KOMPAS/NIKSON SINAGA
Masyarakat lokal menyaksikan 17 pebalap dari sembilan negara menjajal eksotisme lintasan di Danau Toba pada Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H20) di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Jumat (1/3/2024).
Fakta Singkat
- F1 Powerboat atau F1 H20 diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique (UIM).
- Ajang balap perahu motor pertama digelar pada tahun 1981.
- Perahu motor yang digunakan bermesin 3.500 cc dan energi sebesar 500 tenaga kuda.
- Sudah ada 14 pebalap yang menjadi juara dunia F1 H20.
- Guido Cappellini dari Italia dalah pebalap terbanyak juara dunia dengan 9 kali.
- Indonesia pertama kali menyelenggarakan F1 H20 pada 2023 di Danau Toba, Sumut.
- Indonesia bakal menjadi tuan rumah F1 H20 hingga 2027.
Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 atau biasa disebut F1 Powerboat adalah kompetisi balap perahu motor internasional untuk perahu motor yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique (UIM) dan dipromosikan oleh H2O Racing, sehingga kejuaraan itu sering disebut sebagai F1H2O .
Jika Formula One (F1) adalah balap mobil tercepat dengan kelas tertinggi di darat, F1 H20 adalah balap perahu motor tercepat di air. Kecepatan Powerboat hingga 250 km per jam dan perahu motor tersebut sanggup mencapai kecepatan 150 km per jam hanya dalam 4 detik.
Kecepatan itu dicapai karena powerboat ditenagai mesin berformasi V8 berkekuatan 500 tenaga kuda (horse power). Nama powerboat disematkan bagi perahu-perahu untuk balapan air lantaran kecepatannya mirip mobil F1 dan dijuluki sebagai jet air tercepat di dunia.
Pebalap F1 Powerboat harus memiliki kemampuan pengambilan keputusan dan keberanian yang luar biasa karena setelah dimasukkan ke dalam kapsul keselamatan yang tertutup sepenuhnya, ia hanya memiliki keterampilan, keberanian, dan sejumlah keberuntungan untuk mencapai kesuksesan di sirkuit balap. Sirkuit untuk balapan biasanya di perairan tertentu, seperti danau, sungai, dermaga, atau teluk terlindung.
KOMPAS/NIKSON SINAGA
Sebanyak 17 pebalap dari sembilan negara menjajal eksotisme lintasan di Danau Toba pada Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H20) di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Jumat (1/3/2024).
Sejarah
Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 pertama diselenggarakan pada 1981. Kejuaraan Dunia balap perahu motor ini digelar oleh Union Internationale Motonautique (UIM) dan dipromosikan dan disponsori oleh H2O Racing.
Sebelum ada kejuaraan F1 H20 ada dua tim balap perahu motor yang bergengsi yang sering bersaing, yakni tim OMC dan Mercury. Kedua tim raksasa itu menampilkan motor air yang sangat cepat. OMC dengan V8 3,5 liter yang kemudian dikenal sebagai OZ dan Mercury memiliki ON dengan mesin berkekuatan 2,0 liter.
Dalam perkembangnnya, Kelas OZ dan ON masing-masing mengadakan kejuaraannya sendiri pada tahun 1981. Kedua kejuaraan tersebut berusaha menggunakan gelar Formula 1 untuk memasarkan diri mereka sebagai puncak balap perahu motor. Persaingan itu membuat Union Internationale Motonautique (UIM) turun tangan untuk membereskan dualisme kejuaraan balap air terbesar. UIM kemudian memutuskan kelas OZ dianugerahi status Formula 1, sementara kelas ON diberi gelar hiburan “World Grand Prix”.
Dalam perjalanannya, banyaknya korban di balapan perahu motor di kelas OZ sehingga berimbas penggunaan motor OZ dihentikan. Dampaknya, selama tiga tahun, tidak ada pergelaran F1H2O sejak tahun 1987 hingga 1989.
UIM kemudian menyelenggarakan kembali kategori Formula 1 ke status Kejuaraan Dunia pada tahun 1990. Seri FONDA World Grand Prix yang sudah berjalan sebelumnya pada tahun tersebut menjadi Kejuaraan Dunia Formula 1 atau F1H20. F1 H2O kali ini digelar dan mengunakan mesin 2,0 Mercury sebagai pengganti mesin sebelumnnya motor OZ yang banyak menjadi korban.
