Poster | Olimpiade Paris 2024

Olimpiade Paris 2024: Perjalanan Indonesia vs Guinea

Empat kesamaan Timnas Indonesia U-23 dan Guinea U-23 yakni tim debutan, satu grup dengan tuan rumah, lolos semifinal, dan gagal di perebutan tempat ketiga.

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Timnas Guinea U-23 untuk perebutan tiket ke Olimpiade Paris 2024. Laga Indonesia lawan Guinea bakal berlangsung di Paris pada Kamis (9/5/2024). Pemenang dari laga tersebut akan menempati Grup A cabang olahraga Sepakbola Olimpiade yang sudah diisi Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Perancis.

Pasukan Garuda Muda lolos ke putaran final Piala Asia U-23 sebagai debutan. Lantas, Indonesia bergabung dengan tuan rumah Qatar di babak grup dan finis di peringkat kedua mendampingi Qatar di posisi pertama untuk maju di babak gugur.

Di babak semifinal Indonesia gagal melaju ke final setelah kalah dari Uzbekistan, juara pada turnamen Piala Asia U-23 di tahun 2016. Kemudian Indonesia kembali gagal di perebutan posisi ketiga oleh Irak, juara Piala Asia U-23 tahun 2013.

Timnas Guinea U-23 lolos ke putaran final Piala Afrika U-23 sebagai tim debutan atau perdana di ajang tersebut. Kemudian Guinea bergabung di Grup A bersama tuan rumah Maroko dan lolos ke babak gugur mendampingi tuan rumah yang memuncaki klasmen akhir di Grup A.

Berlanjut di babak gugur, Guinea kandas di semifinal setelah kalah dari Mesir dengan skor tipis 0 – 1. Mesir adalah juara turnamen tersebut tahun 2019.   Kemudian di perebutan tempat ketiga, Timnas Guinea U-23 kalah dari Mali dengan skor 3-4 lewat babak adu penalti setelah bermain imbang 0 – 0 di waktu normal dan perpanjangan waktu. (LITBANG KOMPAS)

Sumber
Asian Football Confederation
Confederation of African Football

Infografik:
Albertus Erwin Susanto

Naskah:
Dwi Erianto

Editor:
Topan Yuniarto

Artikel terkait