Foto | Kendaraan Listrik

Prospek Mobil Listrik di Indonesia

Tren mobil listrik sebagai kendaraan masa depan yang ramah lingkungan semakin menguat di sejumlah negara. Bahan bakar fosil yang semakin menipis dan dampak gas buang kendaraan bermotor bbm yang menimbulkan polusi udara, membuat kendaraan ini semakin mendapat tempat sebagai kendaraan masa depan yang minim bahkan bebas emisi. 

SEKRETARIAT PRESIDEN/AGUS SUPARTO

Presiden Joko Widodo saat ground breaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik milik PT HKML Battery Indonesia di Kompleks Karawang New Industrial City, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (15/9/2021).

Pada 8 Agustus 2019, Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. Regulasi ini berisi insentif fiskal dan nonfiskal bagi pengembangan kendaraan listrik, di antaranya keringanan pajak, DP 0 persen, bebas ganjil genap dan beberapa ketentuan lainnya, yang bertujuan agar banyak orang yang tertarik dan beralih menggunakan kendaraan listrik ini.

Berbagai produsen mobil perlahan tapi pasti, akhirnya mulai mengembangkan dan memasarkan mobil listrik dengan dua jenis sebagai alternatif. Tipe mobil listrik murni yang hanya menggunakan baterai sebagai sumber energinya, dan tipe hibrida (hybrid) yang merupakan perpaduan mesin bensin dan baterai listrik. Tipe hibrida ini sebagai alternatif pilihan karena masih kurangnya unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di Indonesia.

Peletakan batu pertama oleh Presiden Joko Widodo untuk pembangunan pabrik baterai listrik, HKML Battery Indonesia, di Proyek Karawang New Industrial City, Karawang (15/09/2021), membuktikan keseriusan pemerintah dalam memproduksi sendiri kendaraan listrik dan baterainya. Hasil produksi baterai mobil listrik ini nantinya akan memasok ke pabrik mobil listrik yang sedang dibangun oleh Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.

Jika merunut ke belakang, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) sejak 1985 mulai merintis pembuatan mobil listrik tenaga surya, yang pada saat itu di negara maju pun jenis kendaraan ini masih dalam tahap eksperimen. Mobil listrik tenaga surya pertama Indonesia bernama Widya Wahana I diluncurkan pada 19 November 1989 di Monas, Jakarta Pusat. Tak lama kemudian, bermunculan pada tahun-tahun berikutnya, antara lain, Kancil, Marlip, Kujang 193, Tucuxi, Optima 1, Lowo Ireng, Cikal Cakrawala EV, Molina, bus listrik Hevina dan berbagai versi mobil listrik lainnya. Ini membuktikan bahwa kemampuan anak bangsa Indonesia pun tidak kalah dalam mengembangkan teknologi mobil listrik.

Namun, realisasi mobil listrik sebagai mobil nasional sekian lama terbentur dengan berbagai kepentingan pemerintah dan perusahaan produsen kendaraan konvensional yang berbahan bakar minyak. Dibutuhkan dukungan pemerintah untuk menjembatani hasil-hasil penelitian anak bangsa, dengan produsen industri otomotif dalam memproduksi massal hasil penelitiannya. Harga jual yang tinggi dan ketersediaan baterai sebagai bahan bakar mobil listrik juga menjadi hambatan utama dalam pengembangan mobil listrik di Indonesia.

Kini, sejumlah armada taksi sudah menggunakan mobil listrik sebagai salah satu bentuk layanan kepada penumpang. Meskipun jumlah unit kendaraan taksi yang menggunakan tenaga listrik belum banyak, namun hal tersebut cukup membantu mengenalkan kepada masyarakat agar masyarakat ikut mencoba merasakan kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Baca juga: Harga Mahal Mobil Listrik Jadi Tantangan

Mobil Listrik Karya Anak Negeri

KOMPAS/DIAH MARSIDI

Mendikbud Fuad Hassan menuliskan nama Widya Wahana I bagi mobil listrik tenaga surya hasil eksperimen para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, di Silang Monas Jakarta, Minggu pagi (19/11/1989). Nama yang berarti Kendaraan Ilmiah itu hasil kompromi Fuad Hassan dan Mensesneg Moerdiono.

