Peta Tematik | Sumpah Pemuda

Perkumpulan Pemuda Pencetus Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada 28 Oktober 1928 sebagai putusan Kongres Pemuda II di Jakarta, dihadiri oleh hampir seluruh perkumpulan pemuda di Nusantara.

Sumpah Pemuda merupakan ikrar bersama para pemuda dan pemudi Indonesia sebagai hasil dari pertemuan pemuda-pemudi Indonesia atau Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada 27–28 Oktober 1928 di Jakarta. Dalam keputusan bersama tersebut, semua pemuda dan pemudi dari seluruh Nusantara mengaku bertumpah darah satu, yaitu tanah air Indonesia; mengaku berbangsa satu, yaitu bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Tanggal tersebut diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Dua tahun sebelumnya, telah diselenggarakan Kongres Pemuda I pada 30 April hingga 2 Mei 1926 di Jakarta.

Kongres Pemuda II digagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) yang beranggotakan pemuda pelajar dari seluruh Indonesia. Kongres yang kedua tersebut dilaksanakan selama dua hari di tiga tempat yang berbeda yaitu di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond, Gedung Oost-Java Bioscoop, dan Gedung Indonesische Clubhuis Kramat. Kongres tersebut dihadiri oleh berbagai perkumpulan pemuda yang umumnya masing-masing berangkat dari asal daerah yang sama, antara lain Jong Java, Jong Soematra, Jong Bataksbond, Jong Celebes, Pemoeda Indonesia Sekar Roekoen, Jong Ambon, Pemoeda Kaoem Betawi dan Jong Islmieten Bond.

Sebaran daerah asal dari masing-masing perkumpulan pemuda tersebut dan kapan berdirinya perkumpulan tersebut, dapat dilihat pada peta di atas. Semua perkumpulan pemuda tersebut melahirkan tokoh-tokoh nasional yang sangat berperan penting dalam pergerakan nasional mencapai kemerdekaan bangsa Indonesia.

Kontributor
Muhammad Fiqi Fadillah

Editor
Slamet JP

Pahami Lebih Dalam dengan Infografik Peta Tematik

Pahami Lebih Dalam dengan Infografik Peta Tematik

Daftarkan email Anda dan dapatkan pemahaman mendalam dengan infografik peta tematik Kompaspedia

close