Tokoh

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat Wali Kota Surakarta sejak 26 Februari 2021. Kader PDI-P ini akan memimpin Kota Surakarta hingga 2024. Sebelumnya, Gibran yang putera sulung Presiden RI Joko Widodo lebih dikenal sebagai pengusaha di bidang kuliner.

NUT

Fakta Singkat

Nama Lengkap
Gibran Rakabuming Raka

Lahir
Surakarta, 1 Oktober 1987

Almamater
Management Development Institute of Singapore
Universitas Teknologi Sydney

Jabatan Terkini
Wali Kota Surakarta 2021–2024

Nama Gibran Rakabuming Raka menjadi magnet kuat dalam kontestasi calon Wali Kota Surakarta pada 2020. Putra pertama Presiden RI, Joko Widodo ini maju berpasangan dengan Teguh Prakosa, Sekretaris DPC PDI-P Solo dan berhasil mengambil hati masyarakat Kota Solo. Pasangan calon ini meraih 86 persen suara, jauh mengungguli paslon lawannya. Di usianya yang masih terbilang muda, 33 tahun, Gibran Rakabuming menjadi orang nomor satu di kota kelahirannya setelah resmi dilantik pada 26 Februari 2021.

Semula Gibran yang lebih kenal sebagai pengusaha tidak tertarik pada dunia politik. Ia lebih suka berkecimpung di dunia usaha dan beranggapan bahwa sebagai pengusaha dapat memberikan kontribusi ke masyarakat tanpa harus terjun ke politik. Namun seiring berjalannya waktu, pandangannya terhadap politik berubah. Menurutnya melalui politik, ia merasa dapat berbuat lebih banyak lagi, dan lebih bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Keseriusannya terjun ke dunia politik dibuktikan dengan menemui Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo yang juga Ketua DPC PDI-P Solo. Suami Selvi Ananda ini juga mendatangi kantor DPC PDI-P Kota Solo untuk menyerahkan formulir dan berkas untuk maju pada Pilkada Solo 2020. Namun, peluang Gibran melalui DPC PDI-P Kota Solo sudah tertutup. Selanjutnya ia menemui Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, dan peluang untuk menjadi calon Wali Kota Solo pun akhirnya terbuka lewat jalur DPP.

Gibran kemudian mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di kantor DPP PDI-P Jakarta. Hasilnya, ia mendapat rekomendasi dari DPP PDI-P berpasangan dengan Teguh Prakosa sebagai calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada Solo 2020. Pasangan Gibran-Teguh diusung oleh PDI-P dan sejumlah partai pendukung, yaitu Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, PPP, PKB, Nasdem, Perindo dan PSI.

Gibran-Teguh resmi disahkan sebagai pemenang Pilkada oleh KPU Solo dengan perolehan 225.451 suara atau 86,53 persen. Sedangkan lawannya, paslon Bagyo Wahyono dan FX Suparjo memperoleh 35.055 suara atau 13,45 persen.

Putra Presiden

Gibran Rakabuming Raka, lahir di Surakarta pada 1 Oktober 1987. Gibran adalah anak sulung dari tiga bersaudara anak-anak dari Presiden RI, Joko Widodo dan Iriana. Kedua orangtuanya memberi nama Gibran Rakabuming Raka yang mempunyai arti filosofis, yaitu Gibran yang artinya anak laki-laki pandai, sederhana, dan apa adanya. Kata Gibran juga merupakan singkatan dari kata gigih dan berani. Sedangkan Raka memiliki arti kebijaksanaan, dan Bumi artinya tanah.

Dengan demikian Nama Gibran Rakabuming Raka artinya anak laki-laki yang pandai, teguh, bijaksana dan tetap sederhana. Sama seperti Gibran, nama kedua adiknya, yaitu Kahiyang dan si bungsu Kaesang Pangarep juga mempunyai makna.

