Tokoh

Muhammad Lutfi

Muhammad Lutfi adalah sosok muda yang pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di perusahaan swasta maupun di pemerintahan. Ia kini ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto dalam perombakan Kabinet Indonesia Maju pada 22 Desember 2020.

Fakta Singkat

Nama Lengkap

Muhammad Lutfi

Lahir
Jakarta, 16 Agustus 1969

Almamater

Purdue University, Indiana, Amerika Serikat

Jabatan Terkini
Menteri Perdagangan 2020-2024

Muhammad Lutfi atau yang kerap disapa Lutfi adalah pengusaha handal yang kemudian mengabdikan ilmu dan pengalamannya di lingkungan pemerintahan. Pengusaha yang dikenal cakap dalam berbisnis ini dipercaya sebagai menteri oleh dua presiden yakni Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo.

Presiden Yudhoyono pada periode pertama kepemimpinannya menunjuk Muhammad Lutfi sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Saat memegang posisi tersebut Lutfi tercatat sebagai Kepala BKPM termuda di Indonesia yakni pada usia 36 tahun. Ia berhasil menempatkan Indonesia sebagai 25 negara teratas tujuan investasi dan negara berkembang terbaik

Sementara pada periode keduanya, SBY menunjuk ia menjadi Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia. Setelah tiga tahun menjadi duta besar, SBY memanggilnya pulang ke Indonesia untuk menjabat Menteri Perdagangan menggantikan Gita Wirjawan dalam perombakan Kabinet Indonesia Bersatu jilid II.

Adapun Presiden Jokowi pada periode kedua kepemimpinannya mendapuk Lutfi sebagai Menteri Perdagangan mengantikan Agus Suparmanto. Ia ditugaskan Presiden menjaga kestabilan harga dengan menjaga tingkat inflasi, membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) domestik untuk menembus pasar ekspor, dan memperluas pasar ekspor hingga ke sejumlah negara non tradisional.

Putera Minang

Pria yang Lahir di Jakarta pada 16 Agustus 1969 ini merupakan anak dari pasangan Firdaus Wajdi yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat, dan Suhartini yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Sang ayah yang berasal dari Kabupaten Padang Pariaman itu merupakan pegawai negeri dan pernah menjadi Staf Badan Intelijen Negara (BIN) di Jakarta. Sang ayah juga tercatat sebagai aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa (KAMI) pada masa awal Orde Baru tahun 1960-an.

Lutfi menghabiskan masa mudanya di kota kelahirannya Jakarta. Selanjutnya Lutfi muda terbang ke Amerika Serikat untuk menempuh pendidikan tingginya di Fakultas Ekonomi di Purdue University, Indiana, Amerika Serikat. Ia menyelesaikan pendidikan dan meraih gelar sarjana ekonomi di kampus tersebut pada tahun 1992. Ia juga sempat mengambil pendidikan non gelar  terkait Finance di New York University  pada 1994.

Selesai mengenyam pendidikan di Purdue University, Indiana, Amerika Serikat, Lutfi kembali ke tanah air dan bersama kawan-kawannya memulai usaha di bidang perdagangan berbagai macam produk mulai dari semen, kapur hingga beras. Setelah sukses di bisnis perdagangan, ia bersama kawan-kawannya mendirikan Mahaka Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, keuangan, dan media.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi

Karier

Setelah menyandang gelar sarjana ekonomi dari Amerika Serikat, Lutfi muda memulai kariernya dengan mendirikan dan membangun grup Mahaka bersama sejumlah rekannya seperti Erick Thohir, Wishnu Wardhana, dan Harry Zulnardy. Lutfi sempat menjabat CEO di beberapa perusahaan group Mahaka, yang membuat dirinya terasah menjadi seorang pebisnis.

Lewat Grup Mahaka, Lutfi dan teman-temannya pada 1999 membangun Radio One Jakarta. Kemudian pada November 2000, membeli harian Republika yang saat itu berada di ambang kebangkrutan. Ia pun kemudian menjabat CEO di sejumlah perusahaan di bawah bendera Grup Mahaka seperti PT Abdi Bangsa Tbk, PT Republika Media Mandiri (Harian Republika), PT Artika Media Tama (Majalah A+), PT Media Golfindo (Majalah Pengusaha),  PT Suara Irama Indah (Radio A One), PT Mahaka Niaga Perdana,  PT Mahaka Industri Perdana, dan  PT Mahaka Energi.

