Dokumen

Buku Saku Dana Desa 2017

'Buku Saku Dana Desa 2017' merupakan pegangan bersama antara perangkat, masyarakat, legislatif, dan pemerintah dalam mengimplementasikan regulasi Dana Desa.

Detail Dokumen

Sumber
Kementerian Keuangan

Terbit
November, 2017

Unduh Dokumen

Buku ‘Buku Saku Dana Desa 2017’ dalam format dokumen PDF ini merupakan pegangan bagi pihak terkait, baik di tingkat desa, daerah, dan pusat, serta legislatif dan masyarakat, dalam mengimplementasikan regulasi Dana Desa.

Deskripsi

Publikasi ini merupakan pegangan dalam pengelolaan dan pemantauan penggunaan Dana Desa sebagai bentuk penerapan Undang-Undang Desa yang menempatkan desa sebagai ujung tombak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut dimungkinkan melalui peran aktif masyarakat desa yang didampingi secara berimbang oleh perangkat desa, dalam menginisiasi, inovasi dan kreasi untuk mewujudkan cita-cita bersama. Antara lain dengan pola swakelola, memberdayakan tenaga kerja dan bahan baku lokal, sehingga suatu desa menjadi mandiri berdasarkan pemanfaatan potensi dan keuangan yang dimiliki.

Dana Desa yang bersumber dari APBN ini dimaksudkan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan, yang berawal dari desa, termasuk di daerah pinggiran. Dengan demikian diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui perluasan lapangan kesempatan kerja, pengentasan kemiskinan, dan meminimalisir ketimpangan.

Cakupan Isi

Publikasi ini memuat berbagai aspek yang saling terkait dalam perencanaan, pengelolaan, dan pengawalan Dana Desa; antara lain esensi UU Desa, konsep dasar, evaluasi, perencanaan, penganggaran, dan pokok-pokok kebijakan, mekanisme penyaluran, penggunaan, pengelolaan, pengadaan barang dan jasa, pemantauan dan pengawasan, hingga pembentukan Badan Usaha Milik Desa. 

Secara struktur, buku ini terdiri dari 11 bab dengan ketebalan 103 halaman. Pada bagian akhir publikasi ini dilampirkan alokasi 60 triliun dana desa yang dirinci menjadi 434 kabupaten/kota di 33 provinsi (kecuali DKI Jakarta).