Foto | Dana Desa

Program Dana Desa dari Masa ke Masa

Partisipasi masyarakat membangun desa sudah berlangsung di masyarakat tanpa menunggu anggaran pemerintah, bahkan sebelum adanya program Dana Desa.

Geser untuk melihat foto lain. Klik foto untuk melihat sumber.

Partisipasi masyarakat untuk membangun desa sudah dilakukan sejak dulu. Mereka membangun sarana dan prasarana desa dengan memberdayakan warganya tanpa menunggu anggaran dari pemerintah, yang terkadang harus menunggu proses birokrasi dalam rentang waktu relatif lama.

Awal November 2019 lalu, demi mendapatkan dana desa dengan merujuk pada UU Nomor 6/2014 tentang Desa, ditemukannya sejumlah desa fiktif di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Sebelumnya terdapat beberapa program sejenis yang juga menggunakan dana APBN meski dengan sistem penyaluran yang agak berbeda. Di antaranya Program Dana Inpres yang dikenal di zaman Orde Baru atau  Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Meski dalam pelaksanaan sering terjadi penyelewengan,  namun banyak juga dari program dana desa tersebut yang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Penulis: Eristo Subyandono

Editor: Dwi Rustiono

Dapatkan Arsip Foto Harian Kompas Terkini

Dapatkan Arsip Foto Harian Kompas Terkini

Daftarkan email Anda dan dapatkan berbagai artikel terkait arsip foto Harian Kompas yang dapat Anda unduh.

close