KOMPAS/PRIYOMBODO

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi KH Abdullah Gymnastiar mengendarai mobil hemat energi Marlip yang dikembangkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Lapangan Monumen Nasional, Kamis (27/10/2005). Presiden menyatakan tahun 2005/2006 sebagai tahun Indonesia untuk pencanangan ilmu pengetahuan.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencoba mobil golf listrik buatan Universitas Gadjah Mada, saat menghadiri puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke-17 di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/8/2012). Hakteknas dicanangkan pada penerbangan perdana pesawat buatan dalam negeri, N-250 Gatotkaca.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Rektor Universitas Pasundan Didi Turmudzi mengendarai mobil listrik Kujang 193 karya mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Pasundan, Bandung, Jawa Barat, Kamis (1/11/2012). Mobil listrik bertenaga baterai itu mampu melaju hingga 60 kilometer per jam. Mobil disiapkan enam bulan oleh tim mahasiswa yang berjumlah 10 orang. Rencananya, mobil ini akan dikembangkan menjadi mobil penumpang jenis city car.

KOMPAS/SRI REJEKI

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengguyur mobil listrik miliknya, Tucuxi, dengan air kembang saat ritual tolak bala di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (5/1/2013). Ritual yang dipimpin dalang Ki Manteb Soedharsono (kiri) ini mengawali uji kendara 1.000 kilometer dengan tahap awal menempuh rute Solo-Magetan. Saat uji kendaraan itu, Dahlan mengalami kecelakaan di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Tucuxi adalah mobil listrik ciptaan Danet Suryatama, alumnus ITS.

KOMPAS/SYAMSUL HADI

Rektor Universitas Jember Moh Hasan, dikawal sejumlah mobil dan puluhan motor, mencoba mobil listrik buatan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember, Jawa Timur, Kamis (14/2/2013)

KOMPAS/ALOYSIUS BUDI KURNIAWAN

Prototipe mikrobus listrik Hevina hasil pengembangan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mulai menjalani uji coba sekaligus pengoperasian perdana oleh Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X di Taman Pintar Yogyakarta, Senin (20/5/2013). Bus listrik berkapasitas 15 penumpang itu dipastikan ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi. Selama menjalani masa uji coba, Hevina melayani rute wisata mulai dari Taman Pintar, Malioboro, Alun-alun Utara Yogyakarta, hingga Keraton Yogyakarta.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meluncurkan mobil listrik berbentuk bus dengan interior didesain untuk ruang rapat di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Serpong, Tangerang Selatan, Senin (26/8/2013). Mobil ini dapat dipacu dengan kecepatan mencapai 100 kilometer per jam dan daya tahan baterai hingga jarak 150 kilometer untuk sekali pengecasan.

KOMPAS/DAHLIA IRAWATI

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang menunjukkan mobil listrik buatan mereka Optima 1, Rabu (30/10/13). Mobil listrik dibuat dengan harapan mampu membantu menjaga lingkungan dengan mengurangi emisi karbon.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Sejumlah mobil bertenaga listrik diuji coba di kompleks Kampus Universitas Gadjah Mada, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (22/11/2013). Uji coba kendaraan tersebut merupakan bagian dari sosialisasi penerapan teknologi ramah lingkungan pada kendaraan.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Mobil bertenaga listrik bernama Cikal Cakrawala EV dipamerkan dalam STEI ITB Innovation Day di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB), Jawa Barat, Kamis (28/11/2013). Mobil efisien karya tim mahasiswa ITB sebanyak 16 orang itu menggunakan tenaga baterai 20 AH dan mampu berjalan dengan kecepatan 30 km/jam. Tim pembangun kendaraan ini juga membuat cetakan bodi kendaraan sehingga memungkinkan jika akan diproduksi massal.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Mobil listrik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Ezzy I dan Ezzy II dipamerkan di FX Plaza Sudirman, Jakarta, Selasa (29/4/2014). Kedua mobil listrik yang diproyeksikan menjadi mobil nasional tersebut akan menjalani tur dari Jakarta menuju Surabaya melalui Bandung dan Yogyakarta pada 2-6 Mei 2014.

