Dokumen

Infografis PPDB 2020

Kumpulan infografik terkait PPDB 2020 ini disusun oleh Kemdikbud demi mempermudah sosialisasi Permendikbud No. 44/2019 tentang PPDB. Infografik dalam bentuk buku saku digital ini memuat poin-poin penting terkait PPDB 2020.

Detail Dokumen

Sumber
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Terbit
Februari 2020

Unduh Dokumen

Dokumen Infografis PPDB 2020 dalam format PDF ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan demi menunjang pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik pada tahun 2020.

Deskripsi

Penerimaan Peserta Didik Baru menjadi momentum tahunan yang selalu menjadi perhatian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penyelenggaraan serentak di seluruh Indonesia membutuhkan pedoman yang dapat dijadikan acuan bagi tiap daerah. Pedoman terbaru untuk PPDB ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 tentang PPBD.

Infografis ini diawali dengan penegasan PPDB 2020 di seluruh Indonesia yang harus bersifat transparan, akuntabel, objektif, berkeadilan, dan nondiskriminatif. Selain itu, disebutkan pula tujuan PPDB adalah memperluas akses layanan pendidikan dan melakukan pemerataan mutu pendidikan. Bagian-bagian selanjutnya memuat tentang pedoman teknis PPDB.

Cakupan isi

Secara struktur, buku saku ini terdiri dari 12 halaman yang disajikan dalam format penuh warna. Hal-hal yang dijelaskan melalui infografik dalam buku ini mencakup pembagian kuota PPDB 2020. Kuota tersebut dibagi dalam empat jalur, yakni jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali, dan prestasi. Disebutkan pula beberapa kriteria sekolah yang tidak perlu menerapkan jalur zonasi. Dalam bagian terakhir dicantumkan daftar kontak penting terkait PPDB 2020.

Dokumen lain yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat diakses pada laman Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dapatkan Dokumen Resmi dari Berbagai Sumber

Dapatkan Dokumen Resmi dari Berbagai Sumber

Daftarkan email Anda dan dapatkan berbagai dokumen resmi terkini dari Kompaspedia yang dapat Anda unduh.

close