Foto | Lebaran

Balada Mudik Lebaran dengan Roda Dua

Tradisi mudik untuk merayakan lebaran di kampung halaman memang sudah lekat dengan para perantau di Indonesia. Berbicara mengenai mudik, kita diingatkan dengan antrean panjang di stasiun kereta api untuk pembelian tiket, antrean masuk peron untuk naik kereta api, juga kemacetan lalu lintas baik jalan tol, jalan utama, dan jalan alternatif. Tak lupa, juga tentang sepeda motor yang memuat tiga orang dan barang bawaannya.

KOMPAS/RIZA FATHONI

Pemudik motor melintas di Jalan Raya Kalimalang, Jakarta Timur, Rabu (21/6/2017) pagi. Meskipun saat ini banyak tawaran mudik gratis bersama, masih banyak pemudik yang memilih menggunakan sepeda motor pribadi untuk pulang ke kampung halaman.

Tradisi mudik untuk merayakan lebaran di kampung halaman memang sudah lekat dengan para perantau di Indonesia. Menurut KBBI, mudik artinya pulang ke kampung halaman, biasanya orang-orang melaksanakan mudik seminggu menjelang lebaran. Berbicara mengenai mudik, kita diingatkan dengan antrean panjang di setiap moda transportasi baik moda transportasi laut, udara terlebih moda transportasi darat salah satunya menggunakan kendaraan pribadi yaitu motor. Bagi masyarakat kecil, motor merupakan transportasi alternatif terlebih menjelang idul fitri harga tiket untuk kendaraan umum bisa berkali lipat dari harga biasanya.

Mereka hanya perlu punya sepeda motor, jaket, helm, masker untuk melindungi wajah dari terpaan debu, sarung tangan, dan keberanian. Modal yang utama adalah keberanian, karena mereka harus berjalan diantara bus, truk, dan kendaraan yang lebih besar sepanjang perjalanan. Warga memilih mudik dengan sepeda motor alasan utamanya faktor ekonomi dan terhindar dari kemacetan lalu lintas.

Persiapan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, para pemudik motor perlu mengecek kondisi sepeda motor mereka untuk antisipasi terjadi kerusakan di tengah perjalanan. Pengecekan secara keseluruhan di bengkel-bengkel resmi.

Risiko besar mudik menggunakan sepeda motor adalah menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Hal ini disebabkan pemaksaan kondisi tubuh pengendaranya. Meskipun sudah mengkonsumsi suplemen agar tetap berenergi saat mengendarai  sepeda motor, pemudik motor perlu mengistirahatkan tubuh.

Apabila rasa kantuk tiba-tiba muncul, sebaiknya minta penumpang yang kondisinya prima untuk menggantikan. Jika tidak ada orang lain yang dapat mengemudi, menepi dan tidur sampai kondisi segar kembali. Pemudik yang menggunakan sepeda motor kebanyakan menyukai dalam melakukan perjalanan secara rombongan. Mudik Bareng, yaitu program yang banyak diminati warga yang diselenggarakan oleh sejumlah lembaga.

Menurut data Kementerian Perhubungan pada lebaran 2019 sebanyak 1.378.574 sepeda motor yang digunakan untuk mudik. Pemerintahan menetapkan kebijakan larangan mudik dan penutupan wilayah untuk mencegah penularan Covid-19 pada tahun 2020. Hal ini ditegaskan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas melalui konferensi video, Selasa 21 April 2020. Penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jabodetabek tidak semuanya warga menaati kebijakan tersebut. Masih ditemukan warga yang nekat melakukan mudik lebaran. Oleh sebab itu, aparat keamanan melakukan penyekatan di daerah perbatasan untuk mencegah warga yang nekat keluar dari Jakarta.

Pada Lebaran 2022, pemerintah memperbolehkan warga untuk melakukan mudik ke kampung halaman pada masa pandemi Covid-19 ini. Hal tersebut bisa dilakukan dengan persyaratan para warga yang ingin melakukan mudik harus sudah mendapatkan vaksin booster. Selain itu, ada perubahan pengaturan lalu lintas dengan pengawalan secara estafet oleh polres-polres di sepanjang jalur mudik non-tol.

Beberapa peristiwa mudik lebaran dengan sepeda motor yang terangkum dalam foto-foto di Arsip Kompas berikut ini.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Ribuan pemudik sepeda motor melintasi jalur Cilamaya-Cikalong, Karawang, Jawa Barat, menuju jalur pantura arah Jawa Tengah memasuki H-3 saat puncak mudik Lebaran 2014, Jumat (25/7/2014). Pemerintah memperkirakan, pada masa mudik tahun ini, lebih kurang 2 juta sepeda motor akan digunakan untuk mudik.

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Antrean sepeda motor yang akan diperbaiki terlihat di salah satu bengkel di Jalan Ciledug Raya, Tangerang, Banten, Sabtu (12/9/2009). Menjelang Lebaran, jumlah pelanggan di bengkel tersebut meningkat dua kali lipat. Selain perbaikan ringan dan ganti oli, banyak pemilik kendaraan mengganti ban dan kampas rem untuk keperluan mudik.

KOMPAS/YUNIADHI AGUNG

Penjualan helm sepeda motor menjelang Lebaran meningkat karena semakin banyak warga Jakarta yang mudik menggunakan sepeda motor. Sejumlah penjual helm di Jalan Kebun Jeruk III, Jakarta, mengatakan penjualan helm naik lima kali lipat menjelang Idul Fitri.

