Foto

Destinasi Wisata Indonesia Kekinian yang Hits di Media Sosial

Indonesia memiliki destinasi wisata yang kekinian. Dari Sabang sampai Merauke, kita bisa menemukan tempat-tempat indah dan memukau yang dipopulerkan salah satunya di media sosial.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Pengunjung mengabadikan deretan gedung pencakar langit dari Skywalk Senayan Park, Senayan, Jakarta, Rabu (29/12/2021). Tempat ini menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat di akhir tahun yang ingin menyaksikan pemandangan dari ketinggian. Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pengelola membatasi hanya 100 orang saja yang bisa masuk ke skywalk secara bergiliran.

Media sosial kini menjadi salah satu alat untuk promosi destinasi wisata yang kekinian. Promosi destinasi wisata tersebut melalui unggahan momen liburan para pelancong dan pemajang foto di media sosial. Di tengah pandemi covid-19, sejumlah tempat wisata mendadak populer dan menjadi perbincangan di media sosial.

Selama masa pandemi covid-19, ternyata beberapa lokasi berubah dan berbenah menjadi destinasi wisata dadakan. Wisatawan tidak sedikit yang masih tetap menikmati liburan dengan mengunjungi destinasi wisata selama pandemi covid-19. Pelaku wisata mulai mencari ide dalam menawarkan wahana dan spot yang unik, bersih, dan menyajikan pemandangan alam yang menarik. Banyak ide-ide kreatif para pelaku wisata mampu menarik pelancong untuk berkunjung ke destinasi wisata yang dikelola.

Destinasi wisata kekinian yang lagi hits di tengah pandemi covid-19, antara lain, Museum Macan (Jakarta Barat), Moja Museum (Jakarta Selatan), Senayan Park (Jakarta Pusat), Jembatan Gantung Situgunung (Bogor), Nepal Van Java (Magelang), Svarga Bumi, Bunker Kaliadem (Yogyakarta), Kalibiru (Kulon Progo), Tebing Breksi (Sleman), Kampung Pelangi ( Semarang), Bukit Jamur (Gresik), Dusun Semilir (Semarang), Savana Bekol (Situbondo), Pulau Padar (NTT), dan Telaga Biru Samares (Papua).

Berikut ini destinasi wisata hits di Indonesia yang terekam oleh para jurnalis dalam arsip Kompas.

KOMPAS/YUNIADHI AGUNG (MYE)

Warga bermain sepatu roda di lintasan yang ada di dalam Moja Museum, kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (16/10/2020).

KOMPAS/RIZA FATHONI (RZF)

Pengunjung beraksi di Museum Moja di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2019).

KOMPAS/DWI AS SETIANINGSIH

Warga melewati Jembatan Gantung Situ Gunung di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (2/8/2020). Sejumlah warga pergi ke alam bebas untuk melepas penat setelah “terkurung” di rumah akibat pandemi Covid-19.

KOMPAS/DWI BAYU RADIUS

Beberapa warga melewati jembatan gantung Situgunung di Desa Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (8/7/2019). Jembatan itu berada tak jauh dari arena berkemah Tanakita.

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Wisatawan menikmati permainan perosotan di salah satu wahana di Dusun Semilir, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (11/12/2021). Berbagai obyek wisata kembali ramai dikunjungi dalam sebulan ini setelah pelonggaran pembatasan sosial dilakukan pemerintah. Protokol kesehatan perlu tetap dilaksanakan untuk mengantisipasi lonjakan penularan Covid-19 mendekati libur sekolah dan libur akhir tahun.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)

Rumah yang berjejal di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjadi daya tarik utama dusun di lereng Gunung Sumbing itu, Selasa (14/12/2021). Selama pandemi Covid-19, ada kecenderungan masyarakat lebih mengeksplorasi tujuan wisata di dalam negeri dan bepergian dengan kendaraan pribadi

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)

