Dokumen

Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19)

Pedoman ini diterbitkan oleh Dirjen P2P Kemkes sebagai panduan kesiapsiagaan menghadapi pandemi Covid-19.

Detail Dokumen

Sumber
Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan

Terbit
Maret, 2020

Unduh Dokumen

Buku ‘Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19)’ dalam format dokumen PDF ini merupakan panduan penanganan pandemi Covid-19 yang perlu diketahui baik tim medis, pihak terkait, maupun masyarakat.

Deskripsi

Publikasi ini merupakan salah satu bentuk kesiapsiagaan dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia. memuat beberapa substansi pedoman sebagai bentuk kesiapsiagaan menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia. Hal ini dibutuhkan karena pandemi yang berawal di Wuhan, Tiongkok, sejak akhir tahun 2019 terus menyebar ke berbagai belahan dunia hingga World Health Organization (WHO) menetapkan Covid-19 sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Yang Meresahkan Dunia (KKMMD), pada 30 Januari 2020.

Pada penggunaannya diharapkan tetap mengikuti perkembangan yang terjadi dengan mengacu pada sumber resmi, baik itu yang berasal dari Kementerian Kesehatan maupun Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Cakupan Isi

Publikasi ini memuat beberapa substansi pedoman sebagai bentuk kesiapsiagaan menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia. Pedoman tersebut meliputi surveilans dan respon, manajemen klinis, pencegahan dan pengendalian infeksi, pengelolaan spesimen dan konfirmasi laboratorium, serta komunikasi risiko dan pemberdayaan masyarakat.

Secara struktur, buku ini terdiri dari 6 bab dengan ketebalan 136 halaman. Publikasi lainnya terkait perkembangan data dan informasi penanganan Covid-19 dapat diakses melalui alamat situs Media Informasi Penyakit Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan situs resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Pada 13 Juli 2020, pedoman ini direvisi dengan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) Revisi ke-5.

Dapatkan Dokumen Resmi dari Berbagai Sumber

Dapatkan Dokumen Resmi dari Berbagai Sumber

Daftarkan email Anda dan dapatkan berbagai dokumen resmi terkini dari Kompaspedia yang dapat Anda unduh.

close