Sejak itu, motor air yang digunakan untuk balapan F1 memiliki mesin 2,0 liter Mercury. Namun, tak berselang lama, mesin Mercury 2,5 liter hadir pada tahun 2000 dan masih terus digunakan hingga saat ini.
Selama 35 tahun terakhir, kejuaraan dunia F1 H2O telah dilangsungkan sebanyak 279 Grand Prix di 39 negara di lima benua. Tahun 2023, Indonesia untuk pertama kali menjadi tuan rumah dalam ajang F1H2O. Ajang perdana itu digelar di Danau Toba, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Indonesia didapuk sebagai tuan rumah seri perdana musim 2023 yang digelar pada Februari 2023. Musim 2023 menggelar sebanyak 8 seri di sejumlah Negara di dunia.
F1 Powerboat musim 2024, Indonesia kembali menggelar seri perdana di tempat yang sama, yakni di Danau Toba. Kejuaraan balap jet air itu diselenggarakan pada 1 – 3 Maret 2024 dengan diikuti 9 tim dan 18 pebalap. Menurut rencana, F1 Powerboat di Indonesia akan diselenggarakan hingga tahun 2027.
Selain Indonesia, tercatat beberapa negara yang pernah menjadi tuan rumah F1 Powerboat di antaranya Italia, Prancis, Portugal, Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, dan China.
KOMPAS/NIKSON SINAGA
Pebalap bersiap di titik start pada Grand Prix of Indonesia Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H2O) di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Minggu (3/3/2024).
Artikel Terkait
Spesifikasi dan Aturan balapan
Kejuaraan F1 Powerboat pertama kali diselenggarakan tahun 1981, berupa kompetisi internasional perahu motor yang mirip dengan F1 untuk mobil dan peraturan serupa. Tim dari berbagai negara berkompetisi di Grand Prix, yang diatur dan diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique (UIM). Perlombaan diselenggarakan di lokasi terpilih di seluruh dunia berdasarkan kondisi air, infrastruktur, akses publik, fasilitas hotel lokal, dan fasilitas telekomunikasi.
Lokasi yang menjadi ajang perlombaan biasanya di perairan tertentu, seperti danau, sungai, dermaga, atau teluk terlindung. Lokasi itu dijadikan sirkuit air untuk balapan yang menggunakan perahu motor.
Balap F1 menggunakan perahu motor yang disebut powerboat yang mengadopsi teknologi katamaran (berlunas ganda) dan terdapat rongga di bawah perahu (tunnel hull). Tubuh perahu spesial sepanjang 6 meter dan lebar 2,1 meter itu terbuat dari bahan kevlar yang membuat bobotnya ringan, tak lebih dari 390 kilogram termasuk mesin 260 pon (118 kilogram) dan antiapi.
Desain lambung terowongan menciptakan gaya angkat aerodinamis karena “sayap” yang dibentuk oleh dek dan permukaan bawah lambung. Hal ini meningkatkan daya angkat dan mengurangi hambatan, sehingga dengan kecepatan hanya beberapa inci perahu yang menyentuh air, sehingga menghasilkan kecepatan tinggi yang mungkin terjadi pada lambung kapal ini.
Setiap perahu motor atau powerboat dibekali mesin berkekuatan 3.500 cc dan mampu menyemburkan energi sebesar 500 tenaga kuda (Horse Power/HP) saat perputaran mesin per menit (RPM) mencapai 10.500. Berbekal mesin berformasi V8 seberat 120 kilogram tersebut, setiap powerboat hanya butuh waktu dua detik untuk menembus kecepatan 100 kilometer per jam. Kecepatan penuhnya dibatasi hanya sampai 250 km per jam saja. Mesin-mesin tadi digerakkan oleh bahan bakar avgas seperti yang biasa dikonsumsi oleh pesawat terbang.
Powerboat yang menjadi tunggangan para pebalap memiliki tingkat akselerasi yang lebih cepat dari mobil balap F1, yakni mampu mencapai kecepatan 160 kilometer per jam hanya dalam waktu 4 detik. Pebalapnya duduk di ruang kemudi tertutup berkursi tunggal (single seater), mirip seperti mobil F1, dan dilindungi oleh kaca setebal 10 sentimeter serta antipeluru, sehingga membuatnya aman ketika sedang beraksi di atas air.
