Peta Tematik | Hari Olahraga Nasional

Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional

Pesta olahraga terbesar untuk tingkat nasional di Indonesia, diselenggarakan setiap empat tahun sekali.

Pekan Olahraga Nasional (PON) merupakan pesta olahraga tingkat nasional terbesar di Indonesia. Penyelenggaraannya setiap empat tahun sekali di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Kota Solo merupakan lokasi pertama diselenggarakannya PON, yaitu pada tahun 1948. Saat itu, ajang ini masih diselenggarakan secara sederhana dalam berbagai keterbatasan dan hanya diikuti oleh atlet-atlet dari Pulau Jawa. Sebanyak 600 atlet dari 13 kota dan keresidenan saat itu diturunkan untuk memperebutkan juara dalam berbagai cabang olahraga.

Hingga 2016, PON telah diselenggarakan sebanyak 19 kali. Penyelenggaran PON XX akan dilaksanakan di Jayapura, Papua. Pelaksanaan yang seharusnya Oktober 2020, terpaksa ditunda hingga 2 Oktober 2021 karena pandemi Covid-19. Sebelumnya, penyelenggaran PON VI pada 1965, juga dibatalkan karena kondisi politik dalam negeri yang tidak stabil akibat dampak dari peristiwa G30S.

PON XX Papua akan diikuti oleh 6.442 atlet pada 37 cabang olahraga. Informasi lain terkait penyelenggaraan PON XX Papua, dapat dilihat pada laman https://www.ponxx2020papua.com.

Peta di atas menggambarkan lokasi-lokasi penyelenggaraan PON dari masa ke masa. DKI Jakarta merupakan daerah yang paling sering menjadi tuan rumah yaitu delapan kali. Kota lain yang sudah menjadi tuan rumah PON lebih dari satu kali adalah Bandung dan Surabaya, sebanyak masing-masing dua kali.

Kontributor
Muhammad Fiqi Fadillah

Editor
Slamet JP

Pahami Lebih Dalam dengan Infografik Peta Tematik

Pahami Lebih Dalam dengan Infografik Peta Tematik

Daftarkan email Anda dan dapatkan pemahaman mendalam dengan infografik peta tematik Kompaspedia

close