Peta Tematik

Sebaran Tenaga Perawat di Indonesia

Perawat merupakan profesi tenaga medis yang berperan penting bagi kesehatan nasional. Profesi ini berhadapan langsung dengan masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan, sebagai pemberi asuhan kepada individu, keluarga, dan kelompok baik dalam keadaan sakit maupun sehat.

Setiap 17 Maret, Indonesia memperingati Hari Perawat Nasional yang juga merupakan hari lahirnya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang berdiri pada tahun 1974. Perawat menjadi profesi tenaga medis yang paling banyak dibutuhkan kehadirannya dibandingkan tenaga kesehatan lainnya.

Undang-undang Nomor 38 tahun 2014 tentang Keperawatan menyebutkan bahwa keperawatan merupakan kegiatan memberi asuhan kepada individu, keluarga, kelompok baik dalam keadaan sakit maupun sehat. Sedangkan secara mendasar perawat memiliki definisi sebagai seorang yang telah lulus pendidikan tinggi keperawatan baik di dalam maupun luar negeri yang diakui pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Perawat dengan kualifikasinya diwajibkan memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) sebagai bukti tertulis dan pencatatan resmi dari Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI). Dalam memperoleh STR tersebut, calon perawat professional harus memiliki dua jenis sertifikasi, yaitu sertifikat kompetensi dan sertifikat profesi.

Peningkatan kebutuhan jumlah perawat, seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Hingga Desember 2019, jumlah perawat di Indonesia yang tercatat pada Sistem Informasi Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) mencapai 376.136 orang. Angka tersebut meliputi jumlah perawat dari berbagai fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, rumah sakit pemerintah dan beberapa rumah sakit swasta di Indonesia. Sebaran tenaga perawat di Indonesia dapat dilihat pada peta di atas.

Tiga provinsi di Pulau Jawa memiliki jumlah perawat paling tinggi di Indonesia, yaitu Jawa Timur (51.706), Jawa Tengah (47.409), dan Jawa Barat (37.791). Sedangkan provinsi dengan jumlah perawat terbanyak di Sumatera adalah Sumatera Utara (17.283), Sumatera Selatan (13.446), dan Aceh (10.923). dan Sulawesi Selatan (13.988) merupakan provinsi dengan jumlah perawat terbanyak di Sulawesi. Adapun tiga provinsi dengan jumlah perawat paling sedikit adalah Sulawesi Barat (1.622), Kalimantan Utara (1.916), dan Maluku Utara (2.183).

Sumber:

Kontributor
Muhammad Fiqi Fadillah

Editor
Slamet JP

Pahami Lebih Dalam dengan Infografik Peta Tematik

Pahami Lebih Dalam dengan Infografik Peta Tematik

Daftarkan email Anda dan dapatkan pemahaman mendalam dengan infografik peta tematik Kompaspedia

close