Pengalaman dan kehandalannya memimpin sejumlah perusahaan tersebut membawanya didapuk menjadi Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia untuk Jakarta (HIPMI JAYA) periode 1998-2001. Setelah itu, ia ditunjuk menjadi Ketua Nasional HIPMI pada periode 2001-2004. Ketika memimpin HIPMI, Lutfi memiliki perhatian besar kepada pengusaha muda dan kerap menyuarakan agar pengusaha muda tidak bergantung pada proyek pemerintah tetapi berupaya menciptakan proyek mandiri.

Kiprah Lutfi memimpin para pengusaha muda di Indonesia berhasil memikat hati Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Setelah lengser dari Ketua HIPMI, ia pun kemudian diangkat Presiden Yudhoyono untuk menduduki posisi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 2005.

Lutfi yang saat itu masih berusia 36 tahun tercatat sebagai orang termuda yang menjabat sebagai Kepala BKPM. Visi yang dibawa Lutfi kala itu adalah menciptakan iklim investasi yang menarik bagi investor luar negeri.

Saat memimpin BKPM, Lutfi dinilai berhasil membawa Indonesia masuk dalam 25 Daftar Teratas Tempat Tujuan Investasi versi ATKearney. Selain itu, Indonesia diakui oleh Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) sebagai salah satu negara berkembang terbaik.

Lutfi juga memperkenalkan aspek keterbukaan penuh dan memprakarsai pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), yang pada saat itu menjadi daya tarik bagi para investor asing. Hal ini sejalan dengan mandat yang diberikan Menteri Koordinator Perekonomian saat itu yang dijabat Aburizal Bakrie kepada Lutfi agar merampungkan Rancangan Undang-Undang Penanaman Modal menjadi Undang-undang.

Selepas mengemban tugas sebagai Kepala BKPM, Lutfi dipercaya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Duta Besar Indonesia di Jepang dan Federasi Mikronesia pada tahun 2010. Saat itu, Lutfi juga tercatat sebagai salah satu duta besar termuda Indonesia.

Awal menjadi duta besar di Jepang, Lutfi harus bekerja keras memimpin evaluasi warga Indonesia yang menjadi korban bencana gempa dan tsunami yang meluluh lantakkan negara Jepang pada Maret 2011. Gempa dan tsunami yang memicu kerusakan parah pada reactor nuklir itu mengakibatkan puluhan ribu orang meninggal dunia.

Selama bertugas sebagai duta besar di Jepang, ia berhasil meningkatkan hubungan  kerja sama Indonesia-Jepang di bidang budaya, investasi dan kemaritiman.  Tiga tahun kemudian Presiden Yudhoyono memanggilnya pulang ke Indonesia dan menunjuk Lutfi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Gita Wirjawan yang mengundurkan diri karena ikut dalam konvensi Partai Demokrat pada 2014. Masa jabatan menteri disandangnya cukup pendek yakni hanya delapan bulan dari 14 Februari  hingga 20 Oktober 2014.

Masa jabatan yang singkat itu tetap dijalaninya secara profesional dan tidak membuat Lutfi kehilangan semangat. Lutfi mencoba semaksimal mungkin menjadi akselerator, troubleshooter, serta meningkatkan koordinasi di instansi perdagangan guna menekan laju inflasi.

Selesai menjabat sebagai Menteri Perdagangan, Lufti kembali menjadi pengusaha dengan menjabat sebagai CEO di PT. Medco Energi Internasional Tbk (2015-2020). Kemudian Ia pun masih melebarkan sayap dengan menjadi komisaris di salah satu perusahaan tambang PT Darma Henwa Tbk (2019 – 2020).

Setelah bergelut sebagai pengusaha selama empat tahun, Lutfi kembali ke lingkungan pemerintahan pada September 2020 dengan menjadi Duta Besar Indonesia di Amerika Serikat menggantikan posisi Mahendra Siregar yang ditunjuk menjadi Wakil Menteri Luar Negeri.

Karier sebagai duta besar di Amerika Serikat hanya dijalaninya selama tiga bulan. Kemudian Presiden Jokowi menariknya pulang dan diminta menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto dalam reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada Desember 2020.

Ada tiga hal utama yang ditugaskan Presiden Joko Widodo kepada Lutfi.  Tugas pertama adalah menjaga kestabilan harga sehingga inflasi terkendali, kemudian membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar semakin banyak yang menembus pasar ekspor, dan tugas ketiga adalah memperluas pasar ekspor Indonesia ke negara-negera non tradisonal, seperti Afrika dan Amerika Selatan.

