Foto | Kepolisian RI

Polisi Sahabat Anak

Berbagai kegiatan kepolisian untuk mendekatkan diri kepada masyarakat khususnya anak-anak penting untuk dilakukan. Aktivitas tersebut selain untuk mencitrakan polisi yang bersahabat juga menumbuhkan kesadaran hukum sejak sedini mungkin.

Polisi  merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum serta memberi perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat. Tetapi Kehadirannya di tengah masyarakat sering digambarkan sebagai sosok yang galak, ditakuti bahkan “mata duitan”.  Untuk mengubah pandangan tersebut Polri senantiasa berusaha memperbaiki citranya, salah satunya melalui pendekatan kepada anak. Memperkenalkan polisi yang ramah dan bersahabat dengan mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan murid-murid TK dan SD. Kegiatan tersebut selain untuk menanamkan rasa bangga kepada kepolisian juga menanamkan kedisiplinan dan kesadaran hukum sejak dini.

KOMPAS/Jimmy WP

Anak-anak TK ini bergembira bernyanyi “Pak dan Bu Polisi” sambil bertepuk tangan. “Kapten” polisi wanita Henny Purwonegoro nampak berdiri dan “Letnan Satu” polisi Seto berjongkok pada acara pembukaan Pekan Pendidikan Lalu Lintas Anak-Anak di Taman Ria Remaja Senayan, Jakarta (28/2/1987).

KOMPAS/Jimmy WP

Pelajar-pelajar saat menyaksikan Pameran Pendidikan Lalu Lintas di Ditlantas Komapta Mabak di Jakarta, (18/10/1976).

KOMPAS/B Sutiman

Polisi yang dengan mobil khusus mengunjungi sekolah TK dalam rangka mengedukasi dan mengenalkan polisi yang ramah dan bersahabat. Foto tahun 1988

KOMPAS/Riza Fathoni

Anggota polisi berjoget bersama polisi cilik di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, saat berlangsung hari bebas kendaraan, Polda Metro Jaya menggelar berbagai acara hiburan dan lomba untuk menyosialisasikan kedisiplinan dalam berkendara dan memperkenalkan tugas-tugas polisi kepada anak-anak.

KOMPAS/Bahana Patria Gupta

Pelajar mendapat kesempatan untuk mengenal perlengkapan yang biasa digunakan oleh Satuan Brimob saat berlangsung Open House Polisi Sahabat Anak yang diselenggarakan oleh Ditlantas Polda Jawa Timur di Surabaya (11/4/2018).

KOMPAS/Robert Adhi Kusumaputra

Kapolri Jenderal (Pol) Banurusman Astrosemitro didampingi Kapolda Metro Jaya Mayjen (pol) M Hindarto, hadir pada acara “Pekan Polisi Sahabat Anak” di Lapangan Sabhara Polda Metro Jaya, (19/5/1994).

KOMPAS/Cyprianus Anto Saptowalyono

Kepala Kepolisian Daerah Banten Brigadir Jenderal (Pol) Eko Hadi Sutedjo menyalami personel polisi cilik asal Indramayu, Jawa Barat pada Apel Besar Anak Bangsa yang digelar di Markas Kepolisian Daerah Banten, Kota Serang, Banten,  (27/3/2012). Acara yang diikuti ribuan anak usia taman kanak-kanak se-Banten tersebut digelar untuk menanamkan kedisiplinan dan tertib berlalu lintas bagi generasi muda sejak usia dini.

KOMPAS/Johnny TG

Pelajar Sekolah Dasar menumpang mobil patroli Polres Jakarta Barat. Foto tahun 1999.

Foto lainnya dapat diakses melalui http://www.kompasdata.id/
Klik foto untuk melihat sumber.

Artikel Terkait

Dapatkan Arsip Foto Harian Kompas Terkini

Dapatkan Arsip Foto Harian Kompas Terkini

Daftarkan email Anda dan dapatkan berbagai artikel terkait arsip foto Harian Kompas yang dapat Anda unduh.

close