-periode lalu. Seperti tampak dalam rapat paripurna yang membahas masalah tindak pidana korupsi dan pajak penghasilan perseorangan, di mana sebagian kursi kosong karena tidak dihadiri sebagian besar anggota dewan. Di lain waktu, sejumlah anggota DPR saling dorong dan menggebrak meja pimpinan sidang dalam rapat paripurna yang mengagendakan voting mengenai kenaikan harga BBM. Sebuah aksi yang tidak terduga dipotret wartawan Kompas saat meliput jalannya sidang paripuna DPR, adalah ketika anggota DPR dari Fraksi PPP versi Romahurmuzy mengamuk dan menjungkirbalikan meja setelah pimpinan DPR menutup rapat paripurna dan memilih mengesahkan anggota kelengkapan Dewan dari Fraksi PPP versi Suryadharma Ali. Sempat tertangkap kamera juga anggota DPR yang tidur atau bermain gawai saat bersidang.

KOMPAS/ALIF ICHWAN

KOMPAS, 11 Februari 2009

Sejumlah kursi anggota DPR saat digelar rapat paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (2/9/2009), terlihat kosong. Pada rapat paripurna yang membahas, antara lain, masalah tindak pidana korupsi dan pajak penghasilan perseorangan kursi-kursi tersebut masih tetap kosong hingga akhir persidangan.

KOMPAS/AGUS SUSANTO

KOMPAS, 17 Maret 2005

Sejumlah anggota DPR, Rabu (16/3/2005), saling dorong dan menggebrak meja pimpinan sidang dalam Rapat Paripurna DPR yang mengagendakan voting mengenai kenaikan harga BBM di Gedung MPR/DPR, Jakarta. Kericuhan diawali hujan interupsi dan ketukan palu Ketua DPR Agung Laksono yang memutuskan dua opsi bagi anggota Dewan. Pertama, menyerahkan pembahasan lanjutan tentang kenaikan harga BBM kepada alat kelengkapan Dewan (Komisi VII, Komisi XI, dan Panitia Anggaran) secepatnya. Kedua, rapat paripurna mengambil sikap menolak/menerima kenaikan harga BBM.

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

KOMPAS, 17 Desember 2014

Anggota DPR dari Fraksi PPP versi Romahurmuziy menjungkirbalikkan meja setelah pimpinan DPR menutup rapat paripurna dan mengesahkan anggota kelengkapan Dewan dari Fraksi PPP versi Suryadharma Ali dalam rapat paripurna ketujuh di Ruang Rapat Paripurna DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/10/2014).

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

KOMPAS, 2 Oktober 2014

Anggota DPR maju ke meja pimpinan sidang sementara, Popong Otje Djundjunan dan Ade Rezki Pratama, untuk melakukan interupsi saat rapat paripurna kedua dengan agenda pemilihan pimpinan DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/10/2014).

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

KOMPAS, 1 Maret 2009

Tampak tertidur, seorang anggota dewan saat mengikuti rapat paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (17/6/2009). Agenda rapat paripurna tersebut, antara lain, mendengarkan penjelasan pengusul interpelasi tentang kenaikan harga BBM.

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

KOMPAS. 30 Maret 2007

Nonton film saat sidang

Riset Foto: RIS

Editor: Dwi Rustiono

Dapatkan Arsip Foto Harian Kompas Terkini

Dapatkan Arsip Foto Harian Kompas Terkini

Daftarkan email Anda dan dapatkan berbagai artikel terkait arsip foto Harian Kompas yang dapat Anda unduh.

close