Dokumen

SKB Pembelajaran Tahun Ajaran Baru di Masa Pandemi Covid-19

Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri ini mengatur penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 dan tahun akademik 2020/2021.

Detail Dokumen

Sumber
covid19.go.id

Terbit
Juni 2020

Unduh Dokumen

Dokumen SKB Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No. 01/KB/2020; No. 516 Tahun 2020; No. Hk.03.01/Menkes/363/2020; No. 440-882 Tahun 2020 ini ditetapkan pada tanggal 15 Juni 2020.

Deskripsi

Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya teratasi, namun kegiatan pembelajaran harus tetap berlangsung. SKB Pembelajaran Tahun Ajaran Baru di Masa Pandemi Covid-19 ini bertujuan untuk mengatur bagaimana penyelenggaran pembelajaran tetap berjalan dalam masa pandemi. Jenjang pendidikan yang disasar oleh SKB ini mulai dari pendidikan usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, hingga pendidikan tinggi.

SKB ini dibuat mempertimbangkan pembagian zona wilayah yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yakni zona hijau, kuning, oranye, dan merah. Penetapan zona tersebut menentukan proses pembelajaran yang akan dilangsungkan di wilayah itu.

Cakupan isi

Secara struktur, SKB Pembelajaran Tahun Ajaran Baru di Masa Pandemi Covid-19 ini terdiri dari 41 halaman. Enam halaman awal merupakan bagian inti, sementara sisanya berisi lampiran. Dalam bagian ini ditetapkan lima keputusan bersama. Beberapa poin utama yang ditetapkan adalah mulainya tahun ajaran baru bagi setiap jenjang, pemberlakuan pembelajaran tatap muka untuk zona hijau, serta pengutamaan protokol kesehatan untuk pembelajaran tatap muka. Perincian protokol secara detil terdapat dalam bagian lampiran.

Regulasi lain terkait situasi pandemi Covid-19 dapat diakses di laman regulasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Dapatkan Dokumen Resmi dari Berbagai Sumber

Dapatkan Dokumen Resmi dari Berbagai Sumber

Daftarkan email Anda dan dapatkan berbagai dokumen resmi terkini dari Kompaspedia yang dapat Anda unduh.

close