KOMPAS/DEFRI WERDIONO

Tim Sang Surya Eco Energi dari Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur (Jatim), Rabu (15/10/2014), mempersiapkan mobil listrik dan diesel yang akan diikutsertakan dalam ajang Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2014 yang berlangsung pada 16–19 Oktober di Surabaya, Jatim. Dalam IEMC 2014 ini, tiga dari empat mobil asal UMM lolos untuk beradu, yakni Bismillah Porto (prototipe listrik), WOR 64 (urban diesel), dan Surya Eco 3 (urban listrik).

KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Mobil listrik tenaga surya karya tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Widya Wahana V dipamerkan di Surabaya, Senin (14/9/2015). Mobil itu akan dilombakan di World Solar Challenge 205 di Australia, Oktober 2015. Lomba itu akan menempuh 3.000 kilometer dari Darwin ke Adelaide.

KOMPAS/HARIS FIRDAUS

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjajal mobil formula hybrid karya siswa SMK Muhammadiyah 1 Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (10/8/2016). Mobil yang selesai dirakit pada Maret 2016 itu bisa digerakkan dengan bahan bakar premium dan listrik.

KOMPAS/LUKAS ADI PRASETYA

Mobil listrik Enggang Evo 1 karya mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan diluncurkan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (16/11/2017). Ini adalah mobil listrik pertama di Kalimantan buatan mahasiswa dan akan dilombakan dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia IX di Bandung.

KOMPAS/HARIS FIRDAUS

Mobil listrik buatan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada ikut parade kendaraan listrik yang digelar Minggu (18/2/2018), di Yogyakarta. Parade untuk Hari Pendidikan Tinggi Teknik itu diikuti kendaraan listrik berupa 4 mobil, 1 sepeda motor, 1 becak dan 2 sepeda.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Pengunjung melihat bus listrik produksi PT Mobil Anak Bangsa (MAB) dalam pameran kendaraan komersial di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu (3/3/2018). PT Angkasa Pura II dan MAB menjalin kerja sama uji coba penggunaan bus listrik untuk beroperasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

KOMPAS/PRIYOMBODO

Kendaraan listrik yang mengikuti Jambore Kendaraan Listrik Nasional 2019 melintas di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2019). Jambore yang diikuti oleh kendaraan listrik produksi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini menempuh jarak 900 kilometer dari Surabaya menuju Jakarta.

Mobil Listrik yang Beredar di Indonesia

KOMPAS/ALIF ICHWAN

i MiEV (Mitsubishi innovative Electric Vehicle) produksi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) adalah kendaraan bertenaga listrik dengan baterai litium-ion dan ramah lingkungan. Suasana saat melaju di kawasan Nusa Dua, Bali, Kamis (10/2/2011).

KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Listrik disiapkan di area parkir kendaraan di Kawasan Nusa Dua, Bali, tempat penyelenggaraan Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC), Selasa (1/10/2013). Stasiun ini akan melayani pengisian mobil listrik yang menurut rencana akan digunakan selama pertemuan berlangsung.

KOMPAS/STEFANUS OSA TRIYATNA

All New Camry dan Alphard Berteknologi Hybrid (8/8/2017).

KOMPAS/PRIYOMBODO

PT Blue Bird Tbk meluncurkan mobil tenaga listrik sebagai armada terbarunya di Jakarta, Senin (22/4/2019). Pada tahap awal, Blue Bird mengoperasikan 25 unit mobil listrik BYD dan 4 unit mobil listrik Tesla. Peluncuran dihadiri oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Direktur PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono, dan Presiden Direktur Blue Bird Group Holding Noni Purnomo.

