Poster | Perguruan Tinggi

Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Perguruan tinggi negeri sebagai tujuan utama dalam melanjutkan pendidikan bagi siswa sekolah menengah tingkat atas, membuka berbagai jalur masuk untuk menjaring calon mahasiswa terbaik dari berbagai latar belakang dan potensi

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan tujuan pendidikan lanjutan yang paling diminati oleh sebagian besar lulusan SLTA dan sederajat. Wajar untuk berkesempatan menempuh pendidikan yang lebih tinggi di PTN, para siswa harus melalui berbagai jalur seleksi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi, baik secara bersama maupun mandiri.

Berdasarkan pasal 3 Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020, terdapat beragam jalur seleksi untuk memasuki program sarjana di PTN, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur lain.

Infografik di samping menampilkan perbedaan dari beragam jalur seleksi masuk PTN, termasuk yang kedinasan dan yang di bawah naungan Diktis Kementerian Agama.

Sumber
Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020, dan beberapa laman (ltmpt.ac.id, snmptn.ac.id, span-ptkin.ac.id, um-ptkin.ac.id, snmpn.politeknik.or.id, sbmpn.politeknik.or.id).

Kontributor
Muhammad Taufik Al Asy’ari

Dapatkan Lebih Banyak Poster Infografik

Dapatkan Lebih Banyak Poster Infografik

Daftarkan email Anda dan dapatkan berbagai poster infografik seputar peristiwa terkini.

close