Dokumen

Undang-Undang tentang Pembentukan Daerah Tingkat I Sulawesi Tengah dan Daerah Tingkat I Sulawesi Tenggara

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1964 ini menjadi dasar hukum pembentukan Provinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Detail Dokumen

Nama
UU Nomor 13 Tahun 1964

Tentang
Pembentukan Daerah-Daerah Tingkat I Sulawesi Tengah dan Daerah Tingkat I Sulawesi Tenggara

Tanggal Disahkan
23 September 1964

Disahkan oleh
Dr. Subandrio, Pd Presiden RI

Sumber
Jaringan Informasi dan Dokumentasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan

Unduh Dokumen

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1964 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 2 Tahun 1964 tentang Pembentukan Daerah Tingkat I Sulawesi Tengah dan Daerah Tingkat I Sulawesi Tenggara dengan Mengubah Undang-Undang No. 47 Prp Tahun 1960 tentang Pembentukan Daerah Tingkat I Sulawesi Utara Tengah dan Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan-Tenggara (Lembaran Negara Tahun 1964 No. 7) Menjadi Undang-Undang ini, disahkan pada  23 September 1964 di Jakarta oleh Dr. Subandrio dan diundangkan oleh Sekretaris Negara RI Mohammad Ichsan.

Undang-Undang ini dibuat dengan tujuan mengintensifkan dan melancarkan jalannya pemerintahan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara yang dirasa sudah saatnya mengurus rumah tangganya sendiri.

Deskripsi

Undang-undang ini menetapkan Daerah Tingkat I Sulawesi Tengah terdiri dari wilayah Buol-Toli-Toli, Donggala, Poso, dan Banggai yang dipisahkan dari Daerah Tingkat I Sulawesi Utara-Tengah.

Daerah Tingkat I Sulawesi Utara-Tengah diubah menjadi Daerah Tingkat I Sulawesi Utara yang meliputi Kepulauan Sangihe dan Talaud, Minahasa, Bolaang Mongondow, Gorontalo, Kotapradja Menado, dan Kotapradja Gorontalo.

Undang-undang ini juga membentuk Daerah Tingkat I Sulawesi Tenggara yang meliputi Kendari, Kolaka, Muna, dan Buton. Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan-Tenggara juga diubah menjadi Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan setelah sebagian wilayahnya dipisahkan.

Selanjutnya, Pemerintah Daerah Tingkat I Sulawesi Utara ditetapkan berkedudukan di Menado. Pemerintah Daerah Tingkat I Sulawesi Tengah berkedudukan di Palu. Pemerintah Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan berkedudukan di Makassar. Pemerintah Daerah Tingkat I Sulawesi Tenggara berkedudukan di Kendari.

Cakupan isi

Produk hukum ini terdiri atas 16 halaman yang terbagi menjadi 3 bab dan 4 lembar penjelasan terkait UU Nomor 13 Tahun 1964.

Bab I menjelaskan tentang ketentuan umum

Bab II menjelaskan tentang ketentuan peralihan

Bab III menjelaskan tentang ketentuan penutup

Berbagai aturan lain terkait UU Pembentukan Daerah Tingkat I Sulawesi Tengah dan Daerah Tingkat I Sulawesi Tenggara dapat diakses melalui Jaringan Informasi dan Dokumentasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Kontributor
Theresia Bella Callista

Dapatkan Dokumen Resmi dari Berbagai Sumber

Dapatkan Dokumen Resmi dari Berbagai Sumber

Daftarkan email Anda dan dapatkan berbagai dokumen resmi terkini dari Kompaspedia yang dapat Anda unduh.

close