Tokoh

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga

Jerry Sambuaga adalah Wakil Menteri Perdagangan Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Sebelumnya, kader Partai Golkar ini duduk sebagai Anggota Komisi I DPR RI mewakili Daerah Pemilihan Sulawesi Utara melalui mekanisme pergantian antarwaktu.

KEMENDAG

Fakta Singkat

Nama Lengkap
Dr. Jerry Sambuaga

Lahir
Jakarta, 2 Juli 1985

Almamaterr
University of San Francisco
Columbia University
Universitas Indonesia

Jabatan Terkini
Wakil Menteri Perdagangan 2019–2024

Politikus Partai Golkar Jerry Sambuaga diangkat menjadi Wakil Menteri Perdagangan Indonesia oleh Presiden Joko Widodo di Kabinet Indonesia Maju pada tanggal 25 Oktober 2019.

Pria yang lahir di Jakarta pada 2 Juli 1985 ini diangkat sebagai Wakil Menteri dari kalangan Millenial. Ketika diangkat sebagai wakil Menteri, ia baru berumur 34 tahun.

Jerry merintis aktivitas politiknya sejak masih remaja dengan tergabung dengan partai Golkar pada tahun 2002.

Sebelum diangkat sebagai Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga merupakan Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Periode 2014–2019 dari Partai Golkar mewakili Daerah Pemilihan Sulawesi Utara.

Keterlibatannya dalam bidang politik tidak lepas dari inspirasi sang ayah Theo L. Sambuaga yang merupakan mantan menteri dan anggota DPR di era Kabinet Reformasi Pembangunan. Hal ini mendorong Jerry untuk juga terlibat dan aktif dalam mengabdi kepada negara.

Inspirasi keluarga

Jerry Sambuaga merupakan putra dari pasangan Theo L Sambuaga dan Erna Soedaryati Soekardi. Theo L Sambuaga sendiri merupakan politisi negara. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pemukiman dan Prasarana Wilayah Indonesia pada era Kabinet Reformasi Pembangunan. Adapun pengalaman lainnya dari Theo L Sambuaga, yakni sebagai mantan Menteri Tenaga Kerja pada Kabinet Pembangunan VII, Mantan Ketua DPP Partai Golkar dan Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar (FPG) MPR. Saat ini, ayah dari Jerry Sambuaga tersebut menjalani peran sebagai Presiden Komisaris PT Lippo Cikarang.

Tidak hanya lahir dari seorang ayah yang hebat Jerry Sambuaga juga merupakan cucu dari Mayor Jenderal TNI (Purm.) R. Soekardi, ayah dari Erna Soedaryati (Ibu Jerry Sambuaga). R Soekardi lahir 28 Februari 1920 dan wafat 28 Agustus 2015 lalu. Selain mantan perwira tinggi TNI Angkatan Darat, Soekardi juga pernah terjun sebagai politikus dan pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI merangkap Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Karya Pembangunan pada tahun 1987 berakhir 1992.

Terinspirasi dari keluarga, Jerry Sambuaga juga tertarik untuk mengabdi kepada negara. Dalam menunjang tujuan tesebut, ia menempuh pendidikan bidang ilmu politik dengan fokus hubungan internasional dari jenjang S1, S2, sampai S3. Jerry meraih gelar Bachelor of Arts in Politics dari University of San Francisco pada tahun 2006, kemudian ia meraih gelar Master of International Affairs (MIA) in International Security Policy dari School of International and Public Affairs (SIPA), Columbia University, di New York Amerika Serikat pada tahun 2008, dan meraih gelar Doktor Ilmu Politik dari Universitas Indonesia pada tahun 2016.

Karier

Karier Jerry Sambuaga di bidang politik dimulai pada tahun 2008–2009, saat ia menjabat sebagai Staf Ahli Ketua DPR RI yang secara spesifik menangani isu-isu luar negeri, khususnya terkait hubungan DPR RI dengan parlemen-parlemen dunia. Kemudian ia dipercaya menjadi Staf Ahli Ketua DPD RI, Jakarta (Oktober 2009 — Oktober 2016).

Ia juga pernah menjabat Chairman The Zoom Strategist, Jakarta November (2009), dan penulis kolom di Harian Umum Suara Pembaruan, dan Direktur Johnson & Johnson Indonesia, Jakarta (2018–2019)

Pada Pemilu 2014, Jerry menjadi calon legislatif dari Golkar untuk daerah pemilihan Sulawesi Utara, namun ia gagal terpilih sebagai anggota DPR RI karena suaranya tidak mencukupi untuk melenggang ke Senayan.

