Foto

Pesona Wisata Alam yang Masih Tersembunyi

Kondisi bentang alam di Indonesia menghasilkan destinasi wisata yang beragam, baik di darat maupun di laut. Banyak sekali destinasi wisata untuk dikunjungi dan dieksplorasi, yang pemandangannya masih asri dan lokasinya tersembunyi.

KOMPAS/RIZA FATHONI

Museum Tsunami Pengunjung memotret di aula “sumur doa” Museum Tsunami, Banda Aceh, Provinsi Aceh, Sabtu (31/8/2013). Museum ini difungsikan sebagai objek sejarah, pusat penelitian dan pembelajaran tsunami serta simbol kekuatan masyarakat Aceh dalam menghadapi bencana tsunami.

Banyak yang mengatakan Indonesia adalah surga para pecinta travelling. Ini dikarena kondisi alam di Indonesia yang beragam dan memanjakan mata untuk melihatnya. Banyak sekali obyek wisata yang masih asri dan tidak akan habis untuk dikunjungi dan dieksplorasi.

Mulai dari tempat wisata di pulau Jawa, pulau Sumatera, pulau Sulawesi, hingga pulau-pulau kecil lainnya turut berlomba-lomba menyuguhkan kesan tak terlupakan setelah dikunjungi. Namun, dari banyak obyek wisata tersebut yang masih jarang orang ketahui, bahkan terkadang penduduk disekitar juga belum mengetahui keberadaannya.

Maka dari itu, jangan kalah dengan para wisatawan mancanegara yang rela berkunjung ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Beberapa obyek wisata di Indonesia yang masih tersembunyi dan jarang dikunjungi wisatawan, antara lain, Museum Tsunami (Aceh), Danau Gunung Tujuh (Jambi), Perkebunan Teh Kayu Aro (Jambi), Teluk Kiluan (Lampung), Goa Jomblang (Gunung Kidul), Goa Grubug (Gunung Kidul), Beji Guwang (Bali), Bukit Kalompek (Jawa Timur), Pantai Sukamade (Jawa Timur), Air Terjun Madakaripura, Air Terjun Leuwi Hejo (Jawa Barat), Danau Kakaban (Kalimantan Timur), Permandian Air Soda (Sumatera Utara), Ora Beach Resort (Maluku Utara), dan Pantai Merah Jambu (Nusa Tenggara Timur).

Berikut ini beberapa foto-foto tentang Pesona Wisata Alam yang Masih Tersembunyi di Indonesia dari Arsip Kompas.

                                                             KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Danau Gunung Tujuh di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi, dilihat dari puncak Gunung Kerinci, Kamis (1/3/2012). Danau Gunung Tujuh merupakan danau kaldera yang terbentuk akibat aktivitas gunung berapi di masa lampau.

                                                                       KOMPAS/CHRIS PUDJIASTUTI

Saat fajar menyingsing di perkebunan teh Kayu Aro, Kerinci, Jambi, Rabu (9/3/2016), beberapa waktu kemudian, gerhana matahari terjadi. Salah satu sudut perkebunan teh Kayu Aro, Jambi. Salah satu proses dari pucuk daun teh menjadi teh siap seduh di pabrik teh Kayu Aro, Jambi.

                                                                     KOMPAS/KHAIRINA NASUTION

Pantai Pasir Putih, di Teluk Kiluan, Tanggamus, Lampung sangat memesona. Pantai ini tergolong masih perawan karena jarang dikunjungi. Di pantai ini, pada musim-musim tertentu, pengunjung dapat menyaksikan penyu bertelur.

                                                                     KOMPAS/INGKI RINALDI

Sejumlah wisatawan, Minggu (10/11/2013) berburu foto lumba-lumba di perairan terbuka Teluk Kiluan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Sebagian warga di lokasi tersebut kini mengandalkan jasa pariwisata sebagai sumber mata pencaharian.

                                                                 KOMPAS/ARBAIN RAMBEY

Arena fotografi yang luar biasa.

.

KOMPAS/LUCKY PRANSISKA

Karya alam di Gua Grubug, Semanu, Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

                                                     KOMPAS/MAWAR KUSUMA WULAN

Wisatawan asing banyak berdatangan berwisata di Hidden Canyon, Beji Guwang, Bali.

KOMPAS/RYAN RINALDY

Wisatawan berswafoto di area foto berbentuk kapal layar dari bambu di Bukit Kalompek, yang terletak di Desa Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Senin (28/8/2017). Bukit Kalompek merupakan area wisata alternatif wisatawan untuk melihat Pulau Gili Iyang dari ketinggian.

KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Wisatawan asal Belanda melepas tukik (anak penyu) di Pantai Sukamade, kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB), Jember, Jawa Timur, Senin (21/3/2011). Sedikitnya 10.000 tukik hasil penetasan telur penyu di Unit Pengembangan Konservasi Penyu TNMB berhasil dilepaskan ke habitat aslinya melalui pantai tersebut.

KOMPAS/IRWAN JULIANTO

Sejak dipromosikan secara gencar oleh Pemda Kabupaten Probolinggo (Jatim) akhir-akhir ini, air terjun Madakaripura (tidak jauh dari Gunung Bromo) banyak menarik pengunjung. Pemandangan alam menuju lokasi amat indah karena masih penuh hutan perawan. Demikian pula air terjun berjumlah tujuh buah, terpencar, tapi saling berdekatan. Konon, di tempat itulah Mahapatih Gajah Mada bertapa, setelah mengundurkan diri dari pemerintahan Majapahit. Kini timbul masalah, antara pemda dengan Perhutani setempat karena jalan menuju lokasi itu dibuka dengan membabat hutan lindung.

KOMPAS/RATIH P SUDARSONO

Salah satu sudut di Air Terjun Leuwi Hejo.

KOMPAS/LASTI KURNIA

“Cassiopeia ornata”, dengan kebiasaan unik berenang terbalik menghadapkan “kaki” atau tentakel ke atas, adalah trade mark Danau Kakaban.

KOMPAS/LASTI KURNIA

Akses jalan kini berupa tangga kayu, membelah bukit karang yang terjal dan hutan mangrove yang mengelilingi danau.

KOMPAS/NIKSON SINAGA

Pengunjung menikmati sensasi berenang di pemandian air soda di Desa Parbubu 1, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Minggu (17/1/2016). Pemandian itu merupakan satu-satunya pemandian dengan air bersoda di Indonesia.

KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ

Pemandangan di Ora Beach Resort, tempat kami menginap. Berenang di dekat Gazebo Tebing Hatu Piaa, tempat foto dan snorkelling yang menggoda. Pengunjung menikmati snorkelling di perairan dangkal tak jauh dari pondok Ora Beach Resort, Desa Saleman, Kecamatan Seram, Maluku Tengah, Maluku. Ikan-ikan di perairan dangkal Pulau Seram.

KOMPAS/LASTI KURNIA

Akses jalan kini berupa tangga kayu, membelah bukit karang yang terjal dan hutan mangrove yang mengelilingi danau.

KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI

Pemandangan Pulau Namong yang juga dikenal dengan pantai merah jambu di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Wisatawan menikmati Pantai Merah. Wisatawan menikmati Pantai Merah atau pink beach di Pulau Komodo, Manggarai Barat, Kamis (31/8/2017).

Foto lainnya dapat diakses melalui http://www.kompasdata.id/
Klik foto untuk melihat sumber.

error: Content is protected !!