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Pemudik motor dan mobil memadati jalan pantai utara saat arus balik mudik Lebaran di Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu (10/7/2016).

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN

Pemudik mendapatkan helm gratis yang dibagikan salah satu toko online bekerja sama dengan Senkom Mitra Polri di Posko Ketupat Jaya 2011, Kalimalang, Bekasi, Kamis (25/8/2011) . Sebanyak 300 helm berstandar nasional dibagikan untuk keselamatan pemudik bersepeda motor.

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Peserta mudik gratis antre menunggu motor mereka diturunkan dari Kapal Dobon solo saat tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Kapal tersebut membawa pemudik motor dari Tanjung Priok, Jakarta yang akan pulang ke kampung halaman mereka di Jawa Tengah. Mudik menjadi sebuah tradisi yang selalu dinanti saat Lebaran untuk bertemu sanak keluarga.

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Kendaraan roda dua sedang mengantre tiket seharga Rp23.00 saat akan masuk ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Kamis (18/20/2007). Empat hari sesudah Lebaran atau H+4 jumlah kendaraan roda dua yang telah menyeberang dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB berjumlah 3.320 motor. Banyaknya pengguna motor saat mudik Lebaran ini karena lebih murah jika harus menggunakan kendaraan umum.Beberapa pemudik mengaku hanya mengeluarkan biaya bahan bakar sebanyak Rp35.000–100.000 pulang pergi Jakarta-Lampung.

KOMPAS/AGUS SUSANTO

Mudik bareng pengendara sepeda motor Sanex disponsori oleh produk motor buatan Cina Sanex berangkat bareng dari Lapangan Monas Jakarta tahun 2000.

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Petunjuk arah menuju Cikampek dan Cirebon bagi pengendara sepeda motor terpasang di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, Senin (6/9/2010). Petunjuk tersebut dipasang untuk memudahkan pemudik dalam mencari jalan untuk keluar dari Jakarta.

KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Pengendara melintasi Jembatan Manyar yang baru diperbaiki di Jalan Raya Gresik-Lamongan di Kecamatan Manyar, Gresik, Senin (22/6/2015). Sebagai salah satu jalur utama mudik perbaikan jembatan harus segera diselesaikan agar menghindari kemacetan. Saat ini pengendara harus melintas berganti sehingga menyebabkan antrian panjang.

KOMPAS/M SYAIFULLAH

Para pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor dan mobil di saat memasuki wilayah Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa (22/9/2009) pagi sekitar pukul 06.00 hingga pukul 08.00, terpaksa harus mengurangi kecepatan kendaraannya dan menyalakan lampu. Hal ini pekatnya serbuan asap dari kebakaran lahan ini membuat jarak pandangan pendek hanya 100-500 meter.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Nurcholis (41) bersama istri dan kedua anaknya beristirahat sejenak sambil mengganti busi motornya sebelum melanjutkan perjalanan menuju Jakarta di Jalan Solo-Yogya, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (6/11/2005). Ia memilih bersepeda motor saat mudik ke Ngawi dan kembali ke Jakarta dengan alasan untuk menghemat biaya. Diperkirakan arus balik akan mencapai puncaknya pada 12 November 2005.

KOMPAS/AGUS SUSANTO

Rafi, siswa kelas IV sekolah dasar yang balik dari Cirebon, Jawa Barat, menunggu bapaknya yang tengah menjalani tes cepat antigen di pos penyekatan di Jalan Rengas Bandung, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (17/5/2021). Pemudik sepeda motor yang tidak mempunyai surat bebas Covid-19 diwajibkan menjalani tes cepat antigen yang diberikan secara gratis. Pemudik yang hasil tesnya positif akan dibawa dengan ambulans menuju tempat isolasi dan perawatan lebih lanjut. Penyekatan dan pemeriksaan acak tes cepat antigen ini dilakukan tiga kali dalam sehari hingga 24 Mei 2021.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Pengendara sepeda motor diberhentikan di Pos Penyekatan Mudik Lebaran 2021 Polres Metro Depok di Jalan Raya Bogor, Cilangkap, Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (7/5/2021). Arus mudik tetap terjadi meski pemerintah melarang masyarakat pulang kampung dan membatasi mobilitas untuk menanggulangi penyebaran Covid 19. Ruas Jalan Raya Bogor adalah salah satu ruas jalan yang biasa digunakan pemudik untuk menuju kawasan di arah selatan Jakarta.

Referensi
  • “Mudik Naik Motor Yuk!”. Kompas, 15-12-2001, hlm 19.
  • “Perjalanan Mudik atau Tamasya: Persiapkan Kendaraan dan Fisik Sebaik Mungkin”. Kompas, 12-11-2002, hlm 35.
  • “Pemudik Sepeda Motor: Ancaman Kecelakaan di Jalur Pantura * Lebaran 2019”. Kompas, 31-05-2019, hlm 1.
  • “Larangan Mudik Demi Memutus Rantai Penularan Covid-19”. Kompas, 25-04-2020, hlm E.
  • “Larangan Mudik: Kendaraan Diminta Putar Balik Mulai Jumat Dini Hari”. Kompas, 23-04-2020, hlm 12.
  • “Dilema Mudik Dengan Sepeda Motor”. Kompas, 22-04-2022, hlm E.

Foto lainnya dapat diakses melalui https://www.kompasdata.id/
Klik foto untuk melihat sumber.

error: Content is protected !!