Foto | Virus Korona

Suasana Penerapan PPKM Darurat

Foto-foto penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat

Pada akhir Juni 2021 penambahan kasus Covid-19 di Indonesia melonjak tinggi. Penyebabnya diperkirakan karena pasca-libur Lebaran dan faktor menyebarnya varian baru SARS-C0V-2 (Delta). Kasus Aktif di Indonesia pada 30 Juni 2021 mencapai 228.000 orang lebih, Berdasarkan data Kementerian Kesehatan penambahan  kasus Covid-19 pada hari itu, 21.807 orang dan 467 0rang meninggal.  Di Ibu Kota sendiri jumlah kasus positif Covid-19 naik dua kali lipat lebih setiap delapan hari.

Guna menekan laju penularan Covid-19, pemerintah memutuskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat khusus di Jawa dan Bali sejak 3 Juli 2021, yaitu dengan membatasi secara ketat mobilitas warga. Petugas keamanan dalam jumlah besar diturunkan ke lapangan  menjaga dan menyekat jalan-jalan utama di berbagai wilayah. Pusat-pusat perdagangan dan rumah makan tidak dapat beraktivitas normal, bahkan tempat rekreasi pun ditutup untuk sementara waktu. Pekerja dan Aparatur Sipil Negara (ASN) sektor non-esensial diharuskan bekerja dari rumah.  Penerapan PPKM Darurat sangat berdampak kepada ekonomi masyarakat kecil, khususnya bagi orang-orang yang bekerja dari sektor informal. Toh ditengah kesulitan ekonomi di masa pandemi ini masih ada sekelompok warga yang peduli, diantaranya dengan mendirikan dapur-dapur umum untuk membantu sesama warga yang terdampak.

KOMPAS/Iwan Setiyawan

Polisi di Bundaran Senayan, Jakarta, Minggu (4/7), mengarahkan pengendara sepeda motor untuk mengambil jalan lain karena akses menuju Jalan Sudirman ditutup. Penutupan sejumlah jalan protokol di Jakarta menjadi bagian dari upaya mengurangi mobilitas warga pada saat penerapan PPKM darurat.

KOMPASRadiya Helabumi

Pengendara sepeda motor yang menuju Jakarta diminta putar balik untuk kembali ke arah Tangerang di dekat pos penyekatan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat Kalideres, Jakarta Barat, Senin (5/7/2021). Meski pemerintah telah menerapkan PPKM darurat sejak akhir pekan lalu, mobilitas dan aktivitas warga di luar rumah, termasuk bekerja, masih sangat tinggi.

KOMPAS/Agus Susanto

Warga bersitegang sambil menunjukkan surat kerja saat hendak menembus penyekatan oleh petugas di Jalan Raya Kalimalang, Jakarta Timur, tepatnya di kawasan Lampiri, perbatasan Bekasi dan Jakarta, Selasa (6/7/2021). Penyekatan dilakukan untuk mengawal pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Pemprov DKI Jakarta juga menyatakan akan mencabut izin usaha perusahaan di luar sektor esensial dan kritikal yang tetap memaksa karyawan untuk bekerja dari kantor selama masa PPKM darurat.

KOMPAS/Kristi Dwi Utami

Suasana penutupan jalan di perbatasan Kota Tegal dan Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, pada Selasa (6/7/2021) malam. Tiga akses utama dari dan menuju dua daerah itu ditutup dengan pembatas serta dijaga petugas selama 24 jam. 

KOMPAS/Raditya Helabumi

Penutupan arus lalu lintas menuju Jalan Teluk Gong Raya, Penjaringan, Jakarta Utara, dari Kapuk Muara diberlakukan pada masa PPKM darurat, Senin (19/7/2021). Banyak warga terdampak pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM darurat, tetapi kucuran dana dari pemerintah untuk membantu masyarakat dinilai belum optimal.

