Kronologi

Kronologi Peledakan Bom di Indonesia: Polisi Jadi Target Teror

Teror bom di Indonesia terjadi sejak 1957. Kala itu, serangan granat digunakan dalam peristiwa Cikini dan Kedutaan besar Malaysia di Jakarta. Pola serangan teror pun berkembang mulai dari pembajakan pesawat, peledakan bom, bom mobil, bom bunuh diri, hingga serangan bersenjata.

Teroris Di Mabes Polri

Polisi berjaga dengan senjata laras panjang di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (31/3/2021), setelah seorang terduga teroris menyerang markas kepolisian tersebut. Pelaku tewas setelah ditembak petugas. Foto: Kompas/Agus Susanto

Selain pola serangan, motif teror semakin berkembang. Sebelum 2010, gerakan teroris di Indonesia menjadikan orang asing sebagai simbol dunia barat sebagai target serangan. Gejala bergesernya tipe serangan dari menyasar musuh jauh ke musuh dekat (near enemy) mulai tampak sejak 2010.

Dari berbagai pengungkapan rencana serangan dan serangan yang terjadi, target teror bergeser menyasar simbol negara, seperti aparat polisi dan presiden (rencana), rumah ibadah gereja dan masjid (Masjid Adz-Dzikro Polres Cirebon, 2011), tokoh, pesohor, hingga penganut syiah.

 

15 Maret 2010

Seorang anggota Polsek Prembun, Kebumen, Jawa Tengah, tewas ditembak di Markas Kepolisian Sektor Prembun.

 

10 April 2010

Dua anggota Kepolisian Resor Purworejo, Jawa Tengah, ditemukan tewas di pos tempat mereka bertugas di Pos Polisi Kentengrejo, Jalan Raya Daendels, Kecamatan Purwodadi, Purworejo.

 

22 September 2010

Sekelompok orang bersenjata menyerang dan menembak mati tiga polisi di Markas Kepolisian Sektor Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumatera Utara.

 

Anggota Satuan Gegana Brimob Polda Jateng meneliti dan mengumpulkan komponen-komponen bom rakitan aktif yang ditemukan di dekat pagar Markas Polsek Kota Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah (7/12/2010). Belum diketahui siapa perakit bom. Kasus ini masih diselidiki. KOMPAS/IWAN SETIYAWAN

1 Desember 2010

Polisi menemukan bom rakitan di pos polisi dan gereja di Kecamatan Delanggu dan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

 

15 April 2011

Bom bunuh diri di dalam Masjid Mapolres Kota Cirebon, Jawa Barat, saat ibadah shalat Jumat. Satu pelaku tewas dan 27 orang luka-luka, salah satunya Kapolresta Cirebon.

Sejumlah personel dari Inafis Polda Sulawesi Tengah dan Pusat Laboratorium Forensik Polres Poso serta tim dari Mabes Polri mengidentifikasi lokasi bekas ledakan bom bunuh diri di halaman Markas Polres Poso (4/6/2013). Peristiwa itu menewaskan pelaku peledakan bom. Daerah Poso yang terpencil dan bergunung-gunung menjadi basis gerakan radikal untuk menyerang simbol-simbol negara.
KOMPAS/RENY SRI AYU

3 Juni 2013

Seorang pelaku yang mengendarai sepeda motor tewas setelah meledakkan diri di dekat pintu gerbang Mapolres Poso, Poso, Sulawesi Tengah.

 

20 Juli 2013

Markas Kepolisian Sektor Rajapolah di lingkungan Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota, Jawa Barat, diserang dua pelaku tak dikenal menggunakan bom panci. Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

 

16 Sep 2013

Sebuah bom panci meledak di Pos Polisi Ujung Tol Kaligawe, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah. Ledakan tersebut tidak menimbulkan korban, namun merusak beberapa bagian pos.

 

14 Januari 2016

Bom meledak di pos polisi perempatan Jalan MH Thamrin, kawasan Sarinah, Jakarta. Aksi teror tersebut mengakibatkan tujuh orang tewas, terdiri dari lima pelaku serangan dan dua warga sipil. Serangan tersebut juga menyebabkan 24 orang terluka, terdiri dari 15 warga sipil, 5 anggota kepolisian, dan 4 warga negara asing, yakni warga negara Belanda, Austria, Jerman, dan Aljazair.

 

5 Juli 2016

Seorang pengendara sepeda motor menerobos pintu masuk Markas Polresta Surakarta, Jawa Tengah dan meledakkan diri. Pelaku tewas dan seorang polisi terluka.

 

1 Januari 2018

Markas Kepolisian Sektor Bontoala, Makassar, Sulawesi Selatan, dilempari bom molotov dan melukai dua polisi.

 

Bekas sisa bahan peledak menempel di dinding rumah tahanan cabang Salemba, Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat (10/5/2018). Sejak 8 Mei 2018, terjadi kerusuhan di trumah tahanan Mako Brimob yang mengakibatkan lima polisi dan satu orang tahanan terorisme meninggal dunia. KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

8 Mei 2018

Kericuhan dan penyanderaan polisi terjadi di Rumah Tahanan Cabang Salemba, Markas Komando Brigade Mobil Polri di Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Penyanderaan yang berlangsung selama tiga hari ini menyebabkan lima anggota Polri gugur.

 

14 Mei 2018

Satu keluarga menggunakan dua sepeda motor melakukan bom bunuh diri di pintu masuk Markas Polrestabes Surabaya, Jawa Timur. Empat pelaku tewas dan 10 luka-luka (4 polisi dan 6 warga sipil).