KOMPAS/DAHONO FITRIANTO

BMW i3s, adalah mobil bertenaga listrik murni (battery electric vehicle/BEV) pertama yang dipasarkan BMW Group Indonesia di Indonesia. Mobil ini diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Motor Show 2019, Kamis (18/7/2019).

KOMPAS/DAHONO FITRIANTO

Mercedes-Benz E 300e EQ Power, adalah mobil berteknologi PHEV (plug-in hybrid electric vehicle) pertama yang diluncurkan PT Mercedes-Benz Distributions Indonesia (MBDI) di pasar Indonesia. Mobil diluncurkan saat pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2019).

KOMPAS/EDDY HASBY

Nissan LEAF yang merupakan mobil listrik murni di ajang GIIAS 2019, ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019).

KOMPAS/EDDY HASBY

Toyota Prius PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicles) dan Toyota Prius HEV (Hybrid Electric Vehicles) (kanan), lokasi The Heritage Palace, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (29/8/2019).

KOMPAS/EDDY HASBY

Uji jarak jauh Toyota C-HR Hybrid 2019 dengan rute Jakarta-Candi Borobudur 9-13 September 2019. Lokasi: Balkondes Tuksongo, Pulon, Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (11/9/2019).

KOMPAS/EDDY HASBY

Kabin BMW i3 eDrive, lokasi: BPPT kawasan Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (12/11/2019).

KOMPAS/EDDY HASBY

Hyundai Ioniq, mobil listrik murni pertama Hyundai yang masuk Indonesia, di depan Gedung Sate, Bandung, Selasa (4/8/2020).

KOMPAS/EDDY HASBY

Lexus UX 300e. Gambar diambil di SPKLU PLN Gambir, Jakarta, Jumat (29/1/2021).

KOMPAS/EDDY HASBY

Komponen mesin Lexus UX 300e. Lokasi SPKLU PLN Gambir, Jakarta, Jumat (29/01/2021).

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Pengunjung melihat tampilan mobil listrik Tesla yang didatangkan oleh Prestige Motor dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 18 April 2021.

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Morris Garage (MG) menampilkan kendaraan listriknya, MG ZS EV saat pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (18/4/2021). Setelah absen pada tahun lalu dan berkutat dengan kegiatan virtual, IIMS 2021 akhirnya digelar kembali pada 15–25 April 2021. Pameran kali ini menggunkan konsep hibrida atau daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kapasitas pengunjung yang hadir dibatasi maksimal 25 persen dari kapasitas normal atau hanya 500 orang dari kapasitas 2.000 pengunjung.

KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Pengisian daya mobil listrik berlangsung di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Pertamina, di Jalan Fatmawati, Jakarta, 1 September 2021. Pemerintah menargetkan 15 juta kendaraan listrik, terdiri dari 2 juta unit roda empat dan 13 juta unit roda dua, beroperasi di Indonesia pada tahun 2030.

Foto lainnya dapat diakses melalui http://www.kompasdata.id/
Klik foto untuk melihat sumber.

Referensi

Arsip Kompas
  • “Mobil Listrik Tenaga Surya Pertama Buatan Indonesia Meluncur dari Monas”. Kompas, 20 November 1989, hlm 3.
  • “Mobil Listrik: Habis Kancil Datanglah Marmut”. Kompas,24 Mei 2003, hlm 10.
  • “Mobil Marlip Solusi Iptek * Siap Bersaing dengan Mobil Sejenis”. Kompas, 26 Oktober 2005, hlm 13.
  • “Sosok: Marlip Masrah Kian Melaju”. Kompas, 28 November 2005, hlm 16.
  • “Babak Baru Industri Mobil Listrik Nasional”. Kompas, 16 September 2021, hlm 1.