DOKUMENTASI KEMENTERIAN PERDAGANGAN

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memberikan penjelasan tentang tinjauan perdagangan pada 2021 secara virtual, di Jakarta, Jumat (29/1/2021)

Daftar Penghargaan

  • Young Global Leaders (2008)
  • Bintang Mahaputra Adipradana (2014)

Penghargaan

Saat menjabat Kepala BKPM, pada 2008, Muhammad Lutfi mendapat penghargaan sebagai Pemimpin Muda yang Berpengaruh oleh The World Economic’s Forum’s Young Global Leaders. Ia menjadi salah satu dari 245 pemimpin muda yang berpengaruh di dunia.

Tahun 2014, saat Muhammad Lutfi menjadi Menteri Perdagangan mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana, salah satu penghargaan sipil tertinggi dari Pemerintah Indonesia. selama menjabat Menteri Perdagangan, Lutfi dianggap mampu menjaga inflasi dan mendorong ekspor nasional di tengah harga minyak dunia yang merosot.

FOTO RESMI GEDUNG PUTIH, AS. OLEH JOYCE N BOGHOSIAN

Presiden Amerika Serikat Donald J. Trump (kiri) menerima surat-surat kepercayaan dari Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat yang baru saja dilantik, Muhammad Lutfi, Kamis, 17 September 2020, di Ruang Oval, Gedung Putih, Washington DC, AS.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi

Prioritas sektor perdagangan

Muhammad Lutfi resmi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto pada Desember 2020. Tiga prioritas tugas yang diembannya adalah stabilisasi harga, peningkatan pasar ekspor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan memperluas pasar ekspor Indonesia ke negara-negera non tradisonal, seperti Afrika dan Amerika Selatan.

Strategi utama yang dikerjakan Lutfi sebagai Menteri Perdagangan untuk mewujudkan tiga prioritas utama tersebut  adalah menjaga kertersediaan barang sehingga tidak menjadi langka, kemudian transparansi terkait dengan prosedur, perijinan, dan pelayanan  sehingga membuat eksportir dan importir merasa nyaman dan bisa mendorong kinerja mereka.

Adapun untuk meningkatkan nilai ekspor dan surplus neraca perdagangan dilakukan dengan menyiapkan enam strategi. Keenam strategi itu adalah pemanfaatan pasar nontradisional sebagai alternatif pasar, penyelesaian perjanjian perdagangan, menggelar Trade Expo Indonesia 2021, menggelar misi dagang, menjaga arus barang masuk untuk bahan baku dan penolong ekspor, serta memberikan kepastian perizinan.

Strategi lainnya terkait stabilitas harga yakni fokus pada jalur logistik nasional untuk bahan baku dan bahan penolong. Hal ini menjadi salah satu prioritas yang harus diselesaikan agar harga bahan baku dan bahan penolong menjadi stabil dan ketersediannya terjamin sehingga dapat diakses oleh UMKM. Kementerian perdagangan juga bakal mendampingi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menjadi eksportir baru ke pasar tradisional maupun nontradisional.

Selain itu, Lutfi juga memilik concern terhadap Indonesia yang sering digempur oleh platform digital dari negara Cina. Strategi yang diusung Lutfi adalah kolaborasi lintas negara dan bukan persaingan antar negara. Ia tidak ingin membuat Indonesia mendominasi penjualan barang dalam negeri sebanyak-banyaknya ke luar negeri. Ia menginginkan Indonesia juga memiliki timbal balik ke negara lain dengan membuka pasar Indonesia secara luas, sehingga tercipta keseimbangan.

Harta kekayaan

Sebagai Menteri Perdagangan pada tahun 2014, Lutfi melaporkan harta kekayaan yang dimilikinya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi pada 30 Oktober 2014. Total harta kekayaan yang ia laporkan sebesar Rp 123,5 miliar.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diunduh di situs https://elhkpn.kpk.go.id/, harta kekayaannya terdiri dari tiga bidang tanah dan bangunan di daerah Jakarta Selatan senilai 37 miliar. Lutfi juga tercatat memiliki 2 kendaraan bemotor berupa dua mobil senilai 2 miliar. Selain itu Lutfi juga memiliki koleksi barang seni dan antik senilai 3 miliar. Selain itu, ia tercatat memiliki harta berupa giro dan setara kas lainnya senilai Rp 2,5 miliar dan 101.883. dollar AS.

Harta kekayaan Lutfi terbesar berupa surat berharga senilai Rp 85 miliar dan 4,4 juta dollar AS yang tersebar dalam 23 jenis investasi surat berharga.  Dalam laporan itu Lutfi tercatat memiliki hutang sebesar Rp 13,2 miliar sehingga total harta kekayaannya mencapai Rp 123,54 miliar dan 4,5 juta dollar AS.  Harta kekayaan itu menurun dibandingkan saat Lutfi melaporkan kekayaannya pada Desember 2013 sebesar Rp 130,7 miliar dan 4,3 juta dollar AS.