Ia kemudian menjadi anggota DPR RI melalui mekanisme pergantian antar-waktu. Politikus Golkar itu resmi dilantik sebagai Pengganti Antar-Waktu (PAW) anggota DPR RI daerah pemilihan Sulawesi Utara dari Fraksi Partai Golkar dalam Sidang Paripurna Kamis (26/7) di gedung DPR RI pada 26 Juli 2018. Ia menggantikan anggota DPR Aditya D Moha yang ditangkap oleh KPK beberapa waktu lalu.

Putra dari Theo L. Sambuaga ini kemudian ditugaskan sebagai Anggota Komisi I DPR RI yang membidangi luar negeri, pertahanan, intelijen, komunikasi dan informatika.

Pada Pemilu 2019, ia kembali mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari dapil Sulawesi Utara dengan nomor urut 1, namun Jerry gagal melenggang ke Senayan karena suaranya kalah dari calon lain di Partai Golkar. Jerry mengumpulkan 69.160 suara di 14 kabupaten/kota di Sulut, sementara calon lainnya dari Golkar, yakni Adrian Joppie Paruntu meraih 70.621 suara dan berhak menduduki kursi DPR RI Partai Golkar di Senayan.

Berselang beberapa bulan kemudian, Jerry diangkat sebagai Wakil Menteri Perdagangan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 25 Oktober 2019. Ia yang di kabinet merepresentasikan Partai Golkar, ditugaskan Presiden Jokowi menangani isu-isu perjanjian internasional dan perdagangan internasional.

Selain berkarier di bidang politik, Jerry juga mengajar sebagai dosen ilmu politik, ilmu pemerintahan, dan ilmu hubungan internasional di beberapa kampus antara lain di Universitas Pelita Harapan, Universitas Sam Ratulangi, London School of Public Relations.

Jerry terlibat aktif sebagai peneliti dalam misi penjaga perdamaian dan resolusi konflik, tepatnya pada Divisi Politik Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk PBB di New York, pada 2006. Kemudian pada tahun 2007, Jerry terlibat dalam riset sebagai peneliti untuk ASEAN Regional Forum (ARF) di Sekretariat Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta, yang secara spesifik menginvestigasi dan menganalisis masalah-masalah konflik teritorial, pertahanan, keamanan, terorisme, dan militer di wilayah Asia Tenggara.

Jerry Sambuaga juga aktif dalam berbagai kegiatan organisasi politik praktis sejak ia masih remaja. Pada tahun 2002 sejak usianya masih muda (17 tahun), Jerry telah mengawali aktivitas politiknya dengan bergabung dan aktif dalam berbagai kegiatan Partai Golongan karya (Golkar).

Selama berkiprah di Partai Golkar, sejumlah jabatan di partai tersebut pernah dipegangnya, antara lain, Ketua Departemen Pemenangan Pemilu Sulawesi Utara dan Gorontalo Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar (2018), Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar (sejak 2016), dan Wakil Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Hasil Munas Bali (2015–2016)

Pada periode kepemimpinan Ketua Umum Airlangga Hartarto, Jerry menjabat sebagai salah satu Ketua DPP Partai Golkar dan sekaligus ditunjuk sebagai Ketua Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Partai Golkar dan juga merupakan anggota Dewan Komite Kebijakan Partai Golkar. Jerry juga merupakan Wakil Ketua Golkar Institute, institusi pendidikan pertama yang didirikan partai politik di Indonesia.

Selain itu, ia juga pernah memegang jabatan anggota Departemen Kerjasama Internasional DPP Partai Golkar (2012–2015), Balitbang DPP Partai Golkar (2011–2015), Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Angkatan Muda Partai Golkar (2010–2015), anggota Badan Informasi Komunikasi Divisi Hubungan Antar Lembaga DPP Partai Golkar (2008–2009), dan anggota Bappilu Bidang Penggalangan Khusus DPP Partai Golkar (2008–2009).

Selain aktif di Partai Golkar, Jerry Sambuaga juga aktif dalam berbagai kegiatan organisasi masyarakat lainnya, antara lain, Ketua Umum Ikatan Pemuda Mahasiswa Minahasa di Jakarta (2009), Wakil Bendahara Dewan Pimpinan KNPI (2008–2011), Ketua Dewan Pimpinan Pusat KNPI (2011–2014), Ketua Bidang Hubungan Internasional Dewan Pimpinan Pusat AMPI (2010–2017), Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Pengusaha Kosgoro 1957 (2010–2015), dan Ketua Umum  DPP AMPI (2022–2027). Jerry juga menjadi ketua umum di bidang olahraga, yakni Ketua Umum Persatuan Boling Indonesia (2022–2026).