Saat Gibran masih berada di dalam kandungan Ibunda Iriana, sang ayah, Joko Widodo sedang bekerja di PT Kraft Aceh, di Gayo, Aceh Barat. Jarak yang jauh dari sang istri yang sedang mengandung, membuat Joko Widodo akhirnya memutuskan kembali ke kampung halaman demi istri dan calon di jabang bayi. Kehadiran Gibran kecil yang lahir pada 1 Oktober 1987 membuat Joko Widodo yang  membuka perusahaan rintisan industri kayu memberi nama perusahaanya “Rakabu”.

Masa kecil Gibran hingga duduk di bangku SMP dijalaninya di kota kelahirannya, Solo. Bersekolah di SD Negeri Mangkubumen Kidul Surakarta, dan melanjutkan ke SMP Negeri 1 Surakarta. Selepas SMP, Gibran melanjutkan pendidikan jenjang SMA di negara tetangga, Singapura. Ia menjadi siswa di Orchid Park Secondary School pada 2002.

Setelah lulus SMA, Gibran melanjutkan kuliah di Management Development Institute of Singapore pada 2007. Belum puas dengan ilmu yang telah dimilikinya, Gibran kembali melanjutkan studinya di University of Technology Insearch, Sydney, Australia, hingga lulus pada 2010.

Tahun 2015 saat sang ayah menjadi Presiden RI ke-7, Gibran Rakabuming Raka mempersunting gadis Solo, Selvi Ananda. Pasangan berbahagia ini dikaruniai seorang putera bernama Jan Ethes Srinarendra, dan seorang puteri bernama La Lembah Manah.

Karier

Usai menyelesaikan studi di Australia, Gibran kembali ke Indonesia. Saat itu ayahnya menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. Namun, Gibran tidak mengandalkan jabatan orang tuanya untuk mulai membangun karier bisnisnya. Meski awalnya sang ayah mengajak untuk meneruskan bisnis CV Rakabu yang bergerak di bidang usaha mebel, Gibran menolak tawaran itu. Ia ingin mandiri dan lebih tertarik berbisnis di bidang kuliner.

Dengan kemampuannya sendiri tanpa bantuan dari orang tuanya, Gibran mulai meniti karier bisnisnya. Pada penghujung tahun 2010, Gibran  membuka usaha katering yang diberinya nama Chilli Pari. Bisnisnya ini pada 2011 mulai dikenal dan terus berkembang. Chilli Pari bukan hanya usaha katering, tetapi juga melayani wedding organizer, yakni menyediakan jasa berbagai kebutuhan pesta, seperti gedung, dekorasi, rias pengantin, suvenir, undangan, hiburan, MC dan lainnya. Untuk menambah kemampuan karyawannya dalam berbahasa Inggris, Gibran mendirikan House of Knowledge.

Gibran juga membangun usaha di bidang kuliner, yaitu martabak yang dikenal dengan nama Markobar alias Martabak Kota Barat yang mulai dirintis di Solo pada 2015. Kini Markobar sudah berkembang dan merambah ke Jakarta, Semarang dan Yogyakarta. Sudah ada 33 outlet Markobar tersebar di Indonesia. Gibran telah menjadi entrepreneur muda yang sukses di bidang kuliner. Ia dipercaya menjabat Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Bersama teman-temannya pada Oktober 2015, Gibran membuka resto makanan Italia yang diberi nama Pasta Buntel. Gibran juga membuka usaha kedai kopi CS Coffee Shop yang sudah memilki gerai di Solo, Semarang dan Yogyakarta. Usaha lainnya adalah Ceker Ayam Bakar.

Selain bisnis kuliner pada 2016 Gibran membuka Icolor, yaitu usaha reparasi produk elektronik Apple yang kini sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Ia juga membuat jas hujan bermerk “Tugas Negara Bos” yang dijual secara online di berbagai aplikasi e-commerce.

Tahun 2018 Gibran bersama Kevin Susanto meluncurkan start up kuliner bernama Goola yang menjual minuman tradisional Es Doger yang dikemas lebih modern. Goola mendapat pendanaan dari Alpha JWC Ventures sebesar 5 juta dollar AS atau setara Rp70 miliar.

