Peta Tematik | Piala Eropa

Stadion Penyelenggara Euro 2020

Pandemi Covid-19 memaksa pengunduran pelaksanaan perhelatan besar sepak bola Eropa yang semestinya diselenggarakan pada tahun 2020, akhirnya terlaksana sejak 11 Juni 2021 menggunakan 11 stadion di negara yang berbeda.

Turnamen sepak bola antarnegara Eropa atau Piala Eropa 2020 (Euro 2020) mulai dilaksanakan pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021. Turnamen yang semestinya digelar digelar pada tahun 2020, digeser setahun kemudian karena negara-negara Eropa juga mengalami pandemi Covid-19.

Meski begitu, UEFA (Union of European Football Associations) selaku badan administratif dan pengatur sepakbola Eropa, secara resmi tetap menggunakan nama EURO 2020. Hal ini bertujuan untuk menjaga visi turnamen dan pengingat masa sulit (Covid-19). Di sisi lain, merchandise yang menggunakan label Euro 2020 sudah banyak diproduksi.

Piala Eropa kali ini juga merupakan turnamen yang spesial karena bertepatan dengan peringatan 60 tahun sejarah penyelenggaraannya. Dan pertama kalinya penyelenggaraannya disebar di 11 negara:

  • Wilayah Utara; Parken Stadium (Denmark).
  • Wilayah Timur; Saint Petersburg Stadium (Rusia) dan Baku Olimpic Stadium (Azerbaijan).
  • Wilayah Selatan; Olympico In Rome (Italia) dan Seville Stadium (Spanyol).
  • Wilayah Tengah; National Arena Bucharest (Rumania) dan Puskas Arena (Hungaria).
  • Wilayah Barat; Wembley Stadium (Inggris), Football Arena Munich (Jerman), Hampden Park (Skotlandia) dan Johan Cruiff Arena (Belanda).

Dalam kondisi pandemi Covid-19, UEFA memberlakukan protokol kesehatan dan aturan yang ketat bagi penonton, serta pengaturan kapasitas maksimal yang diijinkan di masing-masing stadion. Selain wajib menggunakan masker, beberapa stadion menuntut menyertakan hasil tes negatif Covid-19 bagi penonton yang hadir.

Peta di atas menginformasikan sebaran stadion di berbagai negara yang digunakan untuk penyelenggaraan Euro 2000, berikut kapasitas penontonnya. Rata-rata setiap stadion hanya memperbolehkan sekitar 20 hingga 60 persen dari kapasitas total pada kondisi normal. Hanya Puskas Arena yang terletak di Budapest, Hungaria yang memperbolehkan seluruh kapasitasnya dipenuhi oleh penonton Piala Eropa.

Sumber

  • Artikel “Menyelisik Piala Eropa 2020, Ide Gila Platini”, Kompas.id (7 Juni 2021).
  • Artikel “Ini Alasan UEFA Tak Ganti Nama Euro 2020 meski digelar tahun 2021”, Kompas.tv (9 Juni 2021).

Kontributor
Muhammad Fiqi Fadillah

Editor
Slamet JP

Pahami Lebih Dalam dengan Infografik Peta Tematik

Pahami Lebih Dalam dengan Infografik Peta Tematik

Daftarkan email Anda dan dapatkan pemahaman mendalam dengan infografik peta tematik Kompaspedia

close