KEMENTERIAN PERDAGANGAN RI

Didampingi Dubes RI untuk Belgia, Luxemburg, dan Uni Eropa Yuri Octavian Thamrin, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga bertemu Managing Director for Asia Pacific European External Action Services Gunnar Wiegand, membicarakan isu-isu perdagangan dalam rangka percepatan penyelesaian IEU CEPA. (19/2/2020)

Penghargaan

Saat Jerry menjabat Wamendag, Kementerian Perdagangan meraih sejumlah   penghargaan, antara lain, penghargaan di bidang publikasi kepada Kementerian Perdagangan dengan kategori Terpopuler di Media Cetak 2022 dari Majalah PR Indonesia dan Bronze Winner The Best of E-Magazine Government InMA 2022 dalam gelaran Inhouse Magazine (InMA) Awards dari Serikat Perusahaan Pers (SPS).

KEMENTERIAN PERDAGANGAN RI

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menjadi narasumber pada Web Seminar (Webinar) I’M GenZ ke-7, dengan tema “Extra Ordinary Policy Perdagangan Indonesia” di Jakarta, Senin (13 Juli 2020).

KEMENDAG

“Kita semua menyadari, bahwa penting untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masuk ekosistem digital agar bisnisnya menjadi lebih efisien, rantai perdagangan menjadi lebih pendek, serta pasarnya semakin luas,” jelas Wamendag Jerry Sambuaga (12/5/2022)

 

Perdagangan kripto

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menegaskan pentingnya sikap yang tepat dalam perdagangan kripto di Indonesia. Menurut Jerry, itu untuk memberikan kepastian usaha dan kepastian hukum bagi perlindungan investor dan konsumen crypto di Indonesia. Untuk itu, bursa crypto adalah sebuah keharusan untuk segera diwujudkan.

Menurut Jerry untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah harus mewujudkan sistem pasar dan pengawasan yang baik terhadap pasar kripto tersebut. Saat ini, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah mendata sekian pedagang yang telah melakukan aktivitas usahanya.

Bursa ke depan diharapkan bisa menciptakan sistem perdagangan yang bisa menanungi dan mengatur pedagang-pedagang kripto. Dengan demikian, perdagangan kripto bisa lebih terstruktur dan tersistematisasi sehingga mempermudah bagi upaya-upaya pencatatan, pengawasan dan dalam mengharmonisasi dengan sektor lain.

Berkaitan dengan perdagangan kripto, kalau pedagang sudah tercatat akan mudah penghitungan dan pemungutan pajaknya sehingga akan memberikan pendapatan yang cukup besar bagi negara dan menunjang pembangunan di sektor lain

Selain sektor pajak, menurut Jerry, keuntungan negara dengan dibukanya bursa kripto adalah dalam hal menjamin keamanan negara, baik yang berkaitan dengan pencucian uang, pendanaan terorisme ataupun yang berhubungan dengan keamanan moneter dan fiskal Indonesia.

Sedangkan dalam hal perlindungan konsumen, yang juga menjadi bagian dari tugas utama Kementerian Perdagangan, Jerry berharap kasus-kasus pelanggaran yang merugikan konsumen seperti yang sudah terjadi di luar negeri bisa dicegah dengan adanya bursa.

KOMPAS.COM

Harta kekayaan

Politikus Partai Golkar ini terakhir melaporkan LHKPN kepada KPK saat hendak mengikuti pemilu legislatif DPR RI, 29 Maret 2019 lalu. Dalam laporan itu, harta kekayaannya mencapai Rp76,89 miliar yang terdiri dari 7 bidang Tanah dan Bangunan senilai Rp71 miliar yang tersebar di Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Kota Tomohon, dan Bekasi.

Jerry juga melaporkan harta lainnya berupa Alat Transportasi dan Mesin senilai Rp480 juta yang terdiri dari Mobil BMW 520 tahun 2016 dan Toyota Fortuner tahun 2012, kemudian Surat Berharga Rp1,6 miliar, serta Kas dan Setara Kas Rp1,99 miliar. Ia juga mencantumkan utangnya sebasar Rp3,24 miliar, sehingga total kekayaaannya tahun 2019 mencapai Rp71,87 miliar.