KOMPAS/Rony Arianto Nugroho

Petugas gabungan menggelar pos penyekatan ganjil genap di Jalan Merdeka, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/8/2021). Seiring perpanjangan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Pemerintah Kota Bogor melanjutkan pemberlakukan sistem ganjil genap. Hal ini bertujuan mengurangi mobilitas masyarakat.

KOMPAS/Priyombodo

Polisi memeriksa surat tanda registrasi pekerja (STRP) pengendara yang hendak melintas di Jalan Jenderal Sudirman ketika melalui titik penyekatan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 4 di Bundaran Senayan, Jakarta (8/8/2021).

KOMPAS/Agus Susanto

Foto udara suasana Jalan Sudirman saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Jakarta Selatan, Selasa (6/7/2021). Pemerintah memperkirakan, mobilitas masyarakat perlu diturunkan hingga 50 persen untuk menekan laju penularan Covid-19.

KOMPAS/Wawan H Prabowo

Warga berswafoto dengan latar belakang Jalan Sudirman, Senayan, Jakarta, yang sepi menjelang berakhirnya masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4, Minggu (1/8/2021). Kebijakan PPKM level 4 yang dimulai sejak 26 Juli akan berakhir.

KOMPAS/Ferganata Indra Riatmoko

Truk melintas di ruas Jalan Tol Solo-Semarang di kawasan Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu (7/7/2021).

KOMPAS/Ferganata Indra Riatmoko

Situasi di Simpang Tugu, Kota Yogyakarta, lengang saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, Minggu (4/7/2021).

KOMPAS/Raditya Helabumi

Pengemudi ojek daring berada di depan Pusat Mode Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang tutup sementara, Kamis (8/7/2021). Sebagian besar pusat perekonomian tutup sementara selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali pada 3-20 Juli. Pemulihan dan pertumbuhan ekonomi pada paruh kedua 2021 sangat bergantung pada skenario PPKM darurat. Jika lonjakan kasus harian Covid-19 terus meningkat, akan dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk upaya pemulihan ekonomi. 

KOMPAS/Totok Wijayanto

Sepinya pengunjung di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta, membuat sebagian pedagang memilih menutup kios mereka untuk sementara waktu, Rabu (28/7/2021). Pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara tersebut sudah diizinkan untuk buka kembali pada masa PPKM level 4 ini. 

KOMPAS/Agus Sussanto

Maneken berpakaian batik dan mengenakan masker menghiasi gerai pakaian yang tutup sementara di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/7/2021). Pemerintah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat sampai 25 Juli 2021. Apabila jumlah kasus, keterisian ruang perawatan, dan kematian Covid-19 turun, pemerintah berencana melonggarkan kebijakan itu secara bertahap untuk memberi ruang gerak perekonomian.

KOMPAS/Abdullah Fikri Ashri 

Kios di pusat perbelanjaan yang tutup di Kota Cirebon, Jawa Barat, karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat, Rabu (14/7/2021) (atas). Pemkot Cirebon masih menunggu arahan pemerintah pusat terkait PPKM darurat yang selesai pada Selasa (20/7). Jalan Rajawali, Kota Cirebon, Jawa Barat, ditutup karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, Senin (19/7). Penutupan jalan itu untuk membatasi mobilitas warga.

KOMPAS/Raditya Helabumi

Suasana lengang terlihat di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Kamis (22/7/2021). Penutupan pusat perbelanjaan pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat membuat sektor ritel modern semakin tergerus di tengah pandemi Covid-19. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mencatat sedikitnya 200 toko swalayan tutup enam bulan terakhir.

KOMPAS/Priyombodo

Petugas memberikan penjelasan kepada pengunjung tentang aturan baru berkunjung dengan menunjukkan surat atau sertifikat vaksinasi Covid-19 dan identitas diri di akses masuk pusat perbelanjaan ITC Fatmawati, Jakarta Selatan, Selasa (3/8/2021). Kebijakan baru ini diambil pada masa  perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 hingga 9 Agustus 2021.

