Peta Tematik | KRI Nanggala 402

Kecelakaan Kapal Selam di Dunia

Kapal Selam militer merupakan senjata mematikan yang sulit diketahui keberadaannya. Dengan beragam fungsi yang dimiliki, kecelakaan yang dialami kapal selam berarti kehilangan aset pertahanan yang sangat berharga.

Kapal selam KRI Nanggala 402 telah dinyatakan tenggelam di perairan utara Pulau Bali setelah empat hari dinyatakan hilang kontak sejak 21 April 2021. Seluruh awak kapal yang berjumlah 53 orang dinyatakan gugur dalam musibah ini.

KRI Nanggala 402 merupakan kapal selam perang dengan mesin diesel-listrik seri 209. Termasuk dalam kelas kapal selam serbu atau kapal selam pemburu. Desain dirancang khusus untuk tujuan menyerang dan menenggelamkan kapal selam lain dan kombatan permukaan.

Dalam riwayatnya, KRI Nanggala 402 telah menyelesaikan berbagai misi khusus dan beberapa gelar latihan yang dilakukan oleh TNI-AL. Musibah terjadi saat melakukan latihan rutin pada April 2021, KRI Nanggala 402 hilang kontak dan dinyatakan tenggelam pada kedalaman 838 meter.

Ini merupakan kecelakaan kapal selam yang pertama bagi Indonesia. Tercatat sejumlah kecelakaan kapal selam di dunia dalam rentang tahun 2000 hingga 2020, dapat dilihat pada peta di atas. Dilengkapi informasi lokasi kecelakaan, jenis kapal selam, jumlah korban, serta penyebabnya.

Sumber:

  • Artikel Kompas.com “Tenggelamnya KRI Nanggala – 402 dan Kecelakaan Fatal Kapal Selam di Seluruh Dunia” (26 April 2021)
  • Artikel Kompaspedia.kompas.id “Sejarah dan Peran Kapal Selam Indonesia” (27 April 2021)

Kontributor
Muhammad Fiqi Fadillah

Editor
Slamet JP

Pahami Lebih Dalam dengan Infografik Peta Tematik

Pahami Lebih Dalam dengan Infografik Peta Tematik

Daftarkan email Anda dan dapatkan pemahaman mendalam dengan infografik peta tematik Kompaspedia

close