Foto

Ngabuburit

Bermacam-macam aktivitas warga saat ngabuburit. Tidak hanya urusan takjil, sebagian di antaranya menunggu waktu berbuka puasa dengan menambah pengetahuan atau sekadar bersantai di tempat-tempat favorit dan ruang publik.

KOMPAS/Raditya Helabumi

Anak anak menikmati panorama di tepi Jembatan Suramadu sisi Surabaya, Jawa Timur, sambil menanti waktu berbuka puasa, (13/8/2010). Kawasan sekitar Jembatan Suramadu ramai dikunjungi warga saat menanti waktu berbuka puasa.

Bagi masyarakat Indonesia yang sebagian besar muslim, bulan puasa tidak hanya soal ibadah. Berbagai tradisi juga mewarnai bulan suci tersebut. Salah satu tradisi yang banyak dilakukan menjelang berbuka puasa adalah ngabuburit. Ngabuburit sendiri berasal dari bahasa Sunda. Dari kata dasar “burit”, yang artinya sore menjelang malam. Jadi bila diartikan secara bebas, ngabuburit kira-kira adalah kegiatan menunggu waktu malam atau waktu berbuka puasa. Kini Istilah ngabuburit  tidak hanya dipakai pada masyarakat Jawa Barat dan seputar Jakarta saja tetapi juga populer di hampir sebagian wilayah di tanah air.

Bermacam-macam kegiatan dilakukan masyarakat ketika ngabuburit, yang biasanya dilakukan selepas waktu Ashar. Mulai dari aktivitas seperti berdiskusi, napak tilas ke tempat bersejarah, berbagi takjil atau berolahraga. Namun, banyak juga yang menghabiskan waktu dengan berburu makanan atau bersantai di tempat-tempat favorit.

KOMPAS/Amir Sodikin

Ngabuburit sekitar Masjid Agung Sunda Kelapa Menteng Jakarta Pusat (4/9/2008), suasanya seperti pasar saja.

KOMPAS/Soelastri Soekirno

Pesawat yang akan mendarat di landasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, menjadi pemandangan menarik bagi warga sekaligus ngabuburit (menunggu waktu buka puasa), Minggu (8/10/2006).

KOMPAS/Boni Dwi Pramudyanto

Ratusan warga Palembang berkumpul di kawasan Jembatan Ampera, Kota Palembang,(3/9/2009). Kawasan ini merupakan salah satu tempat favorit bagi warga Palembang untuk menikmati waktu menjelang berbuka puasa atau ngabuburit.

KOMPAS/M Clara Wresti

Warga Jakarta mempunyai banyak pilihan untuk ngabuburit, menunggu waktu berbuka puasa. Di Danau Sunter, Jakarta Utara (23/8/2009), warga Jakarta memancing atau menikmati perahu kayu berbentuk bebek.

KOMPAS/Aswin Rizal Harahap

Kawasan tepi pantai menjadi salah satu tempat ngabuburi di Makassar.

KOMPAS/Machradin Wahyudi Ritonga 

Napak tilas bioskop lawas menjadi salah satu aktivitas remaja di Bandung saat menghabiskan waktu menanti berbuka puasa (3/4/2022). Meski tak lagi beroperasi, bioskop lawas itu menyimpan perjalanan sejarah yang menarik.

KOMPAS/Dahlia Irawati

Sejumlah pelajar SMA di Malang, Jawa Timur, berdiskusi di Taman Tugu sambil menunggu waktu berbuka puasa. Foto Juli 2014.

KOMPAS/Arum Tresnaningtyas 

Selama bulan puasa Menara Masjid Raya Bandung, Jawa Barat dijadikan tempat wisata masyarakat untuk melihat Kota Bandung dari ketinggian sambil menunggu waktu berbuka puasa.(26/8/2010).

KOMPAS/Raditya Helabumi

Banyak hal dapat dilakukan sambil menanti waktu buka puasa antara lain dengan berolah raga seperti bermain futsal yang dilakukan sejumlah anak muda di Taman Menteng, Jakarta, (1/8/2011).

Foto lainnya dapat diakses melalui https://www.kompasdata.id/
Klik foto untuk melihat sumber.

error: Content is protected !!