Referensi

Biodata

Nama

Dr. Jerry Sambuaga

Lahir

Jakarta, 2 Juli 1985

Jabatan

Wakil Menteri Perdagangan 2019–2024

Pendidikan

  • Bachelor of Arts in Politics, University of San Francisco (2006)
  • Master of International Affairs in International Security Policy, Columbia University (2008)
  • Doktor Ilmu Politik, Universitas Indonesia (2016)

Karier

  • Staf umum bidang politik, Konsulat Jenderal Republik Indonesia San Francisco, CA, USA (Januari 2004 — Mei 2004)
  • Program Coordinator, Drug Detoxification and Aftercare Project, San Francisco, CA, USA (Februari 2005 — Mei 2005)
  • Researcher, Direktorat Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata, Departemen Luar Negeri Republik Indonesia, Jakarta (Mei 2005 — Agustus 2005)
  • Researcher Divisi Politik, Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk PBB, New York, NY, USA (Mei 2006 — September 2006)
  • Researcher, ASEAN Regional Forum Unit, ASEAN Secretariat, Jakarta (Mei 2007 — September 2007)
  • Staf Ahli Ketua DPR RI, Jakarta (Mei 2008 — Oktober 2009)
  • Staf Ahli Ketua DPD RI, Jakarta (Oktober 2009 — Oktober 2016)
  • Chairman The Zoom Strategist, Jakarta November (2009–sekarang)
  • Kolumnis Harian Umum Suara Pembaruan, Jakarta (Juli 2012 – Oktober 2019)
  • Direktur Johnson & Johnson Indonesia, Jakarta (Agustus 2018 — Oktober 2019)
  • Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Golkar (Juli 2018 – September 2019)
  • Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia (2019–2024).

Karer Akademik

  • Dosen FISIP, Program S2 Hubungan Internasional, Universitas Pelita Harapan, Tangerang (Agustus 2016–sekarang)
  • Dosen, Program Hubungan Internasional, London School of Public Relations, Jakarta (Juli 2016–sekarang)
  • Dosen FISIP, Program S2, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik, dan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Sam Ratulangi, Manado (Februari 2016–sekarang)
  • Dosen FISIP, Program S1, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik, dan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Sam Ratulangi, Manado (Juli 2011–sekarang)
  • Dosen FISIP, Program S1 Hubungan Internasional, Universitas Pelita Harapan, Tangerang (Agustus 2009–sekarang)
  • Dosen, Program S1 Hubungan Internasional Universitas Paramadina, Jakarta (Juni 2009 — Desember 2013)
  • Dosen Luar Biasa FISIP, Program S1 Jurusan Hubungan Internasional, Universitas Indonesia, Depok (Agustus 2008 — Januari 2009)

Organisasi

Partai Golkar

  • Anggota Bappilu Bidang Penggalangan Khusus Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar (2008–2009)
  • Anggota Badan Informasi Komunikasi Divisi Hubungan Antar Lembaga Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar (2008–2009)
  • Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Angkatan Muda Partai Golkar (2010–2015)
  • Balitbang Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar (2011–2015)
  • Departemen Kerjasama Internasional Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar (2012–2015)
  • Wakil Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Hasil Munas Bali (2015–2016)
  • Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar (2016-Sekarang)
  • Ketua Departemen Pemenangan Pemilu Sulawesi Utara dan Gorontalo Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar (2018-Sekarang)
  • Wakil Ketua Golkar Institute, institusi pendidikan yang didirikan Partai Golkar

Organisasi masyarakat

  • Ketua Umum Terpilih Dewan Pimpinan Pusat Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (2022-2027)
  • Wakil Ketua Umum Generasi Penerus Perjuangan Merah Putih (2015-Sekarang)
  • Wakil Ketua Majelis Perimbangan Organisasi Purna Paskibraka Sulawesi Utara (2013-Sekarang)
  • Ketua Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Indonesia (2011–2014)
  • Ketua Bidang Hubungan Internasional Dewan Pimpinan Pusat Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (2010–2017)
  • Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Pengusaha Kosgoro 1957 (2010–2015)
  • Ketua Umum Ikatan Pemuda Mahasiswa Minahasa di Jakarta (2009-Sekarang)
  • Wakil Bendahara Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (2008–2011)

Penghargaan

Karya

Buku

Keluarga

Istri

Anak

Sumber
Litbang Kompas

error: Content is protected !!