Usaha kulinernya terus berkembang, pada 2019 bersama sang adik Kaesang Pangarep dan chef Arnold Poernomo, ia mendirikan bisnis kuliner “Mangkok Ku”. Masih bersama sang adik, Gibran membangun usaha “Siap Mas” berupa produk minuman dan makanan ringan dengan nama Ngedrink dan Kemripik. Bersama Kaesang, Gibran membuat aplikasi market place untuk kuliner di Semarang yang diberi nama Madhang.

Dalam membangun usaha, Gibran tidak sendiri, ia acapkali menggandeng rekan-rekan, dan adiknya Kaesang Pangarep, seperti yang ia lakukannya saat membangun aplikasi pencari kerja “Kerjaholic”. Aplikasi ini menghubungkan pencari kerja dengan pihak yang sedang mencari pekerja lepas atau paruh waktu.

Selain bisnis kuliner dan lainnya, Gibran juga mempunyai usaha pertambangan di bawah bendera PT Rakabu Sejahtera. Namanya pernah tercatat sebagai pemegang saham dan komisaris perusahaan tersebut. Namun, kini posisi Gibran digantikan oleh adiknya, Kaesang Pangarep.

Sukses di dunia usaha Gibran tertarik terjun ke dunia politik, dunia yang semula dijauhinya. Bahkan ia pernah menyatakan tidak mau masuk ke politik. Namun belakangan, Gibran mengambil langkah mengejutkan. Ayah Jan Ethes ini memutuskan ikut dalam kontestasi Pilkada Kota Solo 2020. Ia menemui Wali Kota Solo yang juga Ketua DPC PDI-P Solo FX Hadi Rudyatmo di Rumah Dinas Loji Gandung pada 18 September 2019.

Untuk memuluskan langkahnya maju pilkada pada 23 September 2019 Gibran mendaftarkan diri sebagai Anggota PDI-P di kantor DPC PDI-P Solo. Setelah resmi menjadi bagian dari PDI-P, ia mengajukan diri dalam Pilkada Solo. Namun, peluang Gibran untuk maju di bursa Pilkada Solo melalui DPC PDI-P Kota Solo sudah tertutup. DPC PDI-P telah mengajukan pasangan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota Pilkada 2020.

Tidak putus harapan Gibran terus berupaya untuk bisa maju sebagai calon wali kota di Pilkada Solo. Ia bergerak langsung menemui pemimpin tertinggi PDI-P, yaitu Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri pada 24 Oktober 2019. “Saya sampaikan keseriusan saya untuk maju (pilkada di Solo). Saya sampaikan juga karena sudah punya kartu tanda anggota PDI-P, maka saya akan berjuang melalui PDI-P,” katanya (Kompas, 25 Oktober 2019).

Pada 10 Februari 2020 Gibran diundang DPP PDI-P untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Jakarta. Hasilnya, ia mendapat rekomendasi dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, dan Gibran pun akhirnya mendaftarkan diri lewat DPD PDI-P Jawa Tengah. Ayah La Lembah Manah ini dipasangkan dengan Teguh Prakosa, Sekretaris DPC PDI-P Solo sebagai calon wali kota dan wakil wali kota di Pilkada Solo 2020.

Selain didukung PDI-P, Gibran juga mendapat dukungan dari empat partai politik yang memiliki kursi di DPRD Solo, yakni Partai Golkar, PAN, Partai Gerindra, dan PSI. Pasangan Gibran-Teguh juga didukung oleh parpol yang tidak memiliki kursi di DPRD, seperti PPP, PKB, dan Partai Nasdem.

Lawan paslon Gibran-Teguh adalah pasangan Bagyo Wahyono — FX Supardjo (Bajo) yang merupakan pasangan independen atau perseorangan yang diusung oleh ormas Tikus Pithi Hanata Baris. Dalam Pilkada Solo yang digelar 9 Desember 2020 itu Paslon Gibran-Teguh unggul dengan meraih 86,5 persen atau 225.419 suara. Sedangkan paslon Bajo meraih 13,5 persen dengan perolehan 35.113 suara.

Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa ditetapkan oleh KPU sebagai pemenang Pilkada Solo 2020. Keduanya dilantik pada 26 Februari 2021 sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo periode 2021–2024. Sebagai anak presiden, Gibran Rakabuming Raka tetap mendapatkan fasilitas pengawalan dari paspampres.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersiap memasuki Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah, Jumat (26/2/2021). Gibran melakukan kunjungan kerja perdananya dengan mendatangi Pasar Gede untuk meninjau persiapan vaksinasi Covid-19 bagi para pedagang pasar itu. Putra pertama Presiden Joko Widodo ini dilantik, Jumat, sebagai Wali Kota Solo menggantikan FX Hadi Rudyatmo.

Daftar penghargaan

  • ”Star of Marketeers” dari MarkPlus (2016)
  • “Best Figure Digital Performace versi Youtube” (2021)
  •  “Best Figure Digital Performance versi Instagram” (2021)
  •  “Best Figure Digital Performance di Jateng” (2021)

Penghargaan

Sebagai pengusaha muda, Gibran Rakabuming pernah mendapatkan penghargaan ”Star of Marketeers” dari MarkPlus Inc untuk bidang komunitas retail. Gibran dinilai berhasil menginspirasi kaum muda untuk mandiri, maju, dan berprestasi. Penghargaan di bidang pemasaran tersebut diterimanya dalam acara Indonesia Marketeers Festival 2016 di Kota Surakarta 28 April 2016.

Sebagai Wali Kota Solo, Gibran juga menerima penghargaan untuk Pemerintah Kota Surakarta yang meraih penghargaan  “Pembangunan Daerah 2021 Kategori Kota Terbaik II (2021). Pada 4 Agustus 2021, sebagai Wali Kota Solo Gibran meraih tiga penghargaan sekaligus dalam acara Penghargaan Solopos Digital Award (SDA) 2021. Gibran meraih “Best Figure Digital Performace versi Youtube”. Kemudian, “Best Figure Digital Performance versi Instagram”, dan “Best Figure Digital Performance di Jateng”.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Ny Iriana Joko Widodo (ketiga dari kanan) dan keluarga menyusuri Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/12/2018). Jokowi bersama keluarga juga beramah-tamah dengan masyarakat yang tengah menikmati udara segar di Kebun Raya Bogor.

AIC

Pemulihan ekonomi pascapandemi itu program prioritas dari saya dan Pak Teguh. Tujuannya agar ekonomi itu kembali lagi seperti semula. Cari rezeki gampang, yang punya warung, ya warungnya ramai lagi,” kata Gibran Rakabuming Raka (27 September 2020).

 

Pemulihan ekonomi

Sejak maju dalam Pilkada Kota Solo 2020, Gibran telah menyatakan, pemulihan ekonomi setelah pandemi menjadi salah satu program prioritas yang diusungnya. Membangkitkan ekonomi di tengah masyarakat yang kini terpuruk karena pandemi Covid-19 menjadi tantangan yang harus dihadapi.

Gibran bersama wakilnya, Teguh Prakosa, berjanji memfokuskan belanja pemerintah daerah untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Pandemi Covid-19 telah memukul sektor ekonomi. Yang paling terdampak adalah bidang perhotelan, pariwisata, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Salah satu cara untuk mempercepat pemulihan ekonomi dengan memberikan berbagai keringanan kepada UMKM. Gibran juga mengingkinkan adanya fasilitas restrukturisasi kredit untuk UMKM dan padat karya bagi warga yang terkena PHK.

Sektor pariwisata menjadi salah satu yang babak belur terdampak pandemi Covid-19. Pemkot Solo menyiapkan program untuk memfasilitasi para pelaku sektor pariwisata dan industri kreatif dalam pelaksanaan protokol new normal, agar dapat bangkit kembali dan membantu keringanan pajak daerah. Juga melakukan inovasi dan promosi pariwisata secara daring dan menyesuaikan tren pariwisata di era kenormalan baru.

Tantangan lain, yakni revolusi industri 4.0. Ekonomi digital akan memegang peranan sangat penting. Penggunaan teknologi seperti “e-Budgeting”, “e-Katalog”, dan “e-Monev” akan dioptimalkan, sehingga APBD dapat dikelola secara efektif dan efisien.