KOMPAS/Machradin Wahyudi Ritonga 

Seorang karyawan toko menanti pelanggan di Mal Paris Van Java (PVJ), Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/8/2021). Setelah lebih dari sebulan tutup akibat pandemi, pemerintah menguji coba pembukaan kembali sejumlah pusat perbelanjaan dengan pembatasan kapasitas hanya 25 persen.

KOMPAS/Agus Susanto

Sebagian warung tutup karena sepinya pembeli dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di kawasan Monas Jakarta Pusat, Selasa (6/7/2021). Pedagang mengaku sudah seminggu ini omzet menurun drastis karena tidak ada wisatawan yang masuk karena PPKM darurat.

KOMPAS/Priyombodo

Tumpukan meja dan kursi di salah satu restoran di pusat perbelanjaan di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Sabtu (14/8/2021). Meskipun pusat perbelanjaan telah dibuka, makan di tempat pada masa perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 masih dibatasi .

KOMPAS/Priyombodo

Teater Keong Mas di kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta masih tutup, Selasa (6/7/2021). Berbagai wahana dan museum di TMII ditutup sementara menyusul pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

KOMPAS/Agus Susanto

Spanduk terkait Covid-19 dipasang di pagar masuk Gedung DPR/MPR, Jakarta, Kamis (8/7/2021). Kompleks Parlemen saat ini ditutup sementara mengikuti aturan PPKM darurat.

KOMPAS/Riza Fathoni

Pekerja merampungkan pekerjaan di depan unit perkantoran yang tutup di Harmoni, Jakarta Pusat, Kamis (12/8/2021). Pemerintah telah memperpanjang kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 4 di wilayah Jawa-Bali.

KOMPAS/Ferganata Indra Riatmoko

Seorang pengojek daring tidur di tepi Jalan Kartini, Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (1/8/2021). Penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berdampak pada berkurangnya mobilitas masyarakat dan memicu turunnya pendapatan para pengojek daring.

KOMPAS/Raditya Helabumi

Kesibukan para sukarelawan saat menyiapkan makanan di Dapur Umum Peduli Covid-19 di Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (8/7/2021). Dapur umum yang didirikan beberapa komunitas pada masa PPKM darurat tersebut menyiapkan makanan untuk membantu warga yang terdampak Covid-19 atau sedang menjalani isolasi mandiri. Dalam sehari rata-rata disiapkan sekitar 1.000 nasi kotak.

KOMPAS/Totok Wijayanto

Relawan perantauan asal Minahasa, Sulawesi Utara, yang tergabung dalam Laskar Manguni membuka dapur umum bagi warga yang sedang isolasi mandiri ataupun yang terdampak PPKM darurat di kawasan Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (14/7/2021).

KOMPAS/Rony Ariyanto Nugroho

Sukarelawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) menata paket bantuan bagi masyarakat di posko logistik pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Gedung Wanita, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/7/2021). Tempat ini menerima bantuan dari masyarakat dan perusahaan.

KOMPAS/Agus Susanto

Pekerja memasak semur daging lada hitam di dapur umum Kementerian Sosial di Gedung Konvensi, Taman Makam Pahlawan Nasional Utama, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (5/8). Belasan ribu porsi makanan siap saji tiap hari disalurkan untuk tenaga kesehatan, petugas penyekatan PPKM, dan petugas taman pemakaman umum serta sebagian warga yang menjalani isolasi mandiri di Jabodetabek.

Foto lainnya dapat diakses melalui http://www.kompasdata.id/
Klik foto untuk melihat sumber.

Dapatkan Arsip Foto Harian Kompas Terkini

Dapatkan Arsip Foto Harian Kompas Terkini

Daftarkan email Anda dan dapatkan berbagai artikel terkait arsip foto Harian Kompas yang dapat Anda unduh.

close