F1 Powerboat memiliki beberapa peraturan yang sangat ketat untuk memastikan keamanan dan keselamatan pebalap. Setiap perahu harus memenuhi standar keselamatan dan memiliki peralatan pelindung yang lengkap seperti helm, life jacket, dan sabuk pengaman.
Dalam setiap seri ada 18 pembalap F1 Powerboat dari berbagai negara yang turut serta dalam ajang balap bergaya Grand Prix ini. Setiap pembalap akan disokong oleh tim yang terdiri manajer, koordinator radio, koordinator teknis, dan dilengkapi infrastruktur seperti bengkel trailer dan welcome marquee. Mereka akan bersaing dalam 8 hingga 10 seri yang digelar di sirkuit air di beberapa negara dalam satu musim penuh.
Setiap sirkuit balap F1H2O memiliki ukuran yang berbeda-beda, namun umumnya jaraknya sekitar 2.000 meter atau 2 km. Setiap sirkuit memiliki setidaknya satu lintasan lurus panjang dan beberapa belokan tajam, sebagian ke kiri dengan satu atau dua belokan ke kanan.
Sirkuit di Danau Toba misalnya, panjang lintasan mencapai 2,2 km yang memiliki 11 tikungan yang terdiri dari Oranye, 2 Kuning, dan 2 Hijau. Pebalap harus berlomba selama 45 menit untuk menentukan pemenangnya. Mirip seperti lintasan balap di darat, jalur balap F1 Powerboat pun bentuknya meliuk-liuk, dan setiap tikungan akan ditandai oleh beberapa buoy atau pelampung.
KOMPAS/NIKSON SINAGA
Kru tim balap Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H2O) mulai menguji coba perahu motornya di perairan Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Kamis (29/2/2024). Lomba perahu motor super cepat itu akan berlangsung Jumat-Minggu, 1-3 Maret 2024, di kawasan Danau Toba.
Poin Kejuaraan F1 Powerboat
Sistem perolehan poin yang diraih setiap pebalap berdasarkan posisi finis sama dengan kejuaraan Formula 1 di sirkuit balap. Bedanya pemenang pertama dalam setiap lomba di Formula 1 meraih poin penuh 25, tapi di F1 Powerboat meraih nilai 20. Posisi kedua 15, ketiga meraih 12 poin, dan seterusnya hingga posisi finis ke-10 meraih 1 poin. Di luar posisi 10 besar tidak meraih poin dalam satu race atau balapan.
Penentuan Poin di Ajang Race Utama F1 Powerboat
Peringkat |
Poin |
1 |
20 |
2 |
15 |
3 |
12 |
4 |
9 |
5 |
7 |
6 |
5 |
7 |
4 |
8 |
3 |
9 |
2 |
10 |
1 |
11 – 22 |
0 |
Sumber: F1 H2O
Mulai musim 2024, F1 Powerboat memperlombakan sprint race 1 dan sprint race 2 yang digelar sehari sebelum race utama digelar. Separuh pebalap akan menjalani sprint race dengan menempuh balapan separuh race utama. Separuh pebalap lainnya bakal menjalani sprint race 2 dengan menempuh lintasan yang sama seperti sprint race 1.
Sebagai contoh misalnya, di ajang Formula One Powerboat Lake Toba 2024, separuh pebalap menjalani 14 putaran untuk bertarung di sprint race 1, sementara separuh pebalap lainnya bertarung di sprint race 2 dengan panjang lintasan yang sama dengan sprint race 1. Sebanyak 10 pembalap dengan posisi finis terbaik dalam sesi sprint race itu akan mendapat poin separuh dari poin race utama.
Secara berturut-turut peringkat 1 sprint race mendapatkan 10 poin, peringkat ke-2 mendapat 9 poin dan peringkat ke-3 meraih 8 poin. Selanjutnya, posisi ke-4 mendapat 7 poin dan posisi ke 5 mendapatkan 6 poin hingga di posisi ke-10 akan mendapatkan 1 poin. Poin ini akan digabungkan dengan poin kejuaraan race utama pada setiap seri kejuaraan untuk menentukan klasemen pebalap.
