Foto | Hari Pahlawan

Semangat Veteran yang Tak Kunjung Padam

Semangat para veteran di tengah minimnya tunjangan dan perhatian

KOMPAS/Bahana Patria Gupta

Petugas mengukur suhu tubuh veteran yang akan menghadiri pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan Ke-75 RI di Poetoek Suko, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (17/8/2020). Upacara berlangsung dengan sederhana dan hikmat serta menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Sekalipun dimakan usia, semangat juang tetap melekat pada seorang veteran. Itu bisa dilihat dari sorot mata dan sikap sempurna yang masih tergambar di tubuh yang rapuh.

Sudah menjadi cerita umum juga tentang masih kurangnya perhatian pemerintah kepada para mantan pejuang tersebut. Tidak sedikit di antara mereka di masa tua masih berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kendati demikian jangan ditanya tentang semangat nasionalisme. Ceritanya tak akan pernah habis tentang perjuangan membela atau mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada hari-hari tertentu seperti Hari Kemerdekaan  atau peringatan Hari Pahlawan mereka dengan bangga tampil mengenakan seragam veteran lengkap dengan beragam lencana dan bintang penghargaan menggantung di leher, menjadi bukti bahwa veteran merupakan sosok pemberani dan patriotik.

KOMPAS/Bahana Patria Gupta

Sorang veteran saat menghadiri Teaterikal Sejarah Peristiwa Perobekan Bendera “Surabaya Merah Putih” di Hotel Majapahit, Surabaya (19/9/2019).

KOMPAS/Bahana Patria Gupta

Veteran memberikan hormat dalam acara peringatan peristiwa perobekan bendera Belanda di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/9/2018). Aksi teatrikal perobekan bendera di hotel yang dulu bernama Hotel Yamato itu untuk mengingatkan kembali generasi muda agar tetap bertekad mempertahankan kedaulatan NKRI.

KOMPAS/Rony Ariyanto Nugroho

Pejuang veteran melintasi foto-foto anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) saat perayaan HUT 60 Tahun LVRI Tingkat Jawa Barat di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/1/2017).

KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA 

Veteran saat Upacara Hari Pahlawan yang dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi di Tugu Pahlawan di Surabaya (10/11/2015).

KOMPAS/P Raditya Mahendra Yasa

Sejumlah veteran mengunjungi Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Kota Semarang, Jawa Tengah, yang telah dipugar pada Selasa (9/8/2011). Pemugaran taman ini diresmikan oleh Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri.

KOMPAS/Bahana Patria Gupta

Veteran dengan menggunakan kursi roda melintasi Jalan Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur, saat mengikuti Parade Surabaya Juang, Minggu (13/11/2011). Kegiatan itu untuk memperingati pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang dikenal sebagai Hari Pahlawan. Kegiatan itu juga diisi upacara pengibaran bendera untuk memperingati penyobekan bendera merah putih biru di Hotel Majapahit.

KOMPAS/Riza Fathoni

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono disambut para legiun veteran saat menghadiri peringatan Hari Veteran Nasional Tahun 2014 di Balai Sarbini, Jakarta, Senin (11/8/2014). Presiden SBY menetapkan tanggal 10 Agustus sebagai Hari Veteran melalui Peraturan Pemerintah Nomor 67 Tahun 2014 dan Keputusan Presiden Nomor 30 Tahun 2014.

KOMPAS/Rony Ariyanto Nugroho

Sejumlah anggota Veteran berjoget bersama prajurit TNI saat peringatan Hari Veteran di Balai Kota Bandung, Jawa Barat (9/8/2015). Selain hiburan musik, acara tersebut juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya yang melibatkan sejumlah komunitas anak muda di Bandung.

KOMPAS/Priyombodo

Dua veteran pejuang kemerdekaan menikmati kue seusai mengikuti upacara dan tabur bunga memperingati hari ulang tahun ke-51 Legiun Veteran Republik Indonesia yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta (2/1/2008).

Foto lainnya dapat diakses melalui http://www.kompasdata.id/
Klik foto untuk melihat sumber.

error: Content is protected !!