Dokumen

UU Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota

Dokumen Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 ini menetapkan Perppu 1/2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi undang-undang.

Nama
Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015

Tentang
Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang

Tanggal Ditetapkan
2 Februari 2015

Ditetapkan Oleh
Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia

Sumber
Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia

Unduh Dokumen

Pada 2 Oktober 2014, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerbitkan Perppu 1/2014 yang mengubah ketentuan tentang pemilihan gubernur, bupati, dan walikota sehingga pemilihan tersebut kembali diadakan secara langsung.

Perppu tersebut diterbitkan setelah respons penolakan yang luas atas Undang-undang Nomor 22 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota yang mengatur mekanisme pemilihan kepala daerah secara tidak langsung melalui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Proses pengambilan keputusan UU 22/2014 tersebut juga dinilai menimbulkan persoalan dan kegentingan yang memaksa sesuai Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 138/PUU-VII/2009.

Deskripsi

Presiden Joko Widodo menetapkan Perppu 1/2014 yang mengembalikan pemilihan kepala daerah kepada mekanisme pemilihan umum, menjadi undang-undang.

Cakupan Isi

Dokumen sepanjang 158 halaman ini memuat 2 pasal, dengan dokumen penjelasan sepanjang 3 halaman dan disertai lampiran Perppu 1/2014 yang berisi 206 pasal beserta dokumen penjelasannya. Berikut detail struktur isi dokumen tersebut.

  • Pasal I: Penetapan Perppu 1/2014 Menjadi UU
  • Pasal 2: Pemberlakuan UU

Dokumen UU 1/2015 ini dan dokumen perundang-undangan lainnya dapat diperoleh melalui laman internet Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Kontributor
Erwin Susanto

Dapatkan Dokumen Resmi dari Berbagai Sumber

Dapatkan Dokumen Resmi dari Berbagai Sumber

Daftarkan email Anda dan dapatkan berbagai dokumen resmi terkini dari Kompaspedia yang dapat Anda unduh.

close