Poin di Sprint Race
Peringkat |
Poin |
1 |
10 |
2 |
9 |
3 |
8 |
4 |
7 |
5 |
6 |
6 |
5 |
7 |
4 |
8 |
3 |
9 |
2 |
10 |
1 |
Sumber: F1 H20
Sebagai ilustrasi, penghitungan skor tiap seri atau putaran balapan F1 Powerboat, setiap pebalap bakal mengikuti Sprint race dan balapan utama. Jika seorang pebalap memenangi dua balapan itu, ia akan mendapatkan nilai maksimal, yakni 30(10+20), sementara jika seorang pebalap yang di Sprint race keluar sebagai juara 1, kemudian di balapan utama di posisi ke 2, poinnya 35 (10+15).
KOMPAS/NIKSON SINAGA
Pebalap asal Swedia dari Tim Binh Dinh-Vietnam, Jonas Andersson, memacu perahu motornya pada Grand Prix of Indonesia Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H2O) di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Minggu (3/3/2024). Dia sempat memimpin lomba selama 30 lap dan terpaut ke posisi ketiga pada detik-detik terakhir.
Tim Peserta dan Pebalap
Setiap tim terdiri dari seorang manajer, satu atau dua pebalap, mekanik, koordinator radio, koordinator teknis dan dilengkapi dengan infrastruktur seperti bengkel trailer dan tenda selamat datang. Mereka harus memiliki satu atau dua perahu motor yang dilengkapi dengan mesin 2,5 liter dan berkompetisi antara 8 hingga 10 event Grand Prix dalam satu musim penuh.
Pada musim 2024, sebanyak 9 tim berpartisipasi di ajang F1 H2O. Sembilan tim yang berlaga di F1 Powerboat 2024, yakni:
- Team Binh Dinh Vietnam (Swedia)
- Stromoy Racing (Norwegia)
- Victory Team (Uni Emirat Arab)
- Team Abu Dhabi (Uni Emirat Arab)
- China CTIC Team (China)
- F1 Atlantic Team (Portugal)
- Red Devil – SMC F1 Team (Finlandia)
- Sharjah (Uni Emirat Arab)
- Maverick Racing (Prancis).
Masing-masing tim berisi dua pebalap sehingga total pebalap yang berlaga di setiap event sebanyak 18 pebalap. Ke-18 pebalap yang berlaga pada musim 2024, yaitu:
- Jonas Andersson (Team Binh Dinh)
- Stefan Arand (Team Binh Dinh)
- Ahmad Al Fahim (Victory Team)
- Erik Stark (Victory Team)
- Thani Al Qamzi (Team Abu Dhabi)
- Alberto Comparato (Team Abu Dhabi)
- Peter Morin (China CTIC Team)
- Brent Dillard (China CTIC Team)
- Ben Jelf (F1 Atlantic Team)
- Duarte Benavente (F1 Atlantic Team)
- Sami Seliö (Red Devil – SMC F1 Team)
- Ferdinand Zandbergen (Red Devil – SMC F1 Team)
- Rusty Wyatt (Sharjah)
- Filip Roms (Sharjah)
- Marit Strømøy (Stromoy Racing)
- Bartek Marszalek (Stromoy Racing)
- Cédric Deguisne (Maverick Racing)
- Alexandre Bourgeot (Maverick Racing)
KOMPAS/NIKSON SINAGA
Kru tim balap Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H2O) mulai menguji coba perahu motornya di perairan Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Kamis (29/2/2024). Lomba perahu motor super cepat itu akan berlangsung Jumat-Minggu (1-3/3/2024) di kawasan Danau Toba.
Venue 2024
Balapan musim 2024 akan digelar di delapan tempat berbeda. Indonesia menjadi tuan rumah gelaran perdana musim tersebut, yakni pada 2 – 3 Maret 2024 di Danau Toba, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Setelah dari Indonesia, gelaran F1 H2O seri kedua akan bergeser ke Vietnam, tepatnya di Binh Dinh, pada 29 – 31 Maret.
Setelah rehat selama 2 bulan, balapan kembali digelar di Eropa. Seri ketiga F1 Powerboat akan digelar Italia pada 14 – 16 Juni. Seri keempat masih digelar di Eropa yang direncanakan pada 5 – 7 Juli 2024.
Kemudian balapan bergeser lagi ke Asia. Kali ini, China yang didapuk sebagai tuan rumah yang akan mengelar dua seri ke-5 dan ke-6 secara beruntun. Seri ke-5 rencananya diselenggarakan pada 20 – 22 September 2024, dan seri ke-6 seminggu setelahnya atau pada 27 – 29 September. Seri ke-7 masih di kawasan Asia tapi tanggal dan lokasinya oleh UIM belum ditentukan.
