Tokoh

Abdul Halim Iskandar

Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menjabat sebagai Menteri Desa PDTT dalam Kabinet Indonesia Maju. Sebelumnya Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur.

Fakta Singkat

Nama Lengkap
Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd.

Lahir
Tanjung Karang, 26 Agustus 1962

Almamater
IKIP Yogyakarta
IKIP Malang

Jabatan Terkini
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi
Republik Indonesia
Periode 2019-2024

Abdul Halim Iskandar adalah seorang politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dia menjabat sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dalam Kabinet Indonesia Maju (2019—2024) di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo. Karier politik terakhirnya sebelum menjabat sebagai menteri adalah Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur.

Tumbuh di pesantren

Abdul Halim Iskandar lahir di Jombang pada tanggal 14 Juli 1962. Dia menikah dengan Lilik Umi Nasriiyah dan memiliki tiga orang anak. Masa kecil maupun pendidikannya dari SD sampai SMA dia habiskan di Jombang. Selain pendidikan formal, dia juga mengenyam pendidikan non-formal di Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif tahun 1968—1980.

Setelah lulus dari MAN Mambaul Ma’arif Denayar Jombang tahun 1980, Halim Iskandar melanjutkan pendidikan S1 di IKIP Yogyakarta pada jurusan Filsafat dan Sosiologi. Gelar sarjana dia raih pada tahun 1987.

Pria asal Jombang ini kemudian kembali ke Jawa Timur untuk melanjutkan pendidikan S2 di IKIP Malang. Jurusan yang dia ambil adalah Manajemen Pendidikan. Gelar master diperolehnya pada tahun 1992.

Karier

Di bidang pendidikan Halim Iskandar memulai karirnya sebagai guru BP MAN Mambaul Ma’arif Denayar yang merupakan almamaternya. Selanjutnya, Halim juga pernah menjadi Kepala SMK Sultan Agung Jombang.

Kariernya di dunia pendidikan tinggi dimulai saat dia menjadi Dosen IKAHA Tebuireng. Kemudian pada tahun 1993—1997 setelah menyelesaikan program master, Halim menjadi Dekan Fakultas Tarbiyah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng.

Selain di dunia pendidikan, Halim juga aktif berkarier di bidang kesehatan. Dia merupakan Direktur Utama PT RSNU Jombang sejak 2012.

Halim Iskandar juga aktif berkegiatan di dunia politik. Dia merupakan Ketua DPRD Kabupaten Jombang dari tahun 1999 hingga 2009. Dari kabupaten Halim maju ke provinsi dengan menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur dari tahun 2009 sampai 2014. Setelah itu kariernya kembali naik dengan menjadi Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur tahun 2014 hingga 2019.

Pada 23 Oktober 2019, Halim Iskandar dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019—2024.

Referensi

BIODATA

Nama

Lahir

Jabatan

: Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd. 

:  Jombang, 14 Juli 1962

: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kabinet Indonesia Maju (2019-2024)

pendidikan

  • Sarjana Strata 1, IKIP Yogyakarta
  • Sarjana Strata 2, IKIP Malang

karier

Pemerintahan

  • Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur (2009-2014)
  • Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur (2014-2019)
  • Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kabinet Indonesia Maju (2019-Mei 2024)

Nonpemerintahan

  • Dosen IKAHA Tebuireng
  • Dekan Fakultas Tarbiyah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng
  • Direktur Utama PT RSNU Jombang

kiprah organisasi

  • Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Jombang
  • Ketua DPC PKB Kabupaten Jombang
  • Ketua DPW PKB Provinsi Jawa Timur
Butuh Informasi Terkini tentang Tokoh Ternama?

Butuh Informasi Terkini tentang Tokoh Ternama?

Daftarkan email Anda sekarang untuk mendapatkan informasi terkini tentang tokoh ternama.

close