Foto | Hari Olahraga Nasional

Potret Presiden dalam Dunia Olahraga

Meski lekat dengan citra serius dalam menangani isu sosial, politik dan ekonomi negara, sejumlah foto yang tersimpan Arsip Kompas juga merekam sisi lain para presiden dalam suasana yang lebih ceria saat memberi dukungan untuk agenda-agenda olahraga Indonesia.

KOMPAS/Ansel Da Lopez

Presiden Soeharto hari Minggu (12/11/1989) meresmikan padang golf Talvas di Nongsa, Batam sebagai sarana pariwisata dan olahraga. Pada saat yang bersamaan, Presiden juga meresmikan kebun anggrek dan peternakan buaya. Kepala Negara bersiap memukul golf diabadikan Menristek BJ Habibie.

Memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, yang menjadi salah satu poin pertimbangan Keppres 67 tahun 1985 (penetapan 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas)), coba dicapai para presiden Indonesia melalui sejumlah agenda olahraga. Tidak hanya pada setiap perayaan Haornas saja, tetapi juga agenda-agenda olahraga lainnya. Selain itu, tujuan presiden dekat dengan olahraga adalah dalam rangka peningkatan, pembinaan, dan perkembangan olahraga di Indonesia, sesuai dengan poin pertimbangan Keppres 67/1985 lainnya. Semangat ini tidak hanya tercipta saat keppres ditetapkan, namun sudah ada sejak masa Presiden Soekarno.

Arsip foto yang disimpan Kompas menangkap sejumlah agenda Presiden dengan olahraga. Kedekatan itu terlihat melalui kehadiran mereka dalam berbagai momen olahraga seperti dalam kompetisi atau pertandingan olahraga beserta sesi persiapannya atau pada momen perayaan Haornas. Rangkaian foto di bawah ini membuktikan, dari Presiden Soekarno hingga Joko Widodo nampak tidak hanya dekat dengan urusan politik dan ekonomi saja, namun juga olahraga. Menariknya, berdasarkan hasil tangkapan kamera Kompas, hubungan presiden dengan olahraga tidak hanya berlangsung dalam acara-acara formal, namun olahraga menjadi bagian keseharian beberapa presiden.

Berikut adalah beberapa arsip foto yang disimpan Arsip Kompas yang memperlihatkan agenda presiden dengan sejumlah kegiatan olahraga:

Presiden Soekarno dan Olahraga

IPPHOS

Presiden Soekarno dan Asian Games IV

Presiden Soekarno dan rombongan meninjau proyek Asian Games (18/7/1961).

IPPHOS

Presiden Soekarno dan PON II

Upacara pembukaan PON II di Lapangan Ikada Jakarta 21/10/1951.

(Geser untuk melihat foto lain)

Presiden Soeharto dan Olahraga

KOMPAS/Julian Sihombing

Presiden Soeharto dan Peringatan Haornas

Dalam rangkaian peringatan Haornas, Jumat (09 September 1988) pagi, Presiden dan Ny Tien Soeharto bersepeda di Monas. Rombongan berangkat dari tempat kediaman Pak Harto di Jalan Cendana.

KOMPAS/Julian Sihombing

Presiden Soeharto dan Golf

Presiden Soeharto hari Jumat sore (11/11/1988) bermain golf di lapangan golf Rawamangun, Jakarta.

(Geser untuk melihat foto lain)

Presiden BJ Habibie dan Olahraga

KOMPAS/Arbain Rambey

Presiden BJ Habibie dan Atlet Sea Games XX

Presiden RI BJ Habibie pada 16 Juli 1999 pagi di Stadion Madya Senayan, Jakarta, mengunjungi atlet yang akan mewakili Indonesia di SEA Games XX di Brunei Darussalam pada bulan Agustus 1999. Tampak Presiden didampingi Ketua Umum PB Forki, Wiranto.

KOMPAS/Arbain Rambey

Presiden BJ Habibie dan Atlet Sea Games XX

Presiden RI BJ Habibie pada 16 Juli 1999 pagi di Stadion Madya Senayan, Jakarta, mengunjungi atlet yang akan mewakili Indonesia di SEA Games XX di Brunei Darussalam bulan Agustus 1999.

(Geser untuk melihat foto lain)

Presiden Abdurrahman Wahid dan Olahraga

KOMPAS/JB Suratno

Presiden Abdurrahman Wahid dan Tim Piala Thomas 2000

Presiden Abdurrahman Wahid, Senin (22/5/2000), di Istana Merdeka, menerima para pemain bulu tangkis Indonesia yang sukses mempertahankan Piala Thomas.

KOMPAS/JB Suratno

Presiden Abdurrahman Wahid dan Tim Piala Thomas 2000

Presiden Abdurrahman Wahid pada 22 Mei 2000 di Istana Merdeka, menerima para pemain bulu tangkis Indonesia yang sukses mempertahankan Piala Thomas. Dari kiri, Sigit Budiarto, Marlev Mainaky, Ricky Subagja, Rexy Mainaky, Hariyanto Arbi, Hendrawan, Taufik Hidayat, Tony Gunawan, Antonius Budi Ariantho, dan Candra Wijaya. Nampak Hendrawan memegang piala Thomas.

(Geser untuk melihat foto lain)

Presiden Megawati Soekarnoputri dan Olahraga

KOMPAS/Julian Sihombing

Presiden Megawati Soekarnoputri dan Bulu Tangkis

Presiden Megawati Soekarnoputri mengunjungi pelatnas bulu tangkis Cipayung (4/5/2002).

KOMPAS/Alif Ichwan

Presiden Megawati Soekarnoputri dan Sepak Bola

Presiden Megawati Soekarnoputri menendang bola, menandai dimulainya pertandingan sepak bola Liga Merah Putih mulai tanggal 6 Juli sampai 31 Agustus 2003 di Stadion Sumantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (6/7/2003). Pertandingan Liga Merah Putih ini diadakan untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI.

(Geser untuk melihat foto lain)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Olahraga

KOMPAS/Alif Ichwan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Chris John

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di lapangan tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (22/8/2007) berfoto bersama dengan Juara Dunia Tinju Kelas Bulu versi WBA Chris John.

KOMPAS/Agus Susanto

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Sepak Bola

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 23 September 2010 melakukan tendangan perdana dalam pembukaan pertandingan sepak bola HUT ke-65 TNI di Stadion Madya Gelora Bung Karno.

(Geser untuk melihat foto lain)

Presiden Joko Widodo dan Olahraga

KOMPAS/Wisnu Widiantoro

Presiden Joko Widodo dan Panahan

Presiden Joko Widodo (kanan) saat tampil pada nomor 20 meter eksekutif dalam Kejuaraan Panahan Bogor Terbuka 2017 di Lapangan Pusat Pendidikan Zeni TNI AD, Bogor, Jawa Barat (22/01/2017). Pada nomor itu, Presiden Jokowi menorehkan angka 107 dari 36 anak panah yang ditembakkan.

KOMPAS/Wisnu Widiantoro

Presiden Joko Widodo dan Lari

Dengan pengawalan Pasukan Pengamanan Presiden, Presiden Joko Widodo berolahraga dengan berkeliling Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/9/2017). Udara segar dan asrinya alam jadi alasan pemilihan lokasi olahraga demi menjaga kebugaran.

(Geser untuk melihat foto lain)

Dapatkan Arsip Foto Harian Kompas Terkini

Dapatkan Arsip Foto Harian Kompas Terkini

Daftarkan email Anda dan dapatkan berbagai artikel terkait arsip foto Harian Kompas yang dapat Anda unduh.

close