Referensi

Arsip Kompas

Tiga Prioritas Mendag * Muhammad Lutfi Menggantikan Gita Wirjawan, KOMPAS, 13 Feb 2014   Halaman: 19

Perdagangan Mendag Lutfi: Harus Bekerja Keras dan Fokus pada Masalah, KOMPAS, 15 Feb 2014   Halaman: 17

Enam Strategi Disiapkan, KOMPAS, 12 Jan 2021   Halaman: 10

RI Gempur Pasar China, KOMPAS, 15 Jan 2021   Halaman: 09

Situs web

https://www.kemendag.go.id/id

https://money.kompas.com/read/2020/12/23/081727026/profil-muhammad-lutfi-mendag-baru-langganan-masuk-kabinet?page=all

https://nasional.kompas.com/read/2020/12/22/16003351/jokowi-tunjuk-muhammad-lutfi-sebagai-menteri-perdagangan-gantikan-agus

https://nasional.kompas.com/read/2020/12/22/16343181/muhammad-lutfi-menteri-perdagangan-era-sby-yang-kembali-diangkat-jokowi?page=all

https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/22/183000565/mengenal-menteri-perdagangan-m-lutfi-sempat-jadi-yang-termuda-di-beberapa?page=all

https://money.kompas.com/read/2020/12/23/180500226/jadi-mendag-muhammad-lutfi-dapat-3-tugas-dari-jokowi

https://nasional.kompas.com/read/2020/12/22/17300791/kini-mendag-kekayaan-m-lutfi-capai-rp-123-miliar-dan-4500-dollar-as-pada

Biodata

Nama

Muhammad Lutfi

Lahir

Jakarta, 16 Agustus 1969

Jabatan

Menteri Perdagangan 2020-2024

Pendidikan

  • Aix en Provence Marseilles
  • Undergraduate Program in Economic Purdue University, West Lafayette, Indiana, USA ( 1992 )
  • Finance for Non Financial Managers New York University ( 1994 )
  • Project Financing, International Finance Publication, New York ( 1994 )

Karier

Pekerjaan :

  • CEO PT Abdi Bangsa Tbk
  • CEO PT Republika Media Mandiri (Harian Republika)
  • CEO PT Artika Media Tama (Majalah A+)
  • CEO PT Media Golfindo (Majalah Pengusaha)
  • CEO PT Suara Irama Indah (Radio A One)
  • CEO PT Avabanindo Perkasa
  • CEO PT Danapati Abinaya Investama
  • CEO PT Mahaka Niaga Perdana
  • CEO PT Mahaka Industri Perdana
  • CEO PT Mahaka Energi
  • Bergabung dengan PT Panutan Selaras (Grup Panutan) ( 1992 – 1996 )
  • Presiden, CEO/Anggota pemegang saham Mahaka Group of Companies ( 1994 )
  • Komisaris Medco Energi Internasional (2015-2020)
  • Komisaris Darma Henwa Tbk (2019-2020)

Pemerintahan

  • Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ( 2005-2009 )
  • Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan Mikronesia (2010-2014)
  • Menteri Perdagangan ( 2014)
  • Duta Besar Amerika Serikat (2020)
  • Menteri Perdagangan (2020-2024)

Organisasi

  • Anggota tetap Purdue Sigma Tau Gamma Fraternity
  • Koordinator Media Yudhoyono
  • Ketua Umum Hipmi
  • Ketua Dewan Komisaris Yayasan Dharma Bakti Mahaka
  • Anggota Komisi Pemulihan Ekonomi Nasional (KPEN)
  • Associate Senator Pepperdine University ( 1988 – 1989 )
  • Wakil Presiden Purdue University, Asia-American Organization ( 1990 – 1993 )
  • Anggota Permias ( 1990 )
  • Ketua Umum DPP HIPMI DKI Jakarta ( 1998 – 2001 )
  • Anggota Pendiri Masyarakat Ekonomi Syariah ( 2001 )
  • Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (2001-2004)
  • Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf (2019)
  • Ketua Komite Bilateral Indonesia-Jepang Kadin (2018-2019)

Penghargaan

  • Young Global Leaders (2008)
  • Bintang Mahaputra Adipradana (2014)

Keluarga

Istri

  • RR Mayadewi (cerai)
  • Bianca Adinegoro

Anak

  • Nandadevi Lutfi

Sumber
Litbang Kompas

Butuh Informasi Terkini tentang Tokoh Ternama?

Butuh Informasi Terkini tentang Tokoh Ternama?

Daftarkan email Anda sekarang untuk mendapatkan informasi terkini tentang tokoh ternama.

close