Peta Tematik | Perguruan Tinggi

Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri-Badan Hukum

PTN-BH memberi kesempatan kembali bagi calon mahasiswa yang belum berhasil lulus SBMPTN, melalui ujian Seleksi Mandiri.

Pengumuman kelulusan SBMPTN 2021 telah dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada 14 Juni 2021 lalu. LTMPT mengumumkan ada sebanyak 184.942 peserta dinyatakan lulus seleksi UTBK-SBMPTN 2021 atau sekitar 23,78% dari total 777.858 pendaftar.

Penerimaan mahasiswa baru untuk PTN memiliki beberapa jenis mekanisme seleksi. Diawali dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dilanjutkan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dilakukan secara serentak. Dari kedua jenis seleksi ini, secara kumulatif mengisi sekitar 50-70% daya tampung di masing-masing PTN. Sejumlah PTN masih menyisakan sekitar 30-50% untuk diisi melalui Jalur Ujian Mandiri atau Seleksi Mandiri. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh calon mahasiswa yang belum berhasil terjaring melalui kedua mekanisme seleksi sebelumnya.

Pengelolaan seleksi mahasiswa baru pada jalur mandiri ini dilakukan sesuai dengan kebijakan masing-masing PTN baik dalam hal tes masuk, jadwal, hingga daya tampung masing-masing program studi. Bagi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) memberi kuota maksimum 50% dari total daya tampung, sedangkan kategori PTN lainnya maksimum hanya 30%.

Peta di atas menginformasikan duabelas PTN-BH yang membuka jalur mandiri, dilengkapi dengan rincian situs pendaftaran, batas waktu pendaftaran, serta daya tampung jalur mandiri dari masing-masing PTN-BH.

Sumber:

  • Peraturan Menteri eEndidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 6 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Pada Perguruan Tinggi Negeri
  • Artikel Kompas.com “LTMPT: Hanya 184.942 Peserta yang lulus SBMPTN 2021” (14 Juni 2021)
  • Laman resmi masing-masing PTN-BH

Kontributor
Muhammad Fiqi Fadillah

Editor
Slamet JP

Pahami Lebih Dalam dengan Infografik Peta Tematik

Pahami Lebih Dalam dengan Infografik Peta Tematik

Daftarkan email Anda dan dapatkan pemahaman mendalam dengan infografik peta tematik Kompaspedia

close