Seri ke-8 atau seri terakhir musim ini akan digelar di Sharjah, Uni Emirat Arab, pada Desember 2024 mendatang.
Pada musim 2023, F1 H20 mengelar 5 seri sepanjang musim tersebut. Seri pembuka diselenggarakan di Indonesia dengan venue di Danau Toba, Sumatera Utara. Setelah Indonesia, China menggelar seri ke-2 di Zhengzhou pada 28 – 30 Maret 2023. Selanjutnya di Macon, Perancis menggelar seri ketiga pada 30 Juni – 2 Juli 2023. Seri ke-4 pada musim 2023 diselenggarakan di Olbia, Italia pada 28 September – 1 Oktober 2023, selanjutnya seri penutup atai ke-5 diselenggarakan di Uni Emirat Arab dengan lokasi di Teluk Sharjah pada 8 – 10 Desember 2023.
KOMPAS/NIKSON SINAGA
Sebanyak 17 pebalap dari sembilan negara bersaing ketat pada Pertamina Grand Prix of Indonesia Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H2O) di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Minggu (3/3/2024).
Juara Dunia
Sepanjang kejuaraan itu digelar sejak 1981, sebanyak 14 pebalap pernah menjadi juara dunia. Guido Capellini, dengan torehan sembilan kali juara dunia sebagai pebalap F1 Powerboat terbanyak yang merasakan juara dunia.
Tujuh orang lainnya pernah menjuarai lebih dari sekali juara dunia, yakni Renato Molinari, Scott Gillman, Jonatan Jones, Sami Selio, Alex Carella, Philippe Chiappe, dan Jonas Anderson.
INFOGRAFIK: ALBERTUS ERWIN SUSANTO
Seri I Danau Toba, Sumut
Pada musim 2024, sebanyak 18 pebalap dari 10 negara bertarung di F1 H20 edisi perdana di Danau Toba, Sumut. Indonesia. Balapan yang diberi nama Pertamina Grandprix of Indonesia 2024 ini digelar di di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba pada 2 – 3 Maret 2024. Para pembalap beradu cepat selama 30 lap atau putaran di lintasan venue Pelabuhan Mulia Raja Balige.
Pembalap dari tim Sharjah, Rusty Wyatt berhasil menjadi yang tercepat pada ajang F1 Powerboat Danau Toba 2024 dengan raihan 20 poin. Posisi kedua ditempati Erik Stark dari Victory Team dan posisi ketiga diraih oleh Jonas Andersson dari tim Binh Dinh Vietnam.
INFOGRAFIK: ALBERTUS ERWIN SUSANTO
Pemenang kejuaraan F1 Powerboat Danau Toba 2024:
- Rusty Wyat (CAN) – Sharjah Team 30 lap
- Erik Stark (SWE) – Victory Team @0,973 detik
- Jonas Andersson (SWE) – Team Binh Dinh Vietnam @1,679 detik
- Stefan Arand (EST) – Team Binh Dinh Vietnam @23,774 detik
- Bartek Marszalek (POL) – Stromoy Racing @33,330 detik
- Sami Selio (FIN) – Red Devil-SMC F1 Team @1min 2,474 detik
- Marit Stromoy (NOR) – Stromoy Racing 1 lap di belakang
- Ben Jelf (GBR) – F1 Atlantic Team 1 lap di belakang
- Alberto Comparato (ITA) – Team Abu Dhabi tertinggal 1 lap
- Brent Dillard (AS) – China CTIC Team tertinggal 1 lap
- Peter Morin (FRA) – China CTIC Team tertinggal 1 lap
- Thani Al-Qamzi (UEA) – Team Abu Dhabi 1 lap di belakang
- Duarte Benavente (POR) – F1 Atlantic Team tertinggal 2 lap
- Cedric Deguisne (FRA) – Maverick Racing tertinggal 2 lap
Do Not Finish (DNF):