RWN

Harta kekayaan

Total kekayaan Gibran tahun 2020 sebesar Rp21,15 miliar. Jumlah kekayaan yang dilaporkan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 2 September 2020 terdiri dari harta tanah dan bangunan senilai Rp13,40 miliar yang tersebar pada lima bidang di Kota Surakarta dan Sragen, Jawa Tengah.

Dalam laporan itu Gibran juga tercatat memiliki alat transportasi dan mesin senilai Rp682 juta yang terdiri dari lima mobil dan tiga motor, harta bergerak lainnya Rp260 juta, kas dan setara kas Rp2,15 miliar, serta harta lainnya sebesar Rp5,55 miliar. Dalam laporan itu Gibran juga mencatatkan utang sebesar Rp895,58 juta, sehingga total harta kekayaan tahun 20209 tercatat sebesar Rp21,15 miliar. Pelaporan harta kekayaan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh Gibran.

Referensi

Arsip Kompas

“Kilas Politik & Hukum: Gibran Sampaikan Keseriusan Maju di Pilkada”. Kompas, 25 Oktober 2019

“Berebut Tiket Pilkada di “Kandang Banteng””. Kompas, 2 November 2019

“Kilas Politik & Hukum: La Lembah Manah, Nama Cucu Ketiga Presiden”. Kompas, 16 November 2019.

“Dominasi Elite Bayangi Pencalonan”. Kompas, 14 Desember 2019.

“Kerabat Istana di Panggung Pilkada”. Kompas, 19 Januari 2020

“Pilkada Solo 2020: Gibran dan Purnomo Sama-sama Optimistis”. Kompas, 11 Februari 2020

“Peluang Politik Dinasti di Pilkada”. Kompas, 8 Agustus 2020

“Memulihkan Harmoni Kota Bengawan *Rumah Pilkada 2020”. Kompas, 22 Oktober 2020

Biodata

Nama

Gibran Rakabuming Raka

Lahir

Surakarta, 1 Oktober 1987

Jabatan

Wali Kota Surakarta 2021–2024

Pendidikan

  • SD Negeri Mangkubumen Kidul Surakarta (1993–1999)
  • SMP Negeri 1 Surakarta (1999–2002)
  • SMA Orchid Park Secondary School, Singapura (2002–2004)
  • Management Development Institute of Singapore (MDIS) (2004–2007)
  • Sarjana (S1) Universitas Teknologi Sydney (2007–2010)

Karier

Pekerjaan:

  • Pemilik catering Chili Pari (2010)
  • Pemilik kuliner Martabak Kota Baru (Markobar) (2015)
  • Pemilik kuliner Pasta Buntel
  • Berkolaborasi dengan Kevin Susanto usaha minuman ringan Goola
  • Bersama rekan-rekannya, Leonard Hidayat, Josh Ching, Michael, dan Daniel Hidayat membuat aplikasi pencari kerja “Kerjaholic”
  • Membuka usaha reparasi produk Apple “iColor”
  • Usaha kuliner “Mangkokku” bekerja sama dengan Kaesang Pangarep (adik kandung), Chef Arnold Poernomo, dan Randy Kartadinata.
  • Berkolaborasi dengan Kaesang Pangarep membuat usaha pengadaan produk jas hujan bertuliskan “Tugas Negara Bos!”
  • Berkolaborasi dengan Kaesang Pangarep membuat usaha makanan ringan dan minuman “SiapMas”. Produknya berupa camilan keripik “Kemripik” dan “Pik Keripik”, serta minuman “Ngedrink”

Pemerintahan

  • Wali Kota Surakarta (2021–2024)

Organisasi

  • Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Surakarta
  • Kader PDIP

Penghargaan

  • ”Star of Marketeers” dari MarkPlus (2016
  • “Best Figure Digital Performace versi Youtube” (2021)
  •  “Best Figure Digital Performance versi Instagram” (2021)
  •  “Best Figure Digital Performance di Jateng” (2021)

Karya

Buku

Keluarga

Istri

Selvi Ananda (istri, menikah 2015)

Anak

  • Jan Ethes Srinarendra
  • La Lembah Manah

Sumber
Litbang Kompas

error: Content is protected !!