Permukiman warga di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah, terlihat dari udara, Minggu (6/12/2020). Dusun yang berada di lereng Gunung Sumbing itu dikembangkan menjadi obyek wisata yang dikenal dengan nama Nepal Van Java sejak pertengahan tahun ini. Menurut pengelola wisata, pengunjung dusun itu saat akhir pekan kerap mencapai sekitar 2.000 orang per hari. Pengembangan wisata di dusun yang sejak dahulu dikenal sebagai salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Sumbing itu menghadirkan lapangan pekerjaan bagi warga setempat

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)

Murid PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dibimbing guru mereka mengikuti pelajaran olahraga sekaligus berekreasi di sekitar tempat tinggal mereka di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (14/12/2021). Kegiatan itu penting untuk mendukung tumbuh kembang mereka. Dusun di lereng Gunung Sumbing tersebut dihuni sedikitnya 475 keluarga. Gunung yang semakin dikenal dengan nama Nepal van Java tersebut terus dikembangkan menjadi desa wisata dengan harapan mampu menghadirkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)

Obyek wisata Svarga Bumi di areal persawahan Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (1/12/2020). Sejumlah obyek wisata baru yang bermunculan di kawasan sekitar Candi Borobudur menghadirkan lapangan pekerjaan bagi warga setempat.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA)

Wisatawan mengunjungi obyek wisata Svargabumi di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (31/10/2020). Berbagai obyek wisata dipadati wisatawan yang memanfaatkan masa libur panjang cuti bersama meski pandemi belum berakhir.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Wisatawan asal Perancis mengunjungi kawasan Kaliadem di Kecamatan Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, untuk menyaksikan pemandangan Gunung Merapi, Selasa (9/8/2016). Kawasan lereng Merapi masih menjadi primadona wisata Kabupaten Sleman.

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Daerah aliran sungai yang tertata dengan latar belakang kampung pelangi di Kampung Wonosari, Kelurahan Randusari, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (30/10/2020). Berbagai fasilitas publik dibangun di tempat itu, seperti perpustakaan dan taman.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Wisatawan menunggu giliran berfoto dengan latar belakang pemandangan Waduk Sermo di obyek wisata Kalibiru, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Jumat (2/12/2016). Obyek wisata itu dikembangkan dan dikelola warga setempat sehingga mampu menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat di kawasan itu.

KOMPAS/HARIS FIRDAUS

Wisatawan berkunjung ke Tebing Breksi di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (25/12/2017). Tebing Breksi menjadi salah satu obyek wisata di DIY yang dikunjungi banyak wisatawan selama masa libur Natal ini.

KOMPAS/HARRY SUSILO (ILO)

Kawanan rusa timor (Cervus timorensis) bercengkerama di kawasan padang savana Bekol di Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, sekitar 240 kilometer arah timur Surabaya, Kamis (18/4/2013). Taman Nasional Baluran lekat dengan julukan “Africa van Java” karena terkenal dengan ekosistem savana dan kekayaan faunanya.

KOMPAS/ADI SUCIPTO

Lokasi eks penambangan bahan galian C di Desa Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Minggu (19/4/2015), ramai pengunjung. Mereka ingin menikmati bukit jamur. Bagian lahan yang tidak dapat ditambang akibat terkena hujan dan panas ini, akhirnya membentuk bangunan seperti jamur yang baru kuncup. Lokasi itu kini menjadi tempat tujuan wisata baru yang dibuka hanya pada hari Minggu.

KOMPAS/YOVITA ARIKA

Wisatawan berfoto di puncak bukit di Pulau Padar dengan latar belakang teluk-teluk yang ada di pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, tersebut, 31 Agustus 2015.

KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Wisatawan berenang di Telaga Biru Samares, Kampung Sepse, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua, awal Mei 2021. Tempat ini baru menjadi daerah wisata pada tahun 2015 dengan pendampingan dari Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung Biak Numfor.

KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Wisatawan menikmati suasana di Telaga Biru Samares, Kampung Sepse, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua, awal Mei 2021. Telaga ini hanya berjarak sekitar 100 meter dari Pantai Samares.

Foto lainnya dapat diakses melalui https://www.kompasdata.id/
Klik foto untuk melihat sumber.

error: Content is protected !!