Poster | Hari Dokter

Mundur di Masa Pandemi Covid-19

Menteri Kesehatan dapat dianggap sebagai sosok pemerintahan yang paling disibukkan dalam menyiapkan sistem penanganan kesehatan menghadapi pandemi Covid-19. Pandemi yang berdampak pada banyak aspek kehidupan dan pembangunan, penanganannya membutuhkan pendekatan secara sistem dan berkesinambungan dengan lembaga lain.

Sumber
Kompas.com

Kontributor
Muhammad Taufik Al Asy’ari

Kompleksnya permasalahan yang harus ditangani saat pandemi Covid-19 berlangsung, menuntut Menteri Kesehatan di setiap negara yang terinfeksi dapat bersinergi dengan lembaga lain secara kontinu dan terukur. Di Indonesia, Kementerian Kesehatan bertanggung jawab dalam menyiapkan sistem penanganan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia, bersama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dipimpin oleh Badan Nasional Pengendalian Bencana.

Setiap negara memiliki kebijakan penanganan yang beragam disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik masing-masing. Namun kenyataannya, bencana sistemik seperti pandemi ini mengakibatkan Menteri Kesehatan di beberapa negara memilih mundur dari jabatannya pada saat pandemi belum usai. Umumnya, karena dinilai gagal dalam menangani pandemi Covid-19.

Infografik di atas menampilkan menteri kesehatan di beberapa negara yang mengundurkan diri pada masa pandemi Covid-19. Bagaimanapun, bencana kesehatan yang telah berlangsung lebih dari satu semester ini, harus dilalui bersama dengan kesadaran dan kedisiplinan bersama dalam menerapkan protokol kesehatan di segala bentuk aktivitas masing-masing. Mari menjaga diri sendiri untuk menyelamatkan orang lain.

Dapatkan Lebih Banyak Poster Infografik

Dapatkan Lebih Banyak Poster Infografik

Daftarkan email Anda dan dapatkan berbagai poster infografik seputar peristiwa terkini.

close