 

16 Mei 2018

Sekelompok orang bersenjata tajam menyerang Markas Polda Riau. Mereka menabrakkan mobil yang ditumpanginya ke gerbang utama dalam kondisi setengah terbuka. Mereka mengejar dan menyerang beberapa polisi yang berseragam. Empat pelaku dan satu polisi tewas, empat orang luka-luka.

 

Polisi masih bersiaga dan tim Inafis serta Laboratorium Forensik Mabes Polri Cabang Semarang melakukan olah tempat kejadian perkara paskapenembakan di Pos Penjagaan Mako Brimob Polda Jawa Tengah di Purwokerto, Kabupaten Banyumas (25/5/2019). KOMPAS/MEGANDIKA WICAKSONO

25 Mei 2019

Pos jaga Markas Komando Brimob Kepolisian Daerah Jawa Tengah di Purwokerto ditembaki orang tidak dikenal. Tembakan yang diduga berasal dari dalam mobil yang melintas dari arah selatan ke utara itu melukai satu polisi.

 

3 Juni 2019

Bom bunuh diri oleh seorang pelaku terjadi di pos polisi lalu lintas pertigaan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Ledakan tersebut hanya melukai pelaku.

 

13 November 2019

Serangan bom bunuh diri terjadi di Markas Kepolisian Resor Kota Besar Medan, Sumatera Utara. Pelaku meledakkan diri di depan kantin yang bersebelahan dengan kantor pelayanan surat keterangan catatan kepolisian. Ledakan menyemburkan serpihan besi dan paku besar dan kecil. Akibatnya, pelaku tewas dan enam orang terluka, yakni empat polisi, satu warga, dan satu pegawai negeri sipil.

 

1 Juni 2020

Seorang pemuda dengan atribut Negara Islam di Irak dan Suriah menyerang Markas Kepolisian Sektor Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Akibat penyerangan itu, seorang polisi tewas di lokasi.

 

31 Maret 2021

Seorang perempuan bersenjata api menyerang petugas di Markas Besar Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta. Pelaku teror enam kali menembak petugas. Dua tembakan diarahkan ke petugas di dalam pos, dua ke polisi di luar pos, dan dua lagi ke polisi di belakangnya. Pelaku tewas setelah dilumpuhkan dengan tembakan.

Referensi

  • Pembunuhan: Dua Polisi Dipastikan Ditembak. KOMPAS, 12 April 2010. Halaman: 024.
  • Dua Polisi Ditemukan Tewas * Warga Mendengar Suara Tembakan. KOMPAS, 11 April 2010. Halaman: 003.
  • Penyerangan Mapolsek: Teror di Malam Penuh Kedamaian. KOMPAS Sumbagut, 23 September 2010. Halaman: 026.
  • Ansyaad Mbai: Target Serangan, Timbulkan Krisis Kepercayaan. KOMPAS, 23 September 2010. Halaman: 005.
  • Polisi Bisa Identifikasi Pelaku *Pelaku Maju Meledakkan diri. KOMPAS, 16 April 2011. Halaman: 001.
  • Kondisi Poso Masih Bergejolak *Seorang Terduga Teroris Tewas Ditembak. KOMPAS, 11 Juni 2013. Halaman: 15.
  • Polisi Tingkatkan Kewaspadaan *Polsek Rajapolah, Tasikmalaya Dikirimi Bom. KOMPAS, 21 Juli 2013. Halaman: 02.
  • Aksi Teror: Pos Polisi di Semarang Diledakkan. KOMPAS SIANG, 17 September 2013, Halaman: 02.
  • Aksi Teror: 7 Orang Tewas, 24 Terluka * Teror Jakarta. KOMPAS, 15 Januari 2016. Halaman: 02
  • Konflik Ideologi Vs Konflik Agama. KOMPAS, 16 Juli 2016. Halaman: 07.
  • Kilas Daerah: Polisi Buru Pelaku Pelemparan Bom Molotov. KOMPAS, 02 Januari 2018. Halaman: 21.
  • Saatnya Negara Tegas * Duka Bangsa. KOMPAS, 11 Mei 2018. Halaman: 01.
  • Kejahatan Luar Biasa, Ditangani Luar Biasa * Satu Meja. KOMPAS, 16 Mei 2018. Halaman: 05.
  • Insiden Mapolda Riau: Menjalani Lima Menit Terlama. KOMPAS, 17 Mei 2018. Halaman: 01.
  • Insiden Mapolda Riau: Menjalani Lima Menit Terlama. KOMPAS, 17 Mei 2018. Halaman: 01.
  • Kilas Politik & Hukum: Pengamanan Ditingkatkan. KOMPAS, 7 Juni 2019. Halaman: 03.
  • Satu Dekade, Polisi Jadi Sasaran Teror. KOMPAS, 14 November 2019. Halaman: 01.
  • Teror Tunggal Sasar Polisi. KOMPAS, 2 Juni 2020. Halaman: 15.
  • Polisi Dalami Jaringan Penyerang Mabes Polri. KOMPAS, 01 April 2021. Halaman: 01.

Penulis
Rendra Sanjaya

Editor
Inggra Parandaru

Ikuti Kronologi Peristiwa dari Awal hingga Akhir

Ikuti Kronologi Peristiwa dari Awal hingga Akhir

Daftarkan email Anda dan ikuti kronologi peristiwa terkini secara lengkap di Kompaspedia.

close