- Alexandre Bourgeot (FRA) – Maverick Racing
- Filip Roms (FIN) Sharjah Team
- Ferdinand Zandbergen (NLD) Red Devil-SMC F1 Team
Klasemen F1H20 UIM 2024 – posisi setelah putaran 1
Peringkat |
BOAT |
Driver |
Sprint race 1 |
Sprint race 2 |
Race |
Total poin |
1 |
17 |
Rusty Wyatt |
– |
9 |
20 |
29 |
2 |
4 |
Erik Stark |
– |
10 |
15 |
25 |
3 |
1 |
Jonas Andersson |
10 |
– |
12 |
22 |
4 |
2 |
Stefan Arand |
7 |
– |
9 |
16 |
4 |
77 |
Bartek Marszalek |
9 |
– |
7 |
16 |
6 |
11 |
Sami Selio |
– |
6 |
5 |
11 |
6 |
50 |
Marit Stromoy |
– |
7 |
4 |
11 |
6 |
9 |
Ben Jelf |
8 |
– |
3 |
11 |
9 |
7 |
Peter Morin |
– |
8 |
0 |
8 |
10 |
8 |
Brent Dillard |
6 |
– |
1 |
7 |
11 |
6 |
Alberto Comparato |
4 |
– |
2 |
6 |
12 |
5 |
Thani Al Qamzi |
5 |
– |
0 |
5 |
12 |
18 |
Filip Roms |
– |
5 |
DNF |
5 |
14 |
12 |
Ferdinand Zandbergen |
– |
4 |
DNF |
4 |
15 |
10 |
Duarte Benavente |
– |
3 |
0 |
3 |
15 |
73 |
Cédric Deguisne |
3 |
– |
0 |
3 |
17 |
74 |
Alexandre Bourgeot |
2 |
– |
DNF |
2 |
Sumber: https://www.f1h2o.com
Selain race utama, pebalap juga menyelesaikan perlombaan sprint race 1 dan sprint race 2 yang digelar sehari sebelumnya. Di ajang sprint race 1 yang diikuti separuh pebalap atau 9 pebalap, pebalap dari tim Binh Dinh Vietnam Jonas Andersson berhasil menjadi juara pertama dengan meraih 10 poin disusul pambalap dari tim Stromoy Racing Bartek Marszalek dengan meraih 9 poin dan posisi ketiga diraih pembalap dari tim F1 Atlantic Team Ben Jelf dengan meraih 8 poin.
Sementara di sprint race 2 yang diikuti 8 pebalap, Pebalap Victory Team, Erik Stark, berhasil menjadi juara dengan meraih 10 poin disusul pebalap dari Sharjah Team, Rusty Wyatt, dengan 9 poin, dan posisi ketiga diraih pebalap China CTIC Team, Peter Morin, dengan 8 poin. (LITBANG KOMPAS)
Referensi
- “Ajang Olahraga: Gelar F1 H20, Pariwisata Danau Toba Menggeliat”. Kompas, 24 Feb 2023, halaman: 11.
- “F1 H2O Bangkitkan Pariwisata Toba”. Kompas, 25 Feb 2023, halaman 11.
- “Kejuaraan F1 H2O: Pengunjung Memadati Balige, Penginapan dan Rumah Makan Penuh”. Kompas, 26 Feb 2023, halaman 0.
- “Formula 1 Power Boat: Lagi, Danau Toba Menyambut Dunia”. Kompas, 28 Feb 2024, halaman 14.
- “Wisata Olahraga: Balap ‘Power Boat’ Siap Digelar di Toba, Dampak Ekonomi Diperkirakan Rp 1,68 Triliun”. Kompas, 1 Mar 2024, halaman 14.
- https://www.f1h2o.com/
- https://www.kompas.com/sports/read/2024/03/03/18091598/rusty-wyatt-juara-f1-powerboat-danau-toba-2024-beruntung-dapat-momentum
- https://www.kompas.id/baca/nusantara/2024/02/29/f1h2o-siap-digelar-di-toba-dampak-ekonomi-diperkirakan-rp-168-triliun
- https://www.kompas.id/baca/nusantara/2024/02/28/f1powerboat-danau-toba-pemikat-bagi-turis-asing
- https://www.kompas.id/baca/english/2024/02/29/f1h2o-siap-digelar-di-toba-dampak-ekonomi-diperkirakan-rp-168-triliun?open_from=Translator_Mark
- https://www.kompas.id/baca/nusantara/2023/02/25/kejuaraan-dunia-f1-h2o-di-danau-toba-menjadi-magnet-wisatawan-dari-berbagai-daerah